Kenaikan Berat Setiap Bulan

Mau tanya nih dok, anak saya usia 4bln BB 5,5kg setiap bulan hanya naik 0,5kg dari usia 2bln minum susu formula, apakah BB anak saya normal? Perlukah mengganti merk susu formula agar bb nya naiknya bgs..
 Ada 2 hal dalam pertanyaan ini yang perlu saya tanggapi ..

Masalah Berat Badan

Sebenarnya asal ibu mendapatkan buku KIA atau KMS (kartu Menuju Sehat) yang baru, pertanyaan ini sudah pasti terjawab dengan mudah. Apakah kenaikan berat cukup? Kita tinggal melihat KMB (kenaikan berat minimal) sesuai usia.

  • Bulan pertama 800 g
  • Bulan kedua 900 g
  • Bulan ketiga 800 g
  • Bulan keempat 600
  • Bulan ke-5 = 500 g
  • Bulan ke-6 = 400 g
  • Bulan ke 7-10 = 300 g
  • Bulan ke 11-59 = 200 g

Dengan asumsi berat lahirnya 3 kg, maka pertambahan 2,5 kg bulan diawal bulan ke 4 harus nya pas. Nanti bulan ke-5 naik 600 dari berat sekarang terus begitu ..

Masalah Sufor

Yang ini yang seharusnya diganti dengan ASI. Apa tidak mungkin ibu menyusui saja? Sayang sekali kalau harus diganti dengan sufor. Dan bila sudah terjadi ada baiknya pada bulan ke-6 nanti mulai diganti dengan makanan rumah yang dilumatkan.

Agar anak bisa segera mendapatkan makanan seperti yang dimakan orangtuanya. Namun dalam konsistensi yang sedikit lebih lunak. Demikian untuk sementara.

Salam,

Dr. Agus Ciptosantoso

Advertisements

6 thoughts on “Kenaikan Berat Setiap Bulan

  1. Maaf dok, mau tanya nih! Anak saya usianya 4,5 th. Tapi belum bisa bilang huruf R, apakah masih wajar? Apa ada faktor lain? Apakah faktor gigi rusak dpt mempengaruhinya dok? Trimakasih

    • Bukan karena gigi rusak, karena bunyi R adanya berasal dari bunyi getar. Ini lebih sering karena lidah menyentuh berulang pada gusi hampir ke langit-langit mulut. Pada orang dewasa mungkin bisa mencoba ini. Anak juga tetap harus dilatih. Anak kedua saya saat mau masuk SD baru bisa. Dan adiknya begitu kakaknya ngga cadel lagi juga ikutan “sembuh”. Itu kenapa kami sangat menganjurkan untuk tidak “melatih” anak dengan cadel meskipun bicara seperti itu terdengar lucu.

  2. Dr. Sya mw tanya, anak sya laki-laki umurnya 5 bulan, BB saat lahir 3,300 & skarang BB anak 5,500 tinggi badannya 164 cm, anak sya tdak ASI lagi, krna air susu sya stlah mnyusui 3 blan air susu sya sdkit & tdak kluar lagi,sya mnggunakan susu formula. dengan umur 5 bulan,apakah BB anak masih dikatgorikan Normal ato tdak dok, bnyak yg blg anak sya trllu kurus, tpi anak saya tdak pernah sakit, aktif bergerak,tengkurap, tdur mnyamping kiri & kanan, respon trhadap suara smua normal dok. Bgman sya mnaikan BB anak saya dok?. Tlg jwbannya dok. Terima kasih

  3. Sya ibu Ningsih, Maaf Dokter TB anak skrng 64 cm ( saat lahir TB 50cm) dokter, bukan 164 dok sya slah menulisnya pda postingan prtnyaan sya yg pertama. Terima kasih

  4. Dok saya mau tanya,anak saya sudah umur 1thn,tp kok belum tumbuh gigi,apa ini ada faktor lain saat saya hamil dulu dok,belum bisa jalan juga,klo di titah jalanya jinjit gitu,mohon saranya dok,supaya anak saya segera tumbuh gigi dan jalan,klo masalah gizi saya sangat memperhatikan dok,tp kok masih aja lambat,
    Terima kasih dok 🙂

  5. Selamat pagi Dok..
    Saya mau tanya, Anak saya Aneira umur 22 bulan dengan BB 9,6Kg TB 86cm, anak aktif banget tidak bisa diam.
    selama ini masih ASI walau hanya malam hari, siang hari minum UHT makannya lancar kadang aga susah.
    sudah pernah cek ke DSA karena menurut saya BB anak saya kurang, DSA bilang hanya perlu perbaikan pola makan (tambahkan lemak), saya minta cek darah hasilnya bagus. DSA tidak memberikan vit, karena menurut dia tidak perlu.
    pertanyaan saya dok, saya sudah mencoba memberikan tambahan lemak (EVOO), double karbo, dan cemilan saya buat bervariasi, tetapi BB tidak naik, adakah cara lain untuk menaikan BB anak saya ?
    mohon sarannya dok.. terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s