Diskusi tentang Gizi Lebih Pada Balita …

Gizi lebih ternyata sama menakutkannya bila dibandingkan dengan gizi buruk. Padahal banyak dari kita begitu terpesona melihat balita yang gendut ginuk ginuk .. silahkan bila anda mempunyai balita gizi lebih, ikutlah berpartisipasi disini berdiskusi.

Related Post :

Advertisements

7 thoughts on “Diskusi tentang Gizi Lebih Pada Balita …

  1. Terima kasih banyak Dok, atas penjelasannya. Dari penjelasan Dokter akan sy tindak lanjuti. Untuk pemberian susu, sudah sy coba enfa****-nya, tp Queena g mau (mmg agak sulit susunya Dok).InsyaAlloh akan sy beri kabar ttg perkembangan Queena ya Dok…

  2. halo dok,

    Kasus anak saya dan kondisinya persis dengan anak dari Bu Maira, yaitu umurnya sudah 12,5 bln tapi beratnya msh 7.5kg dg tinggi badan 75cm (berat lahir:2.6kg, panjang bdn: 46cm)dgn pola makan sbb:
    -06.30 –> makan pagi
    -09.00 –> susu formula 120ml-140ml
    -11.00 –> susu formula 120ml-140ml
    -13.00 –> makan siang
    -14.00 –> buah pisang + jeruk
    -16.00 –> susu formula 120ml-140ml
    -18.00 –> makan malam
    -20.00 –> susu formula 120ml-140ml

    Utk makanannya saya selalu buat sendiri dg cara disaring yg terdiri dari nasi/ kentang/ tepung beras/ havermut + ikan/ daging ayam/ telur yg dihaluskan +kaldu ayam/ sapi +sayuran seperti wortel parut/ buncis/ brokoli + keju. Cara memasaknya utk tim saring yg saya buat dg cara memasak beras kmd dicampur dg iga sapi/ ceker/ daging ayam dg api sedang lalu baru dimasukkan ikan salmon/ tuna/ kuning telur jika nasinya mulai terlihat setengah matang dan terakhir sayuran yg diparut dg api yg sdh dikecilkan dan ditunggu hingga mengental baru kmd disaring dan terakhir biasanya saya parutkan keju di atasnya, dan kalau pakai kentang biasanya saya kukus dulu kmd dihancurkan dan baru dimasukkan ke dlm kaldu yg sdh jadi dan baru dicampur dg lauk dan sayuran.

    Sayangnya anak saya sepertinya tidak bisa makan lebih dari biasanya setiap kali makan hanya menghabiskan 8-10 sendok kecil bayi. Namun buang air besarnya normal semenjak saya ganti susunya dgn An*** antara 1-2 x setiap hari dan dg batasan warna/ jumlah/ bentuk yg normal. Semenjak usia 7-8 bln anak saya selalu memuntahkan lagi makanan ataupun susu yg masuk krn porsi yg diberikan agak lbh banyak, jadi semenjak itu jika anak saya sdh menunjukkan kondisi ‘kenyang’ maka saya ataupun baby sitter memilih utk tdk melanjutkan makannya krn sayang sekali dg makanan di dlm perut yg keluar kembali.

    Setiap dibawa ke dokter kondisinya dinyatakan sehat tp beratnya mmg kurang, dan pernah sy bawa ke DSA yg menganjurkan utk diberi neo*** dan pedia**** utk mengejar ketertinggalan beratnya namun stlh dicoba ke anak saya pup-nya jd susah dan jarang dan lagi justru dia tdk mau makan sama sekali jika sdh diberi susu. Tapi semenjak ganti susu An*** sdh jauh lbh baik, anak saya msh mau makan dan pup-nya normal.

    Pertanyaannya dok apakah pola makan yg saya terapkan ke anak sdh memenuhi status gizinya meskpn beratnya kurang? Atau apkh ada yg salah dlm mengolah makanannya krn saya selalu mengikuti petunjuk resep dr buku2 yg saya beli, . Mohon petunjuknya, krn trs terang saya juga ibu yg bekerja dan selama ini sy kurang tenang dg kondisi anak saya dan jika hal ini tdk ada perbaikan bisa jadi saya akan memutuskan utk berhenti bekerja dan mengurus anak saya di rumah:)

    Trmksh sebelumnya dok, dan mohon maaf jika uraian saya terlalu panjang:)

    regards,

    cherrie

  3. Bunda Cherrie, pola makan anak ibu bagus dan sudah cukup skali gizinya menurut aq.

    Aq mo sharing pengalaman aja, anak aq jg dulu waktu usia 6-7 bln makannya banyak minum susunya banyak tapi ga naik-naik berat badannya (usia 6bln BB 7kg, TB 65cm), karena curiga kami periksakan ke DSA, oleh Dokter disarankan untuk tes darah dan rongent, ternyata anak aq kena flek paru, walaupun tidak ada gejala batuk yang berkepanjangan, itu yang mengakibatkan tubuhnya tidak bisa gemuk.

    Diputuskan anak aq harus minum obat rutin slama 6bln dan stelah 6bln kmudian di rontgent ulang kembali untuk melihat perkembangannya. Memang seh kasihan juga anak aq harus minum obat 1x sehari setiap pagi (untungnya hanya 1x/hari), alhamdulillah setelah 6 bln masa pengobatan rutin yang tidak boleh putus barang 1 hari pun, kondisi tubuhnya berangsur membesar meskipun makannya malah jadi susah skali, hanya mau minum susu dan air putih saja stiap harinya.

    Usianya sekarang 21 bln BB 15 kg, TB 90 cm.

    salam,
    Rivanda NR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s