Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Formulir KPSP adalah alat/instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.

Cara menggunakan KPSP :

Link KPSP usia :
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Bila anak berusia diantaranya maka KPSP yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak.
Contoh : bayi umur umur 7 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 6 bulan. Bila anak ini kemudian sudah berumur 9 bulan yang diberikan adalah KPSP 9 bulan.

  • Tentukan umur anak dengan menjadikannya dalam bulan.

Bila umur anak lebih dari 16 hari dibulatkan menjadi 1 bulan
Contoh : bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4 bulan bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan.

  • Setelah menentukan umur anak pilih KPSP yang sesuai dengan umur anak.
  • KPSP terdiri dari 2 macam pertanyaan, yaitu :
    • Pertanyaan yang dijawab oleh ibu/pengasuh anak. Contoh : “dapatkah bayi makan kue sendiri?”
    • Perintah kepada ibu/pengasuh anak atau petugas untuk melaksanakan tugas yang tertulis pada KPSP. Contoh : “pada posisi bayi anda terlentang, tariklah bayi pada pergelangan tangannya secara perlahan-lahan ke posisi duduk”
  • Baca dulu dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ada. Bila tidak jelas atau ragu-ragu tanyakan lebih lanjut agar mengerti sebelum melaksanakan.
  • Pertanyaan dijawab berurutan satu persatu.
  • Setiap pertanyaan hanya mempunyai satu jawaban YA atau TIDAK.
  • Teliti kembali semua pertanyaan dan jawaban.

Interpretasi Hasil KPSP

  • Hitung jawaban Ya (bila dijawab bisa atau sering atau kadang-kadang)
  • Hitung jawabab Tidak (bila jawaban belum pernah atau tidak pernah)
  • Bila jawaban YA = 9-10, perkembangan anak sesuai dengan tahapan perkembangan (S)
  • Bila jawaban YA = 7 atau 8, perkembangan anak meragukan (M)
  • Bila jawaban YA = 6 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P).
  • Rincilah jawaban TIDAK pada nomer berapa saja.

Untuk Anak dengan Perkembangan SESUAI (S)

  • Orangtua/pengasuh anak sudah mengasuh anak dengan baik.
  • Pola asuh anak selanjutnya terus lakukan sesuai dengan bagan stimulasi sesuaikan dengan umur dan kesiapan anak.
  • Keterlibatan orangtua sangat baik dalam tiap kesempatan stimulasi. Tidak usah mengambil momen khusus. Laksanakan stimulasi sebagai kegiatan sehari-hari yang terarah.
  • Ikutkan anak setiap ada kegiatan Posyandu.

Untuk Anak dengan Perkembangan MERAGUKAN (M)

  • Konsultasikan nomer jawaban tidak, mintalah jenis stimulasi apa yang diberikan lebih sering .
  • Lakukan stimulasi intensif selama 2 minggu untuk mengejar ketertinggalan anak.
  • Bila anak sakit lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter/dokter anak. Tanyakan adakah penyakit pada anak tersebut yang menghambat perkembangannya.
  • Lakukan KPSP ulang setelah 2 minggu menggunakan daftar KPSP yang sama pada saat anak pertama dinilai.
  • Bila usia anak sudah berpindah golongan dan KPSP yang pertama sudah bisa semua dilakukan. Lakukan lagi untuk KPSP yang sesuai umur anak.

Misalnya umur anak sekarang adalah 8 bulan 2 minggu, dan ia hanya bisa 7-8 YA. Lakukan stimulasi selama 2 minggu. Pada saat menilai KPSP kembali gunakan dulu KPSP 6 bulan. Bila semua bisa, karena anak sudah berusia 9 bulan, bisa dilaksanakan KPSP 9 bulan.

  • Lakukan skrining rutin, pastikan anak tidak mengalami ketertinggalan lagi.
  • Bila setelah 2 minggu intensif stimulasi, jawaban masih (M) = 7-8 jawaban YA. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau ke rumah sakit dengan fasilitas klinik tumbuh kembang.
Advertisements

157 thoughts on “Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

  1. Some denominations offer a great deal much more than manage and certainty–they provide independence.
    By no means be rude or arrogant when it comes to making adore.
    As a outcome, individuals (particularly ladies) flock to him.

  2. Pak mau tanya, KPSP untuk usia 42 bulan dan 48 bulan memang 9 item saja pertanyaannya ? terima kasih

    1. Alat bantu yang digunakan untuk memantau perkembangan anak. Perkembangan menandakan fungsi otak, otot dll berkembangbdan bertambah. Tidak terlalu spesifik, tapi cukup untuk memberikan batas kapan kita harus melakukan rujukan bila diperlukan.

    1. Kelebihannya adalah :
      1. Mudah.
      2. Ringkas.

      Kekurangannya :
      Tidak spesifik. Karena ini memang ditujukan untuk masyarakat secara umum. Jadi tidak semua indikator dalam ilmu kedokteran dituangkan disini. Namun bila dilaksanakan sesuai jadwalnya kita bisa memantau sebagian besar dari tumbuh kembang anak.

  3. Yang 9-10 (s) 7-8 (meragukan) dan kurang dr 6 menyimpang. Apakah angka tersebut adalah nilai dr perkembangan anak? Terimakasih

    1. Itu adalah jumlah pertanyaan yang dijawab pada masing-masing tahapan umur. Misalnya anak ibu usia 8 bulan maka KPSP yg digunakan adalah KPSP 6 bulan. Kemudian dari 10 pertanyaan di dalamnya ada berapa yang anak sudah bisa.

  4. Selamat malam dr Agus, baby saya 3 bulan kurang 3 hari. Berat 5,1kg. Saat ini bayi saya blm bisa miring sendiri dok, tetapi kalau digendong kepalanya bs diangkat. Normal ga ya dok kalau blm bisa miring? Terima kasih

  5. dok, saya sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi), terkait dengan perkembangan bayi 6 bulan dan saya menggunakan KPSP. saya izin memindahkann kuesioner kedalam penelitian saya dok. trimakasih

  6. selamat siang dok,
    saya ERNI SADILA, mahasiswa Universitas Sari Mutiara Medan, jurusan PSIK. saya sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi), terkait dengan perkembangan bayi 6 bulan dan aspek pengukuran penelitian saya menggunakan KPSP. saya izin menggunakan kuesioner yang ada di website dokter kedalam penelitian saya dok. trimakasih

  7. Selamat siang Dok,

    Perkenalkan nama saya Siti…
    Saya mau bertanya kalo hasil perhitungan anak termasuk perkembangan yang meragukan, tindakam apa yanh garus dilakukan orang tuanya dok ?

    Terima kasih

  8. Anak saya usia 13 bulan, jawaban ya ada 6, terus saya harus konsul ke mana,kira2 biaya nya berapa?

  9. dok numpang nanya donk? bgaimana menentukan nilai perkembangan untuk 1 perkembangan saja contoh: perkembangan personal sosial,,, untuk umur 3 tahun kan cuman 1 pertnyaan,,gimna cra menentukan kalau dikategorikan sesuai/tidak,, trimksih

    1. Sangat spesifik pertanyaannya mas Rahmad. Untuk perkembangan sosial anak tidak dilihat secara khusus, seperti itu. Karena memang yang dilihat disini adalah bentuk pra skrining.
      KPSP digunakan sederajat dengan penggunaan KMS untuk berat badan. Pada KMS misalnya kita bisa melihat bahwa anak yg berada di bawah BGM kemungkinan ada gangguan gizi. Untuk selanjutnya anak seperti ini harus dilakukan pengukuran antropometri ulang di Puskesmas oleh ahli gizi. Begitu pula perkembangan sosial tidak terlalu dilihat pada KPSP, alat lain seperti tes autis juga ada, tapi selanjutnya itu hanya merupakan dugaan, analogi KMS tadi. Sebaiknya memang kasus khusus atau pada orangtua yang sangat ingin tahu bagaimana anaknya bisa mengunjungi Klinik Tumbuh Kembang dokter spesialis anak. Demikian.

  10. Maaf dok, untuk usia 72 bulan, jika anak bisa menunjuk dengan benar satu atau dua segiempat saja, itu termasuk YA atau TIDAK?
    Terima kasih

  11. Dok, saya mahasiswa tingkat akhir yg serang melakukan skripsi terkait perkembangan motorik kasar pada anak,
    Dok bagaimana klasifikasi jika kita hanya ingin melihat perkembangan motorik kasarnya saja melalui kpsp dan kalo boleh minta tolobg sekalian sumbernya.
    Terimakasih

    1. dok, saya juga mahasiswa tingkat akhir yang ingin bertanya sama seperti risa ingin bertanya itu dok , mohon di jaawab ya dok . terima kasih

  12. Anak saya umir 5 bulan 12 hari berat 9kg panjang nya belum ujur lg terakhir 67cm. Dia sudah mulai babking usia 2.5 bulan. Tersenyum dan merespon pengasuh saat usia 1.5 bulan. Main ludah usia 3 bulan. Memasukan benda ke mulut usia 3 bulanan. Mulai mengangkat kepala tegak dan kaku saat di pegang tanggan nya untuk duduk dr usia 4 bulan. Dan sekarang aktif sekali mengoceh, mau nya posisi duduk dan berdiri terus dok. Tapi anak saya belum mau tengkurap sendiri. Sudah bisa miring sendiri tapi harus dibantu dorong daerah bokongnya. Dan hanya bertahan sekitar 5 menit lalu dia sudah gak mau terlentang lagi. Begitu jg blm bisa berbalik sendiri dari telentang ke telungkup.
    Apakah anak saya ada gangguan perkembangan???

      1. Terima kasih atas pencerahannya Pak. Jadi walaupun anak saya 5 bulan lebih belum tengkurap tidak perlu dipaksakan ya dok.
        Oh iya saya sudah KSPS untuk bayi usia 3 bulan dan jawabannya 9 Ya 1 Tidak. Dokter juga sudah mereplay email saya dan memberikan penjelasan stimulasinyg sebaiknya dilakukan. Terima kasih banyak Pak Dokter.

  13. Dok utk anak yg prematur gmna cra pnilainny ap sma? Soalny diliat prkmbangan anak sya mmg agak lmbat

    1. Untuk anak prematur tidak bisa mengikuti pra skrining ini. Karena untuk tumbuh kejar juga mungkin sudah beda cara pengukurannya. Jadi mungkin untuk putra putri yang prematur sebaiknya memang dikonsultasikan kepada dr. SpA.

  14. Dok sya mau nnya anak sya dri lahir nya sering muntah2 smpe skrng umr ny 11 bulan tpi ttep ajh muntah2 gak bisa makan apa2 mkan roti dll nya klw masuk ke mulut pasti oek muntah.. Mohon d bntu nya dok.???

  15. Dok. Anak saya umur 19 bln. Blm bs bicara. Blm bs memanggil panggilan ibu/ayahnya. Hny bs blg “mam” utk makan. Selebihnya biasanya dia akan menarik tangan kita orang dewasa di dekatnya, kemudian menunjuk sesuatu yg dia inginkan. Bagaimana penanganannya dok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s