ASI dibekukan dan batuk pilek karena alergi

 Mamanya Brandon menanyakan

Siang, Pak Dokter. Anak saya (3 bulan 24 hari, BB 6.9 kg, PB 65cm) skrg sedang flu, sering bersin dan mulai ada air di hidungnya. 2 hari yg lalu badannya panas. Padahal dia minum ASI (Full tanpa Sufor, tapi ASI botol yg sdh melalui proses beku kalo siang, kalo malam langsung dr mamanya ). Yg saya mau tanyakan,
1. apa ASI yg sdh dibekukan menjadi kurang kualitasnya. Krn pernah saya baca di suatu artikel, jk melalui proses beku maka zat antibodinya ada yg rusak. Benarkah demikian ? Karena dulu pas mamanya masi cuti, kan langsung netek, meski mamanya sakit flu, dia ga tertular sama sekali. Tapi ini krn ada keponakan saya (umur 1 tahun 9 bln) yg sakit flu, dia tertular (si kakaknya sih sering ciumin dia).
2. Satu hal lagi, apa pilek/flu krn alergi bisa menularkan penyakit flu tsb ke bayi. Krn mama mertua saya ngotot pileknya Brandon bukan krn kakak sepupunya, krn pilek kakak sepupunya adalah alergi.
3. Dan apa bener kalo bayi sesudah dimandikan tidak baik kalo dibawa jalan2, bisa masuk angin en berakibat demam. Jika iya harus minimal berapa jam, baru boleh diajak jalan2.
🙂 banyak pertanyaannya ya… abisnya, bingung si kecil mulai sakit, padahal selama ini ga pernah sakit. Jadi pingin cari tahu penyebabnya. Terima kasih lo dok sebelumnya, atas jawabannya.

 

Salam lagi Mamanya Brandon ..
Langsung saja ya ..
Tentang Pertumbuhan Brandon
Untuk pertumbuhan Brandon saat ini baik sekali, mama. Dan untuk informasi berat badannya sangat ideal. Anak seumur Brandon BB idealnya adalah 5,4 – 7,4 kg.

Tentang Penyakit Flu
Flu biasa (common cold) biasa menyerang anak, jadi tidak usah khawatir berlebihan, namun juga jangan lengah. Proses panas di tubuhnya sangat diperlukan untuk menahan pertumbuhan virus dibadannya dan kemudian memberikan kesempatan untuk mekanisme pertahanan tubuh untuk menghabisi virus tadi. Namun bila panasnya sudah melebihi 37,5 °C sebaiknya memang harus diberikan obat penurun panas.

Tentang Alergi
Alergi adalah proses melawan alergen (penyebab alergi) yang masuk ke dalam badan, yang memang tidak ada hubungannya dengan infeksi (virus, bakteri dll) seperti halnya flu yang diatas tadi. Alergi biasanya hilang dengan pemberian anti alergi dan menjauhkan anak dari alergen yang mungkin. Penyebab alergi spesifik untuk tiap orang, hanya orang dekatnya yang memperhatikan anak yang tahu apa saja yang menyebabkan dia menderita alergi. Biasanya bila flu disebabkan oleh alergi, tanda-tandanya sama dengan flu biasa dikurangi panas. Panas adalah tanda infeksi. Bila ada panas berarti ada infeksi pada anak tersebut. Meskipun pada mulanya adalah alergi, bukan mustahil akan berkembang menjadi infeksi. Jadi bukan mustahil bila sepupunya Brandon tadinya alergi dengan debu, misalnya, kemudian meler terus sampai virus dapat berkembang biak dalam tubuhnya, maka flunya berubah menjadi common cold. Dan ini menular.

Tentang Penyimpanan ASI
Prinsip dasar dulu : ASI yang disimpan lebih baik daripada Susu Formula. Jadi teruslah memberi bayi mama ASI saja sampai dengan 6 bulan.
Keuntungan ASI langsung yang tidak didapatkan dengan menyimpannya adalah ASI selalu mengikuti kebutuhan bayi. Ini termasuk yang tidak bisa ditiru manusia dengan teknologi secanggih apapun. Hubungan ibu-anak menyebabkan ASI bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bayi, pada saat bayi haus ASI akan menjadi encer, dan pada saat lapar dia akan berisi zat-zat makanan yang paling dibutuhkan bayi untuk mengobati laparnya, sehingga ASI lebih kental. Bahkan bila hubungan mama dengan brandon sedemikian kuatnya, biasanya di kantor, meskipun jauh, ASI akan keluar dengan derasnya. Pertanda Brandon sedang “memanggil” mama.
Seperti disebutkan diatas maka keenceran ASI tentu saja bisa berbeda dengan yang dibutuhkan Brandon bila ASI itu disimpan. Bisa saja pada saat Brandon hanya ingin melepaskan dahaga, yang diberikan justru yang kental. Saran saya bila mungkin, carilah penitipan bayi di kantor. Tentu saja sekarang masih sedikit sekali kantor yang peduli dengan hal seperti ini terlebih lagi bila itu kantor pemerintah.
Karenanya terpaksa kita harus berhadapan dengan “yang penting ASI saja dulu .. ” 🙂
Penyimpanan sangat penting memperhatikan prosedur mensterilkan botolpenyimpan dan alat yang digunakan untuk memeras. Minimal alat dan botol disterilkan di suhu 85°C dan maksimal berada di udara terbuka selama 30 menit sebelum masuk lemari es. Miliki cukup botol, karena harus dicuci dengan bersih menggunakan air sabun panas dan sikat botol. Jangan gunakan penyimpanan dari gelas, gunakan plastik. Unsur antibodi lebih mudah menempel di gelas daripada plastik. Selain gelas juga mudah pecah pada suhu beku.
Lama penyimpanan untuk ASI di lemari es adalah 48 jam (2 hari) saja. Bila hendak dibekukan, agak lebih ruwet, dinginkan dulu selama 30 menit, kemudian baru masukkan freezer. Dalam freezer susu bisa bertahan sampai 6 bulan bila anda memiliki kulkas dengan pintu ganda (freezer dibuka hanya bila diperlukan) atau 1-2 minggu bila berpintu satu (bila kulkas sangat operasional untuk kebutuhan memasak).
Tentunya bila kita memiliki kulkas dengan bunga es, jadi sulit bila menyimpan 6 bulan. Jangan lupa bila persediaan ASI dibekukan cukup banyak, harus dilabeli dengan tanggal pengambilan. Prosedur penggunaannya menganut sistem FIFO (first in first out), jadi yang dibekukan duluan harus lebih dulu digunakan. Repot ya .. memang gitu kalo ibu bekerja. Kita teruskan.
Prosedur mencairkan, kocok botol di aliran air hangat dan gunakan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit. Atau pindahkan dari freezer ke bagian bawah lemari es dan gunakan dalam waktu tidak lebih dari 3 jam. Jangan panaskan di microwave, di atas api atau dibiarkan di suhu ruang. Jangan dibekukan kembali. BIla sudah selesai menyusu, habis atau tidak, buang saja sisanya. Juga buang susu lainnya yang masih beku atau pendingin suhu biasa, bila sudah melewati batas waktu.
Nah bila semua prosedur diatas dilakukan kekurangan antibodi tadi sangat bisa diminimalkan dan ASI tidak tercemar kuman.

Tentang Homeostasis
Paparan hawa dingin memang kurang baik bagi bayi. Maksud dari membawa bayi jalan-jalan setelah mandi adalah karena setelah mandi kulit bayi sedang basah — meskipun dimandikan dengan air panas — dan membawanya ke hembusan angin yang dingin akan berakibat bayi menjadi kedinginan. Tentu saja ini jadi agak ngga realistis bila kita membawanya dengan tertutup dengan baik sehingga suhu di sekitar kulit bayi dapat tetap hangat.
Di tempat saya bekerja, ada beberapa kasus Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yang oleh orangtuanya dibawa ke RS dengan menggunakan pickup terbuka. Kematian yang terjadi pada bayi BBLR seperti ini justru karena dia hipotermi (kedinginan yang amat sangat). Itu ekstrimnya.
Tapi bila sudah terbungkus dengan baik, terhindar dari resiko kedinginan, adalah sangat baik mengenalkan bayi dengan lingkungan di sekitar rumah sambil menceritakan kepada bayi apa saja cerita yang pernah terjadi ditempat tersebut. Ini penting untuk proses bicaranya kelak. Dan kita tidak akan pernah kehabisan bahan cerita kalo sudah di lingkungan sekitar. Lihat saja ibu-ibu tetangga yang senang bergossip itu kan ngga ada habis-habisnya kan? Hehehe kok jadi ngelantur..
Maaf sekali, mama, masuk angin tidak ada dalam kamus kami di kedokteran. karena sebenarnya kita memang sudah memasukkan angin setiap hari ke dalam badan kita melalui pernapasan dan pencernaan. Jadi saya termasuk yang kurang percaya hal tersebut. Patokannya hanya kedinginan tadi.
Jangan ragu untuk bertanya, terlebih lagi bila sudah di dokter praktek.
Salam saya untuk Brandon.

signature

Advertisements

6 thoughts on “ASI dibekukan dan batuk pilek karena alergi

  1. Pingback: Makanan Bayi 1 Bulan « Tumbuh Kembang & Nutrisi Balita

  2. akhirnya ketemu juga blognya pak dokter ini.. 🙂
    Alhamdulillah anak saya bisa lulus ASI eksklusif walopun cuma sampe 7 bulan 😦
    Dan karena saya kerja otomatis saya memerah ASI dan saya simpan di freezer dengan kondisi ga jauh beda dengan yang dipaparkan oleh dr. Agus di atas, dan Mahes alhamdulillah baik-baik saja tanpa alergi atau gangguan pencernaan apapun.

    minta ijin ngelink blognya ya dok

    http://www.bundamahes.blogspot.com
    -orang Krejengan asli-

  3. dok saya mau tanya anaku yang nomer dua sudah umur 6 tahun ,anaku alergi mulai bayi ,nafasnya krong-krong dan sering batuk ,pileng sama demam sampai sekarang padahal minum asi sampai dua tahun ,anaku yang nomer 3 lahir tidak krong -krong ,sekarang usia 7 bln mulai krong -korong .aku mau tanya apakah susu asi yang aku miliki bikin anaku alergi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s