makanan anak diare dan masalah puyer

         Bu Lian menanyakan

Dok, anak saya eRn, laki-laki, 2 th, saat ini terkena diare yg ada lendir pd feses-nya. Sudah minum nifural, dan obat puyer (yg kl gak salah terkandung zinc di dlmnya). Kmrn diarenya mereda tp setelah 1x minum puyer itu dia muntah. Jd sy hentikan dl puyernya,tp kayaknya jd gak tuntas sembuh ya, hr ini pup 2x yg kedua agak encer. Masalah buat sy eRn ini sama sekali gak mau makan bubur atau yg lunak2,pdhl kalo diare mesti makan lunak dulu kan ya? Sejak bayi dia jg gak suka susu dlm bentuk apapun (puding pun dia bilang ‘gak mau ada usyu-na). Susu hny bisa diberikan pk dot saat dia tidur,paling banter 2×60 ml sehari,itu pun kadang sampai keselek2. Krn gak bnyk minum susu, beratnya cm 11kg. Skr diare pula,.. Dok, tolong sy ya..

Salam kenal, bu Lian.

Mohon maaf saya sedang dinas luar beberapa hari ini. Meski sempat melihat pertanyaan ibu tapi belum ada kesempatan menjawabnya. Langsung saja.. Untuk masalah diare, mungkin sekarang sudah selesai, kalau belum juga sebaiknya konsultasi lagi dengan dokter terdekat. Masalah diare pada anak akan saya buatkan posting tersendiri. Mohon maaf bila belum puas dijawab disini.

asupan saat sakit diare

untuk umur 2 tahun sebenarnya sudah boleh makan makanan keras. Meskipun sangat dianjurkan untuk makan yang lembek dulu, namun lebih tidak dianjurkan bila tidak makan. Kekhawatiran pada diare terutama sekali bila kekurangan cairan. Bila anak mau saja makan makanan biasa dan mau minum oralit atau minumnya tidak berkurang, tidak masalah ibu memberikan makanan selain bubur.

masalah puyer

Puyernya sebaiknya tidak dihentikan, kecuali di plastik obatnya ada tulisan untuk apa saja kah obat tersebut. Misalnya ada tulisan untuk panas, maka pada saat sudah tidak panas lagi bisa tidak diminumkan. Untuk puyer yang bikin muntah mungkin karena rasanya yang tidak enak. Coba ibu cicipi bila membuatkan obat untuk eRn (ini bacanya gimana? erin?) 🙂 Ibu bisa gunakan sirup minuman yang ada untuk mencampurkan. Jangan banyak-banyak sekedar menghilangkan rasa tidak enaknya saja. Sebaiknya bila nanti ibu ke dokter lagi (semoga tidak) mintalah sediaan selain puyer saja. Memang sekarang belum dilarang, namun diantara sejawat dokter anak sudah mulai tidak menggunakan lagi puyer. Ibu bisa baca tulisan tentang puyer di blog-blog ini.

masalah pertumbuhan

Dengan berat 11 kg sebenarnya justru masuk dalam batasan normal (10,1-13,9 kg) berat ideal anak umur eRn adalah 12,6. Jadi ngga masalah sekarang lihat dari KMS apakah pertumbuhan beratnya mengikuti pita atau ada yang tetap, menurun. Dari sanalah kita mulai mewaspadai pertumbuhan.

masalah asupan makanan

kalo sekedar ngga minum susu bukan berarti dia tidak bisa tumbuh. Apalagi bergantung bahwa hanya dengan susu saja berat anak bisa bertambah. Ibu, eRn sekarang sudah 2 tahun. Sangat diperlukan makanan aneka ragam sebagai makanan utama sebagaimana layaknya orang dewasa dengan porsinya eRn. Jadi harus masuk juga didalamnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat. Susu hanya merupakan pelengkap untuk kebutuhan proteinnya. Karena itu perlu sekali ib umeninjau ulang makanan yang diberikan pada anak ibu. Konsultasikan di sini makanan eRn setiap harinya. Kami akan berikan beberapa contoh, bila ibu masih merasa kurang nanti bisa berkonsultasi dengan sejawat terdekat di kota tempat ibu tinggal.

khusus tentang susu

apakah sudah dicoba produk dairy lainnya seperti keju, coklat dll. Bila dia masih mau dengan produk tersebut berarti mungkin eRn memang ngga cocok dengan rasa susu yang sekarang diminumnya. Coba dikombinasi dengan rasa-rasa yang sekarang ada. Bila memang tidak mau ya produk dairy tadi saja diberikan, dan ibu memberikan perhatian terhadap komposisi protein di makanan eRn dari jenis lain. Untuk frekwensi dan jumlah minumnya yang memang kurang untuk umur eRn, ya diteruskan saja. Anak sampai usia 6 tahun memang masih besar kebutuhan proteinnya. Demikian ibu, mohon bila masih ada yang belum saya jelaskan, ibu tambahi informasi tentang tinggi badan, riwayat makanan.

Semoga eRn sudah sembuh dari diarenya dan sudah tidak sulit lagi makannya.

tumbuh kembang, balita, bayi, makanan bayi, makanan anak, nutrisi bayi

Advertisements

2 thoughts on “makanan anak diare dan masalah puyer

  1. Wah kebetulan sekali main ke sini, anakku (4 tahun) juga sering sekali terkena diare dan kalo kena bisa sampai seminggu baru sembuh. Perutnya kembung, kalo orang jawa bilang masuk angin. Kata dokter memang perutnya agak lemah. Good artikel mudah2an masalah anakku bisa terselesaikan.

  2. waduh saya sampe ngga tahu ada yang tersesat kesini hampir satu minggu. Mohon maaf tuan rumahnya ngga aware. Semoga artikelnya bermanfaat, kalo ada yang bisa saya bantu? Karena artikel-artikel dengan pola seperti ini sebenarnya spesifik untuk anak yang dikonsultasikan orang tuanya. Walaupun mungkin masih bisa digunakan untuk anak lain.
    Silahkan berkonsultasi mohon mencantumkan BB, TB dan riwayat kesakitan dan riwayat nutrisi.
    Salam kenal, blognya bagus. Rapi dan seperti buku. Cocok sekali dengan nama blognya.

    Sakam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s