Kuesioner Praskrining untuk Bayi 9 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

  1. Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.
    0306-4 
  2. Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda?benda panjang seperti sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai.
  3. Tarik perhatian bayi dengan memperlihatkan selendang, sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi?
  4. Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan/kue kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama? Jawab TIDAK bila bayi tidak pernah melakukan perbuatan ini.
  5. Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya? Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada kedua kakinya.
  6. Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda kecil seperti kismis, kacang?kacangan, potongan biskuit, dengan gerakan miring atau menggerapai seperti gambar ?
    09-1
  7. Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding, dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik?
    09-2
  8. Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri?
  9. Pada waktu bayi bermain sendiri dan anda diam-diam datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan.
  10. Letakkan suatu mainan yang dinginkannya di luar jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan atau badannya?

papa Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Advertisements

72 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Bayi 9 bulan

  1. Pingback: Kuesioner Praskrining untuk Anak 60 bulan « Tumbuh Kembang & Nutrisi Balita

  2. Pingback: SOP PENILAIAN DDTK « nurseerni

  3. Anak saya laki-laki, lahir prematur 34 minggu dengan BBLR hanya 1800 gram dan panjang 42 cm. Sekarang usianya sudah 10 bulan tapi belum bisa melakukan semua pertanyaan KPSP. Kakinya kalau dalam posisi lurus sering kaku (seperti kejang) dan kalau coba diberdirikan dengan menyangga kedua ketiaknya tidak mau menapakkan kaki (selalu berjinjit) dan kepalanya tidak bisa tegak. Apa sebaiknya yang harus saya lakukan? Membawanya ke klinik tumbuh kembang untuk terapi apakah sudah merupakan langkah yg tepat? Kalau saya bawa ke pengobatan alternatif apakah kondisinya bisa menjadi normal seperti anak yang lahir bukan prematur? Terima kasih atas jawabannya.

    • Sangat tepat. Untuk anak dengan BBLR memang sebaiknya mendapat pengawasan khusus. KPSP hanyalah pra skrining, kewaspadaan dini. Jadi lebih tepatnya dibawa ke Klinik Tumbuh Kembang.
      Pengobatan alternatifnya seperti apa?

  4. anak saya 10bulan jawaban tidak 2,3,4 tp dia tdk merangkak… apa kebanyakan ddlm baby walker ya? apa yg hrs saya lakukan…
    apakah anaka hrs beljar merangkak?
    trus kl dlm posisi tengkurap dia ngk mau menegakkan kepala lama2… kl diajak buat jalan ta…ta… dia mau?
    Makasih sebelumnya 🙂

  5. hai dok, anak saya perempuan usia hampir 9 bulan (12 hari lagi) tapi masih belum bisa duduk sendiri. jika ditelungkupkan di atas bantal tinggi, ia tidak betah berada dalam posisi berlutut seperti itu. tp jika diberikan mainan diluar jangkauan tangannya, dan dia dlm posisi tengkurap, ia akan berusaha meraih benda tersebut dengan menyeret badannya (seperti merangkak tapi badannya masih menyentuh kasur) .

    apakah perkembangan anak saya normal dok?
    dan bagaimana caranya melatih agar ia bisa segera duduk sendiri?

    terimakasih atas solusinya, dokter.

  6. Dok, anak saya 9 bulan sesuai dgn KPSP ini, tp blm bisa merangkak, hanya merayap mengambil benda2 yg menarik perhatiannya. Seringnya mengangkat dada saja atau mengangkat bokong saja. Hanya sesekali mengangkat dada dan bokong sekaligus lalu diayun lalu jatuh lagi. Saya kuatir perkembangannya terhambat. Perlukah dikonsulkan ke klinik tumbuh kembang? Trmkasih

  7. Dok, anak saya 9 bulan pada pertanyaan no 5 belum bisa. Jika diberdirikan, kakinya masih belum mau menapak. Masih normal ya?

  8. Jawaban ats semua pertanyaan ini, tidak..anak saya sudah usia 8-9 bln. Tapi belum bisa duduk ataupun megang benda..
    dan sepertinya stimulasi untuk anak usia 9 bln jg belum bisa dipraktekin ke dia. Bagaimana sebaiknya dokter? alamat klinik tumbuh kembang anak di jawa timur dimana ya? saya posisi di Situbondo..terima kasih

    • Maaf saya terlambat menjawab pertanyaannya. Tapi untuk mendapatkan hasil pada anak usia 9 bulan harus anak yang memang sudah berusia 9 bulan. Jangan sebelumnya, akan tidak adil untuk anak diuji dengan usia yang diatas kemampuannya. Sedangkan untuk stimulasi berbeda dengan KPSP bisa diberikan sesuai range umurnya. MIsalnya pada saat anak berusia 8-9 bulan, maka stimulasi yang pas adalah Stimulasi 6-9 bulan dan bukan 9-12 bulan. Juga KPSP yang tepat masih KPSP 6 bulan bukan KPSP 9 bulan.

      Untuk klinik tumbuh kembang yang menurut saya sangat memadai ada di Klinik ABCDe di RS Siloam, atau bisa datang ke bagian anak di RS Soetomo.

  9. Baby saya laki2 umur 10 bln 2 minggu,sya pakai KPSP yang 9 bln..pertanyaan saya:
    1.untuk pertanyaan 1 babyku itu klo diangkat kdg2 tegak kepalanya kdg tidak.klo diangkat gitu untuk didudukkan maunya berdiri. Dihitung ya atau tidak ?
    2.Pertanyaan nmr 8 nsoal makan kue kering sendiri,so far saya ksh dia cookies tapi cuma diremes2 aja,ksh sayur kukus jga gitu..gmn cara stimulasinya ya?

    Makasih sebelumnya

    Itha-miminya enzo

    • 1. Dalam 3 kali coba bila 2 kali berhasil mendirikan kepalanya maka dianggap YA. Tapi bila dalam keadaan capek atau ngantuk sebaiknya tunggu saat terjaganya.

      2. Maksud pertanyaan ini memang untuk mendapatkan gambaran apakah anak sudah punya kemampuan mengarahkan makanan kecil ke mulutnya. Itu tidak hanya dengan menggunakan cookies saja. Yang penting gerakan anak sudah bisa mengambil dengan jari dan mengarahkan itu yang bermakna YA.

    • Ajarkan lagi memegang benda-benda kecil, seperti kelereng (dengan pengawasan). Agar otot-otot jarinya lebih terkoordinasi melakukan gerakan halus.

  10. Pingback: Bumi 9 Bulan! | Letters From Mother of Earth

  11. Dok, anak sy perempuan umur 9 1/2 bulan, KPSP 1-10 bisa semua, tp kenapa ya dia belum bisa duduk sendiri? kalo didudukan bisa tahan 5 menit, kalau dipancing pakai mainan dia bisa ambil, tp dengan cara merayap dengan dadanya, kalau dari posisi terlentang ditarik utk duduk dia duduk tapi dari duduk maunya langsung berdiri, apakah masih normal dok? dan dengan kondisi seperti apakah boleh di titah? thks

    • Perkembangan dari merayap, duduk, berdiri dan berjalan tidak searah, tergantung otot mana yang dia latih dan menjadi kuat pada saat dia perlukan itulah gerakan yang menjadi favoritnya. Sangat boleh dititah, itu termasuk dalam stimulasi berjalan. Selanjutnya lihat disini.

  12. Dok, anak laki-laki saya sekarang usianya 10 bulan, dia lahir dengan apgar 4/7.
    saya ikuti KPSP 9 bulan, Yang jawabannya tidak adalah 1,2,3, dan 7. Mohon sarannya.
    tks

    • Cukup banyak yang tidak ya.. mungkin seharusnya berhadapan langsung dengan dokter spesialis anak, terutama karena ada riwayat khusus. Seharusnya bila masih 1-2 masih dalam batas yang bisa dikonsultasikan. Tapi bila cukup banyak maka pendapat yang lebih ahli harus diutamakan.

  13. Anak saya laki2. Saat ini 8m3w. Hampir 9bln. Lahir normal. BB 8,5kg tinggi 69,5cm. Saya mengikuti kpsp 9. Jawaban tidak msh ckp byk ada 4buah. Yaitu no 1,2,6,8. Stimulasi apa yg tepat?
    Untuk no6 saya kurang jelas jd saya jawab tidak
    untuk no1 saya agak ragu jd saya jwb tidak. Krna anak saya msh bisa mnahan kepalany tp tdk spnuhny jath lunglai. Tp jg tdk bmr2 ikut maju bgitu krpalany

      • Dok..utk no1,2trnyta sudah bisa. Waktu itu saya cobany wktu bgn tdr jd dia malah nangis -_-”
        No 6,8 yg msh blm bisa. Saya coba stimulus dgn potongan sayur kukus/roti tawar msh blm bisa. Dia tdk mngarahkan ke mulutny.
        Dia skrg jg blm merangkak. Hanya merayap itupun berputar dok.Bukan mundur atopun maju.indikasi apa y dok?

      • Baiklah kalau begitu stimulusnya hanya yang gerak halus saja. Di comment yang sudah saya jawab, ada link untuk yang gerak halus silakan dilihat disana.

  14. dok, anak saya perempuan 10bulan, pernah saya coba yg nomor 1 saya lupa saat dy usia brapa belum 9bulan sptnya, anak saya bs mempertahankan kepalanya.nah tadi barusan saya coba lagi kok anak saya malah tdk bisa mempertahankan kepalanya ya, jd di-lemas2kan kepalanya sambil tertawa2 dan keburu berbalik badan, nah saya bingung apa normal ya pdhl udah usia 10bulan masih blm bisa lulus yg nomor 1, alhamdulillah yg semuanya sudah Dok.mohon penjelasannya

  15. Anak saya perempuan umur 9bulan. Jawaban tidak untuk pertanyaan no.8. Jadi dia kalau dikasih makanan ataupun dia yg ambil sendiri, pasti hanya dipegang sebentar trus dibuang. Mohon bantuannya bagaimana caranya utk mengajarkan dia agar mau makan sendiri dok(memasukkan makanan sendiri ke mulutnya). Makasih sebelumnya…. 🙂

  16. Dok, putri saya 8m3w blm bisa melakukan no 4, 8, dan 9, dia jg blm bisa merangkak dan duduk sendiri , saat ni baru bisa mundur2 saja dok, stimulasi apa saja yg hrus sya lakukan y dok, trimakasih sebelumnya

  17. sangat membantu skli mksih…alhamdulilllah semua pertanyaan ya semua stimulasi 9 bln ank ku usia 8bln 2minggu dia kok blm bsa bngun trus duduk sendiri y dok.dedeknya g mau tengkurep usia 5bln dh bsa didudukin duduk tegak kuat.sempet khuwatir so g tengkurep

  18. anakku gibran 9m lahir normal BB 3600 panjang 49cm,BB nya naik drastis tiap bulan.skrg BB nya udah 12kg..semua pertanyaan di atas ada yg bisa di lakukan ada yg ngak sama anakku.kalau aku coba surh dia berdiri,kaki nya kayak kaku..anakku belum tumbuh gigi dan baru bisa ngesot pakai dada nya dan kalau duduk pun aku yg dudukan dia..kalau pakai lutut merangkak nya cuma sebentar.apa anakku harus aku ikutkan terapi?

  19. Anak saya 9 bulan jawabannya ya kecuali nomor 5 yang masih ragu. Anak saya ketika diberdirikan mau menapak dan menahan beban namun tidal berdiri tegak. Sampai saat ini baru bisa tengkurap dan berputar dengan tumpuan perut, kadang mundur. Tidak merayap ke depan ataupun merangkak, juga belum berinsiatif untuk merambat. Ketika ingin bergerak maju biasanya dia mengangkat kaki dan tangan seperti mau terbang.
    Sejauh ini apakah saya perlu khawatir, dok?

  20. Anak saya umur 9 bln. Pertanyaan nomor 4 dan 7 jawabannya tidak. Sampai sekarang dia belum bisa duduk sendiri. Apakah wajar? Terima kasih

    • Tapi bisa makan kue kering sendiri? Artinya sudah bisa gerakan halus tinggal mungkin biskuitnya dikecilkan agar bisa berlatih dengan yang benda2 kecil …
      Untuk duduk asal gerak kasar lainnya sudah dilakukan nanti akan bisa duduk sendiri .. Tentu saja akan lebih baik bila dilatih untuk kedua hal di atas … Di stimulasi 6-9 bulan ada beberapa yg bisa dilakukan bunda untuk meningkatkan kemampuan anak.

  21. Dok, anak saya 11m5d. Saya coba skrining yg 9bulan jawaban no 1 yg tidak. Untuk 2-10 ya. Bagaimana cara menstimulasinya dok? Tadi saya juga sudah coba yg 12bulan Dan hanya no 5 yang say jawab tidak. Normalkah dok?

  22. Dok,anak saya umur 9bulan jawabannya YA semua,cuma koq belum bisa merangkak ataupun duduk sendiri dari posisi baring,berdiri jg belum bisa.. apakah normal dok?gimana menstimulasinya

  23. Semua jawaban ya, tapi bayi saya belum bisa merangkak apa itu normal ya? Usia bayi saya 7m22d teman2 nya sudah banyak yang bisa merangkak

    • Duduk, merangkak, berdiri .. sangat tergantung dengan otor-otot besar .. Pada saat otot yg menunjang duduk sudah siap dia akan duduk sendiri. Yang perlu dilakukan adalah melatihnya untuk melakukan itu.

  24. Dok anak saya perempuan usia 9 bln 1minggu.klu d prtnyaan yg prtmvdia ngk mau ngantung kyk d gmbr.tp klu d angkat langsung duduk.rus ngk mau merangkak.mau y titah ris gmn dok.

    • Itu justru menandakan otot-otot besarnya sudah makin baik. Untuk otot leher mungkin bisa dilatih dengan membaringkannya tengkurap, sehingga ada upaya untuk mengangkat kepala..

  25. Dok anak saya perempuan 8m20d, saya coba kpsp 6 bulan jawabannya Ya semua. Dan dicoba kpsp 9 bulan jawabannya Ya semua, tp ragu2 di no 6..
    Anak saya kalo ambil potongan biskuit bisa tp posisi tangannya tdk spt gambar.. dia sering menggunakan telunjuk+jempol saja utk ambil benda kecil. Trmasuk Ya atau Tdk, dok?

    Dan maaf ga masuk dlm bahasan nih dok..saya ada prtnyaan, apakah wjr bayi (hampir)9 bulan blm bs tepuk tngan? Anak saya sdh pintar menari2 tngannya tp tepuk tngan blm bs.. mohon pencerahannya dok, saya bingung..

    Trima kasih sblmnya. Maaf jk kpanjangan..

    • Kalo sudah KPSP 6 bulan ya semua sebenarnya sudah cukup. KPSP bukan untuk melihat kemampuan lebih dari seorang anak. Akan tetapi pra skrining yang dilakukan pada jadwal yang ditepati ..

      Inti dari mengambil dengan jari adalah kemampuan anak menggunakan otot2 kecilnya menjadi terampil. Jadi bila dia sudah bisa memungut dengan jari itu sudah cukup.

      Tepuk tangan? Saya asumsikan disini koordinasi otot2 besar ya? Rasanya ngga harus dijadikan patokan bahwa anak umur 9 bulan bisa mengkoordinasikan otot2 besarnya.
      Dalam penilaian perkembangan lebih dinilai pada anak mulai telentang dan tengkurap, kemudian berjalan merayap, duduk, berdiri dll.

      Yang lebih penting adalah “bermain dengan anak” atau stimulasi yang dilakukan oleh orangtua kepada anak tidak harus mempunyai target tertentu. Panduan yang kami berikan di situs ini adalah agar pengertian dan contoh2 bisa dimaklumi oleh orangtua. Tapi jangan dijadikan keharusan mencapai target tertentu. Kesenangan dan keselamatan anak jadikan sebagai prioritas.

      Semoga bisa menjawab pertanyaannya, mba Sabrina.

  26. dok bayi sy umur 10 bln dari semua prtanyaan Kuesioner Praskrining untuk
    Bayi 9 bulan hanya no 5 & 9 jwbnnya YA, utk yg lainnya ‘Tidak’

    bayi sy blm mampu menopang leher dg sempurna, blm bs tengkurap sendiri, blm bs duduk sendiri tapi maunya didirikan dg bantuan qta & skrng udh tumbuh 2 gigi.

    apakah itu normal, apa yg hrs sy lakukan dok…
    terimakasih

  27. Mlm dok dari pertanyaan kpps diatas yg tidak bisa dilakukan bayi saya , jawaban tidak no 1.4.5.6.7.8 anak saya perempuan dok umurnya 8 1/2…badan ya lemes dok itu kenapa ya dok…?

    Apakah itu normal dok…,?apa yg harus saya lakukan dok…?terimakasih atas jawaban ya dok

  28. Alhamdulilah Dari semua pertanyaan jawabanya YA. anak saya usia 10 bulan sudah Bisa berdiri sendiri dari jongkok kemudian sudah bisa berjalan sendiri tapi belum lancar setelah sekarang 11 bulan alhamdulilah sudah lancar berjalan dan bicara sudah sedikit jelas..sangat membantu sekali KPSP nya.terimakasih

  29. Anaku 8-9 M tp blm bisa melakukan semua yg diatas tadi, pasca sakit dirawat di Rs selama 3 minggu krn tuberchulosis dan feeding problem,, sampai skrg hanya bisa guling2 , tengkurap dan blm bisa lama angkat kepala,, tertawa dan menangis pun saya rasa tidak seperti bayi pada umumnya,, saya blm pernah lihat dy menguap atau menjulurkan lidah nya,, tp dy bubling ” ayayayayay” seperti itu dok,, saya cemas sekali terhadap tumbuh kembangnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s