Kuesioner Praskrining untuk Bayi 12 Bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

 

  1. Jika anda bersembunyi di belakang sesuatu/di pojok, kemudian muncui dan menghilang secara berulang-ulang di hadapan anak, apakah ia mencari anda atau mengharapkan anda muncul kembali?
  2. Letakkan pensil di telapak tangan bayi. Coba ambil pensil tersebut dengan perlahan-lahan. Sulitkah anda mendapatkan pensil itu kembali?
  3. Apakah anak dapat berdiri selama 30 detik atau lebih dengan berpegangan pada kursi/meja?
  4. Apakah anak dapat mengatakan 2 suku kata yang sama, misalnya: “ma-ma”, “da-da” atau “pa-pa”. Jawab YA bila ia mengeluarkan salah—satu suara tadi.
  5. Apakah anak dapat mengangkat badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
  6. Apakah anak dapat membedakan anda dengan orang yang belum ia kenal? la akan menunjukkan sikap malu-malu atau ragu-ragu pada saat permulaan bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.
  7. Apakah anak dapat mengambil Benda kecil seperti kacang atau kismis, dengan meremas di antara ibu jari dan jarinya seperti pada gambar?
    12-1
  8. Apakah anak dapat duduk sendiri tanpa bantuan?
  9. Sebut 2-3 kata yang dapat ditiru oleh anak (tidak perlu kata-kata yang lengkap). Apakah ia mencoba meniru menyebutkan kata-kata tadi ?
  10. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup panel tidak ikut dinilai.

papa Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Advertisements

73 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Bayi 12 Bulan

  1. Pingback: SOP PENILAIAN DDTK « nurseerni

  2. Saya punya anak umur 12 bulan dalam kpsp 12 bulan semua sudah terpunuhi, tetapi perintah sederhana belum bisa melakukan contohnya melambaikan tangan yang berarti da da , mana gigi tidak bisa menunjukkan ,normalkah

  3. trims dok atas Kuesioner Praskrining Perkembangan anak.sangat membantu saya dalam melihat perkembangan anak.anak sy berumur 12 bulan.dri 10 pertanyaan nomor 4 dan 9 yang belum dapat dilakukannya..hanya sesekali saja anak saya berkata ma..mam….. kata2 sperti opa. oma, mama,papa lum bisa.dan anaksaya juga belum bisa berjalan sendiri masih harus dipegang kedua tangannya..apakah anak saya normal dok?dan upaya2 apa yang harus saya lakukan supaya anak saya mau berlatih berbicara??mohon solusinya dok..trims

    • Pertanyaan 4 dan 9 adalah tentang Bicara dan Bahasa. Apakah ibu sudah melakukan stimulasi pada anak untuk usia 9-12 bulan? Bagaimana adik mengikuti stimulasi yang dilakukan? Bila belum bisa, mungkin harus mundur lebih jauh ke stimulasi untuk usia 6-9 bulan. terutama sekali untuk bagian bicara dan bahasa.
      Itu semua dilakukan dulu, nanti bila ada perkembangan mohon diberikan update. Teruskan ke stimulasi usia 12-15 bulan. Anak berlatih berbicara terutama sekali bila melihat orang yang mengasuhnya berbicara.

      Untuk stimulasi berjalannya terus saja dilakukan. Sabar saja. Anak saya juga berbeda-beda bisa berjalannya. Ada yang sebelum ulang tahun ada yang sesudahnya.

      • Dok, anak saya sudah usia 14 bulan dan berjalan masih berpegangan…sebelumnya anak saya tidak merangkak atau ngesot…
        Yang harus saya lakukan, terus mengajari dia berjalan apa ajari dia merangkak yah dok?
        terimakasih ilmunua…

  4. Anak saya umur 9 bln d kpsp 9 bln oke semua, mencoba kpsp 12 bln cm no 4 dan 9 yg tidak, apakah terlalu cepat perkembangannya?

    • KPSP tidak digunakan untuk mengetahui perkembangan untuk yang umurnya masih belum mencapai batasan tertentu. Dan ini bukan perlombaan. KPSP digunakan untuk menilai secara umum perkembangan bayi dan anak, pada tiap kelompok umur ada persamaan indikator KPSP yg sama dengan kelompok umur sebelumnya sehingga bayi/anak yang sudah lengkap di KPSP sebelumnya pasti akan mendapatkan nilai yg positif di kelompok sesudahnya. Jadi sekali lagi laksanakan KPSP hanya bila umurnya sudah masuk dalam batasan tersebut.

  5. Wowwww baby ku ghalia 9 bln 2 mgu ud bs ngelakuin 9 dri 10 kues utk usia 12 bln looo….alhamdulillah….g kecepetan kan yaaa. No.9 yg dia blm bs, baru bs ngikutin satu kosakata.

  6. dok anak saya lahir prematur 7 bulan, saat ini usianya 12 bulan saya sudah coba isi kuisioner untuk usia anak 12 bulan dan hasilnya yang tidak ada di nmr, 3,5,8 dan 9. brati kesimpulannya kurang dok, tapi saya coba isi kusioner di usia 9 bulan jawabnya iya semua, apakah pengaruh ya dok utuk bayi prematur,trimakasih

  7. Hmm…. Ank sy Üδãђ lancar jln ϑi‎​‎​​​​ usia 11 tahun.. & ϑiå slu mencari” kmn ÞåÞå ήÿª pergi… Sering kali ÞåÞå ήÿª sembunyi & ϑiå slu menemukan ήÿª … Θiå Jΰĝå byk meniru kata”… Pa…ma… Da..da… Mam… Dll… Skr usia ήÿª 12 bln… ªþª kah pertumbuhan ήÿª tdk trlu cpt?? Θiå jg slu memperhatikn smua Чǝлб kami lakukan..kemudian ϑiå meniru ny… Θiå Jΰĝå Üδãђ ßišª mengajak ÞåÞå ήÿª unt keluar dgn mengatakan …yoook…yoook… Trus mengambil kn kaus kaki Jΰĝå baju ÞåÞå ήÿª…

    • Kalo 11 tahun mah emang semestinya .. hehehehe .. maksudnya pasti 11 bulan ya .. untuk berdiri, berjalan, duduk tegak, dan merayap itu memang tidak sama antara satu anak dengan anak yang lain. Bagus ibu. Anak seperti ini yang kelak akan maju dalam intelegensia.

  8. anak saya sdh 12bln,untuk jawaban no.9 n 10 blm pnh sy coba lakukan. tp u/ no 1-8 smua nya ya…
    bagaimana dgn perkembangannya ya dok??

  9. dok… anak saya usia 7bln… mencoba kpsp yg 6dan 9 smua jawaban ya… dan saya coba kpsp yang 12 yang TIDAK hanya nomer 4dan 9… *dan sekarang saya bingung stimulasi apa yang harus saya berikan…
    terimakasih… ^^

    • Bagus sekali. Tapi tidak perlu terburu-buru ibu .. yang 6 saja sudah cukup dulu. Untuk Stimulasi 6-9 silahkan dilakukan dulu. Nanti setelah 9 bulan baru KPSP lagi. Lakukan 1-2 jam sehari tanpa memaksa anak. Dan tidak usah berlomba untuk KPSP 🙂

  10. dari semua pertanyaan,,,alhamdulillah anak sy 12m 10d dah bs semua,,,cm melangkah aja yg belum berani.kira2 wajar gk dok utk seusia anak saya blm bs jalan?sedangkan utk naik turun tangga dia udah lancar.

  11. Saya bidan desa di kab semarang,, bolehkah sy mendapatkan sw ddtk ini?? agar bisa melakukan pd balita2 di posyandu..

  12. dok anak saya yang jawabannya TIDAK adalah nomor 5. Dia berdiri kemudian berjalan tetapi sambil pegangan meja/kursi/tembok. skrg umurnya 1 th 1minggu. untuk dada,kiss bye,diminta cium/salam sdh bisa. oia anak sy sdh setahun kok blom tumbuh gigi ya dok, tp makan agak kasar sdh bisa klo halus mlh dilepeh. tks atas jwbnnya

    • Masih normal bila dia berpegangan. Juga harus melihat berat badan dan bagaimana stimulasinya dilakukan untuk usia 9-12 bulan. Untuk gigi ada yang sampai 2 tahun memberikan batas. Jadi jangan khawatir.

  13. Dear dok, anak saya umur 11,5 bulan. Dari pertanyaan diatas, yang jawabannya tidak adalah no 4,5,8,9..
    Anak saya terkena infeksi telinga, flek paru2, dan ADB. sempat terhenti perkembangan motoriknya diusia 8-10 bulan, dan sekarang baru mulai mengembangkan lagi kemampuannya.
    Apakah hal spt itu wajar, dok? dan apakah anak saya bisa mengejar ketertinggalannya?

    Terima kasih.

    • Disamping penyakit yang pernah dideritanya mungkin berdampak khusus pada tiap pertanyaan, memang seharusnya KPSP 9 bulan dulu yang ditanyakan. Jadi adil untuk anak. Bila pada usia 12 bulan juga masih ada kendala di KPSP ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spA subspesialis tumbuh kembang anak.

    • setiap orangtua harus terlibat stimulasi perkembangan anaknya paling tidak 2 jam. Dalam hal perkembangan bahasa dan gerak halus silahkan dilihat stimulasi 9-12 bulan bagian tersebut. Setelah di stimulasi 2 minggu, lalukan lagi KPSP diatas.

  14. Dear Dokter…
    Anak sy umur 1 tahun 14 hari….pertanyaan 1 sampai 9 jawabannya Ya. Untuk pertanyaan no 10, maksudnya gimana ya..Sampai skrg anak sy blm berani jalan sendiri. Bagaimana ya dok…terimakasih atas jawabannya

  15. Anakku 12m3d sudah bisa semua nilainya 10 tapi kok kalau jalan sering jinjit ya dok?kalau jalan masih harus pegangan sesuatu,, Kalau berdiri sih gak jinjit,, normalkah dok?stimulasi seperti apa biar gak jinjit ya dok jalannya?terimakasih

  16. anak saya 11 bln 2 minggu, kemarin waktu 10 bulan sudah mulai bisa berdiri sendiri, wlalau belum jalan tp karena sempet sakit& masuk RS setelah pulang walau berdiri2 masih banyak pegangan& agak males berdiri sendiri, jadi soal no 5 itu hrsnya saya jawab TIDAK atau IYA ya? sy pakai KPSP 12, soal no 10 juga TIDAk

  17. Dok,untuk pertanyaan yang no 5 itu kalau bediri dengan berpegangan ikut dihitung?kalau tidak bagaimana stimulasi nya.trims

  18. dokter untuk pertanyaan nomor 3 anak saya belum bisa melakukan.saat ini anak saya berusia 14 bulan.belum bisa berdiri tegak sendiri dan berjalan….bagaimna ya dok.sudah ke dokter ortopedi dan tumbuh kembali katanya tidak ada masalah

  19. dok, anak saya 12 bulan sudah bisa semua kecuali berdiri sendiri dan jalan. dia masih memerlukan bantuan untuk berdiri seperti meja atau benda tinggi lainnya. dan untuk berjalan pun masih ditatih-tatih dok, apakah ini wajar? sebab dia masih lebih senang merangkak. kalau merangkak sudah ngebut sekali.

  20. Dok,anak saya umur 13bln,alhamdulillah semua kuesioner jawabnnya iya. Yang ingin saya tanyakan anakn saya blm bisa berjalan sendiri , baru bisa dititah(belajar berjalan dgn dipegang tangannya) baru 5langkah sdh duduk lg,apakh normal dok?

  21. Dok, anak saya 11,5 bulan
    untuk pertanyaan no 9 jawabannya TIDAK
    kalau diajarin menyebutkan kata biasanya dia cuma ketawa sambil bilang heh heh, dia kadang lebih banyak mengeluarkan suara seperti menggeram dan berteriak-teriak
    tapi pada usia 10 bulan kemarin, dia pernah dengan jelas menyebut saya dengan “Meh” sambil menyodorkan tangan minta digendong dan menyebut ayah nya dengan panggilan “Heh”. tapi semakin kesini kok hilang lagi
    kira2 kenapa ya Dok? mohon pencerahannya terima kasih

  22. Pingback: Happy Birthday! | Her Name is Nada

  23. Reblogged this on Intan Rastini and commented:
    Happy 11 months our old baby boy I Gede Kalki Ambara~ Your KPSP score for 12 months old baby today is 10 Yeaaah! Hoooorrrrraaaaay!!! God bless you for the health and happiness… 🙂 Thanks God.

  24. dok jwaban tidak nya 1 itu normal g ya … skarang anqk sy dah mlai jln 4 lngkah .mhon jwaban nya

  25. Salam dok,
    no 5 kalau duduk dr pangkuan dan brpegangan meja bisa tapi dr duduk sndiri tidak bs.
    no 10 haruskah kubus atau benda lain?
    anak saya 13bln tidak merangakak tetapi duduk ngesot dan belum bs brdiri sendiri tanpa bantuan, apalagi berjalan. mohon saran dok.tks

  26. Trims atas kuesionernya dok. Anak saya usia 12 bln. Saya bingung dg prtanyaan no 5. Anak saya bisa berdiri sendiri tanpa bantuan saya, tapi masih pegangan dg benda2 d sekitarnya (meja kursi dll) blm bisa berdiri sendiri. Apa jawaban no.5nya bisa Ya? & normalkah usia 12bln belum bisa berdiri sendiri?

  27. Trima ksh kuesionernya dok..sgt membantu sy dlm mengasuh anak sy…Anak sy laki2 umurnya 13 bulan..untuk pertnyaan no 2, anak sy blum bs melakukannya..bila dikasih sesuatu, msh bisa sy minta kembali…normalkah anak sy dok…??tks…

  28. Dok saya fani..saya mau tanya dok..anak sya skarang berumur 12bln..ketika lahir berat badan y 1,9 kg dan tinggi 41 cm.saya melahirkan ketika usia kehamilan 32 mnggu..trus yg saya tanyakan skarang anak saya blm bisa duduk sndiri,blm bisa merangkak bahkan jalan..tapi mengeluarkan kata bisa sperti blang( kekeh) berulang.trus blang ayah mskipun kurang jlas..blang alhmdulillah,bismillah dan yg dia ikuti cuma blakang y aja dari kata itu..dan ketika saya ajak becanda dia ngerespon..cuma saya agak hawatir dengan sulit merangkak,duduk dan berjalan.apa akibat dari lahir prematur atau gmna ya dok..mohon penjelasan y..terimaksih

  29. Terima kasih Dokter.. Kuisionernya sangat membantu… 🙂
    Saat ini anak saya berusia 14bln…
    Dari KPSP 12 ini nomor 9 blm bisa dia lakukan..
    Sedang u/ no 10 apakah sama dengan mempertemukan bulpen dg tutupnya / botol minum dg tutupnya??

  30. Anak saya 10 bulan 2 minggu. Point 4 dan 9 masih belum bisa sama sekali dok. Cuma bisa meracau saja. Duduk bisa tp msh terjatuh sesekali. Lahir 2.5 kg,punya riwayat kuning 2 minggu setelah lahir. Umur 9 bulan divonis meningitis. Apa ad pengaruhnya ya dok.. soalnya seukuran dia teman2nya ud hampir bisa berjalan..

  31. Dok, anak sy sdh ok smua cm dia lhr prematur 7 bln bb 1,7 skrg blm bs brjln baru bs berdiri dngn bntuan meja atau apapun Ÿ̲̣̣̣̥ɑ̣̣̝̇̇n̶̲̥̅̊Ǧ̩̥ di skitar nya . Anak’ny sngt aktif dan sllu bs menirukan apapun Ÿ̲̣̣̣̥ɑ̣̣̝̇̇n̶̲̥̅̊Ǧ̩̥ di cntohkan . Msh normal kan dok?? Skrg usianya 1 thn

    • menghitung anak prematur juga harus adil dengan usianya. jadi coba kurangi umurnya dengan 2 bulan tiap kali melaksanakan kegiatan tumbuh kembang.

  32. These are just some in the few uses and effects with the garlic.
    On the opposite hand, this sort of not against a bit of an effort to slim down,
    there are a selection of ideal weight loss choices which can be much more favourable to slimming down and so are far safer.

    By monitoring how much calories you are consuming during the day you should understand the volume of calories
    you have already consumed and how many more you’re allowed to possess at any point in the day.

  33. Dok, apakah maksud pertanyaan no 10: “mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang” ? Apakah artinya kedua kubus itu hanya perlu sekedar menempel atau anak harus bisa menempelkan kedua sisi kubus secara tepat.

  34. dok,, anak saya 11 bulan.. yg jawabannya Tidak no. 5 & 8 aja.. apakah itu normal? bagaimana menstimulasinya?
    terimakasih

    • Anak 11 bulan belum waktunya diberikan KPSP 12 bulan, mohon bersabar tidak memberikan beban keharusan kepada anak yg belum mencapai usia KPSP seharusnya. Lakukan KPSP 9 bulan.
      Lebih lagi lakukan stimulasi 9-12 bulan dengan penekanan pada Gerak kasar

  35. Anak saya 11m 19d, yg belum bisa no. 3,5,8,9 bagaimana ya dok,apakah normal? Dia bs berdiri tapi tidak sampai 30 detik,paling hanya hitungan 10-15 detik..bahkan duduk pun masih menyangga badannya pakai tangan di depan..stimulasi apa dok yang harus saya lakukan?

    • Pertama KPSPnya dilakukan lagi pada hari ulang tahunnya .. karena masih ada kurang dari 2 minggu bisa dibaca stimulasi disini, dan dilakukan dengan santai, perhatian pada bagian gerak kasar.

  36. Dear dokter
    .bayi saya laki2 umur 12 bln 22 hari,maunya di titah tapi belum rambatan,duduk bisa tapi harus di dudukin itupun kadang suka senderan,belum bisa merangakak,giginya baru 2,aktif dlm berbicara.dari pertanyaanya yg jwbnnya tidak no 3,5&8 .apakah itu normal?bagaimana cara menstimulasinya?
    .terimakasih

  37. Dok anak saya blm bs untuk no 4 & 9. Smua gerakan baru yg baru diajarkan pasti langsung bs, contoh: melambaikan tangan untuk memanggil org dtg. Tp klo untuk belajar ngomong cm diem saja memperhatika seperti ingin tp blm bs. Tp kl diajar bilang “ssstttttt” bisa tp klo bilang mi-mi blm bs. Pdhl usia sdh hampir 11bln. Mohon solusi’y dok. Mksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s