Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ?
1. Pastikan usia bayi anda tidak kurang dari 3 bulan
2. Isikan alamat email untuk memberikan umpan balik dari kuesioner
3. Perhatikan bila ada 2 atau lebih jawaban tidak, anda bisa memanfaatkan comments  untuk bertanya.

papa Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Advertisements

147 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan

    1. Kebanyakan orangtua melihat pertanyaan ini menyatakan jawaban negatif karena tidak berani melakukannya, atau dipelototi neneknya. 🙂 Apakah itu yang terjadi? Bila benar ibu bisa minta bantuan Bidan di Puskesmas. Karena materi ini seharusnya sudah dilatihkan kepada bidan-bidan. Tapi sebenarnya 9 pertanyaan cukup untuk menyatakan anak ibu dalam kondisi normal. Silakan terus melakukan stimulasi 6-9.

  1. Anak saya 5.5 bulan, td nyoba yg 3 bulan alhamdulillah sudah YA semua. Terus nyoba yg 6 bulan, nmr 4 dan 10 masih TIDAK. Brarti masih wajar banget kan ya pak.

  2. Dok anak sy 6m17d,nilainya 8,yg jwbn tidak adlh point 4 n 10,stimulasi apa yg hrs sy lakukan,makasih dok

  3. selamat siang dok,

    anak sy laki-laki, usia 5bln 13hari,sy menjawab kuisi0ner usia 6bln.

    anak sy belum bisa di poin 4 dan 6. anak sy sudah bisa telungkup,tp belum mahir utk kembali ke posisi terlentang. sy minta s0lusi & stimulasi utk perkembangan anak sy.terimakasih dok

  4. dok, anak saya 10bulan wkt umur’Y 6Bulan dia tdk bisa nmr 4 dan 9 itu bagaimana dok…. sampai skr dia paling malas mendirikan kepala kl dlm posisi tengkurap (dia bisa tp ngk bisa lama) itu bagaimana yadok? dan kl ada mainan dan dia ngk bisa menjangkau pasti nangis:'(
    apa yg hrs saya lakukan biar dia bisa mendirikan kepala dg lama….

  5. Dok, anak sya 7bln 1mgu, bb 9 kg bs smua. tp yg no 4 ga bs lama cm bbrp detik. Trs blm bs merayap tp duduk udh oke.. Mnrt dokter stimulasi ap yg hrs dlakukan? Trims dok

  6. Dok, anak sy 6bln kurang 1mgg, BB 8.4 kg, anak saya blm bisa poin 4,6 dan 10 sebenarnya sudah tengkurap tapi jarang dan sekalinya tengkurap ga betah suka nangis gitu dok, apakah normal?

  7. Anak saya berusia 6 bulan 2 minggu, semua pertanyaan diatas dijawab Ya, bahkan sekarang sudah bisa mengucapkan kata “nen”, ketika dia merasa sangat lapar..

  8. Anank sy 7bln 2 minggu, berat 4,2kg. Lahir prematur dan terinfeksi TORCH. No. 6 dan 9 belum bisa. Apakah masih wajar?

    1. Beratnya sangat kurang untuk anak seusia 7 bulan. TORCH tidak mempengaruhi pertumbuhan-perkembangan. Kemungkinan ketidakbisaannya berasal dari kekurangan energi yg diasupnya. Ibu mempunyai anak yang menderita malnutrisi. Mohon berkonsultasi ke dokter anak atau mendapatkan penanganan gizi buruk di TFC (therapeutical feeding center).

      1. maaf lagi dok..saya salah menggunakan link kpsp’nya hehehe..harusnya bayi saya menggunakan link kpsp 3bln, bkn yg 6bln..trims lagi dok :))

  9. dokter bayi saya permpuan sekarang usia 7bln 21hr.blm bs 2 3 4 6 9.br sy latih tengkurap 4hr yg lalu saat coba2 shg skrg bs no 8.sblmnya dia tdk mau ditengkurepin.br sy sadari klo sy slm ini kurang beri stimulasi.paling cuma gendong klo nangis,diajak ngobrol,dicium.sy menyesal.apa ini pnyebab kelambatan perkembangan anak sy atau ada faktor lain?apa masih bisa dikejar ketertinggalan ini?bs normal spt anak lain tdk?BB 8kg,TB 65cm, LK 40.normalkh LK bayi saya?LK sy 53 ato 51 an.mhn beri jawaban segera dok.trmksh.

  10. maaf dok.sy mau koreksi postingan sy td.LK ayah 54, LK ibu 53.sy ga th apa ukurn itu hrs dikurangi tebal rambut ato tdk.smg info ini membantu dokter dlm memberi kami jwbn dan solusi buat kami.

  11. oy dok klo no 2 bayi sy kadang melakukan bisa juga sambil menoleh klo ada sesuatu yg menarik baginya.tambhn:bayi bisa no 8 stlh 4hr dilatih mksud sy no 8 d kuesioner praskrinning bayi 3bln.

  12. Dokter, άΠǎ̜̣̍к̲̣̣̥ sy 6m krg 4d..stelah test skrining pd no 4,9,10 jawaban’a Tidak..apa Ɣªήğ harus saya lakukan dok…smp sekarang tengkurep bisa tp blm bolak balik

  13. malem dok,anak saya 6bln 8hari berat 9,3kg belum bs poin 9 dan 10.. belum mau meraih mainan baru mengelus2 itu jg jarang..

  14. dok, no.7 itu maksudnya ketawa saat main sendiri ya? kalo iya,saya belum pernah dengar anak saya ketawa saat main sendiri.biasanya ketawa saat diajak main ayah/bundanya.

    trus utk no.10,utk posisi stengah duduk spt gambar,anak saya (sekarang 5bln 24hari) biasanya lsg memajukan kepala spt ingin buru2 posisi duduk. gpp?

    selain itu,semua pertanyaan jawabannya YA.

    trims.

    1. No 7 itu rasa senangnya itu. Mainan favorit atau mainan yg lucu akan segera menarik perhatiannya dan biasanya akan menimbulkan rasa senang sehingga tersenyum.

      No 10 ya. Tidak apa-apa. Artinya cukup kuat.

  15. baby ku 6 m 17d tidak di no.2 4 6 10.
    huhuhuuu gmn ini dok? 😥

    lahir bb 2,45 kg… di genap 6 m kmren itu 4,96 kg. mmg blm bisa tengkurep sendiri dgn kepala tegak. cm pernah 45 derajat.

    1. 6 bulan cuma 4,96 kg memang belum cukup untuk tumbuh kejar. Harusnya berkisar 6,5 kg. Itu sudah saya setarakan dengan BBLRnya. Apa saya bisa diinfokan tentang tingginya?

  16. dok..mohon bantu saran.. anak sy usia 6 bln 5 hari belum bisa seperti pertanyaan no 10. apa yg mesti sy lakukan stimulus yg tepat. baby sy sdh bs dan sering tengkurep sendiri dan terkadang bisa tengkurep arah balik dan kadang pun terlentang. kalo di duduki kadang bisa menahan kepalanya kdg suka terjatuh.. mohon bantu dok.. sy tanya dsa dikasih prolacta for baby tp masih bingung diminum apa tdk . trm kasih:)

    1. Kemampuan menahan kepala sebenarnya tidak ada kaitannya dengan asupannya. Asupan dengan sendirinya harus disesuaikan dengan usianya. Untuk saat ini seharusnya adik bayi diberikan ASI + Makanan Pendamping ASI. Untuk sampai dengan 6 bulan sampai dengan 1 tahun dari yang cair bertambah padat sampai dengan sama dengan jenis makanan yang dikonsumsi dewasa dalam rumah.

      Untuk membantu kemampuannya menahan kepala coba lakukan ini :
      – Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

    1. Coba lakukan ini untuk menguatkan lehernya :
      – Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Lakukan berulang-ulang setiap hari.

    1. Coba lakukan ini :
      – Letakkan benda kecil seperti remah-remah makanan atau potongan-potongan biskuit di hadapan bayi. Ajari bayi mengambil benda-benda tersebut. Jika bayi telah mampu melakukan hat ini, jauhkan pil, obat dan benda kecil lainnya dari jangkauan bayi.
      – Ajari bayi cara memasukkan mainan/ benda kecil ke dalam suatu wadah yang dibuat dari karton/kaleng/kardus/botol air mineral bekas. Setelah bayi memasukkan benda-benda tersebut ke dalam wadah, ajari cara mengeluarkan benda tersebut dan memasukkannya kembali. Pastikan benda-benda tersebut tidak berbahaya, seperti: jangan terialu kecil karena akan membuat tersedak bila benda itu tertelan.

    1. Coba lakukan ini untuk menguatkan lehernya :
      – Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.

      Dan ini juga dilakukan untuk yang “tersenyum lucu” :
      – Memberi rasa aman dan kasih sayang.
      – Mengajak bayi tersenyum.
      – Mengayun
      – Bermain “Ciluk-ba”
      – Melihat di kaca
      – Ajak bayi bermain dengan orang lain. Ketika ayah pergi, lambaikan tangan ke bayi sambil berkata “da… daag”. Bantu bayi dengan gerakan membalas melambaikan tangannya. Setelah ia mengerti permainan tersebut, coba agar bayi mau menggerakkan tangannya sendiri ketika mengucapkan kata-kata seperti di atas.

  17. dokter saya mau tanya anak daya 8 bln blm bisa duduk…..di kuisioner no 2 jawabannya tidak atau msh kurang stabil….bgmn solusinya dok.

    1. Coba lakukan ini :
      – Letakkan bayi pada posisi telungkup. Gerakkan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga ia akan belajar mengangkat kepalanya. Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.
      – Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik pada mainan tersebut. Kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkan paha bayi agar badannya ikut miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukkan rasa kasih sayang. Jaga bayi agar tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainnya.
      – Angkat badan bayi melalui bawah ketiaknya ke posisi berdiri. Perlahan-lahan turunkan badan bayi hingga kedua kaki menyentuh meja, tempat tidur atau pangkuan anda. Coba agar bayi mau mengayunkan badannya dengan gerakan naik turun serta menyangga sebagian berat badannya dengan kedua kaki bayi.
      – Latih bayi agar otot-otot lehernya kuat. Letakkan bayi pada posisi telentang. Pegang kedua pergelangan tangan bayi, tarik bayi perlahan-lahan ke arah anda, hingga badan bayi terangkat ke posisi setengah duduk. Jika bayi belum dapat mengontrol kepalanya (kepala bayi tidak ikut terangkat), jangan lakukan latihan ini. Tunggu sampai otot-otot leher bayi lebih kuat.
      – Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga.

      Salam,

    1. Dicoba lagi kekuatan menyangga kepalanya. Terkadang cuma karena ketakutan dari orangtua saja pada tes ini. Untuk stimulasi bicara anak usia ini adalah :
      Berbicara sesering mungkin kepada anak meskipun tidak ditanggapi. Kalo bayi dimomong bukan oleh orangtua ini harus betul-betul diperhatikan. Pengasuh anak seringkali lebih senang anaknya tidur daripada cerewet.
      – Mengenali berbagai suara.
      – Mencari sumber suara.
      – Menirukan kata-kata.
      – Menyebutkan nama gambar-gambar di buku/majalah.
      – Menunjuk dan menyebutkan nama gambar-gambar .
      Silahkan dicoba.

      1. .thankz d0k atZ saRanNya skrNg skecil,dah bisa semua,yg kpsp 6bln yg kpsp 9bln jg udah ya smua tngGl lbh giat stimulasi bicAranya. . .

  18. Dokter, anakku tepat 6 bulan hr ini.. Yg nomor 3 dan 4 TIDAK.. Stimulasinya bagaimana? Apakah perlu alat bantu, misal disangga bantal dadanya?
    Lalu bb lahir 3,4 kg.. Skrg 6,7 kg (umur 4 bulan 6,4 kg jd hanya naik 300 gram selama 2 bulan, ASI eksklusif) oleh DSA diberi resep zat besi krn dikhawatirkan anakku kurang zat besi yg kemungkinan mempengaruhi tumbuh kembangnya katanya.. Apakah tdk apa² jika diberikan?

    Terima kasih..

    1. Kalo menurut saya belum perlu. Apalagi ASI Eksklusif. Apa ada pemeriksaan laboratorium yang mengindikasikan ada kekurangan darah merah (anemia)?
      Coba saya diberikan tinggi badannya dan jenis kelaminnya juga untuk penghitungan lebih terperinci.
      – Anak usia 4 bulan kenaikan berat minimal 600g
      – Anak usia 5 bulan kenaikan berat minimal 500g
      – Anak usia 6-7 bulan kenaikan berat minimal 400g/bulan
      – Anak usia 8-11 bulan kenaikan berat minimal 300g/bulan
      – Seterusnya 200g/bulan.
      Bila tidak memenuhi kenaikan berat minimal disebut sebagai kondisi “T” (dulu kepanjangannya “tetap” atau “turun”) bila memenuhi “N”
      Kondisi T 2 kali dalam 2 bulan berturut-turut, adalah kewaspadaan dini pertama. Berikutnya bila dalam KMS ditemukan berada di bawah garis merah (BGM). Anak ibu sekarang bisa dibilang T untuk usia 5-6 bulannya. tapi belum BGM. Coba berkonsultasi ke PKM untuk mendapatkan masukan dari petugas gizi puskesmas dan dokter. Apakah ada kemungkinan infeksi dan lainnya.

      Salam.

    1. Overweight. Sekarang ukuran zScore BB/TB nya = 2,19. Kalau mencapai 3,00 baru bisa disebut obesitas. Gizi lebih memang sebaiknya tidak merupakan status gizi anak. Karena nantinya akan membawa penyakit degeneratif seperti Diabetes, Kolesterolemia. Tapi di sisi lain juga kita masih bicara seorang bayi. Jadi kesempatan perbaikannya masih banyak waktu. Anak ibu juga cenderung tinggi jadi nantinya zscore TB/U= 1,34.

      Saran saya Dietnya bila harus diberlakukan pada bayi jangan sampai mengurangi kebutuhan dasarnya untuk pertumbuhan. Untuk menu saya sarankan berkonsultasi gizi ke ahli gizi di puskesmas/rumah sakit. Pengurangan kalori harus benar2 hati2. Dan semoga bukan konsumen susu formula. 🙂

      Salam.

    1. Memang belum kan untuk 7,5 bulan duduk sendiri. Lagipula duduk, berjalan merangkak dan berdiri itu tergantung otot-otot yang menunjang itu siap. Bila sudah siap dia akan mampu, Kewajiban orangtua adalah melatihnya untuk siap, Silakan ikuti stimulasinya sesuai dengan umur.

  19. anak saya 7bulan blm bisa no 4 dan 10. untuk no 4,anak saya blm bisa mengangkat dada dengan bertu
    mpu pd tangannya,tp sudah bisa mengangkat pantatnya..apakah msh wajar?stimulasi apa yg hrs dilakukan?

  20. Dok, anak sy 6 bulan pas. Tidak bisa no 10. Tapi klo posisi duduk/gendong berdiri kepala nya tegak. Itu gmn dok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s