Anak saya PENDEK?

Ibu Ajeng menanyakan kepada saya perihal Status Gizi Anak beliau yang bernama Fatih. Setalah masuk dalam daftar hitungan ternyata hasilnya sebagai berikut :

Status Gizi   sebagai berikut :
zScore BB/TB= -0,18 (Normal)
zScore BB/U = -1,50 (Gizi Baik)
zScore TB/U = -1,88 (Normal)
zScore IMT/U= -0,55 (Normal)

bermakna : Anak  dalam keadaan status gizi normal. Namun demikian punya kecenderungan untuk tidak tinggi. 

Demikian saya memberikan balasan SMS kepada ibu Ajeng. Namun karena melihat angka-angka yang cenderung banyak minus bahkan ada yang –2 maka beliau bertanya lebih jauh dengan menyediakan data antropometri dasar orangtua dan data pertumbuhan Fatih selama 4 bulan. Setelah saya masukkan ke dalam software Anthro 2011 maka hasilnya pun bisa saya tampilkan sebagai berikut.

image

Hasill ini memperlihatkan grafik PB/U (panjang badan dibandingkan dengan umur) dan melihat ini nampaknya memang Fatih sejak awal berbadan kecil (pendek) sehingga sepanjang yang bisa saya lihat adalah anak bertumbuh naik tinggi badannya tapi terus masih berada di bawah garis normal.

Yang bisa kita lakukan mungkin sebagaimana yang telah saya sarankan kepada Bunda Ajeng, bahwa untuk pertumbuhannya sekarang, tetap memberikan ASI eksklusif dulu sampai 6 bulan. Dan selanjutnya pada saat memberikan MP ASI diharapkan memberikan makanan yang kaya kalsium dan memberikan stimulasi tumbuh kembang sesuai umur, terutama bila memungkinkan memberikan anak kegiatan berenang.

Situs yang sudah saya sarankan adalah Cara Pengajaran Anak berenang dari usia dini, ini juga adalah salah satu ikhtiar kita untuk memberikan anak kesempatan bertumbuh lebih baik. Untuk selanjutnya bisa didiskusikan dengan dokter spesialis anak sub tumbuh kembang anak. Demikian jawaban saya. Mungkin ada ayah bunda atau teman sejawat dari pengunjung situs ini yang bisa memberikan masukan silakan berkomentar. Terimakasih.

[draguscn]

Advertisements

4 thoughts on “Anak saya PENDEK?

  1. penyakit yang di derita anak usia 2 tahun rajin makan akan tetapi berat badan tidak juga naik dan dada anak saya besar dan perut juga membesar.tolong solusinya dok..
    penyakit apa yang di derita anak saya dok…

    • Perlu pemeriksaan lebih jauh dari sekedar tabda pembesaran di dada ataupun perut. Mungkin barangkali bisa dimulai dengan konsultasi ke dr. Praktek umum dengan permintaan rujukan ke spesialis anak yg mungkin sesuai dengan
      anak bapak. Mungkin akan dicova tangani dulu tapi minta aja sampai batas mana harus merujuk.

      Saya juga perlu data BB, TB, tgl lahir dan tanggal penimbangan untuk adik. Agar bapak juga bisa dilayani di blog ini. Kalau tidak keberatan bisa kirim foto di facebook page buletin tumbuh kembang. Agar saya mengerti yang dimaksud perut dan dada besar.
      Demikian untuk sementara pak Dheny.

  2. Assalamualaikum dok…anak saya bernama Irsyad lahir prematur 32 minggu dengan BB 1,4 kg dan TB 40 cm pada tanggal 1 September 2014. Sekarang usianya sudah 7 bulan. Pada saat usia 2 bulan pernah dirawat 12 hari karena bronchiolitis dan usia 3 bulan menjalani operasi hernia. Berikut ini data BB dan TB hasil penimbangan setiap bulannya (untuk ukuran kepala dari waktu lahir tidak pernah dihitung).
    lahir: BB/TB 1,4 kg/ 40 cm
    1 bulan: BB/TB 2 kg / 43,5 cm (13-10-14)
    2 bulan: BB/TB 3,1 kg / 45,5 cm (11-11-14)
    3 bulan: BB/TB 3,6 kg / 49,5 cm (11-12-14)
    4 bulan: BB/TB 4,2 kg / 54 cm (3-1-15)
    5 bulan: BB/TB 5 kg / 56 cm (9-2-15)
    6 bulan: BB/TB 5,7 kg / 58 cm (9-3-15)
    Untuk bulan ini belum melakukan penimbangan.
    Sampai saat ini anak saya belum bisa tengkurap, padahal sering saya beri stimulus. Tapi jika dipangku dia bisa duduk tegak, meskipun belum bisa duduk sendiri. Motorik halusnya baik.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah perkembangan anak saya tergolong normal? bagaimana dengan TBnya, apakah tergolong pendek? Perlukah saya memberi suplemen kalsium (selain dari MPASI) agar bisa mengejar tinggi idealnya? Bagaimana caranya supaya cepat tumbuh besar, BB dan TB ideal, serta bisa mengejar pertumbuhan seperti bayi cukup bulan?

  3. Assalamualaikum dok,
    Dok saya mau tanya, anak saya usia 15blan berat 9, 6 kg belum bisa jalan apa itu normal dok?
    Anak saya tidak bisa merangkak jdi dari umur 5 bulan cuma bisa mengangsur pakai tangannya, jdi sampe sekarang kalo mau bangun atau duduk dan tiduran harus di bantu,
    Apa yang harus saya lakukan ya dok? Karena berdiri sendiri pun belum bisa masih takut 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s