Masalah Anak Sakit

sick_child Disini saya konsentrasi dengan anak atau balita yang memang menurut orangtua menderita kesakitan tertentu .. mari kita diskusikan anak kita .. mungkin ada yang bisa menolong anak atau balita anda

Untuk masalah Anak Yang Sehat dan Nutrisi Balita mohon klik di masing-masing link.

Silahkaaann .. mari Bu .. Pak .. ada yang bisa saya bantu ?

Advertisements

132 thoughts on “Masalah Anak Sakit

  1. anakku kadang suka males makan nasi..mau nya minum susu terus..kadang mau roti+susu, atau cereal+susu..
    sehat nggak ya kayak gitu itu..?

  2. anakku berat badannya udah di garis merah..trus kata dokternya disuruh ganti susu nya dengan yang tanpa gula..
    emangnya ngaruh ya,adanya gula di susu sama berat badan anakku..?

  3. anakku sering muntah pas minum susu ***cow.. padahal minumnya nggak terlalu banyak..tapi pas minum susu an*** essential dia baik2 aja..
    apa perbedaan kadar gula nya yg bikin adanya reaksi muntah sama anak..?

  4. mungkin yang ada kandungan gula berlebihnya menyebabkan rasa yang terlalu manis sehingga bisa membuat anak jadi cepat enek..kaya anakku juga kurang suka yang manis2, makanya sufornya juga aku ganti tuh pake a*m*m..

  5. Anakku berumur setahun, masalahnya anakku alergi seperti ikan, daging, susu sementara makanan-makanan tersebut adalah makanan yg dianjurkan tuk perkembangan tubuh anak. berat badan anakku di umurnya setahun hanya 6 kilo. tolong solusinya. thanks.

  6. Malam dok….saya ibu dari felicia…usianya 1 th 11 bulan….sudah 1 bulan lebih ini felicia sakit batuk dan pilek..saya sudah membawanya ke beberapa dokter dan hasilnya tidak ada…saya kasian sekali kalau dia terus menerus mengkonsumsi obat…hanya saja saya juga bingung karena batuk pileknya jg gak sembuh”…apa yg harus saya lakukan dok?obat apa yg harus saya berikan?dan pantangan apa saja yg harus saya hindari ( makanan, treatment harian dll )…terima kasih sebelumnya dok…

  7. Assalamu’alaykum, pak/bu dokter saya mau konsultasi. Anak pertama sy,Errel. Sudah berusia 1 tahun tapi belum juga bisa duduk sendiri, apalagi jalan,seperti males gitu dok, tp kalo di berdirikan dia suka langsung loncat2. Kalo saya ajak bicara dia memperhatikan,tapi klo prakteknya misal : di ajarin angkat tangannya, dadah, suap kue ke mulut, itu lamban sekali. Kenapa ya dok? Di ajarkan bicara juga cuma memperhatikan aja tapi tidak di lakukan. Tp klo main sendiri dia ngoceh “ma..ma..ma, bu..bu..bu” seperti biasa. Ada apa dgn anak sy dok? Satu lagi, anak sy sudah 4 bulan ini setiap kali pup selalu keras, kadang sampai berdarah, padahal sy perhatikan betul untuk asupan serat buah, sayur dan air putihnya. Tapi tetap saja keras. Kenapa ya dok? Trims utk jawabannya.

    • Dok anak saya usia 2.5y sampai saat ini cuma bisa beberapa kata saja, sudah saya bawa ke klinik tumbuh kembang dan hasilnya anak saya speech delay. stimulasi seperti apa yg bisa saya terapkan dirumah sembari menunggu jadwal terapi yg entah kapan baru bisa dimulai karena harus antri. dan saya diberikan waktu 1 bulan agar anak saya bisa menambah kosa kata baru. sebaiknya kata apa yg mudah diingat dan dihafal anak dg speech delay ya dok. anak saya termasuk anak yg susah diajari (dia tidak mau mendengar perintah orang lain). Thanks

      • Advance nih bu .. saya juga ngga menguasai .. lagipula ini wilayah kerjanya terapis.
        Tapi bisa dicoba stimulasi di usia dibawah usia adik ..
        Tetap ajak anak berbicara, setiap hari, disahut ataupun tidak. Perbanyak bercerita. Secara umum mungkin begitu

  8. mau tanya pak dokter..anak saya usia 20bln..seprtinya kena radang tenggorokan coz susah makan dan minum susu..gak klo pun mau makan tp kliatan bgt susah menelan..saya coba pake mucopect tp gak sembuh jg..panas nya pake proris alhamdulillah dah sembuh tinggal radang nya aja..sebaik nya saya kasih obat apa ya dok..thanks

  9. Assalamualaikum, Dok, saya ibu dari anaksaya Almira (11 bulan), sudah seminggu ini anak saya kena biduran, awalnya saya kasih bubur beras merah instan, kemudian besoknya saya bikin nasi tim dicampur udang dan bayam, selang dua hari kemudian keluar bientol-bentol merah dan semakin melebar (biduran), saya kasih bedak salicyl, reda, kemudian besoknya muncul lagi tapi hanya daerah tertentu, seperti di punggung dan lipatan kaki saja, sekarang sudah jarang, tapi kalau keringatan (gerah) pasti keluar lagi itu bidurnya, ……………. sebaiknya saya kasih obat apa ya dok…..

  10. Dok,anak sy usia 21 bln. Sakit pilek dan batuk sudah 2 mgg. 1mgg yg lalu di tmbh panas dan sdh di periksa dokter,dan sdh di beri obat. Tp ga sembuh ampe skrg. Malah udah 3 hr ini badanny malah dingin terus,dan anakny tidur terus(tdk beraktivitas spt biasa),pilek dan batuk tetap ada. Makan dan minum susu pun susah.Menurut dokter anak sy kena penyakit apa?

  11. dok, anakku ( 1 th ) sekarang sedang belajar berjalan, sudah dapat 5-9 langkah, tapi makannya agak susah semenjak makannya diganti nasi tim, kenapa ya dok, mohon advis nya

  12. anak sy berusia 2 thn,dia suka sekali dengan susu skrng dia minum susu soya karena sering BAB jadinya susu formula sapi sy nganti dngn soya,walaupun skrng dia minum susu soya tetapi tetap saja msh BAB nya cair,tlng sy sebenarnya sy sdh konsul kedokter anaknya tetapi msh sj BAB nya cair sebaiknya susu apa yg baik untuk anak sy skrng, apakh hrs sy ganti susunya krna selang 2 menit stlah minum susu sy prhatikan anak sy lngsng BAB dn rasanya mual ingin muntah,,terima kasih.

  13. seminggu lalu mika (6,5bln) mendadak panas 37-38° , muntah diikuti pilek dan batuk. uda ke dokter dpt antibiotik+pereda panas, obat batpil jg tp semuanya ga masuk mulut mika. Kl toh masuk mulut kudu dicampur makanannya(puree buah) dan pastinya ga sesuai takaran dosis yg dianjurkan krn mika sdh susah makan. sekarang sdh membaik tinggal batuknya yg ga ilang2 dan yang paling bikin saya sedih, mika ga mau makan. Maunya nenen aja. Sekalipun yg saya suapin lewat sendok adl ASIP, ttp butuh perjuangan. Tolong bantuannya..krn brat badannya waktu saya periksa 3hr setelah sakit uda turun 500gram

    • Berat badan pada sakit infeksi memang mudah sekali turun. Karena pada anak yang sedang infeksi pasti ada tambahan metabolisme dari kuman yang menyedot zat makanan yang dikonsumsinya, dan untuk memenuhi kebutuhan protein (as amino) maka ototpun mulai dipecah pada hari ke-2 sakit. Itu sebabnya seringkali kita lihat anak kurus.

      Sekarang kenapa Mika tidak mau makan. Kita bisa urut dari mulai mulut sampai ke lambung. Mungkin di mulutnya ada sariawan, ini juga biasa terjadi, lalu mungkin juga panasnya disebabkan amandelnya maka dalam hal ini tiap makan akan menyebabkan rasa sakit. ini membuat jera. Juga bila radang di saluran napas atas lainnya juga terasa panas dan tidak nyaman untuk makan. Selanjutnya bisa kita telusuri lagi sampai lambungnya. Misalnya kembung, menyebabkan rasa penuh, atau memang mual.
      Saran saya selama belum pulih ke kebiasaan masih bisa dibawa ke dokter yang pertama mengobati. Agar bisa dievaluasi.

  14. salam dokter, mw ikut nanya jg nh..
    anakku yg no.2 sekarang usia 9bln (perempuan),sejak kemarin panas (bisa smp 38,5c), tp klo ud di kasih obat panas (paracetamol) sembuh,dan ceria lg,,tp nanti setelah 4-6 jam mulai panas lg..
    2 bln yll jg pernah kejadian seperti ini,bahkan sampai dirawat d RS krn panasnya smp 39,4c dan ud g mw minum susu atw air putih,ud lemes..tp setelah di cek lab,hasilnya baik2 saja,semua dalam batas normal…kira2 anak sy knp y dokter???

    • Kalau sudah 3 hari panas naik turun bisa diperiksakan Lab. Mungkin ke Puskesmas dulu, atau RS, atau Dr. Praktek untuk mendapatkan pengantar. Kalau tidak ada apa-apa setelah hari ke-3 tersebut mungkin infeksinya disebabkan virus, memang seringkali tidak terbaca bermakna pada hasil lab. Sebaiknya mencari pertolongan medis dulu. Demikian.

  15. Salam Kenal dok,
    Bayi saya saat ini berusia 5 bulan berat 8 kg, ubun-ubunnya masih lembek dan terlihat menonjol sedikit (bukan benjol lho dok, cuman sedikit) apa itu normal? oleh dr anaknya dianjurkan untuk memberikan vitamin setiap hari, pernah juga diberi tambahan zat besi. pertanyaan saya apakah baik kalau bayi diberikan vitamin setiap hari dok? Apakah kalau sudah setiap hari diberi vitamin, perlu diberikan lagi tambahan vitamin A yang ada di posyandu 6 bulan sekali dok?

    gita

    • sedikit pertanyaan tambahan dok, kalau udara panas, muncul bintik-bintik di punggung, di lipatan lengan, dan leher. bintik2nya mengumpul dok. saya bawa ke dr anak subspesialis alergi dikasi salep. merah2nya kemudian hilang tapi kemudian kulit yg sudah sembuh jadi bercak-bercak putih dok. terus kalau dia keringatan muncul lagi merah-merahnya. pertanyaan saya, anak saya terkena biang keringat atau alergi? apakah bercak-bercak putihnya nanti bisa hilang dok. terimakasih banyak atas jawabannya.

    • Ubun-ubun besar memang menutupnya lama. Ngga usah khawatir. Kecuali kalo benjolnya terlalu nyata dibanding dengan sekitarnya. sebaiknya untuk yang tidak bermasalah ya alami saja. ini kan 6 bulan, jadi ya mulai dengan jus buah. itu juga sudah ada vitaminnya. vitamin A di posyandu sebaiknya diikuti.

      • terimakasih sebelumnya atas jawabannya dok, sekarang sudah 14 bulan umurnya dok, dan benjolnya terasa nyata. Posisinya di depan ubun-ubun, keras, tidak membesar, tidak berpindah, n tidak sakit saat disentuh. saat dibwa ke sp.A beliau bilang kemungkinan tulang. kemudian saat lain beliau bilang atheroma, tidak usah diapa-apakan dan jika ingin dioperasi hanya utk kosmetik saja. apa itu atheroma dok? Bagaimana menurut dokter? mohon jawabannya.

  16. salam dok,mau tanya,anak saya yg kecil sdh hampir 2 mgguan batuk pilek,sdh kedokter,sampai obatnya hbs tp tetep msh batuk pilek…dan sptnya disertai mual..bagaimana penanganannya ya dok dan hrs diksh apa ya?

    • Sekarang memang sepertinya sedang berjangkit flu dan ISP bawah yang disebabkan RSV (Respiratory Syncitial Virus). Obat2annya dilanjutkan dan kontrol ke dokter yang memberikan obat pertama. Agar bisa dipantau.

  17. Permisi dok, mau tanya2 dikit. anak saya umur 8 bln sakit panas disertai dengan pilek dan batuk, kalau batuk kadang muntah, trus saya bawa berobat ke bidan kata bidannya cuma panas biasa. besoknya langsung mendingan tapi pilek dan batuknya belum sembuh kemudian 1hari kemudian badannya panas lagi. yang saya ingin tanyakan apakah gejala mau tumbuh gigi atau memang murni sakit. thx

  18. Dok anak sya laki2 umur 2 tahun bb 12 kg,dulu anak saya senang banget sama makan tapi semenjak sakit bapil plus demam tama susah makan walau sakitnya sudah mendingan tp tetap susah makan pd hal wktu umurnya 22 bulan beratnya hampir 15 kg,saya khawatir banget sama kesehatannya dok,apakah saya harus memberikan vitamin tambahan dok kira2 vitamin apa yang bagus untuk anak 2 tahun dok..terima kasih dok

  19. Dok
    ♏αŮ tanya neh, anak ku umur 5 tahun, tp 1 tahun blakangan neh dy sakit mulu tiap bulan…yaaa sakitnya batuk,pilek, panas. Sampai2nya dokternya blg tiap bln ya vyo.
    Knp ya dok pdhal saya ΰ∂άћ safety bgt. kasian vyo minum obat mulu.

  20. anakku sering sakit, dia kurang suka buah, dalam satu bulan ini dia sudah sakit dua kali, mungkin ga dok anak terlalu banyak pikiran mempengaruhi daya tahan tubuh si kecil, apakah terlalu sering berobat juga tidak baik untuk anak, tolong kasih solusi donk dok. Terima Kasih

  21. dokter mau tanya,anak saya 11,5 bln tp beratnya masih 8,3 kg.BBnya susah naiknya.agak susah makannya dan sufornya juga tidak terlalu banyak ( 4 kali, @120 ml kadang sisa 20-30 ml).bagaimana dgn berat anak saya dok,dan bagaimana solusinya agar beratnya / tumbuh kembangnya sesuai?adakah contoh tabel menu makanan dan jumlah porsinya untuk menambah BBnya dok?trims sebelumnya dok…

    • Anaksaya usia 12,5 bulan kena demam,batuk dan flu.susah makan dan selalu muntah padahal sudah d kasih obat jika dia muntah.semalaman tidak bisa tidur karena hidungnya tersumbat dr tidak memberikan obat tetes hidung.anak sudah d gosok.bagian dada,punggung dan lehernya pake minyak telon tapi masih tidak ada perkembangan.bagaimana cara mengatasinya.terima kasih.

  22. oh ya dok,anak saya ini bolak balik sakit yg berhubungan dgn pencernaan.terakhir ini sedang flu dan bab 3 kali agak lembik,perut sepertinya kembung.kok anak saya sering begitu yah dok?kok sering kembung?trims byk ya dok….

  23. Anak sy 2y9m sampai saat ini masih blm bisa lancar bicara. Kosakata nya hanya mama,mbak,pak,aak itupun belum jelas ..utk kosakata yg lain belum bisa. Tapi kalo diajak cerita atau diminta tolong apapun dia ngerti. Sediiihh deh..tolong ada yg bs sharing dan bantu? Thanks

  24. Dear Dokter…
    Anak sy lagi batuk pilek…pileknya sudah hilang, tapi batuknya gak pergi2. Sdh dibw ke dokter tp gak sembuh2..Bagimana ya dok, agar batuknya cepat hilang. Dan makanan atau buah apa yg harus di hindari saat batuk. Terima kasih atas jawabannya

  25. Siang Dok, sy py anak umur 4,9 Th namanya Kayla. Waktu lahir dy tidak asi dan bbnya 1,9. Dy ini sering sekali batuk pilek. Dan bila sudah pilek dan batuk lendirnya jadi banyak sehingga dy malas makan. Tapi bila sehat pun makannya tidak lahap. Sekarang bbnya 14,6 Kg dan tinggi 100 cm.. Sudah sy tes alergi tp hasilnya semua abu abu dibilang tidak alergi tp ya ada indikasi alergi. Yg mau sy tanyakan bgmn mengobati lendirnya tersebut spy tdk sering kambuh? Apakah berenang boleh? Dan supaya makannya lahap. terima kasih Dok

  26. dok,anak sya usianya 8bln 10hr.. skit2an dy skrng pilek,batuk n demam. udh dicek ke dokter n diksh obt.. kmarin 8bln 6hr bbnya 8,3 kilo skrng knp anx sya terlihat kurusan n mkan jg mnum susunya susah.. gmana ya dok spya dy doyan mkn n num su2.. asi sya jg tinggal sdikit n gx bnyk sprti usiany 1-3 bln kmarin..?

    • Sayangnya tinggi badannya tidak di sertakan. Kalo dari berat badan menurut umur masih cukup baik. (zscore BB/U -0,06)
      Untuk kesulitan makan, coba diberikan aneka MP-ASI. Sekarang sudah cukup banyak yang ada di pasaran. Dan lebih baik lagi bila bubur yang diberikan dikombinasi dengan sayur yg dihancurkan. Pada saat ini rasa belum seberapa perlu untuk anak-anak. Jadi tidak usah mencarikan rasa tertentu. Agar dia lebih terbiasa.

  27. mohon dok solusinya, cara menyembuhkan pilek n batuk anak scra tradisional..? dgn solusi menaikkan bb anak yg dari sehabis sakit menjadi normal..? plis ksh masukan dok..

    • wah .. banyak yang mesti saya tanya jadinya nih ? kenapa dinaikkan? Apa memang kurang sebelumnya? bisa jadi batuk pileknya karena kurangnya daya tahan yang disebabkan kurangnya energi protein. Betul kalo begitu. Tapi bisa jadi karena penyebaran infeksi yang bisa terjadi pada anak, biasanya usia sekolah yang sudah bertemu dengan teman-temannya.

      Secara tradisional bisa misalnya dengan memberikan madu, kunir asem, bahkan ada ekstrak yang sekarang mengklaim mengandung antioksidan itu juga bisa. Saya cenderung menggunakan produk ekstrak yang pabrikan. Karena biasanya kita bisa mendapat lebih banyak zatnya. Tapi silakan dicoba juga produk tradisional alaminya.

      Batuk pilek biasa (common cold) adalah penyakit infeksi virus yang biasanya bisa hilang sendiri tanpa perlu diberikan antibiotik. Bahkan seringkali cuma dengan istirahat. Seringkali pasien seperti ini saya pesankan ke orangtua untuk “tidur enak, makan enak, dan minum yang cukup”

      Demikian.

  28. dok, anak saya umur 10 tahun tapi kurus sekali, bb 26 kg tinggi 130 , padahal makannya banyak tapi memang tidak suka ngemil, normalkah pertumbuhannya dengan umurnya. tk

    • Beratnya sudah di garis kuning, demikian juga tinggi badannya. Mungkin ada penyakit yang sedang dideritanya barangkali? Kita memang biasanya berhadapan dengan 2 kemungkinan yang paling banyak di Indonesia ini : infeksi atau salah asuhan nutrisi. Yang pertama harus diperiksakan ke dokter, sementara dokter umum dulu, yang kedua bisa ke ahli gizi setingkat puskesmas. Nanti akan ditanyai dengan form FFQ atau Recall. Dari situ akan ada gambaran bagaimana konsumsi gizi mikronya.
      Demikian untuk sementara.

  29. Dokter, anak saya 7 bulan bb +/- 7,2 kg, oleh dokter anak dinyatakan alergi dan sudah sampai asma, memang dari lahir nafasnya sudah bunyi “grok2″seperti berlendir, kalau kena udara dingin spt AC langsung bersin2/hidungnya mampet.
    Kira-kira 3 minggu yg lalu diopname karena infeksi virus, (selama 3 hari panasnya sampai 39,5) lalu sembuh, 2 minggu kemudian ke dokter lagi karena batuk pilek, sekarang kondisi fisiknya sudah baik, makan, minum normal, perilaku dan perkembangan motoriknya juga baik tetapi batuk pileknya masih terutama kalau ada faktor pemicu alerginya. Apakah saya perlu bawa anak saya ke dokter lagi ya? Atau ada treatment yang bisa saya lakukan sendiri di rumah? mohon infonya dokter, terimakasih.

  30. Dokter, anak saya umur 2 bln 3 mg, mulai usia 2 bulan suka muntah susu setelah menyusu ke saya, terutama jika langsung disendawakan atau kadang saat menyusu sambil tiduran. Frekuensi muntah susu sehari atau dua hari sekali. Saya sudah coba untuk diberi jeda waktu (jika menyusui posisi duduk) 5-10 menit sebelum disendawakan tapi masih suka muntah kadang2. Apakah itu normal dok? Bolehkah menyusui dengan posisi tiduran (untuk malam hari)? Terima kasih banyak

    • Lambung bayi pada saat dilahirkan itu cuma sebesar kelereng sampai sebesar jempol tangan dewasa. Sampai dengan usia 4 bulan berkisar sebesar bola pingpong. Atau sekitar 5-6 sendok makan. Jadi kalau banyak minum terus muntah sangat wajar. Coba lakukan ini :
      1. Hindari memberikan ASI saat bayi berbaring. Jaga agar bayi tetap dalam posisi tegak sekitar 30 menit SETELAH menyusu.
      2. Hindari meletakkan bayi di kursi bayi karena akan meningkatkan tekanan pada perut.
      3. Hindari merangsang aktivitas yang berlebihan setelah bayi menyusu.
      4. Kontrol jumlah ASI yang diberikan.misal Berikan ASI dengan jumlah sedikit tapi sering. Pakai perkiraan besar lambung bayi tadi. Jumlah air susu ibu yang masih mengalir deras 50-100 ml. Mungkin bila sudah diajarkan memberikan ASI peras dengan sendok akan lebih mudah. Sendok makan dewasa (10ml) bisa 2-3 sdm, disendawakan, setelah 1 jam bisa diulangi.
      5. Sendawakan bayi segera setelah menyusu. Bahkan bayi terkadang masih membutuhkan bersendawa di antara 2 waktu menysusu.

  31. hello Dok
    saya mau tanya anak saya umur 18 bulan tetapi belum bisa jalan gmn ya dok biar dia cpat bisa jalan
    terima kasih

    • Kalo ayahanda merasa sudah melatihnya dengan cukup, mungkin ada baiknya bila dibawa ke salah satu klinik tumbuh kembang pukesmas atau RS untuk dilihat apakah memang ada gangguan yg menghalangi.

  32. selamat siang doc,saya mempunyai seorang anak yang telah berusia 3,8 tahun,laki-laki anaknya hiper aktif yang lebih mengkhawatirkan saya bicanya kurang banyak&jelas tapi perkembangan fisiknya cukup bagus dengan berat badan +-22kg apa yang harus saya lakukan&tidak dilakukan serta kemana harusnya berkonsultasi serta berobat?atas jawabanya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Wasss…

  33. Saya ibu satu anak, saat ini anak saya berusia 20bln dan kondisinya kurang sehat, sudah dirawat slm _+ seminggu, keluhannya batuk pilek demam, setelah dicek darah, awalnya gejala typus, karena demamnya g trun2 cek darah lagi trombosit turun (kata dokter takutnya mengacu kepada dbd), sblm ke rs anak saya masih mau makan dan ceria, tp setelah dibawa kedokter dan dirawat, kondisinya semakin drop, saya bingung knp bisa bgt ( tidak mau mkn saya kasih susu jg tdk mau ), anaknya jd murung, tolong kasih solusi utk mengatasi kondisi spt anak saya dan makanan apa yg bisa membangkitkan seleranya lg utk makan selama masa pemulihan, terima kasih

  34. Dok,anak saya perempuan lahir BB 3,1 kg panjang 47cm,lahir sesuai umur .skrng anak saya usianya 6,5 bulan Bb 6 kg tp blm tegak kepalanya masih goyang,klo tengkurap tangannya msh terjepit,sdh bisa balik badan sendiri.klo tengkurep tdk mau lama,kakinya blm mau menapak jika badannya diangkat berdiri.anak saya minum ASI.krn saya tinggal kerja dia minum ASI perah dengan sendok.dia tdk bisa pake dot.sehingga selama saya tinggal kerja 12 jam dia hanya mampu menghabiskan 250- 300 ml ASI perah.apakah anak saya termasuk kurang asupan sehingga perkembangannya lambat.mohon solusi atas keterlambatan perkembangan anak saya.terima kasih

    • Untuk BB/U atau yang sering digunakan dalam KMS anak ibu sudah tergolong dalam gizi kurang. Ini memang perlu penanganan segera untuk meningkatkan asupan. Apakah tidak ada semacam penitipan anak di dekat sana. Bagaimana pola makannya setelah pulang kerja? Apakah masih sulit juga. Apakah pemberian ASIP terus menerus. Bagaimana bila menunggu lapar dulu saja? Sekarang sudah waktunya juga untuk mulai mengenalkan jus buah. dan dalam 6 bulan ini harus di tappering (tahap) menjadi padat pada usia 1 tahun.

  35. Dok, anak saya saat ini sudah 10 Bulan, namun beratnya hanya 6.5 Kg, memang terlihat mungil, tetapi anak saya aktif sekali, tidak bisa diam dan jika buang air besar bisa 2 – 3 kali sehari, beberapa kali saya pernah konsultasi ke Dokter, para dokter itu menjawab normal karena anaknya aktif sekali. Dan sampai saat ini giginya belum tumbuh. Apakah kondisinya normal?

    • Secara umum (karena cuma disediakan data BB dan Umur) maka anak ini sudah bisa dipastikan dalam keadaan gizi buruk. Biasanya kalo secara umum sudah seperti itu maka yang lain ukurannya mesti ada yang harus dikoreksi. Dan untuk anak dengan gizi buruk salah satu yang juga terpengaruh adalah gigi. Namun demikian bisa saja gigi terlambat keluar dan itu tetap dsebut normal.
      Sebaiknya anak ini dibawa ke tempat pemeriksaan yang lebih lengkap dengan menyediakan petugas gizi dan dokter anak untuk konsultasi.

  36. Dear Dokter,

    Saya mau tanya perihal putri saya, usia 5 tahun 10 bulan (BB:15kg / TB: 110cm). Tadi pagi dia mengeluh sakit di bagian pangkal paha sebelah kanan. Setelah saya amati, ada bagian yang membengkak (tanpa luka/biru lebam) dekat tulang kemaluan sebelah kanan atas. Ketika saya tekan, tidak terasa ada benjolan, tapi dia bilang sakit. Kejadian ini sebenarnya bukan pertama kali. Sebelum-sebelumnya pun, setelah 1-2 hari biasanya bengkaknya hilang, jadi saya tidak bawa ke dokter. Kalaupun ke dokter, kira-kira spesialis apa yang paling cocok saya datangi? Saya khawatir, apakah ini sejenis hernia pada anak perempuan? Karena di keluarga suami, ada histori hernia dan semacamnya. Terima kasih dokter atas pencerahannya. Saya tunggu responnya ya. Saya sangat berharap bisa diinformasikan, kira-kira ke dokter spesialis apa supaya saya tidak salah alamat datang ke dokter yang tidak mengerti perihal ini dan hanya tebak-tebak penyakit.

  37. Assalamualaikum dok.. salam kenal anak saya usia nya 18bulan berat badanya 11kg tinggi 88 apa kah normal? Anak saya giginya baru 6 blom ada tanda2 lagiii dokk ini normal dok? Atau perlu asupan lain mohon dijawab yaa dokk terimakasih

  38. Lngsung ja ya dok , anak sya udh berusia 3 thn stengah ,tp smpai skrang msih gk bisa berkomunikasi , pdhal dia bisa bilang maem , embah , dn dulu juga bsa nyanyi mskipun gk jtp itupun klau dia mau ngomong , klau di ajari dia tdak mau fokus , klau pengen sesuatu hanya menarik tangan , tlng infonya dok , mkasih

  39. assalammualaikum dr.. anak saya saat ini umur 2 bln 6 hari. lahir bb 4kg dan panjang 52cm. sejak lahir nafas anak saya berbunyi dan makin kesini makin keras bunyinya dan terlihat lubang yg cukup dalam di leher saat bernafas. sudah saya bawa ke 2 orang DSA katanya ada beberapa kemungkinan yaitu pembesaran timus atau belum kuatnya tulang pada saluran nafas. DSA tidak memberikan obat dan mangatakan biasanya bunyi tsb akan hilang sendiri saat umur >6 bln. tp yg mengkhawatirkan saya adalah berat badan yang tidak naik2. saat umur 2 mgu bb anak saya 4.2kg. saat 1bln hanya 4.3kg. sekarang hanya 4kg. apa yg menjadi sebab penurunan berat badannya karena anak saya minum asi nya cukup kuat dan tindakan apa yg harus saya lakukan. mohon di jawab ya dokter..terimakasih..wassalam

  40. Selamat siang Dok, anak saya umur nya baru 4 bln lebih,,sebelah kanan kepala nya dikit peyang donk jadi klu di gendong kedepan kepalanya lebih condong sebelh kiri karna kanannya dikit peyang dok,, gimana selusinya donk,, apakah nanti anak saya bs menyimbangi kepalanya donk. Terima Kasih..

  41. mau tanya dok anak saya usianya 2bln5hr,perutnya buncit gitu apa gpp?trz nafasnya kaya org flu gt kya ada lendirnya
    saya pernah periksa ke dokter anak tapi ga pernah komen masalah perutnya.lalu masalah nafasnya cuma dikasih obat tetes hidung kataya untuk mengencerkan lendirnya,tp sampai skg masih gitu aja katanya nanti bertambahnya usia jg hilang,apa benar dok?

    by dede sriwahyuni

  42. yth. dr. Agus cn.
    Perkenalkan saya Ikrima mahasiswa keperawatan UIN Jkt. Saat ini saya sedang menyelesikan tugas akhir (skripsi) untuk gelar S.Kep, kebetulan skripsi saya tentang pemberian stimulasi perkembangan anak. Yang mau saya tanyakan dok… apakah dokter punya data terkait anak indonesia yang mengalami gangguan keterlambatan perkembangan? Terlebih bila menggunakan KPSP yaitu hasil interpretasinya didapatkan perkembangannya meragukan. Kalau hasil kunjungan di klinik tumbuh kembang dokter tahun 2015 ini bagaimana ya dok?
    Sebelumnya terimakasih banyak saya ucapkan apabla dokter sempat membalas komentar saya ini. Saya lihat memang dokter terakhir mempost artikel disini tahun 2013, namun mungkin saja terdapat sebuah kejaiban dokter masih dapat notifikasi dari komentar saya disini. Atas informasinya saya ucapkan banyak terimakasih banyak dok

    email: key.ikrimawardani@gmail.com

  43. Anak saya perempuan usia 3 tahun 2 bulan… tgl lahir 22 november 2012
    Berat badan lahir 3kg panjang badan 50cm secara normal.
    Tapi setelah umur 1,8 bulan bb dan tb nya lambat. Imunisasi lengkap.
    Sedangkan perkembangan normal seperti anak lain. Dapat jalan sendiri usia 1thn. Daya tangkap dan pikirnya juga normal .
    Tapi sekarang berat badan 8kg tinggi 89cm.
    Ayah nya 165,5cm. Dan ibu nya 150cm

    Mata kanan dari tengah kebawah aga kekuningan.. Hasil tes darah
    Hemoglobin. 9,9
    Hematokrit. 30,7
    Eritosit. 4,41

    Mcv. 69,6
    Mch 22,4
    Mchc. 32,2

    Rdw-cv. 15,2
    Trombosit. 470
    Leukosit. 7,8

    Eosinofil. 9,0
    Neutrofil. 37,0
    Limfosil. 50,0
    Monosit. 4,0

    Retikulosit. 0,57
    Retikulosit absolut. 0,0366
    Irf. 1,2
    Ret-he. 25,5

    Temuan dari Rontgen thorax
    # Jantung, aorta dan mediastinum tak membesar
    # kedua hilus normal
    # corakan bronchovasculer kedua paru baik, tak nampak infiltrat
    # sinus dan diagfragma normal
    # tulang tulang intak

    Kesan tak tampak kelainan pada cor dan pulmo

    Tapi oleh dokter anak saya di beri obat tb anak selama 6 bulan dan vitamin sirup…
    Sebenarnya anak saya bagaimana y dok…

    • Second Opinion saja ke dokter anak lain .. menurut saya kurang pas therapynya . Tapi coba 2nd opinion. Karena bisa jadi ada infiltrat yang dianggap tidak ada oleh dokter anak diartikan sebagai tb paru.
      Salam

  44. Mo tnya.sy pnya ank usia 1 tahun 8 bln,bb nya 7,5.lhr usia kandungn 8 bln…b b nya 2.7kg..ankx aktip mkn alhmdlh kuat tp koe bb nya 7.5kg apa yg slh dgn ank sya?

  45. Mlm dok,anak sy usia 14 bln blm bs jln.suka titah,ndak mau merangkak,jd keseimbangannya kurang,kalo duduk dari posisi tdr msh perlu bantuan.tp kalo suduk ke berdiri dgn pegangan bisa.bb 8.2kg tb 74.gmn dokter?utk melatih kesimbangannya?

    • apakah putra/putrinya aktif? Bagaimana dengan makannya? Kalau dari status gizinya, sepertinya ada gangguan. Terutama kalau ini putra dengan ukuran2 BB dan PB yang sudah benar seperti disebutkan di atas.
      Boleh jadi kalau memang hal diatas terjadi energi yang digunakannya jadi tidak mencukupi. Tapi bila hal diatas bisa kita singkirkan. Maka kemungkinan lainnya adalah anak masih belum terbiasa menggunakan otot-otot besarnya. Dan itu memang membutuhkan latihan (stimulasi). Bu Yuni bisa memanfaatkan link stimulasi ini untuk apa saja yang bisa dilakukan. Terutama pada gerak kasar. Bila belum terbiasa, bisa cobakan gerak kasar pada tahap sebelumnya. Demikian semoga bermanfaat.

  46. Dok mau tanya…anak sy berumur 3 bln wkt lahir nb nya 3 kg .bbnya 2.7 kg..di dx sama dr anak waktu lahir doewn syndrom..tp sp saat ini blm saya periksa kromosomnya…sewaktu masih hamil ibunya minum dopamet krn td tinggi …..apakan kecilnya bayi saya pengaruh dari apa ? Trimakasih dok..ditunggu jawabannya…please. Saya bingung 😞

  47. Pagi dok ….

    Dok sy mau tanya : anak saya BB ny menurun, tidak sakit/apa. Saya lihat semenjak saya menggunakan KB suntik 3 bln. Apkh KB suntik itu mmpngruhi ke ank ya dok ??? Lalu bagaimana cara mengembalikan BB ny anak ? Masih dok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s