Kuesioner Praskrining untuk Anak 21 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

  1. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali?
  2. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan.
  3. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
  4. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari clan jari telunjuk seperti pada gambar ?
  5. Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
  6. Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas clan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?
  7. Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan?
  8. Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas Gerak halus Ya Tida kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5.0 cm
  9. Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain “papa” dan “mama”?.
  10. Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya)

papa80 Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Advertisements

16 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Anak 21 bulan

  1. Anak saya umur 21 bulan, lolos skrining anak 21 bulan tapi tidak lolos skrining anak umur 18 bulan (tidak pernah memanggil/menatap saya/suami sambil mengeluarkan kata “mama” / “papa”).
    Dia bisa mengucapkan kata: “ya:, “emoh” (untuk menyatakan tidak) dan “terus”, “num” untuk minum

    Apakah ini termasuk gangguan perkembangan?

    thanks
    irma

  2. Ibu Irma ..
    Sesuai dengan cara menggunakan KPSP maka bila jawaban YA = 9-10, perkembangan anak sesuai dengan tahapan perkembangan (S).
    Unsur yang kurang pada KPSP 18 adalah bicara dan bahasa. Karena anak ibu masih dalam usia 18-24 bulan maka intervensi yang bisa dilakukan adalah sesuai dengan stimulasi 18-24 bulan secara keseluruhan (gerak kasar, gerak halus, bicara bahasa dan kemandirian). Sambil ibu lihat lagi apakah aspek bicara dan bahasa usia 15-18 ini sudah diberikan dengan baik? Bila belum, gabungkan stimulasi 15-18 ke 18-24 dari aspek bahasanya saja.

    Ingat, stimulasi sebisanya merupakan kegiatan yang tidak membebani baik anak maupun orangtua. Artinya tidak perlu ada jadwal waktu khusus, namun memang beberapa ahli tumbuh kembang anak sering menyebutkan sebanyak 2-4 jam sehari bersama anak secara keseluruhan untuk stimulasi-stimulasi tersebut.

    Lakukan terus stimulasi 18 – 24 bulan ini. Kemudian pada usia 24 bulan nanti dilakukan lagi KPSP 24 bulan. Untuk saat ini tidak ada yang meragukan maupun menyimpang dari perkembangan anak ibu. Terima kasih.

    Salam

  3. Pingback: Stimulasi pada bayi umur 3-6 bulan « Pieces of Mind

  4. Pingback: SOP PENILAIAN DDTK « nurseerni

  5. Anak laki-laki saya umur 21 bulan, dari 10 test skrining untuk usia 21 bulan dia lolos 9 item test kecuali item yang no-9. Hingga saat ini, dia belum bisa mengucapkan kata-kata yang bermakna. Dia hanya bisa mengatakan cicak, kadang2 bilang mama dan papa.
    Dia mengerti kalau dikasih instruksi, seperti ambil ini, ambil itu, dipanggil mama, dipanggil papa, dsb. Tetapi kalau dia diajak bercakap-cakap dia cenderung menghindar.

    Dia juga senang berinterkasi dengan anak2 sebayanya, dan lebih senang lagi kalau anak2 yang lebih besar dari dia. Tetapi dia sangat takut kalau ketemu sama orang dewasa yang baru dikenal, sehingga dia sering tutup mata, bahkan kadang dia sampai nangis.

    Apakah anak saya dapat dikategorikan mengalami gangguan pertumbuhan? kalau YA, kira-kira apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya.

  6. 1. tidak selalu bisa dok..dia lbh sering mencari pegangan dulu. tp pernah bisa. tergantung kenyamanan dia saat itu sepertinya

    3. angkle kaki dekat tumit anak saya pas umur setahun terlihat agak menonjol keluar. tapi menurut dsanya kalo umur 15m blm bisa jalan baru diobservasi. alhMd 14m dia sudah jalan.
    masalahnya skrg jalan suka agak sedikit berlari jadi kdg terlihat agak terhuyung2. apakah masih normal? kakinya msh menonjol juga cm tdk tll parah kelihatannya.

    saya harus periksakan kmn ya?

    perkembangan lain dia sudah oke.

    • Sepertinya juga bukan masalah coba aja diteruskan dulu untuk stimulasinya. Nanti kita lihat lagi milestone berikutnya.
      Saya rasa cukup normal dan merupakan varian saja. Ngga usah keburu khawatir. Kecuali ada keluhan sakit dan kelihatan sangat terkendala dengan keadaan itu.

  7. Assalamualaikum. Alhamdulillh sy temukan web ini. Dok, jika sy memulai cek tumbuh kembang anak sy, apakah hrs mulai dr KPSP usia skrg sj, krna ada bbrp ketidakmampuan anak sy di KPSP sebelum2nya. Anak sy laki-laki usia 21bln. Bs jalan lancar di usia 10bln. Dulu di usia 6blnan bicaranya begitu byk,ramai,dan keras. Mama papa bapak dada tata dll. Tp usia 8bln sama sekali dy tdk bicara. Hanya aa aa sj. Dan itu berlangsung smpe usia 18bln. Knp bs bgtu ya dok? Sy tdk bilingual, jrg ntn tv jg. Skrg di usia 21 bln seolah baru memulai lg. Tp baru bs 1kata. Blm bs rangkai kata. Apa yg hrs sy lakukn dok? Oiya, sy di surabaya, doktr prakteknya dmn ya??
    Trimakasih, assalamualaikum

    • 1. Sebaiknya dimulai dari Pertumbuhan. Jadi saya perlu dapat data : tanggal lahir, BB dan TBnya.
      2. Setelah itu lakukan skreening, riwayat akan jadi pertimbangan tapi yang sekarang dilakukan adalah KPSP untuk kelompok umur ini. Lakukan dulu, berapa kurangnya untuk nomer berapa akan jadi bahan untuk diskusi kita lebih lanjut.
      3. Saya di Probolinggo. 😀

      Oya mohon reply di comments ini aja biar bisa terus terbaca pertanyaan sebelumnya. Trims.

  8. trima kasih sblumx utk link KPSPx dok…
    ank sya 22 bln,yg mau sya taxkn utk soal no.2,trkdng dia mminta tnpa renggekn & trkdng + renggekn..&..soal no.5,juga kdng dia mlemparkn bola kmbli tp lain waktu tdk…jd sya hrus hwb apa ya dok..?untuk soal no.9 dia hx bsa memanggil mommy & bye,dlux sempat manggil daddy tp skrng ngk lgi….mnurut dokter gimana dgn baby sya.?

  9. Anak saya laki-laki terlahir prematur 32 minggu dengan berat lahir 2300 gr,
    usia sekarang 23 bulan, BB : 12 kg,
    bisa berjalan umur 17 bulan..
    belum bisa bicara..(kosakatanya masih dadada didi, bapak, belum jelas maksudnya)
    cek dengan KPSP usia 21 bulan hanya nomer 3 jawaban ya…lainnya tidak.
    Apakah memang anak yang terlahir prematur mengalami keterlambatan perkembangan?
    Anak saya suka sekali melihat televisi khusus untuk Marsya and the bear…(sampai heboh sendiri), acara lain tidak terlalu dihiraukan (televisinya).
    Terapi apa yang harus saya terapkan untuk anak saya?
    Perlukah saya konsultasikan langsung ke dr khusus tumbuh kembang anak (anaknya saya bawa untuk terapi)?
    Terima kasih banyak Dok.

  10. Assalamualaikum dok, anak sy perempuan usianya sampai dengan bln april ini sudah 21 bulan, dia belum bs mengucapkan satu kata yg berarti, kalau meminta untuk sesuatu cm bs teriak tp tdk mengucapkan kata, berjalanpun masih pegang satu tangan, tp dia sdh bs jika disuruh untuk da..da (sesekali kalau dia mau), joget (sambil menggerakkan pundaknya), sholat (melipat kedua tangannnya di dada), menggaruk..tdk ada permainan tertentu yg disukai dok,,apakah anak sy normal dok?? terima kasih sebelumnya..

  11. Pingback: Speech Delay : Ciri dan Cara Mengatasinya – Diskusi Emak Kekinian

  12. Dok, anak sya sdh 21 bln lolos skrinning hnya 5 krna dia blm bsa jalan..
    Padahal cerieia skali, sdh bisa di suruh juga.. Tp dia blm berani utk berdiri sndiri, prnh di coba tp lgsg jatuh..
    Dia emg agak telat merangkaknya, sblm ngerangkak dia trlebih dulu ngesot dok..
    Mnurut dok apa yg hrus sya lakukan, krna sya tkut knpa” dg tulangnya dok.. Terimakasih..

    • anak saya usia 21bln tp hanya no.8 dan no.9 yg tdk lolos tp kadang bisa bilang emoh…ojo..dan mama..mamam..itu aja dok…apakah masih dalam taraf wajar…terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s