Penelitian : Tidur Lelap Cegah Anak Obesitas

1122473pFakta mengejutkan yang ditemukan adalah: kurang tidur di masa kecil cenderung menyebabkan obesitas di masa dewasa. Penelitiannya dilakukan oleh Universitas Otago, Dunedin, Selandia Baru, yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics belum lama ini. Riset tersebut melibatkan lebih dari seribu orang yang dipantau sejak lahir hingga berusia 32 tahun. 

Tentu saja, kurangnya waktu tidur di masa kanak-kanak bukan satu-satunya penyebab obesitas. Ada juga faktor genetik (jika kedua orangtua yang obesitas, kemungkinan 80% akan menghasilkan anak obesitas, jika salah satu orangtua obesitas, kemungkinan 40% anaknya obesitas), kurang gerak dan olahraga, serta konsumsi makanan yang tidak bijak. Namun, kurang tidur di masa kecil terbukti paling dominan menyebabkan seseorang mengalami obesitas di kemudian hari.

Bagaimana hal itu dapat terjadi? Rupanya, anak yang kurang tidur cenderung mengalami kelelahan sepanjang hari. Akibatnya ia enggan melakukan kegiatan aktif, sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuhnya tidak terbakar sempurna, dan ditimbun sebagai lemak.
Kurangnya waktu tidur juga menyebabkan produksi ghrelin dalam tubuhnya jadi lebih tinggi, sementara produksi leptin-nya lebih rendah. Ghrelin adalah hormon yang memicu meningkatnya nafsu makan, sedangkan sebaliknya, leptin adalah hormon penghambat keinginan untuk makan. Apabila kandungan ghrelin dalam tubuh anak tinggi, ia cenderung merasa lapar terus. Ditambah lagi, leptin anak yang kurang tidur menjadi rendah, sehingga tidak ada hormon yang membatasi keinginan makan berlebihan.

Robert John Hancox, peneliti senior dalam tim riset tersebut lantas mengingatkan para orangtua untuk mulai mengatur pola tidur malam anak dengan baik. Sebab penting disadari, kekeliruan pola tidur anak akan membawa konsekuensi seumur hidup. Untuk itu, para ahli merekomendasikan tidur bayi selama 10,5-18 jam/hari, anak 1-3 tahun 12-14 jam/hari, anak 3-5 tahun 11-13 jam/hari, anak 5-12 tahun 10-11 jam/hari, sedangkan remaja disarankan tidur 8,5-9,5 jam semalam. 

[Kompas.com]

20 thoughts on “Penelitian : Tidur Lelap Cegah Anak Obesitas

  1. owww…selain mesti kurangi asupan gula dan karbohidrat ternyata pola tidur juga bisa menyebabkan obesitas yah?
    waduh saya baru tau loh…trima kasih yah buat infonya.

  2. iya betul aku pikit obesitas itu hanya dari makanan dan minuman yg mengandung gula tambahan aja….wah makin tenang deh soalnya anakku tidurnya lelap tinggal dijaga aja makanan dan susunya yg ga pake gula tambahan……

  3. supaya anak tidur lelap berati perutnya juga musti manteb dalam arti kenyang yg pas dan juga jangan lupa pilih makanan dan minuman yg bebas gula buatan atau tambahan krn itu penyebab obesitas yg banyak dijual diluaran…so hati” ya moms

    • iya betul itu,,,
      jaman sekarang mendingan gak neko2 yah..heheh…tarnyata banyak udang di balik batunya.
      klo bisa masak sendiri mending masak ndiri…
      klo bisa gak jajan jauh lebih baik. sama ama susu..klo ada yang gak ada gula tambahan knp mesti beli yg ada gulanya…

  4. kalo tidur lelap tapi makannya ga dijaga sama juga boong….jadi ajarin anak kita hidup seimbang dgn pola makan yg baik…sayur dan buah”an di menu sehari”, minum air putih yg banyak🙂

  5. selama ini yg saya tau sie pola makan yg benar yg dpt mencegah obesitas sama mengurangi makanan yg mengandung gula tambahan …ternyata tidur bisa juga …

  6. selain tidur yang lelap kl kita kurangi atau minum susu yang ga ada tambhan gulanya pengaruh juga khan ya

  7. iya yah, nyangkain dr makanan aja yg bisa bikin anak obesitas ternyata susu juga eh sekarang tidur juga, hidup emang harus seimbang klo mau sehat

  8. Yg namanya kelebihan atau kekurangan ga bagus lah, yg seimbang aja.
    Klo susunya kebanyakan gulqa tambahan juga ga bagus, bisa bikin anak jd obesitas, ga hanya susu sih, makanan yg lain juga…

  9. Artikel yang menarik nih…(yg komen jg byk bener ^^)
    sy memang pernah dengar katanya kalau kurang tidur bs obes..tapi kirain mah cuma orang2 dewasa aja…
    ternyata ke anak kecil juga ya…waduh, gak cuma gula sama kebanyakan nyemil toh…
    hmmmm

  10. oya? info baru lagi nih buat aku..baru tau kalau tidur lelap bisa cegah obesitas pada anak..ternyata pemacu obesitas itu banyak juga yah bun..mulai dari pola makan, susu sampe pola tidur bisa mempengaruhinya..walahhh, anakku yang besar ini susah banget yang namanya tidur siang!! apa kalau pola makan dan susunya sudah diperhatiin, tapi kalau anaknya susah tidur siang masih juga bisa bikin obesitas??

  11. waduhhh..kalau mau hidup sehat ya memang harus teratur ya semua muanya mulai dari waktu tidur sampe pola makannya..tapi kalau untuk urusan makanan aku paling bawel deh soalnya aku ga mau anakku ga tumbuh optimal dimasa2 pertumbuhannya..apalagi kalau sampe obesitas akibat pola makan yang ga teratur..sampe urusan susu juga aku pilih2 bgd loh, aku ga mau anakku obesitas krn salah pilih sufor.

  12. memang sih kurang tidur itu bisa mengacaukan jam tubuh..jangankan untuk balita,orang dewasa aja kurang tidur bisa jadi stress..
    aku biasanya sih kasi anakku minum susu dulu sekitar setengah jam sebelum tidur..kalau perutnya kenyang biasanya tidurnya akan lebih nyenyak..

  13. iya susu itu kan makanan utama anak2 ya, apalagi yg kurang doyan makan biasanya kita genjot susunya.. tapi kalo kebanyakan minum susu malah obesitas itu akibat gulanya. aku sih setuju susu formula yg no added sugar, jadi bukan nimbun gula tapi gizinya aja…

  14. selain tidur, ya memang asupan gizi dan pola makan juga yg bikin anak ga obesitas, apalagi kalo anak banyak gerak pasti sehat deh..

  15. saat tidur memang tubuh kita melakukan perbaikan dan regenerasi sel2,jadi tentu saja tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan bagi semua orang,khususnya anak balita yg masih dalam perkembangan otak..
    banyak anak yg baru bisa tidur setelah meminum susu dari botol (dot),tapi ini berarti setelah minum susu,anak tidak akan sempat membersihkan gigi dan rongga mulut,dan bisa bikin gigi rusak..
    untuk mengurangi kemungkinan gigi rusak karena minum susu sambil tidur,bisa dicoba dengan memberikan anak susu yang tanpa gula tambahan..

  16. anakku baru bisa tidur nyenyak kalau sebelum tidur dia minum susu dan di stelin dvd favoritnya..
    susunya aku kasi yang kadar gulanya 0 gram,biar dia bisa minum sebanyak yg dia mau tanpa kuatir akan resiko obesitas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s