Batuk pilek pada anak

Mamanya Alby menanyakan :

Alby skrg 11 bln. baru 2 hari ini dia batuk, pilek, flu, sama panas. tp skrg panasnya udah ga lg dan pileknya jg udah mendingan. yg mo ditanyain, Alby klo siang aktivitasnya biasa aja kaya kalo ga sakit, tapi klo malam….. bikin pusing de hehehe. ga mo tidur, nangis trus. klo dia udah ketiduran trus terbangun langsung deh nangis kuenceng kya kesakitan gitu. tapi klo diajak main, dia udah ga nangis lg. tpi ya itu, ga mo tidur, jadi waktu istirahatnya kurang. knp kok bsa ya dok? apa alby kena flu perut? ragu sih, tapi……. mohon bantuannya ya dok. terima kasih

Sebenernya Alby bisa dibilang terjangkit common cold (flu biasa), dari gejala yang terbatas sekali mama berikan kepada saya. Apalagi kalo memang sebagian besar gejalanya sudah menghilang artinya sudah terjadi penyembuhan. Saya mengartikan yang ditanyakan disini adalah tentang berapa banyak waktu istirahat.
Saya akan memberikan nasehat yang mungkin bagi mama sama dengan menantang neneknya .. hehehe .. begini nasehatnya :
Seorang bayi yang sakit TIDAK perlu harus terus berada di tempat tidurnya atau harus “tenang, diam dan tidur terus”. Tubuh bayi dikaruniai Tuhan dengan perlindungan otomatis yang masih sangat baik. Mama bisa mempercayai Alby untuk menentukan tubuhnya memerlukan berapa banyak porsi istirahat. Bila Alby merasa tubuhnya sangat sakit, ia akan melepaskan semua kegiatan hariannya karena butuh istirahat, sedangkan bila sakitnya ringan atau dalam tahap penyembuhan akan aktif dan banyak bermain. Jadi jangan dibatasi, ikuti saja kemauan bayi. Jika ada yang membutuhkan istirahat ketika bayi sakit, biasanya adalah ibunya. Jadi mungkin Alby nangis karena ngga ada temannya pada saat siklus tidurnya jadi berubah.
Flu perut adalah istilah umum untuk penyakit gastroenteritis yang paling banyak disebabkan virus. Manifestasi gejalanya biasanya adalah diare. Saya lihat mama tidak mencantumkan diare sebagai gejala penyakit Alby. So, dont worry. Semoga memuaskan.

signature

Advertisements

2 thoughts on “Batuk pilek pada anak

  1. asslm dr.agus,makasih dpt masukan yg berharga bt perkembangan anak sy,sangat berguna banget,karna penyakit panas,batuk flu,paket yah….tp paling stres klo anak dah panas,dan g mau makan,minum susu aj……g apa2,mungkin mulutnya sariawan ato perutnya g enak.gmn yah klo gejala seperti ini penanganan nya?makasih dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s