Lebih jauh tentang Jadwal MP-ASI

image
diadaptasi Anung Nur Rachmi – tabel yang dikeluarkan Depkes pada tahun 80an hingga 90an

Siang ini saya memberikan link tentang makanan yang harus diberikan pada anak 6 bulan di Facebook. ternyata mendapat tanggapan menarik dari Bu Anung Nur Rachmi. Beliau malah sharing jadwal makanan di atas yang ternyata sudah ada sejak tahun 80an. Semoga cukup jelas.

Pemberian makanan tambahan HARUS dimulai dengan buah yang dilumatkan. Kenapa? karena usus bayi ketika dilahirkan belumlah sempurna, karena beberapa bulan pertama kehidupannya adalah masa pematangan usus. Itu sebabnya dia hanya boleh diberi ASI, sebab memang ususnya baru bisa mencerna ASI saja. bahaya sekali memberi makanan lain pada bayi usia di bawah 4 bulan.
Tapi setelah itu, ususnya sudah siap diperkenalkan dengan buah. Kenapa harus buah, sebab buah adalah makanan yang paling mudah dicerna oleh usus, hanyaperlu waktu 15-30 menit sudah selesai dicerna oleh lambung dan langsung turun ke usus halus untuk diserap ke dalam darah.
Agak bahaya kalau setelah ASI eksklusif makanan tambahan yang diberli adalah langsung bubur susu (Cerelac dkk), sebab usus bayi sebetulnya belum siap mencerna karbohidrat.
Dulu pada tahun 80-90an, ketika seorang ibu melahirkan di bidan atau RS, kita2 masih dibekali dengan tabel jadwal makan bayi oleh pihak bidan atau RS. Sekarang memang tabel semacam itu tidak lagi diberikan. Di tabel tersebut, jelas sekali bahwa makanan tambahan pertama sebagai pendamping ASI adalah buah selama 4 minggu. Baru kemudian boleh diberikan bubur susu, dan setelah 4 minggu bubur susu, baru dimulai dengan bubur saring yang dibuat sendiri.

Lebih jauh dalam makalah yang dikirimkan bu Anung sudah ada petunjuk sebagai berikut.

  1. Sampai umur 4 bulan, bayi hanya diberi ASI. Jangan berikan makanan atau minuman lain, sebab ususnya belum bisa mencerna makanan lain selain ASI/ Susu Formula / Susu bayi kalengan. Jangan diberi susu kental manis/Susu Bendera/Dancow sebab itu bukan untuk bayi.
  2. Mulai umur 4 bulan, bayi diperkenalkan dengan buah. Dimulai dengan Pisang Ambon saja. Jangan pisang atau buah yang lain. Dan mulai memberinya 2 atau 3 sendok dulu. Kalau bayi suka dan tidak terjadi diare, besoknya boleh ditambah lagi jadi 6 sendok, terus bertahap sampai separoh pisang. Kalau tidak terjadi apa-apa, setelah 1 minggu boleh mulai diberi air jeruk (harus yang manis dan disaring). Kalau tidak terjadi apa-apa, seminggu kemudian boleh diberikan pepaya yang dikerok halus. Jangan diberi gula. Kalau bisa, sampai umur 1 tahun bayi tidak diberi gula dalam makanan / minumannya. Setelah 5 bulan, bayi boleh diberi 1 buah pisang kalau dia suka. Buah lain (Apel, Alpukat, dll.) baru boleh diberikan setelah 6 bulan. Setelah diberi buah, tunggu + 1/2 jam sebelum memberi ASI / Susu lagi.
  3. Untuk biskuit, bisa kue Marie Regal atau Biskuit Farley / Milna.
  4. Bubur susu diberikan setelah bayi berumur 4 bulan adalah bubur yang dibuat dari tepung beras merah dan dimasak dengan susu formula. Atau bisa juga bubur susu siap pakai seperti Promina, Nestle, Nutricia, khusus untuk bayi berumur 4 bulan. (Perhatikan tulisan di bagian depan kardusnya.)
  5. Jadwal pemberian ASI di atas hanya untuk panduan umum. Tetap berikan ASI bila bayi minta minum di luar jadwal di atas. Tapi kalau sudah mendekati jadwal makannya, lebih baik berikan makannya saja dulu. 1/2 jam atau 1 jam kemudian baru ASI diberikan lagi. Jangan lupa beri minum air putih 1 atau 2 sendok setiap setelah minum ASI / Susu. Semakin besar bayi, semakin banyak dan semakin sering pula air putih harus diberikan.
  6. Bubur saring dibuat dari beras yang dimasak dengan air, setelah mulai lunak / hampir jadi bubur, tambahkan 4 lembar bayam dicincang, sepotong wortel diparut, sepotong hati ayam atau ayam (2 x 2 cm) dicincang. Setelah matang lalu disaring. Mulailah dengan membuat bubur yang agak encer. Semakin bertambah usia bayi, bubur boleh semakin kental.
  7. Perlu diingat bahwa setelah 6 bulan, ketika makanan tambahan yang diberikan mulai banyak, kebutuhan bayi terhadap ASI akan semakin berkurang. Sesuaikan saja pemberian ASI dengan permintaannya.
  8. Setelah 1 tahun, bayi boleh mulai makan nasi lembek, tapi jadwal pemberian makannya sebaiknya tetap mengikuti jadwal di atas.

Mengingat tahunnya adalah 80-an maka tentu saja saat itu ASI eksklusif baru sampai dengan 4 bulan. Kita bisa memodifikasi lagi dengan tetap menyesuaikan dengan ASI eksklusif 6 bulan dan memulai yang diberikan pada saat 4 bulan di tabel ini di usia 6 bulan.

Silahkan ibu yang sudah punya putera 6 bulan mungkin ini bisa dijadikan semacam pedoman.

[draguscn]

16 thoughts on “Lebih jauh tentang Jadwal MP-ASI

  1. Mengapa di dalam jadual pemberian makan tsb diatas usia 4 bulan sudah diberikan pisang, usia 5 bulan diberi bubur susu? Apakah hal ini tidak sangat bertentangan dengan pemberian ASI ekslusif (hanya ASI) sampai usia 6 bulan?

    • Mengingat tahunnya adalah 80-an maka tentu saja saat itu ASI eksklusif baru sampai dengan 4 bulan. Kita bisa memodifikasi lagi dengan tetap menyesuaikan dengan ASI eksklusif 6 bulan dan memulai yang diberikan pada saat 4 bulan di tabel ini di usia 6 bulan.

      Silahkan ibu yang sudah punya putera 6 bulan mungkin ini bisa dijadikan semacam pedoman.

      ini saya tulis di bagian bawah. Kita sedang mencoba mengmbil manfaat dari artikel lama.๐Ÿ˜€

  2. salam kenal dok,
    kami punya putra premature lahir 32 minggu, berat 1600 gram, sekarang usia anak saya 3 bulan 2 minggu dab BB 5200 gram, apakah normal?saya bekerja terpaksa kami berikan ASI dan ASIP sejak umur 2 bln, tapi knp anak kami sering batuk yah?hampir sebulan 2 x, lalu sepertinya penglihatannya belum jelas dan fokus.mohon infonya dok???trims

    • Untuk informasi lebih lengkap sebenarnya bisa merujuk bahan2 bacaan .. karena sudah cukup banyak sekarang buku2 berkualitas., Secara garis besar anak dengan premature memang belum lengkap perkembangan organ tubuhnya. Mungkin juga itu adalah salah satu sebab. Namun sebaiknya memang ada pemeriksaan lebih teliti terhadap anak ibu. Sebaiknya kasus-kasus seperti ini dikawal langsung tenaga profesional yang bisa melihat langsung, dan minta untuk ibu diberdayakan agar bisa turut menjaga dan memelihara anak dalam batas yang diperkenankan untuk orangtua.

      Untuk Tes Daya Lihat biasanya juga baru dilihat pada usia 3 tahun. Tapi pemeriksaan yang teliti bisa mendapatkan adanya kelainan refraksi misalnya pada anak, gejalanya bisa seperti yang ibu sebutkan yaitu tidak fokus.

      • Alhamdulillah .. semoga bisa terus kita perjuangkan .. saya miris betul lihat angkanya mba .. baru yang laki-laki aja sangat kurus nya 610 dan itu masih 8 puskesmas belum setor ..๐Ÿ˜ฆ 1000 lebih mau di TFC dimana? wekekekek ..

  3. Pak Dokter, mungkin memang artikel di atas kurang sesuai dengan perkembangan sekarang ini. Untuk MPASI dengan buah juga perlu dipertimbangkan kembali, terutama buah pisang, karena untuk beberapa bayi malah akan membuat sembelit. Setahu saya MPASI pertama sebaiknya serealia seperti bubur beras putih, merah, coklat, havermuth, karena yang paling rendah memicu alergi. Lalu diikuti sayur dan selanjutnya buah2an. Sayur dahulu biar bayi terbiasa dengan rasa tawar dari sayur itu, kalau buah lebih dahulu nanti terbiasa dengan rasa manis dan tidak mau dengan rasa tawar. Ini dari pengalaman saya sendiri. Semoga bisa membantu.

  4. pak dokter,bai saya sekarang usia 8 bulan 2 minggu.sekarang lagi MAPASI berdasarkan food combining.masalahnya bai saya bangun nya nanti sektar jam 8-9 pagi,sehinnga pemberian makanan pun di mulai jam 8-9 pagi.saya pingin ngasih makanan pagi sekitar jam 6 pagi,cuman di jam segitu bayi ku masih tidur.kalau saya bangunin bayi nya jam 6,pagi,kira2 akan menggagu kesehatannya gak..??(takut kebutuhan tidur na kurang)
    makasih..

  5. malem dok, anak saya usia 4bulan… saat ini saya brda jauh dari anak saya. dan anak saya d asuh oleh ibu saya sendiri. yg mau saya tanya sudah boleh anak saya mpasi?? karna kata ibu saya dia udah memberikan makanan bubur susu kpada anak saya.. tpi hanya dua sendok dan itu pun d buat encer seperti susu?? minta penjelasan nya dok

  6. Dok bagaimana dengan metode MPASI WHO ? menu tunggal dan menu 4bintang . Dan harus 180 hari baru boleh di beri MPASI .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s