Gangguan Tumbuh Kembang Bayi

Laju pertumbuhan fisik dan perkembangan bayi tak boleh lepas dari pandangan orangtua. Ada patokan khusus yang bisa menunjukkan apakah laju pertumbuhan fisik bayi Anda berjalan normal atau tidak.

Demikian juga halnya dengan perkembangan kemampuan bayi. Meski suatu kemampuan tidak akan dikuasai di usia yang sama pada setiap bayi, namun ada rentang waktu yang masih dianggap normal.

Waspadai bila: Usia 0-1 bulan – Kepala bayi terkulai lemas saat ditelungkupkan. – Si kecil terlihat malas atau lemah mengisap. – Bayi menangis di luar pola atau kebiasaan, semisal tangisannya tertahan atau disertai kejang.

Usia 1-2 bulan – Waspada bila bayi tidak memberikan respon dengan gerakan atau kedipan mata, alias diam saja, terhadap suara yang ditimbulkan. Mungkin ada yang tidak beres pada pendengarannya.

Usia 2-3 bulan – Kepalanya terjatuh, tampak lemas atau menunduk ketika si kecil diposisikan duduk. – Berbagai stimulasi yang diberikan, seperti tersenyum atau bercakap-cakap tidak ditanggapi oleh bayi.

Usia 3-4 bulan – Bayi bereaksi secara berlebihan, misalnya muncul tantrum diiringi teriakan keras atau tak mau tenang untuk waktu lama. – Kepala bayi tetap lunglai ketika diposisikan duduk. – Bayi tak merespon atau mengeluarkan bunyi-bunyian seperti yang seharusnya dilakukan di usia ini. – Bayi belum melakukan kontak mata.

Usia 4-5 bulan – Bayi cuek terhadap apa pun di sekelilingnya – Otot leher bayi masih terkulai lemas, segera konsultasikan ke dokter.

Usia 5-6 bulan – Tidak menunjukkan minat pada lingkungan sekitarnya – Belum bisa membedakan orangtuanya dengan orang lain. – Belum bisa menggapai mainan dengan telapak tangan.

Usia 6-7 bulan – Belum mencoba belajar duduk atau merangkak – Tidak bereaksi bila namanya dipanggil

Usia 7-8 bulan – Belum mampu duduk – Belum mampu mengambil mainan di dekatnya

Usia 8-9 bulan – Belum mampu melakukan permainana yang mengandung interaksi, seperti ciluk-ba atau tepuk tangan. – Tidak mampu menarik dan mengangkat badannya sendiri.

Usia 10-11 bulan – Belum mampu merangkak atau belajar berdiri – Tidak berceloteh atau menggumam – Belum mampu memegang gelas atau makanan.

Usia 12 bulan – Belum mencoba berdiri dengan berpegangan pada sesuatu – Tidak berminat main dengan orang lain – Tidak memberi respon pada perintah sederhana.

Sumber: Buku Tahun Pertama Kehidupan, Perkembangan Bayi dari Bulan ke Bulan, Terbitan Nakita

Advertisements

One thought on “Gangguan Tumbuh Kembang Bayi

  1. Anak saya cowok usia 2 thn 2 bln tp bicara blum lancar dan blum bsa merangkai kalimat.seringnya ngmg pakai bahasa planet,ngoceh gak jelas gitu.gimana ya apa itu termasuk normal?thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s