Makanan Bayi

Mohon informasi apakah menu makanan anak saya sudah tepat? Anak saya usia 11 bulan, laki-laki, berat 8,3 kg, makan 3 kali sehari. Dan oleh mamanya makanan dibikin satuhari sekali dan selanjutnya dibagi menjadi tiga bagian dan dimasukkan ke dalam kulkas untuk 3 kali makan, dengan komposisi 200 gr daging cincang, nasi/tepung beras 6 sendok makan, blue band 3 sendok makan, air 200 ml dan susu 2 sendok makan. Atau kadang dagingnya diganti dengan 3 butir telor ayam atau 3 buah hati ayam. Kadang juga diselingi dengan sayur sedikit (bayam, wortel, jagung, brokoli). Anak juga minum susu 5 gelas sehari, kalau malam minum asi mamanya dan air putih. Tidak makan cemilan, karena bila salah makan cemilan jadi batuk dan diare.
Terima kasih
.

Pak Pujiono ..

Status gizi anak Bapak tergolong sudah Baik (sekitar 85% dari BB ideal berdasarkan BB/Umur).

Kalo kami lihat dari bahan-bahan makanan yang diberikan mengandung nilai gizi yang tinggi, hanya saja saran saya sertakan juga bahan makanan dari golongan kacang-kacangan dan ikan (terutama yang berasal dari laut dalam) sebagai tambahan variasinya karena bahan makanan dari golongan tersebut juga kaya akan zat-zat gizi yang esensial bagi balita yang tidak terdapat dalam bahan makanan golongan lain. Kalo saya lihat dari jumlah bahan makanan yang diberikan ke balita Bapak, dari kebutuhan kalorinya sudah sangat mencukupi yaitu sekitar 1300 s/d 1400 Kkal/hari, hanya saja mungkin untuk pemberian protein dan lemaknya agak kelebihan sedikit. Kalo berdasarkan prinsip diet seimbang, pemberian protein sehari berkisar antara 10-15% dari total kebutuhan kalori/hari, sedangkan untuk lemak berkisar 15-30% total kebutuhan kalori/hari.

Menurut hasil perhitungan dari jumlah bahan makanan yang diberikan ke balita Bapak, protein yang diberikan per harinya rata-rata 70 gr dan lemaknya 72 gr. Sementara untuk kebutuhan balita Bapak sekitar 52 – 63 gr protein/hari dan 39-47 gr lemak/hari. Untuk camilan, tidak harus selalu berupa biskuit/makanan kecil. Jadi bisa aja berupa buah-buahan atau bahan lainnya yang lebih sehat. Pengertian camilan/snack sendiri adalah pemberian makanan diantara 2 waktu makan yang biasanya jumlah kalori tang diberikan berkisar 75 – 150 Kkal per kali pemberian atau sekitar 10% dari total kalori/hari yang cara pemberiannya biasanya dijadikan 2-3 kali yaitu camilan pagi dan camilan sore serta kadang camilan malamā€¦tergantung kebutuhan (tentunya untuk balita jumlah kalorinya menyesuaikan), kalo sudah lebih besar itu namanya bukan camilan lagi. Kira-kira itu dulu Bapak, semoga dapat menjawab pertanyaan Bapa.

Terima kasih.

Diha.CN

Advertisements

2 thoughts on “Makanan Bayi

  1. anak saya laki2 usia 14 bulan,BB 16kg TB 80cm..kalo diKMS BBnya sudah di atas batas normal menuju obes, bagaimana cara menurunkan BBnya atau minimal bagaimana supaya kenaikan BBnya tidak terlalu drastis. selama ini dia makan besar 3x: pagi nasi tim (nasi 2sdm+daging,ikan tongkol/ati ayam masing2 1sdm+wortel,brokoli masing2 1sdm+keju parut 2sdm),siang susu 150ml (karena dia blom mau makan), sore kadang saya beri bubur instan atau tahu kukus atau nasi lembek dg telur dadar, ditambah dengan air jeruk (tanpa gula), lalu malam saya beri bubur instan+susu 1 sendok takar. diantara waktu makan dia minum 1x susu (150ml) atau air putih. saat ini anak saya sedang giat2nya berjalan, dan tidak bisa diam, selalu bergerak. dia tidur siang 1x (selama 2 jam) dan tidur malam mulai jam 10 sampai pagi. selama tidur malam dia hanya terbangun 1x untuk minum susu (90ml). apakah pola makan yang saya terapkan sudah benar? selama ini saya menilai anak saya cukup aktif dan banyak bergerak…tapi mengapa pertambahan BBnya cukup banyak dibanding anak lain? apakah hal ini karena faktor keturunan, karena saya pun dari bayi sampai sekarang termasuk obes? sebagai informasi berat lahirnya 3,4kg dengan panjang 49cm. mohon penjelasan dan contoh pola makan/menu yang baik supaya BBnya bisa menjadi normal. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s