Kuesioner Praskrining untuk 15 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

  1. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup, panci tidak ikut dinilai
  2. Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan?
  3. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuh kemandirian kaq bantuan.
  4. Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya.
  5. Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
  6. Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
  7. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali?
  8. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan
  9. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
  10. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu seperti pada gambar ini

    papa80 Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
    » Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
    » Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
    » Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
    » Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

    Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

    Advertisements

    49 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk 15 bulan

    1. Pingback: Masalah tumbuh kembang bayi prematur « Tumbuh Kembang & Nutrisi Balita

    2. Pingback: SOP PENILAIAN DDTK « nurseerni

    3. Ketika meminta sesuatu anak saya masih sering merengek dan menunjuk benda yang diingini. Pelan2 sudah saya ajarkan untuk meminta tanpa merengek. Yang ada malah mereka jadi tantrum, marah2. Kelanjutannya, saya dimarahi mertua. Bagaimana ya cara mengajarkan anak untuk tidak mudah merengek tanpa menimbulkan tantrumnya? Terima kasih…

    4. Putra saya blm bisa yg no 4 dan no 9… Kalo jalan hati2 banget, ditengah2 langsung merangkak.. Berbicaranya juga belum,, pdhl kakak2 dan mamanya cerewet deh :D.. Gimana ya dok?

    5. Anakku 16m. Pertanyaan yg jawabannya tidak di nomor 6,7, Dan 9. Dia baru bisa jalan Sambil dipegangin kedua tangannya. sepertinya masih belum berani melangkah kaki tanpa pegangan. Mohon masukannya,dok. Terima kasih.

    6. anak saya belum bisa memanggil mama,papa.
      memang bicaranya belum jelas, cm satu kata yg dia bisa bilang agak jelas
      dia bilang “atuh” kalau dia jatuh.
      kalau anak sy sudah bs menutup botol susu nya apa bs untuk menjawab pertanyaan nmr 1?

    7. Dok,anak saya 13m sudah bisa semua kpsp 15m,tetap dstimulasi di kpsp 15m atau sudah boleh diajarin kpsp 18m ?
      terimakasih dok

    8. Anak saya 15bulan, jawaban TIDAK untuk nomor 1 dan 4. Selain kubus, objek apalagi yang bisa diujicobakan? Anak saya belum bisa menyebutkan “ayah” dan “bunda”, tapi tahu siapa yang dimaksud. Belum ada ucapan kata yang cukup jelas dan berarti, paling-paling “cak” untuk cicak. Bagaimana ya sebaiknya?

    9. Anak sy umur 14,5 mos skor kpsp 15 blnnya 9, jawaban tidak pada nomor 9 karena memang belum lancar jalan sendiri. 2 minggu sebelumnya sdh bs jalan sndri tnpa brpegangan sekitar 20 langkah, kemudian terkena sakit bapil selama seminggu dan lanjut diare dan demam karena tumbuh gigi pada minggu berikutnya. Setelah itu mulai malas latihan jalan sndiri lagi, mau jalan tapi mnta digandeng tangannya. Mohon solusinya dok,makasih

    10. Dok, anak saya 14m skorny 10 pke kuesioner yg 15m,. Jalannya jg sudah lancar,. Tp smpai sekarang bbnya baru 7,4kg, orangtua mertua pada khawatir,.. Berat badan lahir 2,5kg, masih normalkah anak saya dok?

    11. [ALERT]anak sy 15 bulan 5 hari pd tgl 31 januari 2014.setelah dicek dg KPSP ini, jawaban tidak untuk nomor 2,5,6,7,9.yg nomor 1 belum bisa jawab karena belum pernah dicoba.mohon petunjuknya dok…terimakasih

    12. Dok, untuk no 1 anakku bisa memasukkan kunci untuk buka meja, apakah sdh bs dikatakan ok?
      Untuk no. 4 masih diambil di belakangnya misal bunda jd nda
      Dan untuk no. 8 klo minta sesuatu msh suka ngerengek dok, gmn ya dok mengajarinya supaya tdk merengek.

    13. Anak saya 16 bulan nilainya 8, Buat Prtanyaam no 7 Dan 9 belom Bisa,, perlu ke Dr tumbang Kah?

    14. Anak saya 16m nilainya 9,.yg no 4 jawab nya TIDAK,.karena tidak mau pangil mommy atau daddy nya jika di suruh,..tapi klw tidak di suruh dia kadang pangil mommy atau daddy jika melihat kami,.mungkin anak saya kendala di bahasa,karena bahasa sehari2 yg d pakai di rumah mengunakan 2 bahasa,english dan indonesia,..apa yg harus saya lakukan dok agar anak saya mau mengucapkan kosa kata,.tp klw d ajak bicara sudah mengerti sekali,bahkan klw d perintahkan utk mengambil sesuatu atau menyimpan mainan nya sendiri sudah pintar sekali,..

      • Sebaiknya memang untuk mengajarkan anak cukup punya 1 bahasa ibu. Masih ada 12 tahun pertama kehidupan dimana fungsi verbal akan mendasari kecerdasan bahasanya kelak. Jadi anak bisa diajarkan pada usia TK dan terus sampai pendidikan dasar.

    15. anak saya jalan 17bulan yang jawabannya tidak no. 6,7,9. Apa masi normal dok? anak saya ini ga merangkak & belum bisa duduk sendiri, klo mau duduk harus pegangan, kadang2 miring sdikit baru bangun, tapi jrang banget

    16. Pingback: Apa Kabar Nada? | Her Name is Nada

    17. Pak anak saya 14bulan lebih 5 hari, saya tadi tes pake kpsp 15bln (karena 14blnnya gak ada) hasilnya ya 5 tidak 5, karena anak saya memang blm bisa berdiri sendiri (lututnya blm kuat), bagaimana menurut dokter dhn tumbub kembang anak saya??? Anak saya pernah sakit sampe hampir 1bln sampe 2x opname, apa itu mempengaruhi tumbuh kembangnya jg?

    18. Pak, anak saya usia 18 bln. Dan di kpsp yg tidak bisa hanya no 2. Apakah itu normal? Stimulasi apa yg baik untuk anak saya ya.
      Trims

      • Seperti dalam tatacara penilaiannya kalo 9 poin masih bisa tergolong on the track … Bagaimana cara stimulasi untuk no 2 ya dilatihkan berjalan (dititah: jawa). Demikian

    19. Nilai anak saya 5, untuk no 2,5,6,7,9 belum bisa. 14 m tapi belum bisa duduk sendiri dok atau sekedar mengangkat pantat..atau push up kecil pun belum. Tapi aktif berguling2. Apa yg hrs kami lakukan dok? Stimulasi mandiri apa yg bsa dlakukan di rumah?

    20. Beruntung banget ketemu info ini. Anak saya no.4 yang belum. Dia bisa bilang papa dan mama tapi entah maksudnya apa. Kami membiasakan menyebut ayah-ibu tapi dia belum pernah menirukan.

    21. Anak sya umur 15bln no 5,6,7,8,9 belum bisa… jalan pun masih di tuntun kalo di lepas malah duduk
      Itu bagaimana ya ?

    22. anak saya 17 bulan,yg tidak no 1(blm pernah dicobakan)no 4(kalo 5detik lebih bisa tapi sepertinya ngga sampai 30dtk sudah duduk lagi),no 6,7,9.saat usia 3bulan didiagnosis mikrosephali.bagaimana dok?

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s