Masalah Anak Sehat

Child healthy Di page ini saya ingin kita fokus pada anak yang masih tergolong sehat menurut Bapak Ibu .. namun orangtua ingin menanyakan aspek tumbuh kembang anaknya .. ingat stimulasi dini sangat penting..

Silahkan tanyakan yang anda ingin tahu .. untuk Masalah Anak Sakit dan Nutrisi Balita mohon ikuti link masing-masing.

mari bapak-ibu sekalian .. bagaimana balita anda?

106 thoughts on “Masalah Anak Sehat

  1. Anak saya sekarang umur 3 bulan 23 hari. Apa sdh bisa distimulasi untuk duduk. Bagaimana caranya ? Jika belum, pada usia berapa? Tku

  2. @mamanya Brandon
    Salam kenal, mama. Senang bisa kenal.
    Ya, prinsipnya stimulasi untuk duduk sudah bisa dimulai.

    Bantu bayi agar bisa duduk sendiri. Mula-mula bayi didudukkan di kursi dengan sandaran agar tidak jatuh kebelakang. Ketika bayi dalam posisi duduk, beri mainan kecil ditangannya. Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badan bayi. Jika bayi bisa duduk tegak, dudukkan bayi di lantai yang beralaskan selimut, tanpa sandaran atau penyangga

    ditambah dengan beberapa stimulasi lagi yang bisa ibu mama dapatkan di stimulasi bayi 3-6 bulan. Beri kesempatan brandon untuk belajar. tidak usah terburu-buru. 2-4 jam perhari untuk seluruh aspek atau bergantian.

    Salam

    1. Dok, anak saya perempuan usia nya hari ini tepat 11bln. Sampai saat ini blm bisa merangkak dan berdiri sendiri. Pernah saya coba berdirikan dan saya lepas perlahan, dia hanya mampu bertahan beberapa detik dengan berpegangan pada meja/kursi.
      Kalo duduk dia sudah bisa geser dikit2 dengan pantat nya
      Normalkah perkembangan anak saya dokter?

  3. Dok, boleh minta tabel perkembangan berat badan ideal anak sesuai umur dan jenis kelamin, serta lingkar kepala, panjang badan dsb.. Pokok yang biasanya diukur di kms kali ya hehehe… Terima kasih dok..

  4. Dok,sebelumnya saya sangat berterima kasih atas adanya web ini terutama karena lengkap dengan Kuesioner Praskrining & Tools-nya yang sangat bermanfaat.
    Yang ingin saya tanyakan Dok, sejak usia brp bulan sebaiknya bayi dilatih untuk makan sendiri? dan bagaimana metode yang terbaik? apakah bayi dibiarkan makan sendiri pada pagi, siang dan malam hari?

    Diawal belajar makan, pasti makanan banyak yang tumpah/ terbuang, bagaimana menggantikannya (apakah porsi makan perlu ditambah?).
    Mohon info dari Dokter. Terima kasih.

  5. Dok anak saya si Erza udah mulai stabil duduknya, tapi proses duduknya sendiri msh nol besar (umurnya skrg 6,5 bln). Kadang dia suka merengek minta didudukin, kalo qt cuekin dgn maksud biar dia belajar duduk lama2 dia guling2 ke kanan ato kiri berkali2 (mungkin karena kesal) tp begitu kita dudukin dia langsung ketawa2 girang.
    Gimana ya dok cara melatih Erza biar bisa duduk sendiri?
    Trus kalo abis mandi ato liat anak2 kecil maen lari2 dia suka negangin kaki minta tatah, & kalo qt tatah dia beneran ambisi banget nglangkahin kakinya buat jalan biarpun trakirnya duduk lagi krn mmg blom kuat kayaknya, normal gak dok?

    Buat info tambahan; sbulan yll ke dokter diperiksa beratnya 8,35kg, panjang 71 cm.

    Trims ya dok…

  6. Dok… Salam Kenal…
    Anak saya, Shan, perempuan,umur 1 tahun 1 bulan berat badan 8,3 kg. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Shan belum dapat berjalan sendiri tapi kalo ditatih, Shan mau melangkah, belum dapat duduk sendiri, harus dibantu didudukkan, belum dapat merangkak,Ada apa dengan Shan, apakah masih normal ?
    2. Apakah ada pengaruh dari susunya karena minum ASI hanya sampai umur 6 bulan setelah itu sampai sekarang minum susu formula dikarenakan ASI saya sudah kering sejak Shan umur 7 bulan, apakah dampaknya anak saya jadi lama untuk dapat berjalan?gigi juga baru ada 3 gigi, padahal sejak dalam kandungan gizinya , makanannya dan vitaminnya bagus, saya juga rajin minum vitamin atau kalsium yang diberikan dokter kandungan, apa ada pengaruhnya?
    3. Shan juga sangat sulit makan, kalo mau makan yang dimakannya hanya sedikit, sulit sekali untuk makan yang banyak porsinya,apakah hal ini yang menyebabkan berat badannya kurang?Kalo minum susu, Shan suka sekali dan bisa habis banyak juga kalo makan makanan kecil atau ringan seperti biskuit, roti atau cemilan yang lain, dia mau makan tapi juga tidak banyak, secukupnya,kalo makan makanan padat seperti nasi, sulit sekali,Kenapa begitu ?
    4. Anak saya Shan punya riwayat alergi karena ada bakat turunan dari kedua orang tuanya alergi. Saya menderita sinusitis.Apakah hal ini juga menjadi penyebabnya?
    maaf kebanyakan pertanyaannya. Trima kasih banyak dok..

  7. dok saya memiliki putra umurnya 4,5 tahun makanya teratur tapi badanya kog masih kurus? gimana sih dok biar anak saya gemuk? soalnya waktu masi kecil badanya gemuk dan menggemaskan apa yang harus saya lakukan dok? saya tunggu jawabanya secepatnya ya dok… terimakasih

  8. Saya mau nanya Dok, saya mempunyai putra berusia 1 thn 3 bln, BB 8,9 TB 90 cm keluhan saya yaitu anak saya sering batuk dok, sebulan sekali pasti batuk. selama ini makan & minum susunya tdk ada mslh. gimana caranya dok agar batunya hilang & gak balik lg trus masih wajar gak frekuensi batuknya itu.
    terimakasih dok atas masukannya

  9. aurell umur 1thn 3bln, aurell termasuk anak yang aktif.yang ditanyakan:
    1.apakah wajar aurell jalan terus, bahkan bisa dihitung berapa menit aurell duduk tetapi kalau dikasih tau dan disuruh sudah mengerti, saya khawatir akan pertumbuhan anak saya.karena yang mengasuh aurell sering berganti-ganti.
    2. apakah wajar aurell flu dan batuk sudah lebih dari seminggu memang sengaja tidak ke dokter tetapi saya kasih madu, makannya sich tidak terganggu tetapi napasnya kadang grok-grok kadang hilang dengan sendirinya, berat badannya juga bagus( sering batuk pilek karena tertular)mohon bantuannya.
    3. Gigi aurell baru numbuh 8 atas 4 bawah 4 sudah semenjak umur 9 bulan sampe skrg belum nambah lagi 4. kalau kebanyakan blue band langsung mencret, bagi resep donk, supaya makananya beraneka.
    5. aurell belum bisa bicara banyak, baru ma ma, a yah, mam, ka maksudnya buka gimana yack biar cepet bicara lancar.

    Thanks balasannya

  10. dok..mau tanya anak saya usia 5 bulan stgh tapi knapa dalam 2 bulan terakhir naiknya hanya 200 gr sebulan pdahal dia tdak sakit..gerakannya lincah. selama ini dia minum ASI dan sufor (Mo******), lalu saya coba ganti dgn nu****** malah lebih sdkit yg diminumnya. apa yg hrus saya lakukan dok??
    terima kasih

  11. anak saya 9 bln kok blm bs merangkak knp dok?berat badan juga cuma 7.8kg pa ni karena susu formulanya? mohon dijawab

    1. sma bu anak saya juga umur 8 bulan msh belum bisa merangkak, slma ini dia hanya minum susu formula karna asi saya sdkt skali kluar

      1. Sama mom anak saya juga 8bln blm bisa duduk ,merangkak juga .. Apa ada yg salah yaa mom dg tumbuh kembang nya ?

  12. Salam kenal Dok..
    anak sy umur 1,5 bulan BB 5kg..awalnya dia minum ASI ma sufor An***..lalu skrg sufornya mulai sy hentikan karna sy pengen beri full ASI..gmn mengetahui klo ASI sy mencukupi untk kebutuhan anak sy??? soalnya anak sy minumnya kuat sekali..makasih atas saran dan bantuannya..Jazakumulloh

  13. dok saya mau tanya, anak saya berusia 2 tahun 4bulan jenis kelaminnya laki-laki, anak saya mempunyai keluhan pada kulitnya. anak saya setiap digigit nyamuk selalu meninggalkan bekas hitam dikulitnya dan berbekas, ada apa ya dok dengan kulit anak saya? dan apakah ada pengaruh dengan susu formula yang dia minum?,serta apakah anak saya mempunyai penyakit seperti diabetes keturunan.

  14. pak, saya sdg mmbuat skripsi ttg penenteuan status gizi dan pemamtaun tumbuh kembang anak secara online. klo boleh saya minta tlg, sy blm tau ttg pedoman penentuan status gizi balita yg menggunakan baku rujukan who 2005, soalnya kbanyan dibuku byk yg membahas penilaan status gizi berdasarkan WHO-NCHS. jika bpk berkenan sy minta bantuannya, trima ksh.

  15. anak saya Dhiya Syarifah, usia 2 tahun 8 bulan,tinggi badan 87 berat 12 kg. karena kelihatan kurus,,,dhiya sering dibilang kurang gizi…saya sedih banget….karena Dhiya anakknya cerdas, mata bening,soalnya menggemaskan lah….tolong saran dan bantuannya agar anak saya tidak di cap sebagai anak kurang gizi..

  16. dok mau tanya tentang seberapa sering anak batita normal dalam bab NYA kalo dia masih menyusu, dan bagaimana tanda-tanda awal anak mau sakit, makasi banyak……

  17. salamat malam dok..
    bayi saya acid baru 8 bulan 3 minggu, berat badan kurang lebih 10kg, tinggi 69 dan sangat aktif.. sampai demampun dia tidak pernah rewel, karena itu dia jadi gampang sekali berkeringat(menurut saya berlebihan) sampai baju basah keringat. cuman yang saya aneh, kalo setiap dia tidur,yang berkeringat banyak sekali tangan kiri dia..apakah ini normal?atau saya perlu datang ke dokter anak?terimakasih atas jawabannya dok

  18. selamat malam dok..
    saya mau tanya,anak saya bernama Muhammad Farrel berumur 2 thn 4 bln berat badannya 15 kg, tingginya 92 cm, yang sy mw tanyakan adalah.. dalam hal ini anak saya masih susah untuk berbicara dan susah untuk di ajak menirukan kata2 yang kita ucapkan tetapi kadang saat dia menangis bisa memanggil Mama dan Papa selebihnya untuk kata2 lain yang kita ajarkan tidak pernah di ikuti, kiranya dokter bisa memberi solusi kepada kami, terima kasih sebelumnya dok…..

  19. mamany kenzie
    saya punya tetangga.nah tetangga saya itu punya anak berumur 10 bulan tgl 11 september 2011.riwayat anak berat lahir 2 kilo,panjang 50.sekarang berat badanny 7.5 kg.masalahny adalah di umur ny yang ke 10 bulan anakny belum bisa merangkak ataupun duduk.hanya bisa tengkurep dan mengangkat tangan (seperti posisi push up),mundur jg jarang-jarang dan anakny tidak aktif bergerak.apakah anak tersebut masih termasuk normal atau kah perlu stimulasi khusus.karena selama ini yang saya lihat anak itu kebanyakan selalu digendong,jika di taruh di bawah dengan posisi tengkurep si anak suka rewel.terima kasih

  20. dok saya mautanya anak saya sekarang berumur 9 bulan, tapi beberapa hari ini si kecil sering sekali buang air besar kadang sehari bisa 4 kali,bagaimana cara mengatasinya dok? trim’s

  21. Dok anak saya sudah 5 bulan, kmarin saya dudukin, memang belum bisa duduk klo ga ditahan sama kedua tangannya siy, yg ingin ditanyakan, sudah mampukah tulang belakang bayi untuk duduk diumur tsb??, thanks

  22. Dok, anak saya Maicka lahir 1 Mei 2010 (22 bulan) – cesar,
    – gigi 6 atas – 6 bawah,
    – pola bicara lancar, sudah dapat meminta benda yg sudah di ketahui namanya (mimi, main, ayam, bobom (mobil2an), dll)
    – cara bergerak ngesot..(kaki bentangkan ke depan membentuk huruf O, bukan merangkak

    Pertanyaan apakah cara berjalannya diusia hampir 2 tahun masih tergolong
    “wajar” atau “bermasalah”? Apa yang menyebabkan dia takut untuk tatah?
    Kemana kami bisa konsult Spesialis Anak atau Spesialis Saraf (neurolog)? mohon bnatuannya, sebelumnya terima kasih…
    homat saya..

  23. Dok, anak saya perempuan umur 10 bulan..
    sampe dengan saat ini anak saya belum bisa duduk sendiri, akan tetapi kalau sambil depegang bisa duduk.
    apakan ini masih tergolong wajar atau tidak mohon bantuan nya dok saya tinggal d banjarmasin terimaksih
    hormat saya,
    jumari

  24. dok..saya punya 2 anak perempuan…yang pertama umur 8 th berat badannya 39 kg, yang kedua 2 th dengan berat badan 10kg..masalahnya anak saya yang pertama kelebihan berat badan, dan yang kedua berat badannya kurang. Jadi saya mau tanya keduanya Dok…gimana cara menurunkan berat badan dan menaikkan berat badan? makasih….

  25. dok saya punya anak perempuan 1thn 3 bulan trus udah bsa jaln tp masalhnya cara jalannya kok lain,agak ngangkang gitu..anak saya klo jln cpat bget tz kakinya kebuka bget gitu.
    bgMna cara mngatasinya yah dok agar gak ke bawa sampai besar nanti??makasih…

  26. Salam kenal Doc..

    Saya Rino, putri saya yang kedua bernama dinda, kini usianya 17 bulan namun berat badannya 5.8kg..dinda sejak usia 5 bulan sering diare dan divonis Dr Muzal RSCM Jkrt alergi susu sapi..kami merasa bingung tiap kali memeberikan makanan tambahan takut beresiko dipencernaannya, sekarang dianjurkan minum susu neocate + ASI jalan terus, tapi susah minumnya paling 1 hari 3 kali minum susu neocate dan tiap kali minum hanya satu sendok takar saja karena rasanya beda dengan susu formula pada umumnya dan lebih enak bila dibandingkan dgn pregistimil.
    Kami mau bertanya gimana caranya agar pemberian susu neocate dapat lebih maksimal apa boleh dicampur dengan Glutamat (merk apa?).
    dan Makanan tambahan apa yg bisa membantu tumbuh kembang dinda, sejauh ini bubur kami buat sendiri dan hanya campuran sayur wortel saja..
    terima kasih.

  27. Dok, anak saya 11 bulan 15 hari, tp bablingnya hanya mama, mamam ataau aem saja (klo liat makanan) tp itupun jaraang sekali. Tp kalo disuruh2 dia mengerti dan mau melakukannya spt dada, kissbye, tunjuk gigi, baju dll . Selebihnya dia hanya menunjuk saja sambil mengeluarkan suaraa hmmm saja. Apakah tumbuhh kembangnya bermasalah? Sudah harus ke klinik tumbang kah? Kalau pertumbuhan seperti duduk, berdiri sendiri sudah bisa semua.
    Thanx ya dok. Need your dvice

  28. ankq 10 bln blm bisa duduk sendiri,blm bisa merangkak dan tumbuh gigi.normalkah dok?gmn cara menstimulasinya agar tumbuh kembangnya optimal

    1. Coba lihat dulu kesini : KPSP 9 Bulan, bila semua pertanyaan dijawab YA. Lanjutkan dengan memberikan stimulasi sperti di dalam post ini tiap hari sekitar 2 jam. Sebisanya jangan seperti keharusan, tapi wajar seperti bermain saja. Saya tunggu feedbacknya.

  29. salam kenal dok, saya Icha (24 thn) biasa d panggil mama Husna. putri sy Husna(40 bulan)
    pada telinga keduanya terdapat titik seperti lubang anting tepatnya ujung atas bag. depan. kadang-kadang terasa gatal dan mengeluarkan cairan (sedikit) tp baunya amat menyengat. kadang beberapa bulan sekali telinga dalam kiri /kanan mengeluarkan cairan hijau terang,apa yg sebaiknya sy lakukan dok? trimksh

  30. Salam kenal dok… saya Tina ibu dari Furqon putera kedua saya yg selisih usia ama kakaknya 15 thn. Dok saya mau sedikit sharing n nanya nich… akhir2 ini saya banyak bertemu dg ibu2 yg memiliki putra/puteri yg menderita kejang. ada yg hanya sekali kejangnya, ada yg masih sering kejang, ada yg sejak bayi tapi ibunya tidak mengenali kejangnya dll lah. Terutama yg banyak tuh kejang tanpa demam, saya jd ngeri dok, apalagi lihat akibat yg ditimbulkan kejang itu. Nah saya udah browsing sih dok soal kejang itu, dan syukur saya mulai tahu, tapi ada yang mengganjal nich dok, anak saya suka sekali meregangkan tangan kaki ama badannya tuh, nah saat dia meregangkan gitu kan dia tahn nafas tuh dok gpp tuch… kadang jg sambil senyum2 sih meregangkannnya… gimana menurut dokter.
    Itu yg pertama dok yg kedua, sy punya keinginan agar anak saya minum asi aja tanpa sufor, usianya sekarg 2,5 bln. Di awal2 sy memaksakan untuk asi eksklusif tapi menurut suster produk asi sy msh kurang jd akhirnya sy tambh sufor (anaknya minta asi hampir 30 menit sekali). sekrg sy mencoba mengurangi lg sufornya bertahap, tp ada kekhawatiran nanti anak saya kurang gizi dll, karena ya gitu dia minta minum 1 jam sekali. tapi habis mium bobo lagi, jika dia memintanya agak sering baru saya kadih sufor. buat tambahan info saya pernah operasi hypertrophy mammae th 95 dg pengangkatan 9 ons kiri 9 ons kanan. Nah menurut dokter bener ga yang saya lakukan itu, hbs mank kadang2 saya pencet payudara saya tidak terlihat ASInya… nah kalo gt baru saya kasih sufor anaknya.
    Maaf dok sharing saya kepanjangan yaa… tapi tolong di baca dan kalu bisa di balas ya dokter. Makasih.

  31. Maaf dok saya mau tanya,. Anak saya baru berusia 4bln, susah minum asi, susah tidur, terus skg kelopak matanya agak kehitaman dan tangannya agak kebiruan. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?
    Terimakasih

  32. dok, anak saya 3 bulan 2 minngu, tidak sering ngoceh dan tidak ketawa sendiri (pertanyaan terakhir di KPSP 3 bulan) stimulasi apa yg harus diberikan? terima kasih

    1. dok …saya mau tnya anak qu umur.y 3 bln lbih 16 hri
      dya klo liat sya makan udh kyk yg kepengen smbil gerak2n mulutny kyk org makan..
      apa udh bleh dksih mkan…

  33. mlm dok…anak saya umur 14 bln tp keinginan untuk berjalan itu msh dikit banget bahkan dia blm bisa berdiri sendiri kalau saya ajarin jalan dia sering berontak dan nangis bagaimana solusinya ya…..

  34. Dok,begini anak saya berumur 2th dan belum lama ini dia dilatih gak minum ASI lagi dan udah berhasil,tapi saya bingung berat badannya malh turun,badannya malah tambah kurus,nafsu makan dan minum susunya kurang.saya bingung dok harus bagaimana,tolong kasih solusinya.

  35. Selamat Malam Dok

    Dok, Anak saya berusia 2 tahun 6 bulan. Sampai saat ini dia tidak terlalu berkomunikasi untuk mengungkapkan keinginannya. Bila marah dia hanya mengunakan bahasa tubuh. Sangat jarang berkomunikasi dengan orang dewasa.Tetapi dia sudah dapat menyanyikan banyak lagu dan dapat memperagakan gerakannya. Bagaimana cara menstimulasi anak agar mau berkomunikasi dan mengulang apa yang kita ucapkan dok?

    Mohon solusinya
    Terima kasih

    1. Stimulasi berbicara pada anak usia 2 tahun 6 bulan bisa dilihat disini. Sangat jarang itu bagaimana membuatnya menjadi kwantitatif ya? Apa setiap hari dia tidak menyapa kedua orangtuanya? Hanya bernyanyi-nyanyi saja? Sebaliknya apakah anak cukup diajak berbicara. Memang untuk stimulasi berbicara harus dimulai dari kita dulu yang ‘cerewet’ bahkan harus bicara sendiri terkadang. Saya berharap bisa terus follow up anak ibu. Trims.

  36. dok mau tanya anak susah bgt naik berat badan umur nya 1 th 10 bulan berat nya masih 10 kilo aja..kenapa ya dok..makan kadang2 susah ,kadang2 mau tp beratnya ga naik2,

    1. Ada beberapa kemungkinan :
      1. Memang asupan yang kadang-kadang itu tidak cukup untuk anak. Jadi ya Kebutuhannya untuk aktivitas tidak pernah mencukupi bahkan bisa jadi diambilkan dari ototnya yang ada sekarang.
      2. Mungkin yang kadang-kadang itu cukup, tapi metabolismenya tergolong yang cepat. Sehingga jadinya ya tetap habis terbakar sebelum sempat disimpan.
      3. Aktivitasnya juga bisa jadi sangat aktif sehingga apa yang jadi intake-nya tidak cukup.

      Anak baru bisa mendapatkan kenaikan berat badan (DEPO) apabila intake makanan (CONSUMPTION) dikurangi metabolisme (BASAL METABOLIC) dan aktivitas (ACTIVITY) masih ada lebihnya,

      D = C – (B+A)

      Dengan begitu, intake makanan haruslah mencukupi dari segi kalori dan ragamnya mencukupi untuk kegiatan dan metabolisme baru anak bisa bertambah berat badan.
      Demikian.

      Kalau tidak keberatan untuk pemantauan lebih baik terhadap status gizi anak ibu, silakan sms dengan ketik INFO1 kirim ke 085334935849. Nanti akan saya umpan balik status gizinya.

  37. malam dok….anak sy 2thn pas, untuk tengkurap,duduk,merangkak dan jalan sudah sesuai dengan waktunya, hanya sudah 2thn ini terbatas bgt omongnya,dipanggil tidak noleh dan tidak mau bersosialisasi dgn temannya dan sngat suka ngemut jari…apakah bisa dibilang normal..krn beda sekali dng kakaknya.Dalam ksharian aktif dgn bb 12kg tb 90cm.

  38. siang dok..
    Dok,anak sy umur 17 bulan tp smpe saat ini dy blm bs bngun duduk sendiri,tp kalo di dudukan dy sdh kuat bhkan sampe berjam2 pun kuat,dy jg blm bs merangkak,dy hanya berguling2..tp dy slu mnta untuk diberdirikan,dy jg bs seimbang kalo brdiri tp tentunya msh berpegangan pada kursi,,dy jg kalo di tatih bs melangkah 2 smpe 3 langkh..gi2 nya sdh bnyk tumbuh,bicaranya msh blm lncar tp dy suka kalo ada suara2 musik..Dy jg suka nton iklan yg ada bayi2 di tv,,dymakanya susah bnget,gk mau minum su2 formula hanya mau minum air pth dan asi.
    Bagaimana solusinya dok agar anak sy cpt duduk merangkak ato pun jalan..

  39. selamat malam dok..dok sy mau tanya..sy punya baby cewek umur 9 bulan berat hnya 6,3 kg..wkt7 umur 8 bulan berat 6,5 kg tp jd turun krn batuk pilek..wktu lhir berqt 3,2 kg pnjang 49… bayu sy asi eksklusif dok..di bulan pertama kelahiran naiknya 800 gr trus 500 400 trus 300 an…waltu ir 1 bln smpe 3 bln sering bapil n minumnya sedikit2 tp seribg cm 5 menitan dan kadang tdk mau minum di payudara kanan akibatnya produksi asi sy yg kanan sdh jauh berkurang…klo makannya lahap dok porsinya sekitar 100 mg sy buatin bubur sendiri..kadang laukny cm thu twmpe kadang ikan daging ayam…trus buburny jg sy kasih sufor..skrg sudah mulai nasi n sy tambah margarin n keju katanya buat nambah bb…apa benar dok?jg hbis mkan sering bab dok kadag sehari 2-3 kali..bagaimanaa y dok cara menambah bb anaksy dg cepat? klo pke sufor merkny apa dok n berapa cc? n menu makannya apa dok? trimakasih bnyk dok atas jawabannya

  40. selamat pagi dok…
    anak saya umur 21 bulan, laki-laki tpi berat badan tidak naik2 hanya 8kg
    dya aktif dan lincah hanya saja tidak mau makan dan minum susu juga susah…
    apa yang harus saya lakukan agar berat badan anak saya naik dan tetap aktif?
    mohon bantuan untuk masalah saya ini dok..terima kasih

Leave a Reply to adit Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s