Anak Usil, Jangan Dimarahi Tapi Dipuji

175857pAnak yang aktif dan cenderung suka jahil atau usil, sebaiknya para orang tua tak langsung memarahi tetapi justru diberi pujian. Pasalnya, perilaku aktif anak dalam masa golden age (0-3 tahun) itu justru menunjukkan kreativitasnya.
"Setiap masa tumbuh kembang anak itu kan ada tahapnya, kalau saat golden age, mereka baru mengumpulkan semua pengalaman, jadi jangan langsung dimarahi, karena dapat menghambat sisi kreativitasnya," tutur Dwi P Widodo, konsultan neurologi pediatrik dari Departemen Kesehatan Anak Universitas Indonesia.
Hal itu diungkapkannya dalam seminar "Memaksimalkan Kecerdasan Anak dengan Floor Time" di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (24/1).
"Daripada menegur anak yang sedang usil, karena kreatifnya, lebih baik orang tua  memberi pujian yang membangun potensi kreatifnya," ujar Dwi.
Menurutnya, seorang anak yang berusia di bawah 3 tahun dengan gerakan yang aktif (suka usil) justru menunjukkan kecerdasan motorik halus. Kemampuan motorik halus, dicontohkan Dwi seperti aktivitas mengancingkan baju, menyusun benda-benda secara detil.
"Jadi jangan buru-buru dimarahi, tapi biarkan dulu, selama aktivitas anak tak membahayakan jiwa dan lingkungan tak masalah," tegasnya.
Sedangkan anak yang terlalu aktif, dikatakan Dwi, juga belum tentu nakal. "Kemampuan motorik kasarnya mungkin sedang berkembang, seperti berjalan, melompat, dan aktivitas fisik lainnya," jelas Dwi.   

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s