Kuesioner Praskrining untuk Anak 24 bulan

Bagaimana cara menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan ini ? Lihat disini.

  1. Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan?
  2. Apakah anak dapat meletakkan 1 buah kubus di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 — 5 cm.
  3. Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "papa" clan "mama"?
  4. Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan?
    (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya).
  5. Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok, atau celananya? (topi clan kaos kaki tidak ikut dinilai).
  6. Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada seseorang.
  7. Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah anak menunjuk dengan benar paling sedikit satu bagian badannya (rambut, mata, hidung, mulut, atau bagian badan yang lain)?
  8. Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah?
  9. Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta?
  10. Dapatkah anak menendang bola kecil (sebesar bola tenis) ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai.

 

papa Sebelum anda berkonsultasi masalah bayi anda
» Pelajari dulu penjelasan tentang penggunaan KPSP.
» Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas dengan jujur.
» Bila tidak jelas maksud pertanyaan, tanyakan.
» Sebutkan nomer yang berisikan jawaban TIDAK saja.

Link KPSP usia 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Advertisements

27 thoughts on “Kuesioner Praskrining untuk Anak 24 bulan

  1. Pingback: Kuesioner Praskrining untuk Anak 48 bulan « Tumbuh Kembang & Nutrisi Balita

  2. Pingback: SOP PENILAIAN DDTK « nurseerni

    • anak saya laki-laki tepat bulan ini 24bulan, test skrining 24 bulan hasilnya Meragukan. yang belom bisa dilakukan point nomer 5, 8, & 10. apakah anak umur 24 bulan harus sudah bisa buka baju & celana sendiri dan apakah harus sudah bisa makan sendiri tanpa tumpah? untuk point nomer 10 sebenernya bisa cuma lebih dominan melempar dari pada menendang. point2 yg belum bisa dilakukan bisa di stimulasi sampai bulan keberapa targetnya?

      • – Apakah harus sudah bisa buka baju atau celana sendiri YA, seharusnya sudah bisa.

        – mendorong atau melempar tidak termasuk. Tapi kalau sudah bisa menendang sudah dihitung YA.

        – Stimulasi yang dilakukan adalah gerak kasar 18-24 bulan.

        Demikian. Terimakasih

  3. Putra saya usia 28 bulan. kosakata sudah cukup banyak, sekitar 100 kata. dapat membilang 1-10 dengan benar dan urut, menyanyikan lagu2 anak dan menirukan nada lagu2 klasik dan lagu rumit lainnya dengan tepat. kontak mata dan interaksi sosial baik. sudah dapat menyebutkan 6-7 warna termasuk warna sekunder seperti abu-abu dan ungu. yang saya bingung adalah ia tidak berkomunikasi. dalam artian, walaupun sdh bnyk kosakata tapi tidak menggunakannya untuk berkomunikasi atau menyatakan keinginannya. Beberapa rekan berpendapat kalau ia hanya tidak mau. apa yg hrs saya lakukan pak? mengingat anak-anak seusianya sudah ceriwis dan berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa verbal.

    • mari tidak usah berkhawatir-ria dulu .. coba kita ceriwisi saja, ajak bicara terus sampai dengan usia 36 bulan. ikuti stimulasi 24-36 bulan yang lain juga. Saya pernah menemukan anak yang tidak kenapa-napa kemampuan bicaranya tapi tidak bicara karena yang momong si mbah yang ternyata bisu. Jadi bersabar saja, ibu mengetahui anak mampu vocab banyak itu sudah cukup dan kita stimulasi terus.

  4. anak saya 24 bulan lebih 3 minggu jawaban tidak 6 dan 8.yg 6 krn saya merasa dia kurang “tanggap bahaya”,dia suka loncat2 di tempat tinggi,dan kalo main2 heboh banget :),jadi saya tdk membolehkan dia naik tangga tinggi sendiri.kalo 2 tingkat sampe 5 tingkat saya biarkan sendiri,dia bisa.no 8 blm bisa karna sendoknya yg suka kebalik2.jadi stimulasi apa yg dilakukan? trimakasih

    • Naik tangga sendiri tidak dimaksudkan anak dilepas sendirian berlatih, tapi tetap diiringi tanpa dipegang. Semua kegiatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang anak adalah kegiatan orangtua dan anak. Stimulasinya ya belajar naik turun tangga.

      Untuk no 8, stimulasinya tetap diajarkan. Makan bersama adalah pilihan yang menyenangkan anak. Sulitnya memang tetap akan ada yg tumpah. gunakan plastik atau koran untuk mwmudahkan merapikan lagi sesudah anak belajar makan. Mulai dengan dia belajar menyuap dulu, kalau sudah nasinya hanya dimainkan ambil alih. Upayakan waktunya makin lama makin panjang untuk anak berlatih. Beri semangat dengan sabar. Selamat mencoba.

  5. anak saya tepat usia 25 bulan, semua ya, kecuali bisa buka baju sendiri, karena memang saya belum pernah mengajarkan. apa memang seharusnya diumurnya saat ini sudah bisa buka baju sendiri? saya jadi khawatir…

    • Ya. Seharusnya malah dari usia 18 bulan sudah mulai diberikan secara bertahap. Dimulai saja dari sekarang. Memang untuk kemandirian terkadang kita orangtua ada yang tidak tega, ada yang ngga betah nunggu lamanya. Jadi lakukan dalam suasana santai menstimulasi anak berpakaian dan mengancingkan bajunya. jangan mengharapkan hasil terburu-buru. Dan jangan khawatir, otaknya masih terus mengalami percepatan tumbuh hingga usia 6 tahun. Jadi investasikan waktu kepada anak mumpung masih bertumbuh cepat.

      • baju yang dimaksud disini baju yang berkancing atau kaos atau keduanya dok? terimakasih

  6. selamat pagi dok… anak saya usia 24 bulan 3 minggu, setelah mengisi kuisioner di atas yg TIDAK itu no 3,7,8. yang paling saya khawatirkan anak saya belum bisa berbicara. jika ingin sesuatu hanya dgn menunjuk. sedangkan untuk makan nasi sendiri atau menunjuk anggota badan memang saya belum ajarkan. apa saya harus membawa anak saya ke klinik untuk menstimulasi agar dapat berbicara? terima kasih sebelum’y dok

    • Anak yang belum mempelajari apa-apa di usia 24 bulan sebaiknya memang mendapat perhatian serius. Banyak yang harus saya tanyakan. Bisakah ibu berkirim SMS dengan ketik INFO3 ke 085334935849. Nanti akan saya tanyakan beberapa hal dulu.

  7. Dok anak saya tidak bisa melakukan nomor 3, nomor 5 bisa, tapi untuk jaket dan baju yg ada restletingnya kalau buka baju kaos belum bisa, untuk yg nomor 6 bisa naik tangga sendiri kalau tangganya tidak tinggi, kalau tangganya tinggi dia merangkak, untuk yg no 9, kadang-kadang bisa disuruh, kadang tidak.. anak saya kalau dipanggil tidak melirik, kadang-kadang saja kalau dia lg mood, kontak mata kurang, kalau dia menginginkan sesuatu baru dia menatap saya, usianya 25 bulan, waktu usia 17 bln saya pernah bawa ke klinik tumbuh kembang dan di diagnosa pdd nos, sempat juga mengikuti terapi wicara selama 1 bln tp kemudian stop karena setiap terapi anak saya mengamuk.

  8. Dok, anak saya umur 2 tahun 4 bulan. Saat ini anak saya belum bisa berbicara membuat kalimat, hanya terbatas kata2 saja seperti makan, minum, bau, jatuh,dsb sedangkan teman seumurannya sudah berbicara lancar. Apakah anak saya ada kelainan dalam berbicara?

  9. Anak sy 24m 1w kosakata yg dikuasai sgt sedikit spt: apa, ayah, mamam, papa, bapak, nggak. Dan untuk naik tangga dy msh berpegangan. Buka baju blm bs tp buka celana pendek sdh bisa.. stimulasi apa yg hrs dilakukan?

  10. Anak saya 3 bulan dan 22bulan. Yg 3bulan semua ya.. Yg 22bulan dg test utk 21 bln jawabannya ya smua. Saya coba test yg utk 24bln. Smua ya kecuali no 8 yg tidak dan nomor 10 yg meragukan apakah bs melakukannya sebab blm bnr2 saya perhatikan. Tapi yg saya tahu dia mampu menendang bola sebesar jeruk bali.. Dan pernah menendang mangga harum manis ketika dia marah..

  11. dok saya dah isi form ksps usia anak 24 bulan, yang tidak no 3, 5 dan 7. saya khawatir karena anak saya bahkan belum bisa memanggil ayah atau bubu..kalau mau apa-apa biasanya hanya dengan tunjuk tangan, tapi dia ngerti apa yang kita mau, misalnya dimintain tolong ambil mainan, dia ngerti diambilin, atau minta ditunjukin gambar ayam, dia bener tunjuk gambar ayam…kira-kira stimulasi apa ya yang harus saya terapkan padanya?perlukah saya membawanya ke klinik tumbuh kembang?

    • Anak sy 24bulan tidak bisa no 4.6 dan 10 dok
      Sy khawatir dede blon mau lepas sendiri…
      Masih pegang jari sy.
      Sy sudah ajak terapy…kata beliau sebenarnya kaki dd uda napak…bisa jalan.

  12. halo dok. anak sy mau jalan 25bln. dicoba di usia 24 bln. untuk no 8 masih suka belepotan kemana2. untuk membuka baju sendiri kadang bs kadang egak. dok sy mau tanya,gimana untuk stimulasi warna pada anak? krn anak sy tau nya cuma hitam aja, tp kalau di di pisah2 dy bs membedakan.misal sy buat gelas yg di isi sedotan dgn wrn yg berbeda di tiap gelasnya. anak sy memisahkan sedotan tersebut sesuai warna masing2 tp tiap di tanya ini wrn apa selalu jawabnya hitam.

  13. Selamat pagi dok, ingin bertanya untuk KPSP yang mencakup 4 aspek perkembangan dengan mendekati seimbang (maksudnya dari 4 aspek perkembangan tersebut pertanyaan hampr sama jumlahnya) KPSP usia berapa ya dok? Apakah benar KPSP usia 24 bulan dok? Lalu misalnya hasil dari KPSP meragukan atau terjadi penyimpangan, bentuk stimulasi yang dilakukan apakah sesuai dengan tugas perkembangan yang terjawab “tidak” tersebut dok? Mohon penjelasannya, terimakasih

  14. Anak saya 24 bulan lebih 2 minggu
    Jawaban TIDAK 1,3
    Tapi di suruh sudah ada yang mengerti suka nonton apa yang harus saya lakukan padahal sudah di ajari ngomong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s