Makanan anak sakit, coklat, susu UHT

Tiko menanyakan

Ada ga makanan yang perlu dihindari ketika anak sakit panas??
Anakku waktu umur sekitar 8 bulan pernah tak kasih makan coklat, tapi langsung muntah dok, apa mungkin muntah tersebut karena alergi coklat ??
Susu uht yang aneka rasa, dah boleh diberikan waktu umur 1 tahun kan dok? bagusan mana kandungan susu uht ma susu formula ??
makasih jawabannnya dok

 

Tiko,

Sebenarnya ngga ada yang perlu dihindari secara prinsip. Malah biasanya dalam keadaan anak panas, diet yang diperlukan adalah TKTP (tinggi kalori tinggi protein)[sekarang ada yang ngga setuju dengan istilah ini]. Selama permasalahan panas badannya tidak timbul dari pencernaan.

Kalo misalnya masalahnya dari flu biasa (common cold) tentu saja tidak perlu diubah konsistensinya (kepadatannya=bubur, misalnya) maupun jenisnya. Yang perlu kita tetap ikuti karena usianya satu tahun jadi tetap diet awal dengan nasi tim. Cairan diperbanyak.

Makan coklat = muntah, mungkin karena baru pertama kali merasakan. Anak saya yang pertama, dulu makan durian ter-oek-oek. Sekarang jagonya. Tanda alergi karena makanan pada anak biasanya lebih berupa diare. Untuk mencobakan makanan dairy pun harus masuk akal, sedikit-sedikit yang bisa dinikmati bukan untuk mengenyangkan.

Saya agak “jadul” kalo urusan susu UHT, menurut saya belum baik diberikan kepada anak umur satu tahun, termasuk juga susu kental.
Demikian. Terimakasih.

Advertisements

One thought on “Makanan anak sakit, coklat, susu UHT

  1. dokter agus saya mau tanya, anak sya skrg 10,5bln, biasanya klo batuk pilek sya berikan daun saga/kencur trus pagi hari dijemur sembuh, trakhir batuk pilek 2 mingguan blom sembuh akhirnya sya bwa berobat ke dsa 1 diberikan promuxol & alco & diuap slama 4hr krn lendirnya banyak & lengket. setelah itu batuknya mendngan tp blom sembuh juga, akhirnya sya bawa ke dsa 2, disana anak sya didiagnosa positif asma, di telinga kanan & kiri ada bisul, di perut ada virus/kuman krn sewaktu bayi pernah agak kuning tdk diobati. ( krn wktu 3 hr set lahir kontrol ke dsa 1 tdk disuruh diobati hnya disuruh sering diberi mnum krn agak kuning ) pdhl tdk ada riwayat asma dikeluarga kami. tp dsa tsb blg klo ada salah satu yg alergi itu bsa memicu asma, krn sya ada alergi udang akhirnya sya percaya walaupun smpe skrg sya masih blom 100% yakin. saat ini sdh 15hari anak saya masih konsumsi obat2an dr dsa 2 ? dia jga mesti cek lab hematologi & rongsen thorax, stiap 5hri skali kontrol. pdhl anak saya sperti anak anak2 sehat lainnya, ceria aktif ga sperti orang sakit. sya bingung & takut dokter krn anak saya yg bru skalinya mnum obat harus mnum macam2 obat kontinyu & tdk boleh terlambat. maaf dokter klo terlalu panjang & malah curhat, mohon jawaban & pencerahannya, terima kasih sebelumnya & sesudahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s