Masalah Anak Sakit

sick_child Disini saya konsentrasi dengan anak atau balita yang memang menurut orangtua menderita kesakitan tertentu .. mari kita diskusikan anak kita .. mungkin ada yang bisa menolong anak atau balita anda

Untuk masalah Anak Yang Sehat dan Nutrisi Balita mohon klik di masing-masing link.

Silahkaaann .. mari Bu .. Pak .. ada yang bisa saya bantu ?

Advertisements

134 thoughts on “Masalah Anak Sakit

  1. Pak dokter saya punya anak umur 3 tahun dan 2 tahun, pada awal 2 tahun yang pertama menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan tapi kenapa anak saya setelah mengenal air putih menjadi tidak mau minum susu. Apa sebaiknya yang harus saya lakukan? Trims Pak Dokter

  2. dok,nanya lagi
    – ada ga makanan yang perlu dihindari ketika anak sakit panas??
    – anakku waktu umur sekitar 8 bulan pernah tak kasih makan coklat, tapi langsung muntah dok, apa mungkin muntah tersebut karena alergi coklat ??
    – susu uht yang aneka rasa, dah boleh diberikan waktu umur 1 tahun kan dok? bagusan mana kandungan susu uht ma susu formula ??
    makasih jawabannnya dok

  3. dok, mo nanya. alby skrg 11 bln. bru 2 hari ini dia batuk, pilek, flu, ma panas. tp skrg panasnya udah ga lg dan pileknya jg udah mendingan. yg mo ditanyain, alby klo siang aktivitasnya biasa aja kya klo ga sakit, tp klo malam….. bikin pusing de hehehe. ga mo tidur, nangis trus. klo dia udah ketiduran trus terbangun langsung deh nangis kuenceng kya kesakitan gt. tpi klo diajak main, dia udah ga nangis lg. tpi ya itu, ga mo tidur, jadi waktu istirahatnya kurang. knp kok bsa ya dok? apa alby kena flu perut? ragu sih, tapi…….
    mohon bantuannya ya dok. terima kasih

  4. wah, seru nih klo bsa liat dokter vs neneknya alby hehehehe
    oh iya, makasih ya dok buat nasehatnya. diusahain de maknya jg ikut begadang tiap malem (hiks hiks).

  5. Siang, Pak Dokter. Anak saya (3 bulan 24 hari, BB 6.9 kg, PB 65cm) skrg sedang flu, sering bersin dan mulai ada air di hidungnya. 2 hari yg lalu badannya panas. Padahal dia minum ASI (Full tanpa Sufor, tapi ASI botol yg sdh melalui proses beku kalo siang, kalo malam langsung dr mamanya ). Yg saya mau tanyakan, apa ASI yg sdh dibekukan menjadi kurang kualitasnya. Krn pernah saya baca di suatu artikel, jk melalui proses beku maka zat antibodinya ada yg rusak. Benarkah demikian ?
    Karena dulu pas mamanya masi cuti, kan langsung netek, meski mamanya sakit flu, dia ga tertular sama sekali. Tapi ini krn ada keponakan saya (umur 1 tahun 9 bln) yg sakit flu, dia tertular (si kakaknya sih sering ciumin dia).
    Satu hal lagi, apa pilek/flu krn alergi bisa menularkan penyakit flu tsb ke bayi. Krn mama mertua saya ngotot pileknya Brandon bukan krn kakak sepupunya, krn pilek kakak sepupunya adalah alergi.
    Dan apa bener kalo bayi sesudah dimandikan tidak baik kalo dibawa jalan2, bisa masuk angin en berakibat demam. Jika iya harus minimal berapa jam, baru boleh diajak jalan2.
    šŸ™‚ banyak pertanyaannya ya… abisnya, bingung si kecil mulai sakit, padahal selama ini ga pernah sakit. Jadi pingin cari tahu penyebabnya. Terima kasih lo dok sebelumnya, atas jawabannya. CIAO

  6. dok,saya mau nanya nich..anak saya skrg berumur 9 bln. br2 ini dia mencret2 disertai batuk pilek. gimana solusinya dan adakah pantangan mkn?

  7. @pakdejack
    terima kasih kembali pakde ..
    tapi saya tadinya ngasih apa ya?

    @mita
    bu nita, salam kenal.
    Ibu, sayang sekali terlalu sedikit info yang diberikan .. tapi prrinsip dasarnya adalah untuk diare diet rendah serat, batuk pilek diet tidak ada yang khusus. Saya pribadi kalo anak saya batuk pilek biasanya paling sering mamanya masakkan sup .. anget-anget. sedaaap *jadi laper* oya untuk batuk dikurangi gorang-gorengan dan bumbu yang terlalu spicy.
    Untuk diet anak sampai dengan usia 1 tahun ada disini

    Bila ada info yang ingin lebih jelas mohon disertakan Berat, Tinggi, Riwayat Makan,Riwayat Sakitnya. Terimakasih

  8. dok, mo nanya nih. alby kmrn panas mpe 39,7 C, menurut DSA alby kena radang tenggorokan ma panas dalam, dikasih kandistatin ma puyer. sehari kemudian alby sdh aktif lg tpi setelah 2 hr, panasnya naik lg jd 39,6 C dan mulai ada bintik2 merah di tangan, leher ma badannya. krn takut DB, aq bawa lg ke dokter. Kta DSA alby cma kecapekan+kena biang keringat.
    apa itu yg dibilang gabagen (kta org jawa)? tpi mpe skrg alby ga mo makan + rewel trus. minum susunya jg susah. apa bagus klo dikasi obat penambah nafsu makan? terima kasih dok

  9. Ikutan tanya, ah…
    Anak saya sekarang 20 bulan. Hingga usia 12 bulan perkembangannya sangat baik.Berat lahir 3,5ka, panjang 52. Usia 12 bulan beratnya 12. Pada usia 13 bulan dia sakit batuk pilek, sampai harus inhalsai dan minim obat-obatan dari dokternya. Kurang lebih hampir 1 bulan baru kondidinya pulih. Tapi sejak itu, nafsu makannya makin berkurang, bahkan sampai saat ini sangat susah.H0anya ASI saja yang masih terus. Kemampuan bicaranya sebelum sakit sudah bisa mama,papa, dadah, bobo..tapi setelas sakit itu dia cuma bisa mam dan hanya ah.uh saja kalau bicara.Padahal dia sudah mengerti kalau diperintah, sudah tahu nama-nama benda kalau diminta untuk menunjukkannya. Tapi yang saya lhawatirkan kemampuan bicaranya tidak bertambah.Juga berat badannya stagnan.setelah sakit turun menjadi 11 kg hingga saat ini.sedangkan TB nya sekarang 89 cm. Kemarin saya cek ke dokter untuk mengetahui perkembangan bicaranya.Dokter menyarankan untuk tes bera. Tapi belum saya lakukan. Sebenarnya kondisinya sekarang kira-kira apa ada pengaruh dari proses pengobatan ketika dia sakit kemarin ya ?trimakasih atas tanggapannya

  10. Mas ? Alfirdausi, pertama tolong bantu saya dulu untuk memenuhi data ini.
    tolong lakukan : KPSP 18 bulan. Kemudian tolong beritahukan hasilnya.
    Sekarang bagaimana riwayat makan adik? Oya maaf laku-laki apa perempuan?
    Agar lebih komprehensif jawabnya.
    Trims.

  11. oh,ya saya lupa kasih tahu.anak saya laki-laki.namanya zaheed.hasil kpspnya, hanya no 2 sajja yang tidak. yang lain semua sudah dfapat dilakukan.sekarang nafsu makannya masih kurang.kata dokternya dia juga diminta untuk terapi wicara. menurut dokter, kondisi kesehatan fisiknya sekarang sesuai anak seusianya ? trus, apa ada gangguan pencernaan yang akibatkan nafsu makannya berkurang ? trimakasih banyak nih

  12. ya, mas alfirdausi dan istri sy mohon maaf banget. Sebenernya untuk zaheed sdh saya siapkan dlm bentuk postingan. Saya masih di surabaya sampai besok sore. Evaluasi penanganan gizi buruk. Sayangnya ngga persis di tengah kota, Jadi ngga dapat hotspot. Pake hape, tulisannya cuilik2 bgt. Mo disambungin ke laptop lupa bw kabelnya. Maaf lho.. Mohon bersabar..

  13. Pingback: Terlambat Bicara ?
  14. Dok, anak saya faiq (0 bulan 3 hari) susah sekali BAK, dari pagi sampai malam cuman 1-2 kali BAK dan (maaf) penisnya tegang terus. Apakah ada gangguan dengan saluran kencingnya ya dok?
    Terima kasih sebelumnya.

  15. Maaf masZetha .. sepertinya ini harus dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat .. karena keluhan seperti ini harus dilihat. Terutama anatomi penisnya. Mohon segera membawa anda ke UGD atau dokter terdekat. Trims

  16. pak anak 4 tahun sakit panas selama 7 hari, tidak mau makan , cuma mau membasahi bibirnya. udah dibawa ke dokter tapi cuma dikasih obat penurun panas dan batuk…
    kira2 penanganannya gimana dok ya…
    lutfi_mmy@yahoo.com

    1. sudah diperiksa laboratorium? Anak panas lebih dari 3 hari sudah bisa diperiksa lab darahnya. Saya rasa sudah selesai masalahnya ya .. semoga dede sudah bisa bermain lagi.
      Mohon maaf saya tidak melihat ada pertanyaan disini.

  17. mau tanya neh pak, anak saya umurnya skarang 2 thn. kenapa ya tiap anak saya Bab ko suka ada lendir warna merahnya kayak darah gitu…udah sempet ke dokter sama ke bidan..udah sembuh kemaren tuh…tapi skarang ada lagi dan kadang bab nya cuman aer doank..

    knp ya ………….?????

    cara penangannanya gmn ya???
    MKSH…

  18. Dok..mhn ijin mau tanya nih..anak sy laki2 namanya Radhitya umur 13 bln skrg lagi sakit batuk dan sedikit panas..lidahnya putih,makannya susah dan berat badanya 8 Kg (tidak nambah) sy dan istri sy bingung nih Dok..mohon diberikan petunjuknya…tks

  19. Dok,saya mau tanya nie. Anak saya yg ke2,namanya Ryu umur 2bln 10hr BB 6,5 TB 60cm. Tadinya Ryu tertular pilek batuk dari koko nya,sdh bawa kedokter anak dikasih obat puyer dan balsem baby. Tadinya mampet nafasnya tp sdh lbh baik,obat hbs tp pilek tidak sembuh. Saya ibunya memang ada alergi dari kecil,setiap pagi dan malam,kedinginan atau kepanasan dan kena debu pasti bersin2 dan hidung mampet. Sekarang begitu juga dengan Ryu hidung mampet saat pagi dan malam aja. Yang mau saya tanya,apa mungkin Ryu seperti saya yang alergi ini? Saya takut bahaya dan kasian kalo sedang mampet. Tolong bantuannya ya,makasih sebelumnya.

  20. dok, anak saya Ahwaz bb/tb lahir 3.25/46 cm, skrg usianya13 bulan bb/tb 9.5/69 cm..kelihatan kecil dibandingkan teman sebayanya dok, apa dengan bb/tb segitu masih normal atau harus ada penanganan lanjut? mohon bimbingannya..trims sebelumnya dok.

  21. siang Dok, anak saya, Rasyad, berusia 20 bulan, tetapi berat badannya hanya 8,4 kg dan masih kurang dari BB ideal. dia memang termasuk anak yg picky eater, dan memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan, seperti seafood, susu, dan telur. bahkan dia juga memiliki Dermatitis atopi sehingga saya harus slalu menyediakan obat antihistamin dirumah. dia juga suka sekali ngemil seperti agar2, roti, biskuit, dan kerupuk. yang saya takutkan adalah dia memiliki masalah dengan sistem pencernaannya, karena dalam satu hari dia bisa BAB hingga 2 kali, walaupun warna pupnya menurut sata masih normal. selain itu anak saya juga terlambat bicara dan berjalan, saat ini dia sudah bisa berjalan, tetapi maunya harus selalu dituntun. sedangkan untuk kemampuan berbicara, dia baru bisa mengucapkan ibu dan mamam saja. apakah hal ini berhubungan dengan BBnya yang rendah? saya sangat mengharapkan dokter bisa memberikan solusi utk masalah anak saya ini. Terima kasih.

  22. Dok,ikut nanya.anak saya umur 3 thn,punya luka dketiak mlepuh sperti tkena puntung rokok.udah sembuh.tp setiap kali badannya panas luka tsb mbesar,memerah,mengering,gatal dan mninggalkn bekas.skarang sdh sbesar bulatn jari jempol dan telunjuk.orang bilang sih koreng panas.gimana solusinya?apa nama penyakit dan bahayakh?trims atas jawabannya

  23. Dok mau ikut nanya nih..anak sy usia 9 bln dan sekarang sering sekali berkeringat ttp badan dingin, apakah sebuah tanda mengidap sakit tertentu. mohon dijawab dok

    1. Sayangnya tidak terlalu spesifik ya .. Pertama bagaimana kondisi anak bapak, kelihatan sakit atau tidak, bagaimana kondisi tempat tinggal bapak, apakah panas atau sejuk, mana tempat yg paling sering ditempati anak, di dalam – apakah ada AC? – atau di tempat yg berhubungan dengan langsung udara luar. Maaf kondisi berkeringat bagi bangsa yg berada di iklim tropis seperti kita memang mudah terjadi karena itu saya perlu tahu dulu berkeringat seperti apakan adik ini. Trims.

  24. Ass. dok, anak saya laki-laki berusia 17 bulan. tapi saat ini belum bisa berbicara. hanya kadang2 dia mau memanggil saya, mama atau memanggil papa. jika mau minta minta minum dia bilang meh…dia sering mengucapkan bahasa “planet” yg sering kali membingungkan saya. keseharian dia bersama suami, saya bekerja dari pagi, sore baru pulang. saya sangat risau krn temen2 seumurannya banyak yg sudah bisa bicara. anak saya juga sangat aktif, dia suka mengamati apa yang dilakukan orang2 disekitarnya, kemudian di saat tidak ada yang memperhatikan dia, dia akan melakukan apa yang sudah dia amati, misalnya waktu saya ngecash hp, dia akan menirukan sama persis mulai dari mencolokkan kabel k hp, mencolokkan kabel k colokan listrik. suami sering membentak dia. hati saya sakit sekali. jika dia melakukan sesuatu yang dilarang sehingga jika dia dilarang untuk melakukan sst dia akan protes dengan berbicara tapi menggunakan bahasa “planet”. apakah anak saya normal? sampai kapan dia mengucapkan bahasa “planet”, apakah ada terapi supaya dia bisa bicara dg lancar?

  25. Pagi dok,Anak saya umur 2th dia susah sekali makan dan minum susu,skrg dia skt batuk pilek dan kt dokternya radang,skrng malah tambah diare,sehingga saya khawatir bnget dok soalnya BBnya skrg cuma 8,5kg .mkan nya sampe skrg msh diblender,dan minum susunya pake sendok.tp skrg hampir ga mau semua dok,apa dikarenakan bosen,udah dicoba puding,eskrim tetep ga mau krena mengandung susu.mohon sarannya dok. Mksh bnyak

  26. Salam kenal dok, anak saya xabi 13bln berat 10kg masih blm bisa jalan tapi bisa berdiri sendiri. Apakah perkembangannya terlambat? Dia spertinya takut untuk mulai berjalan Padahal ada saya di dePannya.
    Ditunggu jawabnya dok. Terimakasih

  27. Salam dok, anak saya umur 6 bln bb 7,5 kg sdh sebln ini sakit2an seperti sering radang tenggorokan, putih2 di bibir, demam di kpl aja, batuk pilek, berengen, saya periksa ke dok A. ktnya radang tenggorokan, diksh obat sembuh seminggu kemudian demam lg. trs periksa ke dok B. ktnya alergi susu sapi, saya jd bingung dengan prediksi yg beda2.
    sebenarnya sakit apakah anak saya dok?

  28. Salam dokter, mau ikut tanya-tanya nih..
    anak saya Azzamy, 14 bulan BB 8,5 kg sering sekali kena batuk pilek, pernah saya bawa ke dokter katanya anak saya terkena flek dan sekarang sedang jalani terapi pake obat PYRAFIT, tapi batuknya tak kunjung sembuh. Yang buat saya sedih anak saya semakin hari semakin kurus saja..padahal sudah saya beri vitamin CURCUMA PLUS, makanan sehat, minum jus dan minum susu, apa yang salah ya,dok??
    Apa yang harus saya lakukan??

    1. Kalau saya ngga keliru mengartikan maksudnya dokter tersebut, beliau mau memberikan terapi Tuberkulosis Paru pada Azzamy. Apa cuma Pyrafit saja? Apa ada obat lain? Karena lazimnya pengobatan TB Paru adalah kombinasi. Bila memang belum ada perbaikan sebaiknya dibawa ke RS yg ada fasilitas lab lebih lengkap, dan dokter anak, kalo bisa yg subspesialis. Di Surakarta kayaknya banyak RS rujukan seperti ini.
      Anak dengan TB Paru harus dipastikan dulu benar mengidap TB Paru dengan pemeriksaan kuman TB Parunya. Pada anak bila perlu dilakukan bilas lambung untuk mendapatkannya. Dan pengobatannya tidak cuma 1 macam obat.
      Harus juga dilihat apakah ada alergi pada Azzamy. Pilek berulangnya itu mungkin juga kesana arah penyakitnya. Tapi kita singkirkan yang berat dulu aja.
      Salam.

      1. dok mf mw tny ank sy perempuan umur 10 bln,bb’y 6;,blm tmbhin gigi blm bs ngapa ngapain dok cm dymknan klo d dudukin bs trus muter2 ank sy gk mw diem dok,mksd sy dok ank sy blm bs duduk sndr,merangkang,,tp dymknan dkit2 bs ngmg dok,trus prnh dok sy bw prksa kt’y sih ad flek d paru2’y,sdh jln,,3bln dok pengobatan’y,,sy bngung dok ank sy sdh sy ksh yg terbaik mknan’y,susu’y aj bebelac,vitmn sdh dok,tp dok gk mau gemuk ank sy…
        Dok sy mhon jwbn’y,,trus supaya ank gemuk gmn?
        Tlong yah dok?

        trims

      2. Anak gemuk ngga bagus lho. Jadi jangan berharap anak gemuk. Yang penting sehat. Dan juga tidak kurus. Ukuran yang penting yang harus diketahui adalah Berat Badan terakhir berapa, tinggi badan, tanggal lahir. Baru saya bisa memberikan pendapat tentang pertumbuhannya. Oya untuk perkembangannya terutama duduk itu bisa ngga selalu urut dari merangkak, duduk, berdiri dan jalan. Bisa saja terlewati begitu aja yang satu yang lain menyusul kemudian. Untuk giginya jangan takut nanti juga tumbuh. Kelihatannya makanannya sudah cukup bergizi.

  29. saya mempunyai anak berusia 4 tahun, anak sya lambat tumbesaran dan perkembangan tubuh badan…tapi masalahnya sekarang ialah dia enggan makan dan minum pelbagai cara sudah kmi usahakan tapi masih sama. tolong bagi cadangan, terima kasih

  30. kalo anak saya sakit selalu ga mau makan jadinya saya kasih susu aja tp kadang kl susu manis khan malah bikin eneg utk anak anak

    1. coba cari aja susu yang gak terlalu manis..
      saya share aja yah.. anak saya juga gak suka yang manis2..
      kalau minum susu formula yang biasa, yang rasanya manis langsung muntah dah gak mau diminum lagi..
      akhirnya coba anm*m baru yang no added sugar..
      dan alhamdulilah sih.. anak saya cocok dan gak muntah2 lagi. šŸ™‚

  31. Iya mba Irene..sama..kalau anak saya sakit biasanya gak mau makan.
    boro2 mau makan, orang dikasih susu ajah muntah, makan apalagi.
    mestinya gimana yah? masa sih gara2 susunya terlalu manis?

    1. susu balita biasanya memang manis bun, kan biar balitanya suka
      tapi gak smua susu kok….ada yang tanpa tambahan gula, atau kalaupun ada pun dikit.
      saya sendiri memberi susu yang rasanya plain, biar gak terlalu manis.
      atau kalau masih belum yakin sama susu plain, ganti saja sama susu yang gak ada added sugarnya.
      sekarang ada kok….

    2. waduh.. kasian banget sampe gak mau makan…
      mungkin lidah anaknya mba Sandra Noah sensitif juga kali? dan gak suka rasa2 yang manis2 gitu? coba dicari aja yang kandungan gulanya kecil.. coba cek di kotaknya.. šŸ™‚

  32. Nah kalau anak saya gemuk…tapi kok malah sering sakit tuh kenapa yah?
    gemuknya jg bukan karena jajan sembarangan sih..tp karena suka minum susu…

  33. minu susu dengan beanr dan sesuai dg kebutuhan tubuh anak akan menjadikan mereka tumbuh degan baik, terutama untuk pertumbuhan kecerdasannya. Biasakan dengan pola makan yg teratur saja bunda… artinya makanan padatnya untuk melatih usus tetap bekerja dan sufor utk menjaga keseimbangan nutrisimya..

  34. anakku sering sembelit neh moms, apa itu salah satu penyebab ga cocok susu yah? Jd aku cekokin pepaya trus biar babnya ga keras, soalnya pernah sampai berdarah. Ada saran ga ya?

  35. klo susu ga cocok kemungkinannya diare atau klo sembelit mugnkin susunya kemanisan atau kekentalan bun…..coba kasi minum air putih yg banyak deh…….

  36. anakku kadang suka dibilang sama sodara”ku kurus dan aku santai” aja selama anakku sehat…..soalnya klo gemuk akibatnya bisa obesitas dan malas beraktivitas…..jadi aku terapin pola makan yg baik dan dlm seminggu aku ajak berolahraga 2-3x……

    1. Bagus begitu malah .. asal jangan kurus sekali .. gunakan KMS untuk melihat pertumbuhan. asal berada di salah satu pita hijau dan terus keep on track .. ngga masalah. KMS yang baru juga lebih bagus lagi. Ada KBM (kenaikan berat minimal) dan rata-rata setelah umur 6 bulan cuma perlu 200 gram perbulan. Ramping bukan selalu berarti kurus. Apalagi kalo anak laki-laki, sudahlah aktif bermain, pertumbuhan tingginya cepat lagi.
      Ya silakan diteruskan pola makannya. Dengan mengingat kebutuhannya sebagai anak ya. Jadi lebih banyak protein. Dan jangan pantang lemak. Selamat, bunda. Kita juga akan berperang melawan Gizi Lebih setelah urusan Gizi Buruk ini tertangani dengan baik. šŸ˜€

  37. @ dindayu : yg penting pastiin gizi anak cukup dan sehat bunda.. gak perlu gemuk jg kok kalo mau anak cerdas..

  38. kalo anakku suka sembelit juga kalo susunya terlalu manis jadi aku cari susu yang ga ada gula tambahannya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s