Orangtua yang Merokok Picu Hipertensi pada Bayi

1029245p

Orangtua yang merokok bisa membuat bayinya terkena tekanan darah tinggi begitu si anak mencapai usia masuk sekolah, begitu laporan dari American Heart Association’s Journal Circultation.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Jerman ini mengamati rekaman kesehatan keluarga dari 4.000 anak TK di Jerman dengan rata-rata usia 5,7 tahun. Dibandingkan dengan rumah yang bebas dari asap rokok, anak-anak yang memiliki setidaknya 1 orangtua yang merokok ternyata memiliki kecenderungan 21 persen tekanan darah lebih tinggi meski sudah dihitung dengan rata-rata berat badan lahir, indeks massa tubuh, dan anggota keluarga yang juga punya hipertensi.

Menurut pimpinan penelitian, dr Giacomo D Simonetti, perokok pasif meningkatkan risiko peningkatan darah tinggi hingga garis akhir dari batas normal, dan sebagian dari anak-anak ini sudah memiliki tekanan darah yang tinggi.
Dalam studi, ibu yang merokok memiliki dampak yang jauh lebih besar pada bayi ketimbang kebiasaan merokok sang ayah, spekulasinya, karena sang ibu lebih sering bersama si anak. Mengalami tekanan darah yang tinggi bisa mengakibatkan masalah kesehatan kardiovaskular di masa dewasa anak.

Studi lain menunjukkan bahwa anak yang menjadi perokok pasif juga akan mengalami masalah asma hingga infeksi telinga. Solusi terjelasnya hanya memastikan setiap orang yang dekat dengan bayi harus berhenti merokok. Asap yang menempel pada tubuh perokok dan keringat yang keluar dari orang merokok juga bisa berisiko pada bayi.
Simonetti mengungkap, tekanan darah anak-anak akan terus memengaruhi kesehatan anak hingga ia dewasa. Menghindari segala faktor risiko pada anak secepatnya akan membantu mengurangi risiko anak mengalami masalah penyakit jantung di masa depan dan membantu menjaga kesehatan si anak.

[Kompas.com]

2 thoughts on “Orangtua yang Merokok Picu Hipertensi pada Bayi

  1. Pingback: Orangtua yang Merokok Picu Hipertensi pada Bayi | Recently News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s