Anak Aktif dan Berat Badan Sulit Naik

Bunda Za menanyakan

Kemarin, suami saya dah ikutan tanya tentang anak kami yang kecil, (walaupun belum di jawab), sekarang saya mo ikutan tanya juga nih. Anak kami yang paling besar, Za, 30 oktober kemarin genap 5 tahun. Hingga usia 3 tahun makannya sangat susah.hany mau minum susu. Alhmdulillah, setelah itu, nafsu makannya membaik setelah saya rutin memberi dia madu (apa memang pengaruhnya signifikan ?).
Makannya 3x sehari (dengan asupan karbohidrat+lauk pauk lengkap) plus susu 2 gelas n cemilan2. Tapi yang saya perhatikan kenaikan berat badannya hanya bertambah 1 kg selama 2 tahun ini.
Sekarang BB 15 kg, TB 112 cm. Apakah ada gangguan dengan pencernaannya ? bagaimana ya cara untuk meningkatkan berat badannya ? Dia memang termasuk anak yang sangat aktif, selalu beraktivitas. Menu makan yang seperti apa yang seharusnya saya berikan untuknya ? trimakasih banyak atas jawabannya.

Bunda Za

Mari kita lihat dulu status gizi Za. Melihat di avatar-nya anak ibu-bapak ada 2 orang dan karena Zaheed sudah ditanyakan bapak, berarti yang paling besar perempuan (tidak ada dalam pertanyaan)

Za_score

meskipun disini terlihat masih gizi baik untuk nilai dengan menggunakan z-score. Namun bila ibu bisa melihat ke dalam angka-angkanya sudah harus kita khawatirkan. Angka yang 60% pada median atau –3 pada z-score adalah menandai status gizi buruk. Dan kita tidak berharap Za jatuh ke kondisi ini.

Secara gamblang saja berarti asupan karbohidrat sebagai sumber utama energi dan proteinnya tidak mencukupi kebutuhan harian Za dan aktivitasnya. Kita tidak akan memikirkan dulu gangguan absorbsi makanan selama belum diketahui konsumsi yang diberikan.

keseimbangan

Ini adalah rumus sederhana yang menyatakan bahwa dalam sehari badan kita memerlukan energi dan protein yang digunakan untuk melakukan metabolisme dasar ditambah dengan aktivitas fisik yang dilakukannya. Energi untuk itu didapatkan dari konsumsi. Bila konsumsi melebihi dari (B+A) maka otomatis akan disimpan di dalam depot (cadangan strategis yang berupa otot). Bila konsumsi kurang dari B+A maka depot akan terus mengalami pengurangan.

Pada kasus Za, dengan aktivitas tinggi, tentu saja seharusnya diperlukan konsumsi yang memadai.

Pada usia Za sekarang 5 tahun (4-6 tahun) maka kebutuhan hariannya adalah kurang lebih 1750 kkal dan 32g protein. Dan setelah itu baru kita membicarakan koreksi aktivitas. Bila aktivitas tinggi tentu saja harus ada penambahan makanan.

Bagaimana bunda bisa mendapatkan berapa angka yang dikonsumsi Za adalah dengan melakukan recall makanan yang dimakannya selama 24 jam. Recall adalah mengingat makanan yang dimakan Za sampai dengan ke hal-hal yang terkecil. Proses ini bisa dilakukan oleh petugas gizi (Nutrisionis). Mungkin ibu bisa mendapatkan ini di rumah sakit atau puskesmas yang memberikan layanan konseling gizi. Bila sudah didapatkan hasilnya kita bisa melihat dimana kekurangan makanan yang dikonsumsi Za.

Bunda menyebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup beragam dan lengkap. Pada saat ini kita juga harus memperhatikan kecukupan porsi (jumlah), jenis makanan dan cara pemasakan/pengelolaan bahan.

Kecukupan Porsi

Tidak jarang kita menemui anak yang mudah makan segala macam jenis makanan. Namun yang dimakan ternyata kurang dari jumlah Kalori yang seharusnya masuk ke dalam tubuh. Termasuk dalam seberapa banyaknya makanan yang dikonsumsi Za bisa diberikan pada saat Recall

Jenis Makanan

Mungkin juga ada jenis-jenis makanan yang dikonsumsi yang sebenarnya nilai gizinya rendah, sehingga makanan akan cukup mengenyangkan akan tetapi nilai gizinya tidak mencukupi kebutuhan.

Cara Pemasakan

Proses pemasakan tertentu bisa menyebabkan hilangnya zat gizi tertentu dalam makanan, misalnya makanan yang sudah dimasak kembali, atau yang terlalu lama dimasak. Protein juga bisa terdenaturasi dalam berbagai cara, misalnya dengan diasinkan, dipanaskan dengan suhu tinggi dan lain-lain.

Nah, Bunda, tentu saja ini hanya merupakan bekal untuk Bunda berkonsultasi dengan petugas gizi yang bisa bunda temui di Puskesmas (biasanya selalu ada nutrisionis) atau Rumah Sakit yang memberikan layanan konseling gizi. Kami sangat menyarankan itu sebelum berat Za makin tidak terkejar dengan kebutuhannya. Bila nanti terbukti bahwa kebutuhan Za sudah terpenuhi dengan konsumsi makanannya, barulah kita memikirkan malabsorbsi.

Untuk sementara itu dulu yang bisa kami sampaikan, semoga segera bisa berkonsultasi dengan bekal ini. Tentang madu, insya Allah akan saya bahas tersendiri dalam postingan lain.

Salam

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita | hkn | idi

PS :

dengan permohonan yang sama, maaf bila ini sudah sangat terlambat. Salam

5 thoughts on “Anak Aktif dan Berat Badan Sulit Naik

  1. salam kenal dr.agus,
    saya inggita,saya ingin menanyakan masalah tumbuh kembang anak saya.anak saya namanya gabriel lahir dengan berat badan 2,84kg,panjang 48cm dengan lahir prematur 8bulan 2minggu.sekarang anak saya berusia 10 bulan kurang 2 hari,berat badanya terakhir ditimbang 6,6kg,dengan panjang 70 cm dan lingkar kepala 44cm.anaknya aktif,tp sampai saat ini dia blm bisa merangkak,bisanya mengesot dengan cepat,dia blm kuat untuk menopang badannya,anaknya aktif sekali dalam bahasa maupun gerakannya.yg ingin saya tanyakan apa yg harus saya lakukan terhadap pertumbuhan dan perkembanganya,terutama sekali pertumbuhannya.pabila dilihat dari makannya terkadang susah terkadang gampang,masih asi + tambahan sufor (nutrilon royal.pertumbuhan giginya juga cepat sekarang sudah tumbuh gigi 4 atas,2 bawah,masalah pup alhamdulillah bagus dan tidak ngejan dan alhamdulillah jarang sekali sakit.dia suka sekali dengan buah2an dan camilan.saya berharap mendapatkan masukan dari dr.agus untuk tumbuh kembang anak saya dari asupan gizi maupun cara menstimulasi anak saya.
    Demikainlah curhat saya ke dokter,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  2. anak saya termasuk yg terlambat bicara, skrg sdh usaia 2 thn tp belum bisa merangkai suatu kalaimat, dia juga mengidap masturbasi babi dan termasuk anak yg hioerkinetik, adakah seseorang yg dapat membantu secara informasi yg perlu saya ketahui

  3. dok, anak saya umur 5th dgn berat badan 13kg. BAB sering keras, nafsu makan sangat kurang, dan ada alergi terhadap makanan dan minuman yg mengandung protein. tetapi dia sangat aktif.
    sudah sering berobat tetapi tidak ada perubahan, dan sekarang ini habis makan sering sakit perut.
    mohon solusinya dok,, terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s