DHA Optimalkan Kecerdasan Bayi Prematur

Tumbuh Kembang,Tumbuh Kembang Anak, Tumbuh Kembang Bayi, Tumbuh Kembang Balita

Pesatnya pertumbuhan sel otak manusia sejak di dalam kandungan hingga mencapai taraf kesempurnaannya pada usia empat hingga lima tahun membuat faktor pemenuhan gizi sebagai faktor yang sangat vital. Bila asupan gizi tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin akan terjadi ketidaksempurnaan pertumbuhan sel otak.

Komponen utama pembentuk otak adalah lemak dan bahan baku untuk membentuk sel-sel saraf baru di dalam otak adalah protein. Salah satu yang terpenting dalam perkembangan otak dan kecerdasan adalah DHA (docosahexonoic acid). Sekitar 25 dari 60 persen lemak, yang merupakan komponen utama struktur otak adalah DHA. Asam lemak ini diperlukan sejak bayi dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh dewasa.

DHA merupakan asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang yang juga dikenal masyarakat sebagai omega-3. Tubuh manusia sebenarnya secara alami memproduksi DHA, namun jumlahnya terlalu sedikit dan tidak rutin dihasilkan sehingga perlu tambahan dari luar. DHA banyak ditemukan pada berbagai ikan laut dalam seperti salmon, tuna, minyak ikan, atau flaxseed.

Itu sebabnya ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi pangan sumber omega-3. Penelitian juga menunjukkan, ibu menyusui yang rajin mengonsumsi makanan mengandung asam lemak tak jenuh, termasuk omega-3 yang terkandung dalam ikan dan minyak ikan, sangat membantu perkembangan sel otak bayi, termasuk pada bayi yang lahir kurang bulan (prematur).

Para peneliti dari Kanada dalam pertemuan Pediatric Academic Societies, merekomendasikan para ibu menyusui yang bayinya lahir prematur untuk lebih banyak mengonsumsi sumber omega-3.

"Kandungan DHA dari ASI ibu yang tidak mengonsumsi sumber omega-3 lebih sedikit dibanding yang mengonsumsi omega-3. Agar bayi yang lahir prematur mencapai perkembangan sel otak yang optimal, selama masa laktasi perlu diperhatikan asupan omega-3, bila perlu lewat suplemen," kata Dr.Isabelle Marc, dokter anak dari Laval University, Kanada.

[Kompas.Com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s