Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Formulir KPSP adalah alat/instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.

Cara menggunakan KPSP :

Link KPSP usia :
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, 72 bulan

Bila anak berusia diantaranya maka KPSP yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak.
Contoh : bayi umur umur 7 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 6 bulan. Bila anak ini kemudian sudah berumur 9 bulan yang diberikan adalah KPSP 9 bulan.

  • Tentukan umur anak dengan menjadikannya dalam bulan.

Bila umur anak lebih dari 16 hari dibulatkan menjadi 1 bulan
Contoh : bayi umur 3 bulan 16 hari dibulatkan menjadi 4 bulan bila umur bayi 3 bulan 15 hari dibulatkan menjadi 3 bulan.

  • Setelah menentukan umur anak pilih KPSP yang sesuai dengan umur anak.
  • KPSP terdiri dari 2 macam pertanyaan, yaitu :
    • Pertanyaan yang dijawab oleh ibu/pengasuh anak. Contoh : “dapatkah bayi makan kue sendiri?”
    • Perintah kepada ibu/pengasuh anak atau petugas untuk melaksanakan tugas yang tertulis pada KPSP. Contoh : “pada posisi bayi anda terlentang, tariklah bayi pada pergelangan tangannya secara perlahan-lahan ke posisi duduk”
  • Baca dulu dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang ada. Bila tidak jelas atau ragu-ragu tanyakan lebih lanjut agar mengerti sebelum melaksanakan.
  • Pertanyaan dijawab berurutan satu persatu.
  • Setiap pertanyaan hanya mempunyai satu jawaban YA atau TIDAK.
  • Teliti kembali semua pertanyaan dan jawaban.

Interpretasi Hasil KPSP

  • Hitung jawaban Ya (bila dijawab bisa atau sering atau kadang-kadang)
  • Hitung jawabab Tidak (bila jawaban belum pernah atau tidak pernah)
  • Bila jawaban YA = 9-10, perkembangan anak sesuai dengan tahapan perkembangan (S)
  • Bila jawaban YA = 7 atau 8, perkembangan anak meragukan (M)
  • Bila jawaban YA = 6 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P).
  • Rincilah jawaban TIDAK pada nomer berapa saja.

Untuk Anak dengan Perkembangan SESUAI (S)

  • Orangtua/pengasuh anak sudah mengasuh anak dengan baik.
  • Pola asuh anak selanjutnya terus lakukan sesuai dengan bagan stimulasi sesuaikan dengan umur dan kesiapan anak.
  • Keterlibatan orangtua sangat baik dalam tiap kesempatan stimulasi. Tidak usah mengambil momen khusus. Laksanakan stimulasi sebagai kegiatan sehari-hari yang terarah.
  • Ikutkan anak setiap ada kegiatan Posyandu.

Untuk Anak dengan Perkembangan MERAGUKAN (M)

  • Konsultasikan nomer jawaban tidak, mintalah jenis stimulasi apa yang diberikan lebih sering .
  • Lakukan stimulasi intensif selama 2 minggu untuk mengejar ketertinggalan anak.
  • Bila anak sakit lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter/dokter anak. Tanyakan adakah penyakit pada anak tersebut yang menghambat perkembangannya.
  • Lakukan KPSP ulang setelah 2 minggu menggunakan daftar KPSP yang sama pada saat anak pertama dinilai.
  • Bila usia anak sudah berpindah golongan dan KPSP yang pertama sudah bisa semua dilakukan. Lakukan lagi untuk KPSP yang sesuai umur anak.

Misalnya umur anak sekarang adalah 8 bulan 2 minggu, dan ia hanya bisa 7-8 YA. Lakukan stimulasi selama 2 minggu. Pada saat menilai KPSP kembali gunakan dulu KPSP 6 bulan. Bila semua bisa, karena anak sudah berusia 9 bulan, bisa dilaksanakan KPSP 9 bulan.

  • Lakukan skrining rutin, pastikan anak tidak mengalami ketertinggalan lagi.
  • Bila setelah 2 minggu intensif stimulasi, jawaban masih (M) = 7-8 jawaban YA. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak atau ke rumah sakit dengan fasilitas klinik tumbuh kembang.
Advertisements

163 thoughts on “Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

  1. Assalamualaikum..

    Alhamdulillah nemu web ini..(meski agak telat).Anak saya Aira umur 1 tahun 9 bulan 14 hari, sepertinya agak telat bicaranya..

  2. Pak, gimana nih kalau ada ibu datang ke posyandu dan nilai KPSP cuma sampai 3 (terjadi penyimpangan) dengan CHAT tidak lulus. (A1-6: tidak dan B1-4: tidak *sudah reevaluasi)
    Apa kita lakukan prosedur seperti saat hasil meragukan (m) atau langsung konsul ke dokter Sp.A?

    Terima kasih…

  3. Dok,anak saya 28 bulan,jd pake link KPSP 24. Hasilnya adalah meragukan. Jawaban tidak pada no 4 dan 8. Stimulasi apa yg diperlukan ya? Terimakasih sebelumnya dok 🙂

  4. alhamdulillaah akhirnya nemu jg..trm kasih untuk tetanggaku yg udah share link iniii..;))
    anak sy usia 3th8bln total KPSPnya 44 tp sy juga test yg untuk 48…keduanya hanya ada 1 jawaban TIDAK..hasil KPSP duaduanya *S* dan sy tak perlu khawatir dan cemas lg..sll bertanya2 gmn perkembangan putri sy…trm ksh atas infonya…^___^

    1. Ibu Maya memang persis banget dengan kebanyakan ibu-ibu 😀 pengen cepet-cepet tahu bagaimana anaknya apa bisa lolos usia yang berikutnya .. Saya harus bilang gini .. dari pada melihat yang usia 48 lebih baik melaksanakan stimulasi 36-48. Empat aspek (gerak kasar, halus, bicara bahasa dan kemandirian dan sosialisasi) itu adalah yang bisa kita orangtua berikan kepada anak kita agar otaknya berlatih. Beberapa kadang2 sepertinya konyol, tapi memang begitu kegiatan yang dirangsang untuk melatih otak anak.
      So .. selamat untuk ibu dan dek Moza ! Dan teruskan stimulasinya ..

  5. Dok, Josh 9 m 2 w nilai KPSP = 9, jawaban TIDAK untuk nomer 4. Belum bisa merangkak tapi sudah bisa merayap. Belum bisa duduk dan berdiri sendiri. Saya lihat poin2 itu ada di KSPS 12. Sementara saya banyak baca artikel, buku dan pengalaman moms lainnya, di usia 9 salah satu milestone yang harus dicapai adalah merangkak dan duduk sendiri. Patutkah saya galau dan kuatir? DSA saya menyarankan fisioterapi kalau di usia 10 bln nanti Josh belum bisa merangkak dan duduk. Mohon pencerahan … Thanks before …

    1. Mama Josh, – jyahaha – ngga usah galau .. di dalam gerak kasar yang namanya merayap, duduk, berdiri dan berjalan, itu tidak garis lurus harus urutan. Ada anak yang langsung seimbang berdiri. Ada yang duduk dulu cukup lama. Ada yg dari merayap langsung berdiri. Pelajaran ini saya dapatkan dari Prof. Moersintowarti. Beliau lama memantau hal ini.

      KPSP adalah sekedar pra skrining, alat yang mudah untuk memantau anak. Tapi jangan lupa, alatnya ada 2. Pasangan KPSP adalah Bagan Stimulasi yang diperlukan bukan hanya menilai, tapi juga memberikan stimulasi. Lakukan hal di dalam Stimulasi 9-12 setiap hari, nanti pada saat usianya 12 bulan coba lakukan lagi KPSP. Josh sudah imunisasi Campak, ibu?

      1. dok, mau tanya, ada yang bilang kalau anak gak pakai merangkak ntar gak cerdas, bener gak dok?
        awalnya saya khawatir anak saya gak merangkak, ternyata dia bisa berdiri dan belajar tatih dulu baru sekarang jago merangkak

      2. Mitos itu, bu Rosa. Karena memang setiap anak berbeda dalam keinginan mencoba merangkak, berdiri-berjalan dan duduk. Juga sangat tergantung kesiapan otot-otot yg menunjang. Silakan di stimulasi lagi sesuai umurnya. 🙂

      3. Imunisasi lengkap Dok, PPI maupun non PPI. Saya sudah buka linknya, terutama stimulasi merangkak dan berdiri. Memang Josh sendiri udah ga betah banget duduk, maunya berdiri dan berjalan dgn bantuan. Emang udah boleh ditatih ya Dok meski blm bs berdiri sendiri? Sy pernah baca artikel, katanya bisa bikin kaki X ato O. Atau bisa berdiri sendiri dulu baru ditatih? Bgm cara melatih merangkak? Sudah sering distimulasi dg mainan, tapi masih bergerak pake perutnya aja. Sudah sering bertumpu pake tangan, tapi belum bisa mengangkat lututnya. Harus bagaimana ya Dok? Thanks before …

      4. Tapi kalau tahapan tengkurap harus ya dok? soalnya beberapa org anak temen saya tdk melewati tahapan tengkurap-merangkak-duduk, tapi setelah bisa berdiri sendiri baru kemudian bisa duduk sendiri. Kalau seperti itu normal ga dok?

  6. Media yang sangat baik,murah,dan tidak ribet bagi orang tua untuk memantau perkembangan buah hatinya..

    1. Iya .. sebenernya ada beberapa lagi, cuma saya mencari cara supaya bisa ditampilkan disini tanpa pengajaran seperti halnya KPSP dan Stimulasi. Kalau ada kekurangan tolong juga disampaikan, karena akan sangat membantu. Trims.

  7. assalamualaikum…
    Akhirnya bisa jg buka link ini,berguna bgt dok….ada yg mw saya tanyakan dok,anak saya 35 bln 20hr.saya cb uji dg KPSP 36.hasilny 2 jwbn tidak d nomor 3 dan 6.memang selama ini bicara nya sedikit sekali dan interaksinya jg tdk bgs…mohon sarannya ya dok….trm ksh byk…

  8. malam dr agus gmn kl anak sy skr sdh usia 4th apkh msh bs mengejar ketinggalan karna dlu sy gak ngrti…br skr sy sadar anak laki2 sy byk kekuranganya mksh dr tlg sgera jwb

  9. malam dok..anak saya 14bln,kspnya 8,dgn jwaban tidak no5 & 8..dia blm bs duduk sndr/berdiri sndr..tp sdh jalan dgn dipegangi 1 tangan,sdh distimulasi tp nampaknya kemauannya kurang..yg mbuat saya kawatir dia blm bisa berbalik sndr dr posisi tengkurap dok,setiap dilatih dia menangis..gmn ya dok..

    1. dia jg blm pernah merangkak dan blm tumbuh gigi dok..tp makanannya sdh yg kasar krn dia sdh tidak suka bubur…

  10. dok sya seorang mahasiswa kesehatan,dan skrng saya lg melakukan penelitian tentang perkembangan bahasa anak,tp sya masih bingung dengan menggunakan KPSP ini,,tlng di bantu dok,di lznya secepatnya dok,trims

    1. Manfaatnya untuk kewaspadaan dini. Kekurangannya ya kurang spesifik tentu saja, Mungkin kalo dokter anak akan lebih senang menggunakan Denver II.

  11. dr agus, mohon ijin untuk mencopy kuesioner praskrining dan bagan stimulasi dan akan dibagikan ke teman-teman arisan saya yang punya anak kecil….. tapi akan saya sampaikan bahwa sumbernya dari http://www.tumbuhkembang.net

    sangat bermanfaat sekali dokter… terima kasih….

    1. KPSP memang sperti itu pak. Ambil saja yg 6 bulan. Kita ngga akan kekurangan pekerjaan memperhatikan anak kok. Diantaranya ada stimulasi yg bisa dilakukan.

  12. Bayi saya 4 bulan (asix) dan jawaban semuanya ya, tapi dia sampai saat ini belum bisa tengkurap sendiri, apa yg harus saya lakukan. bukankah seharusnya di usianya sudah bisa tengkurap, mohon petunjuk dari dokter stimulasi apa yang harus diberikan

      1. Referensi dari situs ini tah maksudnya? Dari Pedoman SDIDTKA terbitan Depkes. Agak repot memang bacanya kalo yang pedoman, makanya saya mencoba mempermudahnya dengan memberikan links ke posting tentang tumbuh kembang tiap tahapannya.

    1. Iya ini dari KPSP yang disusun oleh tim bentukan depkes. Sebenarnya sudah cukup tua bukunya, tapi memasyarakatkan tentang stimulasi kepada orangtua ternyata susah luar biasa kalau tidak ada kemauan dari orangtua sendiri. Lain banget dengan dunia internet. Orangtua yang mencari disini jelas berminat. Itu sebabnya petunjuk depkes untuk memasarkan tentang Stimulasi ini saya tuangkan dalam bentuk blog.

  13. mau tanya dok?
    kalau balita umur 29 bulan pemilihan kpsp yang tepat itu 24 bulan atau langsung ke 30 bulan yang sudah mendekati umurnya? trim tolong diblz secepatnya 🙂

  14. Dok anak saya 5,5 bulan saya pk kskp 3 bln jawababan tdk cm 1, tp ketika pake kskp jawaban tidak nya 2, shrsnya saya pke kskp yg untuk usia brp bln ya dok. Terima kasih

    1. Ini ditulis diatas :
      “Bila anak berusia diantaranya maka KPSP yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak.”
      jadi yang 3 bulan.

  15. Dok,
    anak saya laki-laki umur 20 bln, utk KSKP 18 bln dia TIDAK untuk pertanyaan nomer 2 dan KSKP 21 bln dia TIDAK untuk pertanyaan no.8 dan 9. Stimulasi apa yang perlu dilakukan dok?
    terimakasih

    1. Yang benar yang digunakan adalah yang 18. Jangan mencari yang belum seharusnya ada pada anak. Itu akan membebani ibu, jangan kejar-kejaran dengan keberhasilan seolah-olah ini perlombaan banyak-banyakan YA. 😀 .. Beri lagi makanan kecil, sesuatu yang bisa dipungut, kelereng (dengan pengawasan) untuk melatih otot-otot kecilnya.

  16. dok,saya punya 3 anak,sy bingung,sm anak ke3 sy,yg blm bs jalan jg,apa mungkin dia kurang sinar UV,krn sy jarang ajak dia keluar rumah jalan2 d depan,trs anak sy ini lg pengobatan flek bulan ke 4,bahkan skrg bulan2 ini dia lg susah makannya,pertanyaannya,ada ga ya makanan yg d khususkan biar cept jalan,trs vitamin apa yg bagus,terapinya pun spt apa,mohon bantuannya dok,saya sangat resah dok.

  17. Dokter, saya perlu bantuan untuk berkonsultasi ten tang bayi saya tp diluar topik blok Bapak. Apakah boleh? Karena saya sdh berganti2 dokter tp tidak sembuh. Saya takut over treatment. Bagaimana saya menghubungi Bapak? Terima kasih

  18. dok,dr kpsp utk anak saya yg 15m,jawaban YA cuma 4.anak sy blm bs berdiri tegak dok.apa saya hrs ke klinik tumbang dok?

  19. anak saya 26 bulan. saya pake kuesioner 26. Semua jawaban YA.kecuali poin 3. anak saya memang belum jelas berucap.masih sukukata belakang.(bon)ceng, (sen) dok, (bo) bo, dor (pistol). Sudah sering diajak ngobrol. lingkungan daycare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s