Bahaya Minuman Manis

imageMinuman manis seperti jus, soft drink dan sebagainya memang paling disukai anak-anak, tak heran jika anak lebih memilih minum-minuman tersebut ketimbang minum air putih. Ditambah lagi orang tua kerap membiarkan sikecil mengkonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak setiap harinya. Tapi tahukah anda bahwa jus, soft drink dan minuman manis lainnya bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi anak anda jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jenis-Jenis Minuman manis

Yang termasuk dalam kategori minuman manis adalah semua jus buah, soft drink, energy drink, Air mineral dengan rasa, dan juga minuman olagraga, baik yang dibeli dalam kemasan maupun buatan sendiri. Jus buah memang mengandung gula alami yang terdapat dalam buah tersebut, namun saat buah dijadikan jus, kandungan gula dalam jus akan lebih konsentrat, sehingga kadar gula didalamnya akan lebih tinggi dibanding buah aslinya.

Sementara itu susu, baik susu formula, susu sapi dan juga susu ibu mengandung gula yang disebut dengan laktosa, sehingga susu tidak termasuk kategori minuman manis. Sebaliknya, susu merupakan minuman yang penting bagi anak karena susu mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta memberi nutrisi pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebaiknya pilihlah susu dengan rasa plain, karena susu yang mengandung rasa lebih banyak mengandung kadar gula didalamnya.

Batasan Memberikan Minuman Manis

Anak-anak tidak membutuhkan jus buah ataupun minuman manis lainnya untuk menyehatkan tubuh mereka. Untuk itu batasi konsumsi minuman manis mereka, paling tidak hanya satu kali dalam gelas kecil dalam sehari. Cara ini juga berguna untuk tidak membiasakan anak meminum minuman manis.

Jus Buah vs Buah Asli

imageMeskipun jus buah seringkali dipercaya sebagai minuman alami, menyehatkan dan banyak mengandung vitamin, namun dibutuhkan lebih dari tiga hingga empat gelas untuk membuat satu gelas jus, padahal kebutuhan tubuh anak akan vitamin C tidak sebanyak itu. Jadi alangkah baiknya jika anda membiasakan anak anda mengkonsumsi buah asli ketimbang jus. Banyak manfaat yang anak anda akan peroleh dengan memilih mengmkonsumsi buah asli ketimbang jus, yaitu:

  • Buah asli mengandung serat yang membantu pencernaan anak dan mencegah sembelit

  • Buah asli lebih mengenyangkan sehingga mencegah mereka makan berlebih

  • Mengkonsumsi buah asli bisa melatih anak mengunyah dan mengupas

  • Mengkonsumsi buah asli membuat anak belajar tentang berbagai tekstur, warna, dan rasa.

  • Buah asli merupakan pilihan camilan yang menyehatkan bagi anak.

Jika Anak Terlaku Banyak Mengkonsumsi Minuman Manis

Banyak masalah kesehatan yang terjadi jika anak terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis diantaranya:

  • kelebihan berat badan

  • Timbulnya masalah pada gigi anak

  • Bagi bayi dan toddler, kerapkali permasalahan timbul dengan penggunaan botol susu saat anak menjelang tidur, saat inilah gula yang terdapat dalam susu formula akan menempel di gigi dan gusi sehingga bisa menyebakan masalah mulut.

  • Minuman manis merupakn salah satu menyebab anak menjadi pemilih saat makan. Menghentikan atau membatasi konsumsi minuman manis pada anak seperti ini membantu menimbukan minat mereka pada makanan lain.

  • Perubahan pada kontraksi kerja usus, yang bisa menyebakan terjadinya diare pada anak.

Cara Mengurangi Konsumsi minuman manis pada anak

Ubahlah kebiasaan makan anak anda, anak anda terutama yang masih balita hanya akan memakan makanan yang anda suguhkan, jadi hindari mereka dari konsumsi minuman dan makanan manis, mulailah biasakan pada diri anda sendiri. Jika anak anda sudah terlanjur menyukai makanan dan minuman manis, mulailah mengurangi porsinya, dan biasakan mereka mengkonsumsi air putih biasa. Meski awalnya mereka akan merasa kesal, namun lama-kelamaan mereka akan terbiasa dengan pola makan dan minuman sehat yang anda berikan. Bertepatan dengan momen hari anak nasional, mari kita ajak anak-anak kita untuk hidup sehat dengan mengurangi konsumsi minuman manis setiap harinya.

[CafeBalita]

imageTip-Tip mengatasi masalah-masalah pada Balita sudah dikumpulkan dalam 1 buku
MAMPU MENGATASI 1001 MASALAH BATITA ANDA SEHARI-HARI
Sebuah Panduan Lengkap untuk Ayah dan Ibu di rumah.
Oleh FENI SUDILARSIH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s