Tanya Jawab

children

Silahkan Bapak-Ibu, ananda-ananda kita — terutama usia balita dan pra sekolah — memerlukan kita untuk menjadi yang terbaik. Forum Tanya Jawab ini saya buka untuk yang ingin menanyakan masalah-masalah sebagai berikut :

  1. Masalah Anak Sakit / Perkembangan Kurang [Link]
  2. Masalah Anak Sehat / Perkembangan Baik [Link]
  3. Masalah Nutrisi Balita [Link]
Advertisements

102 thoughts on “Tanya Jawab

  1. Dok.. Salam kenal..

    Anak saya, audrey, umur 2,5 bulan berat 6 kg TB 60 cm.. ada beberapa hal yg mau ditanyakan.
    1. audrey dalam sehari kadang muntah setiap minum susu ato pas bangun tidur (kira2 5x sehari).. dan itu pun susunya nutrilon AR (anti regurgitasi) dicampur nutrilon royal… apakah hal tsb wajar? bukan merupakan alergi susu sapi?
    2. sewaktu muntah2nya agak sering.. audrey dites darah Hbnya 10,8 (vena).. apakah itu gpp? (retikulosit, iron tes normal..) mengingat kadar hb normal bayi 12…
    3. Perlukan pemberian imunisasi Hib dan IPD??

    maaf kebanyakan nanya .. trims banget ya dok…

  2. langsung aja yach dok?anak saya sering sakit dan seringkali dokter saya kasih antibiotik sebenarnya butuh apa nggak ya dok antibiotik itu.anak saya umurnya 10 bulan dan dia belum tumbuh gigi dan masih makan bubur halus karena klo dikasih tim dia pasti mual.terima kasih dok sebelumnya

  3. salam kenal dok
    anak saya berumur 3,9tahun belum dapat berbicara dengan jelas kalau minta sesuatu menarik2 tangan emosinya tinggi kalau menginginkan sesuatu kalau engak dituruti suka melempar barang, suka bernyanyi dengan bahasa yang kurang jelas tapi nadanya bisa apakah anak saya menderita autis atau hiperaktif? bagaimana penanganannya agar anak saya dapat cepat bicara. Trims

  4. salam kenal dr Agus bayi sy prematur 37 bln brt 2 kilo brt bdny dbwh grs merah.Bayi sy putri brty skrg 5 bln terakhir 3,6 tinggi 58 cm.Kmrn wkt skt periksa dr anak ternyata ada kondisi jantungy mengalami penyempitan dan perlu dibalon yg jd pertanyaan sy dok bgmn cara menangani bayi spt itu n bkapn memberi mkan tambahany?mksh dok

  5. salam kenal dok
    anak saya laki umur 2 thn 4 bulan, sampai saat ini masih belum bisa BAB sendiri, selalu saya bantu dengan cutton bad untuk membantu merangsangnya. bagaimanan caranya dok supaya anak saya bisa BAB sendiri? makasih dok atas jawabannya.

  6. Maaf dok, saya ingin menanyakan seputar perkembabangan bayi umur 7 bulan. Berat badannya 8,8kg panjang 70 cm. Tapi blm bisa duduk dan bbrp hari lalu baru saja bisa membalikkan badan. Apakah boleh bayi yg belum duduk itu dipaksakan duduk di baby walker? Bagaimanakah kondisi tulang belakangnya apabila demikian? trimakasih sebelumnya atas jawabannya…

    1. duduk dan berdiri tidak harus melalui proses yang sama. Kadang dari merangkak. Kadang langsung berpegangan pada sesuatu dan langsung berdiri. Berjalan juga demikian.

  7. Salam kenal dok, saaya ibu dari arsya mo knsultasi ma dokter anak saya kan sudah berumur 11 bulan tapi ko belum bisa berdiri apa itu wajar dok? dan gmn biar anaku bisa cepet jalan

  8. salam kenal dok,saya mau tanya bayi umur
    5 bulan 3minggu kok sudah bs berdiri yuah? trus klo dksh baby walker boleh atau tidak. trims

  9. dokter, ada yg ingin saya tanyakan.. umur anak saya 1thn 3 bln.. bbrp hr yg lalu disaat memandikannya sy menemukan bintik2 putih di sekitar vaginanya.. apakah itu ya dok, semacam jamur atau apa?

    bagaimana cara menghilangkannya, dan apa penyebabnya?

    apakah hal ini yg mengakibatkan dia menolak utk ditatur (menangis) karena kesakitan atau bagaimana?

    terimakasih sebelumnya atas jawaban dokter..

  10. slamat pagi dok…
    saya mau tanya dok, anak saya perempuan umur 5 bulan, kenapa ya suka cegukan? apakah itu wajar? kata orang kalo bayi sering cegukan itu artinya akan cepat besar.
    bagaimana menurut dokter??

    1. Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.
      Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit.
      Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:
      1. Menahan nafas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
      2. Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
      3. Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
      4. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
      5. Bernafas di dalam kantong kertas.
      Kecegukan yang bersifat menetap memerlukan pengobatan yang lebih intensif.

  11. Slamat sore dok,
    Anak saya laki2 umur 7 bulan lebih. Sejak baru lahir diberi susu formula dan suka muntah2 kalau sehabis minum susu. Sejak berumur 3 bulan sudah mulai susah sekali minum susu…frekuensi susu yg dikonsumsi tdk sesuai dgn yg semestinya dan hal trsbt mengakibatkan berat badannya tidak brtambah dgn normal..hanya 3 ons/bln s/d umur 6 bulan. Sampai skrg tidak mau diberi susu dan kalau dipaksakan sering kali muntah padahal sudah gonta2i susu dan saat ini mengkonsumsi enfamil ha atas saran dsa-nya. Terakhir saya konsultasi dgn seorang dokter yg direkomendasikan oleh teman saya dan dokter tersebut mendiagnosa bahwa ada lambung ank sy lambat mencerna makanan & menghubungkan asam lambung yg naik yg menyebabkan anak saya menjadi mual. Oleh sebab itu dokter trsb memberikan obat untuk pencernaan serta vit penambah napsu makan yg diinstruksikan utkdiminum 30 menit sebelum makan 3 kali sehari selama 1 minggu. Alhasil selama 1 minggu bb anak sy naik banyak skitar stengah kilo. Tp beberapa hari belakangan ini setelah obat & vitnya habis anak saya kembali sama sekali tidak mau minum susu juga dimalam hari ktika tidur dan kalau dipaksakan khirnya akan muntah.
    Menurut dokter anak saya itu knp, apa memang tabiatnya tidak suka susu atau bagaman dok…?
    Sebelumnya terima kasih banyak untuk jawabannya.
    Salam, Lia

    1. Sebenarnya yg wajib ASI. Susu formula sangat tidak dianjurkan untuk bayi di bawah 6 bulan. Dan setelah 6 bulan MP-ASI bisa berupa makanan lokal. Sekarang mungkin pas kalo anaknya diberi makanan lunak bertahap sampai dengan 1 tahun. Diatas 12 bulan sudah bisa pake nasi.

      Mungkin ada baiknya berkonsultasi kepada ahli gizi untuk MP ASInya agar mencukupi kalori dan kebutuhan mikronutrien anak. Biasanya diperlukan proses antropometri. Ahli Gizi bisa ditemui di Puskesmas, atau RS (poli konseling gizi). Bisa juga bertemu dengan Dr. Spesialis Gizi Klinik, di beberapa RS besar biasanya sudah ada konsultasi seperti ini.

      Jangan merasa wajib memberikan Susu Formula pada anak.

      Salam.

  12. selamat malam dok, anak saya usia 24 bulan,motoriknya bagus tapi perkembangan bicaranya kok agak lambat ya.sejauh ini dia cuma bisa mengucapkan kalimat ‘bapak’,’dedek’ dan ‘apa’ selebihnya ucapannya tdk bs dimengerti,kata orang2 seperti bahasa planet lah,bahasa cina lah,bahasa india…sebenarnya dia banyak ngomong dok tp ya itu td nggak jelas.kalo diperintah jg sdh bs dok.apa perkembangan bicara anak saya normal dok?apa anak saya sdh perlu ditangani dokter?kalau mau konsultasi di RS Sardjito ada nggak ya? terima kasih atas jawabannya..

  13. anak saya umurnya 12hr,sudah hampir seminggu pilek tapi ga sampai berair,cuma kalo malem nafasnya suka bunyi kaya kedengeran ada ingusnya trs kayanya suka mampet juga,saya belum kasih obat soalnya ga boleh sama Dr.umum waktu berobat kakaknya,trs gimana biar dia ga pilek lagi ya dok?terimakasih..

    1. pilek memang sebaiknya dibiarkan saja dulu. Panas selama masih sampai 37,5 masih baik untuk tubuh anak karena panas segitu akan menghambat pertumbuhan virus. Justru kalo dibikin dingin dengan obat, malah akan menjadi bertumbuh virusnya.

  14. anak saya umur 5 tahun tapi kalau di sekolah sering bab di celana padahal dr rumah sudah di wanti2 untuk bilang sama gurunya tp tetep aja sering bab di celana, dari saya kasih tau dengan
    cara halus sampai kasar sampai di hukum tetep aja masih begitu, mohon sarannya agar anak saya ga bab di celana, trims

    1. Sebenernya ini membutuhkan psikolog anak bu untuk menanganinya .. karena mungkin ada hal yang bikin dia takut, atau apapun perasaan yang ada pada saat dia BAB itu. Ada juga istilahnya fase anal, anak menikmati sesuatu yang dia buang dan tidak ingin orang lain segera menemukannya.. semacam perasaan eman, sayang .. Untuk lebih jauhnya mungkin bisa berkonsultasi dengan psikolog anak, Maaf bila kurang membantu.

  15. Dok anak saya umur 14 bulan sampai dengan saat ini belum bisa duduk sendiri, tetapi kalau didudukan bisa dan belum bisa jalan mohon bantuanya…………..

    1. Pertama saya ingin bapak/ibu Jumari menjawab pertanyaan pada halaman ini dulu. Apakah selain dua hal tersebut hal lain sudah bisa dipenuhi anak bapak atau ibu. Kemudian tolong dicantumkan tanggal lahir, Berat Badan dan Tinggi Badan.
      Bapak/ibu juga bs melihat pada stimulasi di usia 3-6 bulan dan usia 6-9 bulan. Lakukan itu setiap hari pada pagi dan sore hari. Lakukan bergantian oleh ibu dan bapak. waktu lain boleh digunakan bila dia masih ingin melakukan. Kalau sudah tolong saya diupdate. Oya bapak-ibu tinggal dimana? Apakah ada RS yang mempunyai poli tumbuh kembang di dekat tempat tinggal?

    1. Silahkan dishare disini saja bu .. mohon maaf saya malah jarang buka email. Kalau konsultasinya membutuhkan lebih intens dari blog komen kayaknya juga tidak akan bisa diperantarai oleh email. 😀

  16. dok.. anak saya udah berumur 2 tahun 9 bulan ( Maret 2012) yang mau saya tanyakan kok sampai sekarang belum dapat nomong.. dia hanya tahu ma…ma… tapi kalau kita suruh ambilkan sesuatu di udah ngerti. dan apa yang kita minta itu betul dan tepat..
    mohon penjelasannya.

    1. Saya masih harus banyak nanya ini, bu .. misalnya apa anak diajak bicara cukup banyak? Karena peran pengasuh sangat penting. Selain pengasuh apa ibu bapak juga mengajak berbicara. Hal-hal seperti ini sangat menentukan apakah anak mau berbicara meskipun sudah tahu artinya.

  17. Lgsng aj y dok.ank sy reyhan usia 9 bln dgn bb 7,5kg.brt lhir 3kg.tdk mnum ASI krn mmng tdk bs kluar.prtmbuhan brt bdanx sgt pesat saat usia 2bln brt bdnx 5,6kg.pd usia 3bln opname krn skt pneunomia.sjk saat it brt bdnx susah naik.trs d usia skg ni reyhan dah bljr brjalan sndri.tp reyhan kok blm tmbuh gigi y?trkdang klo sy buatkan tim saring dia spt mau muntah.pdhl timnya sy bkin halus dan sy cmpur sdkit bbur agr pny sdkit rasa.reyhan sring bgt batuk n pilek.baru sembuh 5hr timbul lg smpai hmpir 2bln br smbuh.
    yg ingin sy tnyakan 1. normalkah brt bdan ank sy dengn usia 9bln.
    2. Apa yg hrs sy lkukan agr brt bdan ank sy bs naik
    3. vitamin apa yg bagus untk daya tahan tbuh dia spy tdk sring skt.pdhl sdh dksih vitamin dr DSAnya tp msh spt itu
    4. normalkah usia 9bln ini dia blm tmbuh gigi
    5. apa yg bs merangsang agr dia cpt tmbuh giginya
    mksh y dok..maaf kpanjangan.maklum br prtma pny baby

    1. 1. Berat badannya secara umum kurang. z-score BB/U (dicari dengan hitungan) seorang anak yang berumur 9 bulan dengan berat 7,5 = -1,52. Normalnya 0 atau berada dikisaran -1 – 1. Namun data diatas sangat kurang untuk menyatakan ada kelainan gizi kurang. saya harus tahu :
      – tanggal lahir
      – tinggi badan
      – lingkar lengan atas
      – lingkar kepala
      Coba tolong diukurkan dulu. nanti dientry lagi disini,

      2. Tentunya dengan asupan gizi yang tepat. Tapi diagnosis yang benar setidaknya antropometrinya harus benar dulu.

      3. Micronutrient memang perlu,. Itu meliputi vitamin dan mineral. Tapi sekali lagi yang diperlukan adalah mengenali dulu apa yang kurang, Nah untuk yang satu ini yang diperlukan adalah pola makan, apa saja yang dimakan, apakah dihabiskan atau tidak, dan apa saja yang diberikan di dalam makanan itu perlu saya ketahui dulu.

      4. Memang biasanya usia 6 bulan adalah usia awal tumbuh gigi. Tapi variasi biasanya selalu ada. Ditunggu saja dulu, bu. Yang merangsang tumbuh gigi mungkin biskuit yang bisa digigit2nya sendiri.

  18. Langsung aja ya, saya mo nanya, ank saya skarang da mo 8bulan Τǎ¡ blun ‎​ßî§ã duduk sendiri, Kªl☺ didudukin da gakk jatoh sich, Τǎ¡ kata orang2 gakk boleh karena takut tulangnya bengkok trus ntar gedenya ∫å∂í bongkok, bener gakk sich?

  19. Salam kenal dok, bayi sy umur 1 bln 1 minggu, BBL 3,3 kg, 37 mgg, PSP. Waktu umur 1 bln, rencana imunisasi hep b, batal krn diliat dsanya badanya kuning, periksa bil 9 mg/dl, yg tdnya asi ekslusif dianjurkan sufor. Pertanyaannya: apakah pertambahan bbnya kurang? Stlh 3 hari diberi sufor, kuningnya agak kurang, sy lanjut asi ekslusifnya. Kuning yg sy liat mmg baru keliatan pd umur kira2 7 hari, tp tdk terlalu kuning, sy pikir krn kurang asi. Apakah tdk berbahaya kuningnya itu dok? Dan kira2 apa penyebabnya? Sy ada baca ttg breast milk jaundice, mungkinkah dia terkena itu?
    Ma kasih dok..

    1. Breast Milk Jaundice terjadi pada usia lebih 1 minggu. Coba ditanyakan kepada DSAnya apa memamng itu yg didiagnosis, karena ada beberapa hal lagi yang bisa menyebabkan kuning. Untuk mendapatkan lebih jauh data mungkin DSA juga memerlukan pemeriksaan laboratorium yg terkait dengan Bilirubin, bahkan mungkin diperlukan serial, untuk melihat kecepatan kenaikan kadar bilirubin. Bilirubin adalah zat yg menyebabkan kuning, biasanya dipecah di hati (liver) dan dibuang bersama feces. Pada kondisi BMJ ada metabolisme yg berujung bilirubin tidak bisa dipecah oleh hati. Beberapa pendapat menyatakan tidak perlu penghentian ASI. Bahkan bila mendapatkan fototerapi sangat diperlukan menambah cairan yang masuk terutama dari ASI. Namun biasanya dokter anak punya kebijakan sendiri. Silakan diikuti dokter anaknya saja. Ibu perlu memberitahukan berapa banyak ASI atau Sufor yang telah diminumnya dan perlu mendapatkan pengetahuan berapa banyak yg harusnya dikonsumsi. Sementara demikian, Mohon diupdate, terus terang ini pertama kali saya menemukan kasus ini kalau memang benar BMJ. Sebelumnya cuma dari bahan bacaan.

      1. Dok…..salam kenal…

        anak saya , azzam umur 4 bulan 2minggu berat 7,3 kg
        Dok ! normalkah anak saya yg belum bisa tengkurep atau guling ke kanan kiri, maunya duduk dan berdiri?

      2. Salam kenal.
        Berat badannya keliatannya tidak masalah. Kalo untuk tahap perkembangannya apakah bisa tengkurep atau guling, apakah hal tersebut dilatihkan pada Azzam?

  20. Anak saya (Gissel) usia 6 bln 2 hour BB 7,7kg masih ASI, n mulai dikenali dgn buah, smp skrg tdk mau tidur pagi n siang kalau tdk digendong.Padahal dia sdh mengantuk/menguap sambilmenggosok matanya jg gk mau tidur.Tapi kalau digendong bisa tahanm smp 2jam.Kalau malam selesai disusui dia lgsg tidur.Bagaimana caranya agar anak saya mau tidur tanpa di gendong ? “-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸<3Thank You<3•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ".

  21. maaf dok. mau nanya aak saya udah berumur 10 bulan tapi belum bisa duduk sendiri itu gi mana dok?

  22. Dok sya mau tanya, baby sya prempuan, pas lahir bb ny 2,900 pnjang 48. Pas 36hari bb ny brtambah jd 4,200 tp pas 1bln 29hr bb ny cuma naik 4ons jd 4,600 & panjang 55. Normal kah dok, minum asix tp kdang pg2 sm papa ny di kasi sufor nutrilon baby royal, pdhl sudah hampir 2minggu ini nyusu’a kuat bgt dlm 1jam bisa brkali-kali nyusu, bhkan bisa 5mnit S x nyusu, & dia jg klo ud nangis aus menolak Dot jd sufor ud jarang bgt.prtnyaan sy apa growth spurt itu brminggu-minggu jg, soal ny sya prnh bca tntang growth spurt Namun stelah dia nyusu itu slalu gumoh kdang asiny kluar lg.. Pdhl ud d angkat ke atas kpala’a, normal kah dok, menyusu & bb ny please ksi solusi.

  23. Dok, mw tny anx sy usia 1th tp ko’ blm bs du2k sndri, tp klau didu2kkan bs dan jg ko’ blm jln, apa solusinya ya Dok????

  24. Sore Dok,

    Dok putri saya sudah 18 bulan 23 hari belum bisa berjalan ataupun berdiri sendiri, kalau saya dudukkan di pinggir tempat tidur dia bisa berdiri kadang bisa 3 langkah berjalan tapi itu jarang sekali, dan berbicara juga belum. Apa yang harus saya lakukan ya dok,saya sudah coba bawa baby gym supaya melatih dia berjalan tp yg ada d kelas dia nangis. Bagaimana ya dok, apakah saya perlu konsultasi ke tumbuh kembang? Jujur saya khawatir,karna anak yg dibaawahnya sudah lanjar berjalan semua.

    Terimakasih atas responnya.,

  25. Sy bunda kristin dok,anak sy bernama delberd umur 5 thn,3 bln sampai sekarang betat badannya hanya sekitar 15 kg saja.anak sy ini mudah sekali terkena batuk pilek,kl sdh terkena batuk susah sekali sembuhnya.dan skg inipun dia lg batuk yg sdh cukup lama ga sembuh2 sdh hampir 3 bln sy sdh bw ke beberapa dokter sembuh tp hanya selang berapa hr muncul lg batuknya.pernah sy cek alergi kata dokternya alerrgi debu,dktr itu kasih obat batuk tp sy perhatikan malah makin jd bstuknya.
    Dok apa anak sy terkena bronkhitis,dia kl batuk seperti sesak dan banyak lendirnya diparu2nya.sy mau tanya bgmn cara penyebuhannya dan meningkatkan berat badannya.makasih dokter mohon penjelasannya

  26. Salam kenal Dok.
    Dok,anak saya usia 7bln BB 8kg PB 65cm itu termasuk ideal gak Dok.?
    Trus yg mau saya tanyain lagi usia 7bln itu si Anak sudah harus bisa apa saja Dok.?
    Makasih.

  27. dok saya mau tanya ..anak saya berat badan waktu lahir 2900gram tapi sekarang usianya sudah 10 bulan tapi berat badannya cuma 6,5kg dan akhir2 ini susah makan dan tidak mau minum susu formula kira2 kenapa ya dok apa itu gisi buruk ..tapi sudah konsultaai ke sepesialis anak katanya ngak apa2 ..

  28. Langsung saja ya dok..anak saya usia 2th 2 bln.bb 14 kg sampai saat ini blm bisa bicara,bahkan sebut ayah bunda juga blm bisa,ada rencana saya mau nawa ke klinik tumbuh kembang anak di rs.sardjito,terapi apa yg bisa di lakukan untuk anak saya agar dapat bicara,oh ya dok anak saya dari bayi sering sakit dan sllu di bawa ke dr spesialis anak,selalu di berikan antibiotik.apakah itu berpengaruh pada tumbuh kembang nya,usia 16bln juga baru bisa jalan.tmksh dok..

  29. Pagi dok, bayi saya lahir dgn bb 3100 gr dgn tb 50 cm. Sekarang usia 5 bulan dgn bb 6100 gr dan tb 62 cm. Minum full sufor enfamil A+HA karena alergi susu sapi. Apakah bb bayi saya sudah ideal sesuai usianya atau belum mengingat beberapa bulan ini agak susah minum sufornya?
    Berapa ml sufor yang harus saya berikan setiap kali minum dan berapa ml sufor dalam sehari yang diperlukan oleh bayi saya.
    Mohon infonya, trims dok

  30. siang dok,, dok kalau anak cowok umur 3 thn lebih 1 bulan ngomongnya belum banyak dan panjang apa tidak apa2?
    thx

  31. salam knal dokter,,
    sya mau nanya anak saya ko sejak lahir hidung ny kya tersumbat bunyi grok grok tpi tidak mengeluarkn ingus itu knp ya dok.. dan sekarang pas umur 2 bulan anak saya terserang batuk,,obat ny pa ya dok.. trimakasih ya dok..

  32. Salam kenal dokter
    Nama saya putri
    Saya punya anak yang skrg usianya 1th 9bulan
    Lahir dulu sc bb 3,4 panjang 49
    Skrg bb nya 11kg tb sktr 90
    Anak saya asi eksklusif 6bln,selanjutnya mpasi,homemade,dan asi sampai usia 11bln.karena sy bekerja ga terkejar nyetok asi.dilanjutin dg sufor.usia 1,6bln terpaksa disapih karena sy hamil lg dan ngdrop sampai diopname.dokter kandungan menyarankan utkdisapih
    Yang jd kekhawatiran saya anak saya malas bicara
    Kata yang dia bisa baru papa,mama,iya,dan tidak, pernah sesekali 2 kata ga mau dan itu jarang sekali diucapkan,paling sering babling
    Kalau dipanggil responnya cukup bagus,seperti setiap sy atau ppnya pulang kerja,begitu dipanggil anak saya langsung berlari mendekati dan memeluk.
    Satu lg yg menjadi kekhawatiran saya,anak saya tidak mau memegang mknannya sendiri,maunya disuapin,contoh kalau dia mau roti,kalo saya beri rotinya dia malah menyembunyikan tangannya dan menjulurkan mulut untuk disuapin.dan selalu begitu
    Begitu jg kalau minum,tidak mau memegang gelasnya,pernah saya coba,dan dia membanting gelasnya.tp kalau ngedot dia bisa dan mau pegang sendiri
    Anak saya jg belum bisa menunjuk,jika menginginkan sesuatu dia hanya merengek.dg tatapan mata ke brg yg dia inginkan,sesekali seperti mau mengapai.
    Mohon info stimulasi yg harus saya berikan,apakah anak sy speech delayed dktr?
    Mhn penjelasannya terima kasih

  33. Salam kenal Dokter, saya uchi…
    Saya ada rencana adopsi anak usia 1tahun 6bulan, Saya mau tanya mengenai nutrisi secara anak yg saya adopsi ini tidak mendapatkan ASI dari ibu kandungnya… saya ingin memeberikan nutrisi terbaik untuk anak ini… banyak saran2 dari teman2 mengenai susu, maklum saja saya sudah 6th blm memiliki anak.
    Susu apa yg baik untuk anak saya secara nutrisi yg lengkap, dan bagus mana ya susu UHT dengan Formula atau jenis susu yg lainnya…
    Saya tunggu sekali jawabannya 🙂
    Terima kasih ya Dokter

  34. salam sehat selalu….saya mau tanya dok….??
    saya mempunyai anak usia 2 tahun..makan teratur akan tetapi berat badan anak saya tidak juga naik dan perut membesar di sertai dada juga membesar…penyakit apa yang di derita anak saya dok…mohon solusinya dan jawabannya di kirim melalui email saya dhenyexstran@gmail.com

    1. Sudah dilatih ditegakkan? Biasanya takut berasal dari orangtua atau neneknya … Sehingga anak tidak dilatih. Kalo duduk bisa terbalik dengan jalan kalau ototnya memang lebih siap untuk jalan dibanding menegakkan punggung untuk duduk.

  35. Ass dok..
    Saya mau tanya ank sya brusia 22 bulan.. Nah dy sakit batu pilek awalnya lalu demam.demamnya cukup tinggi nah setelah demamnya turun batuknya malah lebih sering dan dia jadi sering muntah.. Setelah mnum susu dy pasti batuk dan muntah Kenapanya dok ?? Wajar gak?? Apa iti efek dr obat batuk atau demam dy semalam.makasih dok atas waktunya..mohon dbalas.wassalam

  36. Dok bayiku umurnya 2 bln lbih sring BAB dan poopny cair dtmbh prutny kmbng ini udh brlngsng hmpr 2 mnggu ini,klo utk kmbng aq bru tau pas tdi pagi sblmny gak tau dan gak kpkir klo ia kmbng dan rba prutny krna trfkus sma ddek yg sring bab,aq udh 2x brobat yg prtma obtny buat siibu yg mnum yg brobt ke 2 ny siddek ny yg mnum tp sring baba ny blum ilng jg dan prut kmbng ny wlwpun udh dioles mnyk tlon dan udh buang angin siddek ttep jg msing kmbng prutny,siddek gak ngbncit prutny lwpun kmbng tp klo ditpukin kyk suara prut kmbung “bug bug” jd ksian dan khawatir dok

  37. Maaf dok lanjutan yang tadi, bbnya naik turun semenjak 9 bulan sampai sekarang dalam rentan 9-9,5, saya sudah bingung dok, makannya sudah susah seenjak 2 minggu pertama diberi mp asi diusia 6 bulan.

  38. Siang dok , saya mau tnya , anak saya perempuan berumur 5 bulan dengan bb terakhir timbang 8,2 kg dan panjang 68 cm , normalkah anak saya dengan bb dan pb umur 5 bulan segitu ? Mohon di jawab dok , thx

    1. Tingginya yang kurang, tapi mungkin sebaiknya diukur ulang di tempat pelayanan kesehatan bayi. Agar benar-benar yakin. Kalo beratnya masih normal.

  39. Dok sy mau tnya..kira2 normal g Klo keponakan sy sjak usia 1 thn smpe 2 thn skrg beratx g naik2…tetap aja 9 kg-an dn tinggix jg tdk bertmbah sjk thn lalu padahal mknx mau,minum susu jg masih asi..trus d usia 2 thn skrg ni keponakan sy cm bs nyebutin kata mama,papa,kakak,nenek..tp untuk kata yg lain dia belum bs,,apa lg utk lebih dari 1 kata…trus ukuran sepatux sm dgn ukuran bayi usia 6 bln..Klo di dekatkn dgn sesama ank kcil dia hnya mencakar atau memukul anak yg lain..bahkan tdk mnunjukkan emosi apapun..hanya tersenyum mskipun tdk ada yg mengajak bermain..Klo keinginanx tdk di turuti,dia langsung mengamuk dan tdk bs di diamkan smpai di berikan yg dia inginkn…

  40. sore dok, saya ibu dari bayi 14 bulan. Mau nanya, bayi saya menelan karet gelang, apakah bisa keluar melalui feses, makasih dok

  41. salam kenal dok
    saya mau menanyakan hari ini saya slah memberi susu pada anak, ank sya prematur tpi sya malah kasih Susu untuk bayi alergi, apakah ada efek samping setelah minum itu ?

  42. Dok anak saya laki2 usia 16 bulan namanya robbiansyah..saat ini dia sudah bisa bicara mamah papah..dan nama belakangnya syah..
    Apakah anak saya termaksud anak terlambat bicara atau tidak yaa dok?? Mohon di jwab yaa dok..
    Terima kasih

    1. Biasanya memang satu dua kata selain mama papa .. sudah bisa diucapkan dengan baik pada usia 12-15 bulan. Dan juga mengerti akan perintah misalnya “Ambil bolanya dan tolong berikan kotaknya, ya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s