Masalah Anak Sehat

Child healthy Di page ini saya ingin kita fokus pada anak yang masih tergolong sehat menurut Bapak Ibu .. namun orangtua ingin menanyakan aspek tumbuh kembang anaknya .. ingat stimulasi dini sangat penting..

Silahkan tanyakan yang anda ingin tahu .. untuk Masalah Anak Sakit dan Nutrisi Balita mohon ikuti link masing-masing.

mari bapak-ibu sekalian .. bagaimana balita anda?

Advertisements

100 thoughts on “Masalah Anak Sehat

  1. Siang dok… saya punya anak usia 9 bln. . Knp yaa berat badan Nya cuma 6,8 kg aja, dia masih pake asi aja.. prnah dicobain sufor tp gak mau.. untuk makan pdhal saya kasil ikan . Brokoli , sayur sayuran dan jus buah, tp bb ny gak naik naik knp yaa dok ada yg salah kah ?? Mohon jawabanya .
    Mkasih

  2. cucu saya lahir 12 agustus 2014 prematur bb nya 2420 perempuan ada kelainan bibir sumbing dan tiada celah langitnya, tumbuh kembangnya kenapa susah ya dok?? uda umur 2bulan kemarin timbang bb nya 2.6 apakah menderita kelainan lainnya , mohon jawabannya

    • Untuk anak dengan kelainan bibir sumbing dengan atau tanpa defek di celah langit memang biasanya sulit meningkatkan berat badan. Pastinya saya kurang yakin, tapi saya kira karena cacat yang dideritanya yang tidak memaksimalkan proses pencernaan sejak awal.
      Apakah sudah ada jadwal operasi bibir sumbingnya?

  3. dokter ini anak saya perempuan umur 4 bulan kenapa belum bisa miring dan tengkurep ya dokter? alangkah baiknya bagaimana dokter?

  4. Dok.. sy ingin menanyakan mengenai perkembangan anak usia 8 thn, duduk di kls 2 SD. Namun sampai saat ini anak sy msh mempunyai kebiasaan menjilat tangannya dan membasuh/melumuri ke bag tubuh (telapak kaki, leher dan tmpt2 lain d bag tubuhnya), shg lama2 menimbulkan bau tdk sedap (spt bau ludah ketika bangun tidur). Sy tdk tau bagaimana lg cr mengatasinya. Sdh prnh sy konsultasi ke psikolog dan dokter anak, ktnya itu refleks tdk baik dan sy hrs rajin melarangnya, namun sampai saat ini anak sy msh spt itu dan sy sdh tdk tau hrs bagaimana. Mohon bantuannya dok. Tks

  5. Ap yg hrs kami lakukan spy reflek tdk baik tsb hilang. Krn sangat2 membuat suasana tdk nyaman, apalagi ketika berada di sekeliling orang krn bau ludah yg secara reflek dilumuri ke bag tubuh td akan tercium dan saya merasa malu. Walaupun sy suruh mandi atau cuci tangan dan kakinya dgn detol atau tisue anti septik tp tetap jg gk mempan. Sy bnr2 pusing dok….

    • Ibu Fitri, menurut saya kasus yang dialami anak ibu sudah waktunya untuk secara komprehensif ditangani oleh beberapa disiplin ilmu. Mungkin yang menonjol adalah psikiatri. Biasanya psikiater akan mencari dari penyebabnya. Dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk konsultasi. Saya menyarankan untuk ke rumah sakit pendidikan terlebih dahulu untuk mengetahui psikiater di divisi anak, setelah itu bila ibu mau ke prakteknya adalah pilihan. Penyakit yang berkaitan dengan prilaku dan modifikasinya ada di tangan beliau2 yang lebih mengerti.
      Sambil ke divisi anak ibu mungkin juga bisa melihat ke klinik tumbuh kembang yg ada di bagian/UPF anak. Sekalian memberitahukan dan memeriksakan tumbuh kembang anak ibu.
      RS Pendidikan biasanya adalah RS yg digunakan untuk mendidik dokter muda. Paling tidak B+ biasanya kriterianya. Kalau Jakarta RSCM, Surabaya RS Soetomo dst.
      Demikian, ibu. Semoga ibu tetap bersabar.

      • Trims dok, atas bantuan dan sarannya. Sy tinggal di lhokseumawe aceh, kira2 rs ap yg menangani mslh tsb? Apakah sy bs k bagian poly anak di RS Kesrem

        Fittri LPPM Universitas Malikussaleh Lhokseumawe – Aceh Email: fittri1976@gmail.com Hp : 0811677667

      • Trims dok atas sarannya. Sy ingin tanya, apakah RS Pendidikan tsb adalah RS Umum? Atau swasta dok? Sy tinggal di kota lhokseumawe aceh. Kira2 RS mana ya dok yg hrs sy kunjungi? Tks

      • Biasanya RSUD dekat dengan pendidikan kedokteran. Aceh mungkin RSUD Zainul Abidin ya .. Saya kurang tahu persis. Tapi kalo ada temen2 dokter dididik disana pelayanan biasanya lebih lengkap.

  6. Anak saya laki-laki 18bulan. Bb hanya 8.5kg tinggi 85cm apa termasuk kurang gizi. Dia masih asi tp ga mau makan nasi. Hanya mau bubur itupun hanya cerelac yg rasa tim ayam sayur. Ngemil dia suka tp ga banyak. Blm abis. Kue nya udh dibuang. Mohon jawaban nya ya 😦

  7. Siang dok… Sy fitri ibu dr gugun. Gugun anak pertama kami yg skr berusia 8 thn 3 bln, duduk d kls 2 SD di Lhokseumawe Aceh. Yg jd mslhnya dok, gugun punya kebiasaan menjilat jari tangannya sejak umur 2 thn sampai skr. Hal tsb menjadi beban buat kami ortunya krn akibat dr menjilat ludah tsb yg kemudian di lumuri k bag celah jari kaki atau bag tubuh lain shg lama kelamaan menimbulkan bau tdk sedap. Di bag celah jari kakinya pun sdh iritasi , bgtu jg di celah jari tangan. Apakah anak sy skit dok? Kmn kmi hrs membawanya berobat? Tks

  8. Sore dokter.. sya ingin bertanya, jari2 tangan kiri anak kedua saya Khayla (P, 7bln) tidak seaktif tangan kanannya, jarinya lebih sering digenggam,, jika dirangsang dengan memberi mainan, tangn yang meraih pasti kanan, biarpun diberikan ditangan kirinya. terlihat seperti kaku untuk dibuka, dan dy memilih untuk meraih dengan tangan kanan. apakah ada masalah dengan motorik anak sya? sebaiknya sya konsultasi kemana ya dok.. Terima kasih.

  9. Malem Dok,
    anak saya sudah umur 11,5 bulan, tapi belum bisa duduk sendiri, berdiri sendiri juga belum bisa, semuanya masih harus saya bantu…
    sudah saya coba stimulasi setiap hari, tapi pada dasarnya badannya agak lentur, kayak karet gitu dok, seolah2 dia kurang kuat menopang berat badannya sendiri, apakah itu yang membuat dia sulit belajar duduk dan beriri sendiri dok?

  10. Selamat sore dok…
    Sy ingin menanyakan ap penyebab anak laki2 usia 4 dan 8 thn sulit di atur? Keaktifannya jg sdh over, hingga bikin kita ortunya sakit kepala dan jantungan. Dan bagaimana cr mengatasinya? Tks

  11. Oya dok, anak sy yg usia 8 thn td (dlm pertanyaan sy beberapa menit yg lalu) jg gk bs tidur siang dan konsentrasinya cpt buyar dan ketika belajar di kelasnya jrg bs tetap di tmpt duduknya dan tdk perhatian pd penjelasan guru. Ap yg hrs kami lakukan dok? Tks

    • Ada anak2 tertentu yang diberkahi mendapatkan kelebihan hormon di dalam otaknya. Sehingga dia menjadi lebih aktif dan menjadi ujian buat orang tuanya.
      Ada dua caranya menyelesaikan hal tersebut, bila memang itu permasalahannya.
      Pertama terapi obat, ini membutuhkan ibu dan anak pergi ke psikiatri. Bila dugaan saya benar maka dokter SpKJ akan memberikan obat yang bisa membuat anak lebih fokus.
      Yang kedua terapi perilaku, biasanya supaya dia bisa segera “dikosongkan” energinya yang sepertinya tidak habisnya. Yang paling sering adalah mengajaknya untuk memilih olahraga yang banyak bergerak, misalnya basket, badminton dll. Dan biasanya akan diajari beberapa kiat memberikan reward dan punishment yang masuk akal untuk anak usia 8 th.
      Tapi bila masalahnya mungkin bukan seperti dugaan saya diatas maka biarkan dokter psikiaternya yang mendiagnosis, ceritakan semua dengan lengkap, dan jawab semua pertanyaannya dengan jujur. Sehingga bisa ditatalaksana dengan baik.
      Demikian ibu. Mohon maaf bila kurang menjelaskan tapi memang ade nampaknya perlu lebih mendapatkan perhatian spesialistik.

  12. Baik dok, sy akan mencoba dengan psikiater aj. Sy takut dgn pemberian obat2an, nti ad efek sampingnya thd tubuh. Krn guru di sekolahnya mengakui bhw anak sy memang pinter dan terbukti dgn prestasi yg diraih dan nilai rapor. Namun masalahnya itu td dok, kebiasaan menjilat jari tangan, tdk fokus pd pelajaran tertentu “agama” dan sulit diatur.

    • Oh itu maksudnya urutan .. Karena ada kelebihan hormon harus di counter sebelum terapi perilakunya baik … Tapi masing2 psikiater punya cara sendiri2 .. Semoga adek juga memang tidak perlu mendapatkan obat2an. Ya, anak seperti ini cenderung berprestasi.

  13. Baik dok, berarti anak sy kelebihan hormon? Hormon ap itu dok dan ap penyebabnya? Apakah dr makanan, minuman?

    • Agak sulit saya menjelaskannya karena belum tentu juga itu yang terjadi. Semata-mata dugaan dengan basis data yang ibu berikan saya menggolongkan adek ke dalam agak aktif dan tidak fokus. Bisa jadi penyebabnya adalah pada waktu ibu hamil dulu masih kurang mengkonsumsi asam folat. Salah satu penyebabnya demikian. Hormon yang saya maksud adalah neurotransmiter yang ada di otak kita. Dan sekali lagi belum tentu itu yang terjadi. Dan mungkin selanjutnya ibu bisa minta keterangan pada psikiater yang ibu pilih. Oya saran saya sebisanya psikiater yang dipilih adalah yang lebih banyak menangani anak-anak. Jadi sebelum memulai banyak dulu bertanya. Kalau di rumah sakit pendidikan (dimana dokter biasanya dididik) ada bagian psikiatri divisi anak. Demikian.

  14. Malam dok,, saya mau nanya “knp anak sy (laki2 umur 8 thn 4 bln), suka berbuat hal2 aneh ketika di bw ke toko utk beli pakaian atau k tukang jahit baju? Dia suka masuk ke bwh rak bju atau k meja tmpt penjual? Dan memegang ap saja yg ad di meja tsb. Gitu jg klau ke tkg jahit, pasti gk bs diam dan memainkan mesin jahit tsb? Apakah anak sy ad kelainan jiwa dok? Sy sering malu dan pusing dibuatnya… Tks

  15. Maaf dok saya mau tnya , anak saya perempuan berumur 5 bulan dengan bb terakhir timbang 8,2 kg pb 68cm apa itu termaksuk sehat dan normal dok ? Terima kasih sebelumnya , mohon di bantu

  16. salam knal dok,

    anak saya sudah 2thn lebih, tapi sampai sekarang belum lancar berbicara. sudah di latih ngajak ngobrol dan menyanyi. gimana ya penanganan yang tepat dok ? kalau di panggil nama, terkadang tidak ada respon. tolong solusinya ya dok. terima kasih

  17. Salam.. dok, sy ingin menanyakan mengenai perkembangan anak usia balita. Baguskah bila anak usia balita dibiarkan tanpa aturan (pagi, siang dan sore) pergi ke rmh tetangga/ kwn sebayanya tanpa pengawasan dan itu terjadi hampir tiap hari. Sementara ortunya nyantai2 aj tanpa mencari atau memanggil anak tsb. Sementara kt yg didatangi merasa terganggu krn bkn pd saat yg tepat.

  18. Eka yuniari dewi on 28 June 2015 at 10:46
    Maaf dok saya mau tnya , anak saya perempuan berumur 5 bulan lebih 10 hari dengan bb terakhir timbang 8,5kg pb 72cm apa itu termaksuk sehat dan normal dok ? Terima kasih sebelumnya , mohon di bantu

    Reply

  19. Dok, saya mau tanya..
    Anak saya lahir prematur 32week, BB 1500 gr..saat usia 1 bln BB hanya 1700 gr, kenaikan berat badannya sangat lambat,namun memasuki usia 2 & 3 bln kenaikan hampir 1,5 kg..dan stelah bulan2 berikutnya BB nya melambat lg krn saya tinggal kerja & di momong neneknya..hingga saat ini usia 12 bulan lebih beratnya masih 7 kg sejak ia usia 8 bln..kalau ada gigi yg mau tumbuh makan pun jd susah..untuk susu pakai formula karena asi sdikit..pup nya juga lembek kadang cair, warnanya kuning kadang juga hijau ke abuan..saya sampai pusing memberikan suplemen yg memperbaiki nafsu makan,macam2 vitamin sudah d coba..tp tetap saja anak saya susah makan..apa saya harus periksakan anak saya ke dokter untuk check up..check up apa saja yg harus di lakukan..apa tidak nafau makan dan kurus tanda dari penyakit tb atau flek..mohon penjelasannya dok..

  20. Dok… mohon penjelasan mengenai temper tantrum pada anak. Ap penyebab, bagaimana cara mengatasi dan bisakah disembuhkan? Tks

  21. Sore Dokter , Salam ..
    Dok , Saya Ibu dari Zafran(Laki2) Usia 17bulan 4Hari ,Apakah Saya perlu kHawatir Tentang tumbangnya, Karena Anak saya Berat badannya hanya 8,5Kg dgn Tinggi 70cm .
    Anak saya memang susah sekali makan , Vitamin sudah di berikan .apakah anak saya akan bs (Normal ) seperti anak2 seusianya?
    Terimakasih dokter

    • Dari yang terlihat di saya, apabila ukuran panjang badan Zafran betul sebegitu, saya bertanya-tanya 2 hal; apakah Zafran sebelumnya pernah sangat kekurangan gizi karena sakit atau lainnya, atau memang badannya kecil karena postur orangtuanya juga kecil.
      yang sangat kurang adalah perkembangan tinggi badan per umur. Sayangnya itu hal yang sulit untuk dikoreksi.
      Masih mungkin ada beberapa hal lagi yang bisa terjadi, apakah sudah pernah di bawa ke dokter spesialis anak?

  22. Selamat Pagi Dok…
    Anak saya perempuan usia 3 tahun, secara fisik pertumbuhannya normal. dari sisi perkembangan, ada keterlambatan berbicara. sampai saat ini hanya mampu berbicara beberapa kosa kata saja, misalkan “habis”, “ayah”, “gak”, “maem”, “mimi” (minum), “mbah”. di lingkungan saya sedikit anak yang seusia dengan dia. Kalau jalan2 dan banyak ketemu dengan anak2 seusianya dia sangat senang. Beberapa orang menyarankan agar dia sekolah di PAUD, ada juga yg menyarankan ke Poli Tumbuh Kembang Anak di RSUD Dr. Soetomo.
    Gmn menurut Dokter???
    Terima kasih atas tanggapannya

  23. saya mau bertanya Dok, anak saya umur 9 bulan jenis kelamin laki-laki,

    1. pada usia 9 bulan tersebut seharusnya sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan atau topangan dari orang lain dan anak saya masih belum bisa duduk sendiri, namun jika merayap anak saya sudah sangat bisa sampai kemana2-mana , hal tersebut apakah ada masalah atau tidak ya dok?

    2. berbeda dengan Kakakny berjenis kelamin perempuan yang pada saat dulu umur 8 bulan sudah bisa duduk sendiri dan hampir merambat-rambat untuk berusaha jalan, apakah perkembangan anak perempuan dan laki-laki berbeda?

    3. pada pertumbuhan gigi anak saya sudah banyak dari umur 6 bulan giginya sudah tumbuh 6 buah, diantaranya 4 diatas dan 2 dibawah, sepengetahuan saya orang jaman dulu bilang jika gigi tumbuh lebih dahulu anak akan lamban dalam hal berjalan apakah benar?

    terimakasih dok mohon bantuan dan penjelasannya

  24. asslkm.dok anak saya umur 2,5th belum bs jln msh ngesot.umur 6bln kpl br tegak &tengkurap.umur 1th lbh bru bs duduk&ngesot.tolong dok mohon sarannya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s