Bubur Susu, Bubur Saring dan Nasi Tim

Mama Brandon menanyakan

Sya ga tau apa disini tempat yg sesuai utk tanya ttg apa itu bubur susu, bubur saring, nasi tim. Apa proses buatnya yg bedain ? Soalnya saya sering membaca internet tentang MPASI, tapi ga ada penjelasan nya ttg istilah tsb. Trims

Salam kenal mama, senang berkenalan dengan anda. langsung aja ya..
Memang ada sedikit perbedaan dari ke-3 macam MP-ASI yang mama sebutkan.
Untuk Bubur Susu biasanya konsistensinya lebih cair dan lebih tepat diberikan untuk bayi baru mulai mengenal MP-ASI yaitu sekitar umur 6-8 bulan. Bahan dasarnya biasanya terdiri dari tepung susu, tepung beras/maizena, kuning telur dan kadang-kadang ditambah margarine atau minyak sayur.
Untuk Bubur saring, konsistensinya lebih padat dibandingkan dengan bubur susu, teksturnya halus (biasanya disaring atau diblender hingga halus) dan ragam bahan makanan yang diolah lebih bervariasi karena sudah dimasukkan beberapa sayur dan lauk. Bahan dasarnya biasanya terdiri dari beras atau tepung beras, sayuran cincang (biasanya yang digunakan wortel dan daun bayam), lauk hewani cincang dan kadang-kadang ditambah dengan lauk nabati yang berasal dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe, kacang hijau dan kacang merah. Bubur saring ini mirip dengan bubur preda tapi yang dihaluskan. Bubur saring ini tepatnya diberikan ke bayi pada umur 7-10 bulan.
Nasi Tim hampir mirip dengan nasi biasa tapi konsistensinya lebih lembek (antara bubur kasar dan nasi) dan teksturnya lebih kasar dari bubur kasar. Pembuatan Nasi Tim untuk bayi, biasanya pada saat diolah antara beras dan lauknya yang sudah dipotong kecil-kecil di masak/di tim bersamaan. Bahan dasar pembuatannya pada prinsipnya sama dengan bahan untuk bubur saring. Nasi tim ini cocok diberikan untuk bayi pada umur 9-12 bulan atau sampai dia siap untuk mencoba makanan nasi untuk orang dewasa. Ini dulu yang bisa disampaikan sesuai dengan pengetahuan kami, semoga bisa menjawab pertanyaan ibu. Terima kasih.

Advertisements

4 thoughts on “Bubur Susu, Bubur Saring dan Nasi Tim

  1. Terima kasih dok atas jawabannya.
    Sekarang anak saya usia 5 bulan lebih 10 hari …. karena seringkali dia bangun di malam hari karena lapar, dan tanda-tanda siap makan sudah ada, maka 4 hari yang lalu sudah saya berikan bubur susu, bahan dasar nya dari tepung beras. Dia lumayan suka. Quantity nya saya berikan bertahap, sekarang masi sedikit dan encer. Abis gini mau saya kasi bubur susu dari tepung beras merah. Jika dilihat dari segi kandungan vitamin dan mineral, beras merah pun lebih unggul. Kandungan vitamin dan mineral beras merah 2-3 kali beras putih. Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Belum lagi vitamin dan mineral-mineral penting lainnya. Sayangnya kita lebih familiar dengan beras putih. Jarang sekali di dalam keluarga mengonsumsinya. Nah, jika ingin keluarga sehat, mulailah mengonsumsi beras merah. Sebaiknya memberikan dari tepung beras yang organik – karena lebih berkualitas, dibudidayakan secara organik,tanpa bahan kimia, misalnya untuk pupuk, pestisida, atau bahkan zat pengatur tumbuh sehingga hasilnya benar-benar alami. Salah satu beras organik yang saya konsumsi merk Gasol. Nah sekalian aja .. kalo ada yang cari tepung beras organik – GASOL, bisa telepon di 031-70891033. Bisa diantar :).

    • ahnaf 2 minggu lagi sudah mulai makan.sy sangat tertarik n butuh informasi tentang produk GASOL untuk MPasi anak saya.untuk pemesanan apakah GASOL bisa pesan di daerah SURABAYA?

  2. Mama Brandon
    Moga-moga komentar mama ngga diserbu ibu-ibu lagi karena mama ngga eksklusif walau tinggal dikit 😀 .. ngga jadi dapat Exc Award nih ..
    Waahh ternyata mama banyak belajar tentang jenis-jenis berasnya 🙂 .. terimakasih mama, sharing yang sangat berguna. Jangan lupa untuk asam lemaknya juga diberikan. Sekarang ada di pasaran berupa soft capsul yang berisikan minyak ikan yang sudah diolah, memudahkan dan masih alami. Atau kalo Brandon mau, bisa diberikan ikan salmon, tentu saja dengan harga yang lebih tinggi.
    Di tempat saya sekarang sudah mulai banyak penyedia beras organik, meski belum populer. Maklum kondisi krisis sekarang benar-benar menyulitkan.

    Terimakasih.

  3. Kalo Mahes waktu dah mulai makan MPASI kemaren dia saya beri bubur beras merah, sebab setelah nanya-nanya mbah gugel katanya beras merah mengandung serat lebih tinggi dibandingkan beras putih biasa, tapi sayangnya Mahes kurang suka, jadinya saya selingi dengan beras putih juga.
    Sekarang di umur 14,5 bulan dah makan nasi biasa tapi lauknya tetep saya pisahin dengan menu keluarga sebab saya masih menerapkan bumbu minimalis (bawang putih/merah dan sedikit garam)
    Yang masih menjadi masalah adalah kebiasaan Mahes yang masih ngedot, dah dilatih pake training cup/straw cup ga mau 😦
    Any advice???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s