Anak lebih senang Air Putih daripada Susu

Dr. Zuhri, Puskesmas Kenduruan ngetes saya :

Pak dokter saya punya anak umur 3 tahun dan 2 tahun, pada awal 2 tahun yang pertama menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan tapi kenapa anak saya setelah mengenal air putih menjadi tidak mau minum susu. Apa sebaiknya yang harus saya lakukan? Trims Pak Dokter

TS dr. Zuhri ..

Hehehe .. ngetes nih .. Tapi saya tanggapin serius ah ..
Susu seperti kita ketahui adalah makanan wajib terutama batita sebisanya malah sampai balita. Ada 3 hal yang menyebabkan susu lebih baik daripada menggantikan dengan sumber zat gizi lain. Pertama, susu mudah difortifikasi. Jadi bisa selain membawa protein sekaligus bisa menggandeng vitamin-vitamin yang diperlukan.
Kedua, asupan kalorinya cukup padat dalam porsi kecil. Dan ketiga, kandungan kalsiumnya bagus untuk usia pertumbuhan dan tentu saja kandungan proteinnya yg mudah dicerna.
Sehubungan wajib, tentu sekarang yang diperlukan adalah teknik pemberian. Misalnya dengan mengganti dengan rasa lain .. misalnya coklat, vanila .. untuk yang rasa coklat mohon dibaca dulu kandungan gulanya ..
Atau ganti sediaan susu lainnya .. kalo dokter Wawan pas ke tempat Mas Zuhri kemaren dan “yang nganter” produk susu yang memang terkenal mahal itu .. emang pantes dicoba mas Zuhri. Sepertinya sepakat balita saya disini menyenangi rasanya ..
Selain itu coba berikan produk dairy lainnya .. misalnya es krim, coklat dan keju. Kalau batitanya Mas Zuhri masih senang dengan dairy, pasti masih senang dengan produk susu. Hanya mungkin perlu meragamkan rasa. Anak-anak kan juga ada bosannya.

Salam

Salam Hormat Saya

Advertisements

2 thoughts on “Anak lebih senang Air Putih daripada Susu

  1. lho kok nanyanya disini .. maksudnya difreeze itu screenshot ya .. ? kalo itu yang dmaksud .. di dekat scroll lock dan pause break biasanya ada prt scr = Print Screen. pencet itu trus masuk ke paint –> ctrl-v atau klik kanan paste. Simpan sebagai .jpg dandanin dikit .. udah bisa diupload sekarang. Kalo bukan itu yang dimaksud bilang ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s