Anak Aktif Lebih Mudah Tidur

0956203pApakah kita termasuk orangtua yang membiarkan anak untuk bebas beraktivitas? Jika iya, kita pasti tidak kesulitan menyuruh anak untuk tidur pada malam hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di New Zealand, anak yang aktif tidak hanya cepat tidur, tetapi memiliki kualitas tidur yang baik.

Dr Ed A Mitchell, kepala penelitian yang dilakukan University of Auckland, bercerita bahwa bahwa ia tertarik meneliti kualitas tidur anak karena menemukan data bahwa 1 dari 6 orangtua melaporkan kesulitan untuk menyuruh anak-anak mereka tidur pada malam hari. Alhasil, Mitchell melibatkan 591 anak-anak yang berusia 7 tahun dalam penelitiannya.

Bersama timnya, Mitchell memantau tingkat aktivitas yang dilakukan anak-anak tersebut selama 24 jam. Caranya? Dengan menempelkan sebuah alat pengukur di pinggang mereka. Secara rata-rata, butuh waktu 26 menit bagi orangtua untuk membuat anak-anak mereka tidur pada malam hari. Namun, semakin aktif anak-anak mereka pada siang hari, maka waktu yang diperlukan untuk menyuruh anak-anak tidur semakin pendek.

"Hanya dengan satu jam melakukan aktivitas fisik, itu membuat anak akan 6 menit lebih cepat tidur," ucap Mitchell seraya menyebutkan bahwa penelitiannya telah dipublikasikan pada Archives of Disease in Childhood. Mitchell menambahkan, jika  dikonversikan, maka aktivitas fisik selama satu jam itu sama saja dengan meminta anak-anak untuk berlari. "Walaupun sebenarnya hanya beraktivitas fisik 43 menit, kebutuhan olahraga anak-anak sudah tercukupi.”

Selain membuat anak-anak cepat tidur, aktivitas fisik juga membentuk jantung dan berat badan yang sehat pada anak-anak. Mengenai kualitas tidur, anak-anak yang tidur lebih cepat akan memiliki waktu yang lebih lama untuk menikmati tidur.

Ketika tidur inilah hormon pertumbuhan anak bekerja lebih maksimal. Itulah mengapa kualitas tidur akan selalu berkaitan dengan status kesehatan anak secara menyeluruh. "Bahkan pada anak-anak mulai ditemukan bahwa kesulitan tidur membuat mereka berisiko mengalami obesitas," ungkap Mitchell.

[Kompas.com]

Advertisements

6 thoughts on “Anak Aktif Lebih Mudah Tidur

  1. saya sih bawa anak saya spa dan berenang di mom n jo yang ada di dharmawangsa, fx, MOI klp gading, BSD, mediterania tj duren dan surabaya. Anaak2 kan butuh banyak diberi sentuhan dan aktifitas yang merangsang sarafnya, makanya massage dan renang adalah pilihan yg tepat buat saya. kenapa mom n jo? Disana bersih dan nyaman. Airnya diganti terus setiap anak selalu dapat air baru dan bebas kaporit. jangan lupa massage nya juga mom, penting banget bikin bayi lahap makan dan bobonya nyenyak 🙂
    ini nomor tlp nya 08-999-000-006

    • Selamat ibu. Pada saat besarnya kelak anak akan lebih baik lagi bila yang memberikan sentuhan langsung adalah ibunya sendiri. 🙂

  2. Kalo anak tidur jam 10 or 11 malem tapi siangnya udah jingkrakan abis abisan… dikategorikan sebagai susah tidur tidak ya… soalnya anak saya kayak gitu. kalo mainan bikin rumah kayak kapal pecahh…

  3. Alhamdulillah anak saya 2 – kembar, sejak lahir hingga saat ini usia 10 bulan waktu tidurnya rutin setelah maghrib sekitar jam 07.00-08.00 sudah tidur hingga jam 04.00.. tidak sulit karena rumah kami rumah tanpa tv. Mudah2an hingga besar nanti tetap mudah untuk istirahat malamnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s