Baiknya Buka Kado Ultah Anak Di Mana?

2241475pMengundang teman-teman dan kerabat untuk mensyukuri bertambah usianya anak sudah menjadi sebuah gaya hidup tersendiri saat ini. Saat merayakan ulang tahun anak, ada beberapa pertanyaan yang sempat menggelayut di beberapa orangtua yang bingung bagaimana sebaiknya menghadapi momen buka hadiah dari para tamu? Buka di tempat acara, atau dibawa pulang dalam keadaan masih terbungkus lalu buka di rumah?

Ada sebagian orangtua yang membiarkan anaknya membuka semua hadiah di depan para tamu. Maksudnya, agar para tamu bisa langsung melihat ekspresi si anak yang mendapatkan hadiah sebagai bagian ucapan terima kasih. Sebagian orangtua lainnya memutuskan untuk membawa pulang seluruh hadiah dalam keadaan terbungkus, lalu kemudian membukanya di rumah. Keesokan harinya, baru mengirimkan ucapan terima kasih kepada para pengirim kado dengan ucapan personal yang menyangkut hadiahnya. Yang mana yang sebaiknya dilakukan?

Judith Martin, pengarang Miss Manner’s Guide to Excrutiatingly Correct Behavior mengungkap, lebih banyak orangtua anak yang berulangtahun akan membiarkan si anak membuka seluruh hadiah di depan para tamu yang hadir. Namun, ia tidak setuju dengan aturan umum tak tertulis itu.

"Siapa yang punya ide pertama kali untuk mengumpulkan banyak anak-anak duduk bersama, sambil menyaksikan satu anak mendapatkan begitu banyak barang dan hadiah?" tanya Martin. Tekanan si anak untuk memaksa mimik girang mendapat segala macam hadiah, termasuk barang yang sudah ia punya atau atas hadiah yang tak ia suka, sama menegangkannya dengan apa yang dirasa para tamu menutupi rasa iri, sekaligus berdebar karena takut hadiahnya mengecewakan.

Martin menyarankan agar orangtua memilih opsi yang ke dua. "Orangtua yang memutuskan bahwa adalah hal yang lebih efektif untuk mengajarkan rasa terima kasih kepada anak dalam bentuk lebih pribadi dan personal, misal lewat mengirimkan surat ucapan terima kasih, telah mengajarkan banyak hal untuk dirinya sendiri, anaknya, sekaligus tamunya." Anda setuju?

[Kompas.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s