Pilihan Susu Formula dan Bubur Preda

Bu Nurul menanyakan

Makasih banget jawabannya dok…..
Anak saya yang pertama namanya Lintang yang ke dua Panji. And klarifikasi ya dok, anak saya tidak minum susu dot. Tapi minum susu formula dengan cara diminum pakai gelas / disendoki dan ASI. Susu formula yang diminum dulu karena disarankan dokternya adalah neosure (untuk menaikkan berat badannya), tapi kemudian diganti lagi nutrilon, sekarang diganti lagi atas saran dokternya bebelac fl (Maaf sebutin merk). Dokternya menduga intoleransi laktosa atau alergi karena jika kurang kebersihaannya disentri dapat cepat menular dan otomatis kakaknya juga kena. trus pernah juga diminta mencoba susu formula yang diminum kakaknya tapi nggak pernah mau selalu muntah/dimuntahin??. Oh ya… kata dokternya makannya harus tinggi gizi??? and diminta makan preda atau bubur buatan rumah dengan komposisi nasi, daging, dan minyak tanpa sayur.
Gimana menurut dokter??? Saya konsultasinya selama ini sama dokter spesialis anak : dr.Yahya Zakaria (ahli penyakit anak)di RS Mitra Internasional dan prof.Bambang (kalau nggak salah ahli jantung anak) di RS Haji Pondok Gede. Mungkin dokter ada rekomendasi untuk dokter yang lebih sesuai menangani masalah anak saya ??? Terimakasih. Maaf ya dok banyak tanya.

Ibu, kemaren sudah kenalan sama istri saya, sekarang giliran saya nih yang kenalan ..
Saya lihat sebenarnya untuk dek Panji sudah lebih dari cukup perhatian terutama dalam hal makanan dan konsultasi kesehatan.
Yang bisa dilakukan di blog ini sebenarnya sangat terbatas mengingat menangani langsung tentu saja lebih baik dan memudahkan.
Namun demikian kami berusaha untuk memberikan masukan kepada ibu ..
1. Tentang Konsultasi Ke Pakar Anak
Ibu sudah mempercayakan kepada orang-orang yang secara kompetensi sebenarnya sudah mumpuni, seorang profesor dan spesialis mestinya cukup untuk menjelaskan kondisi anak ibu. Come to think, kok konsultasi ke Ahli Jantung Anak, apa kebetulan saja langganan kepada beliau atau ada dasar penyakitnya pada dek Panji?
Kemudian juga mungkin ada baiknya sebelum pergi ke tempat praktek beliau-beliau ini ibu catat dulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Saya bukannya khawatir dengan daya ingat ibu, tapi justru biasanya kita menjadi sangat toleran sehingga lihat dokternya bolak-balik lihat jam, pertanyaan yang tadinya udah ada di kepala jadi ngga jadi disampaikan .. *kayaknya pengalaman pribadi nih* hehehe.
Hak ibu adalah mengetahui penyakit, obat dan perkembangan anak ibu. Tanyakan saja kepada beliau. Tanpa menghilangkan hormat saya kepada senior saya tersebut, kalo cuma dijawab “mmmmhhhh, mmmmhh ..” lebih baik ganti tempat konsul saja. Ya betul. Kolega saya ada juga lo yang belum memahami konsep melayani .. semoga beliau berdua tidak termasuk yang dicontohkan.
Pilihan konsultasi tentang tumbuh kembang anak mungkin bisa ibu dapatkan di klinik tumbuh kembang. Mengingat ini adalah program dari pemerintah mungkin yang mengembangkan baru di Rumah Sakit Pendidikan. Di Jakarta mungkin bisa ditanyakan di RSCM bagian Anak divisi tumbuh kembang, apakah ada disana saya juga kurang begitu paham. Afiliasi kami sementara ini ke RS Dr. Soetomo Surabaya.
2. Tentang pilihan susu
Bila memang ternyata dek Panji intoleransi laktosa, apapun merknya asal memang ditujukan untuk menangani intoleransi laktosa bisa digunakan.
Hanya saja pengertian alergi dan disentri harus dipisahkan. Bila dengan meminum makanan tertentu alergi, biasanya yang terjadi hanya diare (kebanyakan tidak disertai perdarahan). Bila dugaannya menular pada kakaknya karena infeksi tentu saja sudah bukan alergi lagi.
Ibu menjelaskan 2 kali tentang kemungkinan makanan kotor, bisakah ibu jelaskan bagaimana kemungkinan itu terjadi?
Saya khawatir ibu cuma terlalu protektif. Tapi juga diperlukan perlindungan yang masuk akal. Mohon maaf bila belum puas, karena saya juga perlu informasi lain dulu.
3. Tentang bubur preda
Komposisinya seperti ibu lihat memang ditujukan untuk mendapatkan tinggi Karbohidrat, tinggi protein dan tinggi lemak. Hal ini sebenarnya sudah tepat, mengingat memang itu yang dibutuhkan dek Panji untuk kejar tumbuh — catchup growth. Tapi apa ini yang diminta diberikan pada saat dek Panji sedang diare? Atau secara umum untuk kekhawatiran ibu tentang kurusnya Panji?
Banyak tanya? Ngga papa, bu. Kalo saya ngga pengen ditanya banyak-banyak ya mungkin blok ini ngga jadi. Itukan harapan kami dalam memberikan pelayanan.
Terimakasih. Kami tunggu responnya.

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita

Advertisements

15 thoughts on “Pilihan Susu Formula dan Bubur Preda

  1. sekarang anak saya 29 bln berat badan 10kg tinggi badan 84 cm,berat badannya susah sekali naik tidak ada kenaikan sama sekali,anak saya susah sekali makan,sudah saya coba berbagai cara tetap ga mau makan,saya coba kasih minum susu coklat tapi sama saja bb ga naik2,padahal waktu lahir bb 3,5 kg panjang 50 cm,ada solusi ga ya dok bt anak saya,trims

  2. Salam Kenal Dok,

    Saya dari majalah Mother & Baby sedang mencari narasumber yang dapat berbicaara mengenai alternatif susu kedelai bagi tumbuh kembang anak yang alergi susu sapi.

    Apabila sekiranya ada informasi yang bisa di share, silahkan mneghubungi saya di email tsb diatas atau di 0815 970 2545.

    Terima kasih
    Genni

  3. Salam kenal dok,
    anak saya sekitar 2 minggu yg lalu dirawat di rumah sakit, karena BAB ny mencret dan ada darahnya. Di rumah sakit dirawat selama 4 hari, sudah berhenti darahnya dan sudah tidak mencret lagi. tp sekarang BAB nya mencret lagi ada darahnya lagi walaupun intensitas darahnya tidak sebanyak yang kemarin. Padahal masih terus mengkonsumsi bebelac fl. Trus apa yang harus saya lakukan? anak saya tidak turun berat badannya melainkan naik, nafsu makan tetap, tetap terlihat ceria. Mohon sarannya. terima kasih.

    • Bila ada darahnya tetap merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Darahnya juga harus dilihat apakah darah segar atau kehitaman. Bila darah segar bukan tidak mungkin ada perlukaan di dekat duburnya.

  4. malam dok, saya mau tanya: anak ketiga saya sudah hampir 10 bulan tetapi beratny masih 5kg. lahir dgn berat 2,2kg panjang 47 cm, gender perempuan. panjang anak saya sekarang sekitar 65cm. menurut dokter panjangnya masih normal. permasalahannya berat badannya susah naik, sebulan paling naik 200gr sampai 300gr. kondisi anak saya lincah, aktif, bisa mengoceh n sudah bisa merangkak. gimana ya dok solusi menaikan badan anak saya? saya sdh pernah membawaanak saya cek up swaktu umur 5bln, hasil ct scan, thorax, thiroid n kromosome normal. apa ada solusi untuk anak saya. padahal anak 1 n 2 saya perkembangannya tdk seperti itu. sedangkan saya sendiri waktu bayi jg kcil, berat saya waktu berumur 1th sekitar 7kg. thanks dok, saya harap dokter dapat membalas pertanyaan saya secepatnya. tq

    • Ibu Maya, bila ukuran-ukuran di atas benar, maka memang, anak ibu kurang berat badannya. Dan sekarang ini status gizinya sangat kurus (SD z-Score = -3,96). Saya sangat mengharapkan anak ibu dibawa ke Therapeutical Feeding Center terdekat. ini bisa berupa RS atau Puskesmas yang membuka layanan seperti ini. Atau bila ke dokter anak, carilah yang praktek di rumah sakit agar bisa ditindaklanjuti.
      Seharusnya untuk 65cm setidaknya berat badan berkisar 6 kg ke atas.
      Saran saya cuma itu, Bu. Mohon segera ke dokter anak yg berpraktek di RS. Mungkin anak ibu perlu perawatan.

  5. salam,, dok maaf mw tanya, anak saya dari usia mulai mkn 6 bln smpai skrng usia 11 bulan jarang mkn, mlh bisa dikatakan ga makan, pdhl sudah d coba berbagai menu, dia hanya asi dok. terimakasih

  6. salam dok.. mw tanya, anak sy 6 bln perempuan, lahir tgl 4 agsts thn lalu, BB nya 6,05 kg dan PB 63 cm, normal ga ya, dok?? dari bulan 1 smpe bulan ke 6 mmg malas skali ASI, haus skali baru mw minum.. khan udh bisa, mpasi, baikx bubur apa yg bagusn kuksh utk menambah berat badanx ya, dok?? krn bdnx kecil, jd baby ku ini byk skali gerakx.. sy jg takut gemuk tp setidakx beratx mencapai target di kms, ga dgaris kuning ato merah.. Bunda Fiqa..

  7. Dear Dok..

    Anak saya sekarang usia 10 Bulan. Kemarin nimbang tgl 11 Maret 2012, BBnya cuma 7.6 kg, dengan Pjg 72 cm. Anak sy lahir tgl 4 Mei 2011 dg BB 3.1 dan panjang 48 cm.
    Sp skr anak sy belum bisa merangkak & duduk. Dia senang merayap .
    ASI hanya 2 bln, selanjutnya sufor. Tetapi usia 4 bln anak sy di diagnosa terkena alergi susu sapi, Karena ada alregi pada pernafasannya ( grok2 ), dia minum susu soya sp skr. Dari 6 bln, dia sudah saya beri bubur susu & sekarang makan nasi tim yg di blender. Giginya baru 4, sehingga dg makanan yg sdkt kasar pasti lgs hoek.
    Makanannya biasanya dg nasi + sayur, brokoli, tomat, kentang, keju, daging, ati, ikan salmon, kakap, tahu, dll. yg saya variasikan tiap hari.
    Makannya banyak dan lahap. untuk selingan sy buatkan jus./ puree buah.
    Vitaminnya Ferriz dan Apyalis.
    Tapi kenapa ya BBnya ssh naik. Bahkan kadang malah tetap tiap bulannya.
    Apakah krn sufornya yg soya / apa ya Dok ?
    Tolong dong bantuannya… supaya BBnya normal.
    Apakah sy harus ganti susu penambah brt badan / coba sy ganti dg susu sapi biasa / ganti vitaminnya / gimana ya Dok?
    Dan anak sy ini juga sering terkena Batuk Flu, padahal sdh Imunisasi influenza 2x, tp knp daya tahan tubuhnya rendah.

    Terimakasih atas jawaban Dokter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s