Pastikan Bayi Anda Tidur dengan Aman

1617346p

Tidur adalah bagian penting dalam keseharian bayi. Saat tidur, ia terus tumbuh dan berkembang. Orangtua sebaiknya terus menjaga kondisi dan keamanan lingkungan si bayi agar ia bisa tidur dengan aman dan nyaman. Berikut ini langkah-langkah menciptakan lingkungan sekitar yang aman untuk bayi.
1. Di ranjang khusus bayi
Jika Anda menempatkan bayi dalam ranjang khusus bayi, sebaiknya upayakan matras yang digunakan dalam keadaan baru. Jika matras yang ada merupakan pinjaman atau hibah, pastikan dengan teliti kebersihannya, dalam keadaan kering, bebas dari retak atau sobekan. Cek pula kekerasannya, jangan sampai ada cekungan yang artinya tidak menyokong kujur bayi dengan sempurna. Jangan sampai ada sisa ruang antara matras dengan pinggiran tempat tidur. Matras berventilasi dengan lubang tidak disarankan, karena sulit untuk dijaga kebersihannya. Jangan mencoba menaruh bayi tertidur pada bantal orang dewasa, kasur dari biji-bijian, kasur air, atau sofa.
2. Temperatur
Suhu ruangan untuk bayi tidur adalah antara 16-20 derajat Celsius. Untuk kebanyakan kita, suhu tersebut mungkin akan terasa dingin, tetapi riset membuktikan bahwa suhu tersebut aman untuk bayi dan membuatnya nyaman untuk tidur. Untuk melihat apakah si bayi dalam keadaan panas atau dingin, coba rasakan suhu tubuhnya pada perut atau leher, jangan bagian kaki atau tangannya, karena pada bagian tersebut, umumnya tubuh bayi dalam keadaan lebih dingin.
3. Posisi
Posisi terbaik yang disarankan untuk bayi tertidur adalah telentang, tidak tengkurap atau menyamping. Sebaiknya selimut tidak melebihi batas dada dan dieratkan pada sisi tempat tidur dengan erat untuk memastikan si bayi tidak bergerak ke arah yang berbahaya atau membuat selimutnya menutupi wajahnya. Jauhkan tempat tidur bayi dari sinar matahari.
4. Perlengkapan tidur
Bayi di bawah 1 tahun tidak disarankan untuk menggunakan bantal. Lebih aman untuk menggunakan seprai lapisan selimut dari bahan katun. Selimut ringan terbuat dari bahan katun atau tambahan pakaian adalah hal-hal yang bisa Anda gunakan untuk menambah kehangatan bayi saat ia kedinginan, pastikan si bayi tidak dalam keadaan terlalu panas.
5. Bersama orangtua
Sebagian orangtua memilih mengajak anaknya tidur satu ranjang. Namun, yang lebih disarankan untuk bayi hingga 6 bulan adalah ia tidur di ranjang khusus bayi di ruangan yang sama dengan Anda.
Sebaiknya hindari tidur satu ranjang dengan Anda bila:

  • Salah satu atau kedua orangtua adalah perokok (meski tidak merokok di rumah).
  • Salah satu atau kedua orangtua baru saja minum alkohol atau baru saja minum obat yang bisa menyebabkan kantuk.
  • Satu atau kedua orangtua sangat lelah.
  • Bayi lahir dengan kondisi prematur dan berat badan lahir rendah (kurang dari 2,5 kg).
  • Bayi masih berusia di bawah 3 bulan.

Jika Anda tetap memilih si bayi tidur di ranjang bersama Anda, pastikan ia jauh dari bahaya terguling jatuh, terjepit, tercekik, atau terperangkap antara matras dan tembok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s