Terlambat Bicara ?

Pak Alfirdausi menanyakan

Anak saya sekarang 20 bulan. Hingga usia 12 bulan perkembangannya sangat baik.Berat lahir 3,5kg, panjang 52. Usia 12 bulan beratnya 12. Pada usia 13 bulan dia sakit batuk pilek, sampai harus inhalasi dan minum obat-obatan dari dokternya. Kurang lebih hampir 1 bulan baru kondisinya pulih. Tapi sejak itu, nafsu makannya makin berkurang, bahkan sampai saat ini sangat susah. Hanya ASI saja yang masih terus. Kemampuan bicaranya sebelum sakit sudah bisa mama,papa, dadah, bobo..tapi setelah sakit itu dia cuma bisa mam dan hanya ah.uh saja kalau bicara. Padahal dia sudah mengerti kalau diperintah, sudah tahu nama-nama benda kalau diminta untuk menunjukkannya. Tapi yang saya khawatirkan kemampuan bicaranya tidak bertambah. Juga berat badannya stagnan.setelah sakit turun menjadi 11 kg hingga saat ini.sedangkan TB nya sekarang 89 cm. Kemarin saya cek ke dokter untuk mengetahui perkembangan bicaranya. Dokter menyarankan untuk tes bera. Tapi belum saya lakukan. Sebenarnya kondisinya sekarang kira-kira apa ada pengaruh dari proses pengobatan ketika dia sakit kemarin ya ? trimakasih atas tanggapannya
oh,ya saya lupa kasih tahu.anak saya laki-laki. namanya zaheed. hasil kpspnya, hanya no 2 saja yang tidak. yang lain semua sudah dapat dilakukan.sekarang nafsu makannya masih kurang. kata dokternya dia juga diminta untuk terapi wicara. menurut dokter, kondisi kesehatan fisiknya sekarang sesuai anak seusianya? trus, apa ada gangguan pencernaan yang akibatkan nafsu makannya berkurang ? trimakasih banyak nih

Pak Alfirdausi

Ada beberapa penyebab keterlambatan bicara. Saya suka artikel yang dibuat mba Jacinta, versi lengkapnya bisa di download disini.

Sekarang khusus Tumbuh Kembang ..

Zaheed masih masuk dalam batasan yang oleh praskrining diijinkan untuk ditangani di tingkat  keluarga terlebih dulu. Kenapa saya berpendapat begitu? Karena perkembangannya baik (9-10) menurut cara ini yang harus kita lakukan sekarang adalah mengintervensi aspek no 2 itu yaitu bicara dan bahasa. Meski saya tidak tahu sudah berapa lama bapak-ibu mengkhawatirkan kondisi ini. Saya rasa ada baiknya kita mulai dari sekarang.

Teknik pemberian intervensi adalah mundur 1 step dari kelompok usia, dilakukan 2 minggu efektif dan dinilai lagi setelah masa dua minggu tersebut. Jadi untuk Zaheed intervensi terhadap gangguan pada aspek bicara dan bahasa di umur 18-24 adalah dengan meneruskan semua stimulasi untuk usia 18-24 bulan dan menambahkan stimulasi aspek bicara dan bahasa pada usia 15-18 bulan.

Stimulasi Aspek Bicara dan Bahasa untuk Zaheed

Jadi untuk Zaheed stimulasi yang diberikan adalah :

Stimulasi yang perlu dilakukan :

  • Bernyanyi, bercerita dan membaca sajak-sajak untuk anak. Ajak agar ia mau ikut serta.
  • Bicara banyak-banyak kepada anak, gunakan kalimat-kalimat pendek, jelas dan mudah ditiru anak. Setiap hari, anak dibacakan buku.
  • Dorong agar anak anda mau menceritakan hal-hal yang dikerjakan dan dilihatnya.
  • Melihat acara televisi. Biarkan anak melihat acara anak-anak di televisi. Bedanya dengan yang disebutkan Mba Jacinta adalah dampingi anak dan bicarakan apa yang dilihatnya. Pilih acara yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan anak dan batasi agar anak melihat televisi tidak lebih dari 1 jam sehari.
  • Mengerjakan perintah sederhana, mulai memberi perintah kepada anak. Tolong bawakan kaus kaki merah”, ATAU “Letakkan cangkirmu di meja”. Kalau perlu tunjukkan kepada anak anda cara mengerjakan perintah tadi, gunakan katakata yang sederhana.
  • Bercerita tentang apa yang dilihatnya dengan memperlihatkan sering-sering buku dan majalah bergambar kepada anak. Usahakan agar anak mau mencerita-kan apa yang dilihatnya.

Pak Alfirdausi dan Bunda Za, usahakan hal ini dilakukan 2-4 jam sehari bergantian namun tidak harus menjadwalkan khusus dan tidak boleh terasa seperti memberikan pelajaran. Dalam 2 minggu stimulasi efektif kemudian diukur lagi dengan KPSP 18 Bulan. Memang ada baiknya mengunjungi rehabilitasi medik yang bisa melaksanakan terapi wicara. Kadang-kadang kita bisa diajarkan teknik-teknik tertentu. Tapi kembali lagi pelakunya sebaiknya adalah orangtua.

Kembangnya sudah, tumbuhnya meskipun masih dalam batas normal namun pola tumbuh sepertinya sudah masuk kelompok T. Coba gunakan alat ini. Untuk melihat keadaan sekarang bisa download file excel tersebut, masukkan indikator pengukuran dan lihat hasilnya tiap bulan. Untuk kewaspadaan dini bisa menggunakan KMS, dan memantau pola tumbuh.

Untuk status gizi Zaheed saat ini :

zaheed

Jadi secara status gizi memang masih terhitung sebagai gizi baik. Meskipun juga harus kita waspadai. Terbukti dari BB/TB (status gizi untuk kondisi akut) dengan menggunakan %median statusnya Kekurangan Energi Protein ringan. Bunda Za, kita sudah harus mulai memperhatikan asupan protein dan karbohidrat untuk Zaheed. Apakah cukup? Apakah sudah beragam?

Tentang proses pengobatan sepertinya tidak. Sepanjang pengetahuan saya Zaheed sudah berinteraksi, bila yang dimaksud adalah obat-obatan yang membuat anak tidak bicara adalah autism, rasanya terlalu mendadak. Kalau yang mengganggu pendengaran ada beberapa antibiotik, tapi proses yang dilalui mungkin gangguan pendengaran dulu. Dan obat yang jumlahnya hanya sedikit itu jenisnya rasanya sudah diketahui oleh semua dokter, bahkan di pkm kami saya sosialisasikan pada perawat.

Untuk selanjutnya saya mengharap bapak ibu terus mengkonsultasikan Zaheed ke DSA, terutama yang menangani tumbuh kembang anak. Tentang Tes Bera kemungkinan karena dokter yang bersangkutan memang mencari penyebab dari sana.

Sementara itu dulu pak Alfirdausi, saya akan sibuk sekali beberapa minggu ke depan ini, karena terjadwal beberapa pelatihan dan pertemuan di Surabaya dan juga menunaikan tugas saya sebagai ketua HKN. Bila masih ada yang ingin bapak tanyakan silahkan saja pak. Demi anak sebaiknya kita orangtua yang paling tahu.

Salam.

ASI, air susu ibu, keuntungan, kelebihan

post ini dibuat dengan windows live writer ® sebagaimana dapat anda temukan di blog puskesmas | opm | bljrblog | balita | hkn | idi

PS :

Ternyata saya keburu masuk dalam kesibukan yang saya khawatirkan itu. Post ini sudah dibuat nyaris 2 minggu yang lalu, ketika saya datang dari Surabaya ternyata Speedy-nya yang error 2 hari dan saya masuk lagi dalam kesibukan lain. Mohon maaf bila tidak up to date lagi. Salam saya untuk keluarga.

40 thoughts on “Terlambat Bicara ?

  1. Terima kasih banyak atas tanggapannya di sela-sela kesibukan mengurus ummat manusia yang Insya Allah jadi lahan bapak-ibu menabung amal akhirat kelak.

    Isnya Allah kami akan coba terapkan pada anak kami sekaligus melanjutkan pantauan terkait tumbuh kembang mereka.

    KAmi sekeluarga mengucapkan Jazakumullah khayran jaza.

    • Pak Alfirdausi sekeluarga ..
      Harapan kami pun sama.
      Semoga bermanfaat untuk Zaheed dan Za. Dan bagi kami sebagai tambahan ilmu
      Syukron katsir wa jazakumullahu khairon ahsanal jaza ..

  2. Pak Alfirdausi
    Saya juga mempunyai seorang keponakan yang berumur hampir 4 tahun belum bisa berbicara baru mama maem, kalau minta sesuatu hanya menunjukan apa yang dia mau atau dengan isarat.Pada waktu umur 9 bulan sering batuk pilek terakhir umur 14 bulan panas sampai 40 dc,mengalami kejang meski tidak lama.Kami bawa ke dokter THT hasil pemeriksaan kondisi pendengaran,hidung,dan pita suaranya utuh disarankan menjalani ct scan tpi kami belum melakukan ct scan.Nama ponakan saya mutiara azzahra.Alhamdulillah setelah kami mengikuti saran teman untuk memasukan dia ke sekolah tk sekarang dia sudah mulai mau menirukan satu dua kata meskipun belum jelas.

  3. Mba Dyah terimakasih sharingnya .. semoga Mas Alfirdausi juga melihat respond ini ..

    Untuk Mutiara ada baiknya terus dikonsulkan secara intensif .. bila masih ada harapan bisa meniru sedikit itu berarti masih bisa untuk mengejar pada kemampuan optimalnya .. mumpung masih balita pada saat ini otaknya masih menuju 95% volume otak .. itu biasanya bersama dengan bertambahnya kemampuan2..

    Dr. Agus CN

    • Dr agus, saya ingin menanyakan tentang pertumbuhan anak saya. Anak saya laki laki, sekarang berusia 11 bulan. Anak saya belum bisa duduk sendiri, ia dapat duduk apabila diberikan sandaran. Anak saya juga blom bisa merangkak. Ia bergerak dengan cara berguling. Kata-kata yang dapat ia keluarkan a…bu..a bu bu…Yang ingin saya tanyakan, apakah pertumbuhan anak saya masih dianggap wajar? O..iya satu hal lagi, anak saya diasuh oleh ibu saya (karna saya bekerja). Ibu saya selalu memasukkan anak saya ke dalam ayunan. Apakah keterlambatan motorik anak saya ada pengaruhnya karna kurang stimulasi? mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

  4. Dr Agus, saya ingin menanyakan tentang pertumbuhan anak saya, anak saya laki-laki kembar sekarang berusia 25 bulan, dia belum bisa bicara jelas seperti pada anak umumnya, bicaranya belum bisa diartikan masih asal-asalan (ngoceh) tapi dia kalau kepengen sesuatu dia narik tangan siapa aja yang bisa bantu, klo diajak ngobrol dia tau, tapi kecenderungan agak cuek,, anaknya gabisa diem, klo lihat tv gerak terus,tapi kadangkala dia berbicara reflek (bobok,sudah,mama,papa,mbak,mbah,makan,roti). tapi kalau disuruh ngulangi lagi dia cuek, dia juga kalau dipanggil mendekat. apakah mungkin faktor keturunan juga, kedua kakak ipar saya anak2nya bisa bicara umur 3 tahun. Kenapa ya dok dengan anak saya? apakah dia punya kelainan? Mohon penjelasannya dok.Terimakasih

    • Untuk kenapanya saya rasa kita harus melakukan cukup banyak pemeriksaan baru mendapatkan masalahnya ada dimana. Tapi TV untuk beberapa ahli tumbuh kembang bisa kita jadikan tersangka. Anak yang terlalu sering lihat TV bukannya tambah pinter karena meniru hal yang ada di TV tapi malah “kekenyangan” sehingga ngga mau belajar. Tapi ini tentu saja bila terlalu lama nontonnya.
      Setiap anak, bahkan pada kembar itu perkembangan bisa sangat variatif, apalagi terhadap orang lain. Bu Nely sebaiknya tidak membandingkan dengan anak lain. Ini akan berujung stress nantinya.

      Yg perlu kita lakukan adalah mengetahui perkembangannya apa sesuai atau tidak dulu. Secara sederhana KPSP 24 bulan bisa dicoba. Setelah itu dilihat dimana dia belum bisanya.
      Selanjutnya aspek kebahasaan dari sini bisa dicoba untuk diterapkan .. atau mundur lagi ke tahapan umur sebelumnya.

      Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah – berhubung saya tidak bs lihat langsung – ada banyak kemungkinan bisa terjadi pada anak yang terganggu bicara bahasanya. Makalah mba Jacinta diatas bisa dijadikan bahan bacaan. Dan konsultasi bisa juga didapatkan di klinik tumbuh kembang di RS-RS pendidikan dokter seperti di Surabaya – Unair dan Jakarta – UI. Sebisanya konsultasi ke divisi tumbuh kembang ini sebelum usianya 3 tahun. Demikian dulu sebagai pengantar.🙂
      Salam

  5. Bp. Dr. Agus,
    Anak ke-2 saya, laki-laki, Athaya, umur 1 tahun 5 bulan, berat 12 kg. Berat lahir, 3.1 kg, panjang 48 cm. Sampai saat ini masih belum bisa bicara, cuma teriakan batita biasa, seperti : aahhh, baahh. Untuk bergumam Ibu atau Bapak saja belum bisa, padahal setiap saya memandikan atau memakaikan baju selalu saya ajak bernyanyi atau berbicara beberapa obyek yg dapat menarik perhatian seperti Bebek (kwek -kwek), balon, tepuk tangan, dll. Juga perkembangannya untuk berjalan sendiri, dimana sampai sekarang masih belum bisa untuk berjalan sendiri, harus dituntun tangan sebelah, atau harus ada pegangan (kursi, meja, dinding). Dan juga kemampuannya untuk bangun sendiri dari posisi tidur ke duduk dan berdiri sendiri. Biasanya Athaya dari posisi tidur langsung merangkak dan minta dibangunkan/diberdirikan. Perlu Bp. Dr. ketahui, Athaya makan nasi & minum susunya baik tidak ada keluhan tertentu. Mohon saran dari Bp. Dr. Terimakasih.

    • Ada kemungkinan memang terjadi delayed speech. Perlu sekali utk diperiksakan di Rumah Sakit yang agak lengkap, terutama yang ada Poli Tumbuh Kembang. Akan lebih memudahkan untuk dokter-dokter disana untuk mengarahkan apa saja yang diperlukan Athaya.
      Mohon maaf bila terlalu terlambat menanggapi. Blog ini memang sempat non-aktif. Semoga Athaya sudah mendapatkan pelayanan yang optimal. Terima kasih.

  6. Dear Dok,
    Dok,putra ke 2 saya sdh berusai 2thn 9bln tapi belum pintar bicara dan belum bisa menyusun kalimat baru bisa satu kata satu klau bicara.Itu klau bicara ambil akhiranya aja.Misalnya hidung….dia bilang …> dung?
    Trus badan nya jg agak kurusan pdhl makannya pinter dan vitamin jg udh saya kasih.Tapi anak saya bisa mengerti perintah sederhana.Apakah ada masalah dgn anak saya dok?dan apa masih wajar anak seusia gini lambat bicaranya dok?Mohon sarannya dok?
    Thank’s

    • Saran saya sama dengan Athaya di atas komen ibu. Memang perlu diteliti lebih jauh apakah ada keterlambatan bicara . Dan biasanya rumah sakit yang lengkap sudah memiliki terapis sendiri untuk menangani ini.

    • Kalau saya pasti akan ke RS Soetomo dulu, Bu. Nanti dari sana diarahkan bila memang mau menggunakan jasa diluar. Karena terapis yang disana saya pikir lebih berpengalaman.

  7. Pingback: Mengelompokkan Fonem (Lafal) « It's My Family…

  8. Saya coba klik link di artikel ini, tapi tidak bisa. Saya ingin mendownload file excel tsb.

    “…Coba gunakan alat ini. Untuk melihat keadaan sekarang bisa download file excel tersebut, masukkan indikator pengukuran dan lihat hasilnya tiap bulan.”

    • Wah iya kececer kemana halaman itu. Jangan-jangan ikut kedelete waktu saya bersih-bersih. Padahal lumayan banyak itu link yang kesana. Tapi untuk alatnya sendiri masih ada di box.net

  9. Aslmkm dok. Saya ingin menanyakan mengenai perkembangan anak saya. Usia 21 bln tapi msh blm bisa bicara. Hanya mengucapkan kata baaa untuk memanggil bunda, mam untuk makan, mum untuk minum. Padahal waktu usia 1 tahun sudah bisa bilang ampu untuk lampu, atuh untuk jatuh dan bisa meneruskan hitungan ( 1, 2, 3 dia bilang ga untuk tiga). Waktu usia 1 tahun, arfa (nama anak saya) pernah kejang selama 5 menit. Apakah itu berpengaruh dok? Arfa mulai lancar berjalan usia 13 bulan. Kalau dipanggil namanya jarang menengok. Tapi klo dinyanyikan lagu anak2 suka sekali (tertawa). Kadang2 dia ikut menirukan seperti lagu topi saya bundar. Tinggi badannya 87cm, berat 14kg. Sudah bisa naik tangga dengan lancar. Sukanya main susun balok. Klo dikasi bola, hanya dimainkan sebentar saja. Klo disuruh salam kadang2 mau, kadang2 enggak. Mohon penjelasannya dok, apakah ini termasuk gejala autis?
    Terima kasih

    • Masih banyak yang harus kita lakukan sebelum menjatuhkan vonis autis. Misalnya TDD/TDL (tes daya dengar dan tes daya lihat). Setelah itu ada pemeriksaan untuk delayed speech.
      Untuk BB/TBnya ada di kuning. Coba saya bisa diberikan tanggal lahirnya dek Arfa akan lebih akurat.

    • tanggal lahirnya arfa 10 november 2008 dok. Tapi skrg ini klo saya amati perkembangannya arfa sudah agak lebih baik. Suka main bola (lempar, tendang), main puzzle kayu walaupun belum bisa menuyusunnya sesuai gambar. Sudah mau mengeluarkan berbagai macam suara. Disuruh salam atau kissbye sudah mau. Setiap dikasi sesuatu atau mengasi sesuatu pasti bilang ais (terima kasih). Cuma memang kata2 yang diucapkan msh belum jelas.
      Mohon penjelasannya ya dok, terima kasih

  10. assalamualaikum dok, anak saya fioren umur 22 bulan mengalami keterlambatan bicara, hasil prescreen
    18bulan==>tidak lulus poin 2
    21bulan ==>tidak lulus poin 3&7
    24bulan ==> tidak lulus poin 9

    perkembangan BTdan TB selalu berada di garis aman, perkembangan motorik tidak bermasalah, pendengaran baik (ditunjukkan dengan dia bisa mengerti perintah “duduk, ambil, cium, lepas celana, tutup pintu dll). tidak pernah sakit keras. pernah demam 39derajad,diare dan muntah waktu umur 7 bulan

    dia bisa meniru gerakan-gerakan seperti lagu anak-anak di video, menirukan kegiatan orang dewasa seperti menyapu, menjalankan mouse komputer, dll.

    saya dan suami saya bekerja dari pagi sampai sore, dia diasuh oleh pengasuh yang menurut saya sudah cukup aktif dan komunikatif. Pada umur 14bulan sudah bisa meneruskan satu, dua, tiiiii…dia bialng GA, allahuak….BAR, meletus balon hijau DAAAAA, dan beberapa bulan lalu beberapa kali memanggil MBAK (ke pengasuhnya), dan MIIII (ke saya ibunya).tetapi semua kosakata tersebut sekarang hilang. samapai hari ini hanya jelas mengucapkan kata ADEK.

    hanya bisa benar menunujukkan anggota tubuh : GIGI , mata dan hidung sering terbalik menunjuk, dan jika disuruh menunjukkan anggotan badan yang lain dia tidak mau, padahal sudah diajari sebelumnya

    bisa memainkan puzle utuh (bukan puzle potongan-potongan)

    jika saya ajak kontak mata kadang mau kadang tidak.

    stimulasi yang kami berikan saya rasa sudah cukup dengan mengajarinya menyanyi, corat-coret, mengajak bicara, memberi pertanyan-pertanyaan sederhana, membacakan cerita, menyetel video pendidikan,kartun dan lagu.

    seminggu yang lalu saya bawa ke dokter tumbuh kembang dan diagnosanya “delayed speech” dan harus menjalani terapi wicara, tetapi kendalanya jadwal terapi di RS tersebut sedang penuh jadi saya harus menunggu untuk penjadwalan anak saya.

    apa yang harus saya lalukan dok?karena stimulasi sudah cukup saya berikan sesuai anjuran dari web ini dan ada kerja sama dari pengasuhnya.
    mohon pencerahannya.

    terimakasih sebelumnya. wassalam

    ayu

  11. Selamat sore dok,
    anak saya steven lahir prematur pada usia 30 minggu kehamilan.setelah lahir dia dirawat dalam inkubator selama 28 hari. DSA tempat saya biasa imunisasi memang sudah pernah bilang bahwa steven akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.steven baru bisa berjalan pada usia 19 bulan (usia lahir,bukan usia koreksi).saat ini dia sudah mulai berceloteh, tapi belum memanggil saya atau ayahnya dengan kata “mama/papa”.tapi kalau saya mengucapkan kata “mama/papa” dia dapat menirukan kata kata tersebut.dia sudah dapat menunjukkan giginya/kakinya bila saya tanya “mana giginya/kakinya?”dia juga sering mengucapkan satu dua tiga sampai sepuluh walaupun dengan lafal yang tidak sempurna.steven lahir 27/9/2008(usia saat ini 23bln).
    KPSP 15bln jwban tidak untuk no.4.
    KPSP 18bln jwbn tidak untuk no.2,9,10.
    KPSP 21bln jwbn tidak untuk no.5,6,8,10.
    mohon advisnya ya dok. Terimakasih banyak

  12. Dear Pak Dokter,

    Salam kenal,putra saya 3.5 th,mengalami terlambat bicara. Hanya bisa beberapa kata saja dan untuk merangkai satu kata saja harus kami tuntun.
    Untuk panggilan yg paling jelas adalah “ayah”, yg paling membuat kami khawatir adalah kadang2 menyebut sesuatu semau nya saja contoh “bola” –> “mbah”..
    Anak saya pernah jatuh dari baby box nya ketika ber umur 1,5 th bagian dahi nya terbentur di lantai…..
    apakah peristiwa tersebut yg membuat dia terlambat bicara?
    Kami check ke Dr. THT dan hasil nya semua baik.
    Saran dari Dokter sangat saya perlukan..

  13. Assalamualaikum..

    Semoga Pak Dokter bisa cepat berkunjung ke sini ya..udah banyak Ayah/Bunda yang mau konsultasi, seperti saya..

    Anak saya Aira, umurnya 1 tahun 9 bulan 3 minggu. Saat ini juga belum bisa bicara,hanya beberapa kata saja, seperi Abi,num (minum), mam (makan),pipis, habis, dedek, jatuh. Untuk preskring usia 18 bulan yang TIDAK yaitu untuk poin nomer 2 dan 9. Saya mulai khawatir,karena dari tonggak2 perkembangan yang saya tau, seumur Aira seharusnya sudah bisa kurang lebih 30 kata..

    Yang ingin saya tanyakan, stimulasi apa yang harus saya intensifkan, kemudian apakah sudah perlu untuk membawa Aira ke Terapi Wicara? Apakah saya bisa datang langsung ke Klinik Terapi Wicara, atauakah saya ke DSA dulu?

    Terimakasih

    Rizk@-Ummi Aira

  14. selain terapi memasukkan anak ke dalam sekolah yang memiliki program khusus untuk kasus terlambat bicara juga sangat bagus bagi anak. tetapi pastikan sekolah tersebut menggabungkan anak anda dengan anak normal lainnya agar dia memiliki panutan yang baik. contoh sekolah yang saya maksud adalah flying star di lebak bulus 3 jakarata selatan. web mereka http://www.flyingstarschool.co.cc atau anda bisa menghubungi program coordinator mereka 081388585600

  15. anak saya perempuan usia 20 bulan TB/BB 85cm/17kg. sampai sekarang hanya bisa mengucapkan papa selebihnya kata2nya tidak jelas dan kadang2 teriak jika ingin menyampaikan maksudnya. tetapi kalau diberi instruksi seperti salam, kasih/ambil barang ke orang lain, kissbye sudah mengerti banget. dan jika mau memanggil orang kadang2 dia colek2 badan kita tapi tanpa suara hanya ehm..ehm..saja. apakah anak saya bisa dikategorikan terlambat bicara? oh ya paling suka kalau main handphone dan sudah mengerti menu2nya misalnya mencari lagu2, games, dsb. mohon penjelasan dokter, terima kasih

  16. Assalamualaikum dok, setalah sya ikutan KPSP 12 bulan yang jwaban tidak utk no 3,5,8 dan sya sdah bwa ke poli tumbuh kembang anak dan disarankan utk terapi setelah konsultasi di poli terapi anak sya dsarankan utk 2xseminggu ikut terapi. yang saya tanyakan apakah bsa terapi yg tdi dilakukan bsa dilakukan dan stimulasi brpa hari???

  17. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Dokter yang mengampu topik ini.
    Anak saya bernama Musa, saat ini berumur 3th 5 bukan, baru bisa bicara daa..emik..emoh..bapak..tapi dengan intonasi yang sulit dan kadang disuruh mengulang tidak bisa (tidak mau). dia anak kelima dimana keempat kakaknya normal dalam bicara. saat umur 6 bulan sakit batuk sekitar 1 th tapi bellum diketahui penyebabbya. baik oleh dokter specialis anak maupun paru. tes darah dan kadar oksigen pernah dilakukan tapi nihil, belum pernah ct scan. umur 2th baru bisa berjalan dan batuk nya sembuh setelah diberi obat herbal (ramuan habatussauda’ / jinten hitam+madu) selama 6 bulan. bt 17kg, tb 90cm. aktif bermain. sudah paham perintah, tahu nama barang tapi tidak mau bicara. belum pernah tes THT tapi sepertinya pendengarannya berfungsi baik karena sering kaget karena suara yang keras terdengar. setiap hari bermain dengan kakak2nya bahkan rumah sering dipakai bermain dengan anak2 tetangga.
    mohon saran apa yang harus kami lakukan….

  18. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus dengan psikolog, terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum dan pelatihan terapi bagi orang tua anak berkebutuhan khusus. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  19. Assalamu’alaikum Dr,,,,
    Saya mau tanya tentang perkembangan anak saya yg telat bicara dok,,
    usia 2th 4 bln laki”,,,, tp baru mau bicara mama,, maem,,, ayah….cucu(susu),, bo(dor)
    dulu waktu usia 1,5 th dah bs bilang cicak,,, tokek,,, ayam,,, cing(kucin),, coa( kecoa)… tatak(kakak),,,tuk(truk),,,bbapak,,,
    tp sejak 3bln lalu g nambah,, malah lebih seneng diam,,, maunya nunjuk sambil bilang “eh”… kalau disuruh bilang dulu malah ngotot n nangis,,,,
    untuk motoriknya normal Dr,,,, bs mengenal semua benda,,, bs di suruh n bahkan langsung bertindak saat ndengerin orang ngobrol,,,
    sekarang ini dia seneng nonton film kartun n main game n mewarnai,,,, kadang jg minta diajari ABC,,,,dr,,,,,
    terkadang bilang apa… atau ngoceh nirukan kakanya,,, tp klo dibenerkan trus diam g mau bicara,,,,
    anak saya jg jarang sakit Dr,,, hanya batuk pilek aja,,,
    apa yg harus saya lakukan supaya anak saya bs cepat bicara dokter,,,,
    terimakasih atas penjelasannya dokter,,,

  20. Assalamu’alaikum Dok,

    Sya mau tanya, anak saya galang berusia 25 bulan tp blum bisa bicara, hanya bisa ngomong “moh” padahal galang punya kakak cewek usia 6 tahun, sya dan suami kerja dari pagi sampe sore dan galang sya titipkan di penitipan anak.
    Sudah sya konsultasikan ke dokter THT dan anak melewati bbrapa test pendengaran ternyata tdk ada msalah.
    Sya jg sdah mengisi KPSP utk anak 24bln hasilnya nomor 3 jawabannya tidak.
    Mohon penjelasan dan solusinya dari Dokter. Trimakasih.

  21. Dr bleh nimbrung sdikit y
    perknalkan saya dodik terapis wicara d rsj menur surabaya…
    Masalah komunikasi adalh hal yg kompleks.
    Dalam ilmu terapi wicara terdpat bidang garapny yaitu
    bahasa n bicara.oral motor.artikulasi.suara.irama kelancaran .n pendengaran
    bila ad mslah disitu segera hub terapis wicara utk mendapatkan penjelasan n deteksi secara dini dan penanganannya…
    Trima kasih

    • Mas Dodik …
      Sangat diperbolehkan untuk nimbrung .. Bahkan sangat diharapkan malah .. Semakin banyak profesional yg mau menyumbangkan pengetahuannya untuk ayah dan bunda di seluruh pelosok indonesia ini tentusaja akan semakin baik.

  22. Salam kenal dr .agus .anak saya akram usia 28 bulan.dia di diagnosa terlambat bicara ,kurang fokus,dan tidak mengerti perintah .dia sudah menjalani terapi snoozlen dan play terapi ,berat badan 15 kg ,kata yg sudah bisa mama ,papah ,nyaman ,gk pa pa,mobil,tapi cara komunikasi meracau.dipangil nama tidak pernah negok kontak mata tidak ada tetapi memperhatikan ketika bernyanyi,apa yg harus saya lakukan dirumah untuk membantu dia ,kenapa kalau terapi kita tidak boleh melihat karena diruangan tertutup

  23. Asslmkm dok, klo boleh tw dokter praktiknya dmn ya ,,, saya mw sharing
    Ank saya laki2 skrg umur 1th 6 bln blm bs bicara, klo di ajak ngomong bs meres pon bahkan seperti di abaikan, sllu berbuat semau dy, anknya hyperaktv tp sllu diam wlw tingkahnya byk kdang seperti smbil memikirkan apa yg dy mainkan, satu kata pun belum tp kadang mengeluarkan suara , bunyi ocehan teriakan, klo jln pun sllu lari , suka mbanting2 apa yg dy lihat, dan makannya pun tdk bs mkn kasar, sllu di blender lembut, saya sangat bingung dg tingkah ank saya , yg sebayanya sudah mkn nasi, sudah bs menerima perintah atw berkomunikasi bahkan saya tdk bs mengendalikan ank saya klo bs saya katakan sudah kuwalahan , saya mohon bantuannya ,,, klo dokter di surabaya bs saya berkunjung k praktek dokter , terima kasih ibu irma mamanya zidni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s