Pasien pertama

tiko menanyakan

wah, jadi pasien pertama nih…..
salam kenal dok….
gini dok anak saya umur 1 tahun , susah banget makan, dah dicoba berbagai sayur/ikan, tapi tetep maunya cuma kentang rebus atau kentang goreng, tanpa nasi lagi… klo minum susu banyak juga sih…..
pertumbuhan dan perkembangan sih normal, tapi kadang gemes juga liat anak ga mau makan…
punya tips nya dok biar anak mau makan?? nutrisi apa yg dibutuhkan untuk anak 1 tahun? btw keju boleh ga sih dok untuk anak 1 tahun?
trims dok….

Wah maaf banget agak lambat dilayani .. soalnya perlu membuatkan 1 postingan tersendiri tentang hal-hal yang umum tentang diet anak umur 1 tahun yang sekarang bisa dilihat disini.

Ada beberapa hal yang khusus kami jawab disini. Sebenarnya pemberian kentang asal cukup memenuhi kalorinya sudah termasuk pemenuhan karbohidrat. Saya rasa kita perlu juga melihat bahwa balita diluar negeri juga kemungkinan besar jarang-jarang lihat nasi. Jadi kalo sumber karbohidrat sudah terpenuhi, sekarang kita teruskan pada masalah ikan dan sayur.

Asumsi saya yang anda sebutkan disini adalah lauk, bukan spesifik ikan (laut misalnya). Kalo cuma ikan, mungkin bisa diganti dengan ayam, telur dan lain-lain. Tapi bila yang anda maksud adalah lauk secara umum, maka mungkin yang sangat diperlukan adalah variasi penampilan masakan. Lauk, tapi tampil tidak seperti lauk. Misalnya nugget sekarang ada yang bentuknya seperti stik kentang goreng .. sayur, ada yang bentuknya kripik sayur.

Memang jadi agak ribet .. Untuk keju dan susu di tulisan sudah ada. Tapi pada prinsipnya sangat baik diberikan, yang penting juga pemberian makanan yang tidak berakibat kegemukan. Oya .. bila ASI belum disapih, masih sangat baik bila bisa diberikan karena kandungan antioksidan dan asam lemak yang sekarang sangat favorite diiklankan dimana-mana .. meskipun memang bukan lagi sebagai makanan utama.

Semoga mencukupi.

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s