Nutrisi Balita

nutrisi untuk balita Disini saya akan ditemani istri tercinta Madihah, SKM — ahli Gizi — untuk menjawab pertanyaan Bapak Ibu tentang makanan yang sehat dan zat nutrient yang dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak.

Untuk Masalah Balita Sakit atau Masalah Balita Sehat, mohon ikuti link masing-masing ..

Baiklah bapak-ibu, sudah makan apa saja bayi, balita dan anak kita?

Advertisements

394 thoughts on “Nutrisi Balita

  1. Dokter, saya mau tanya
    Anak saya perempuan, 22bulan, BB 9,1kg, TB 88cm. Aktivitas dalam rumah. Kemarin saya asi, saya stop di 22 bulan karena jika anak saya tidak minum asi, dia makan jadi banyak, dan minum susu UHT sangat suka, kurang lebih susu uht dalam sehari 300ml. Saya berikan pediasure tidak suka dok. Makan ayam, lele, daging, tahu dia suka dok, dia makan banyak kalau dia lapar dok, kalau saya jadwalkan tidak bisa, jadi kalau 3 jam sblmnya habis ngemil, dia makan pasti sedikit, tapi kalau tdk ada cemilan, makan dia banyak dok, tapi jarak 5-6jam .Mohon solusinya dokter, vitamin atau tambahan apa lagi yg harus saya berikan, apa scot emulsion bagus dok?

  2. Dok, anak saya perempuan umur 9 buman berat badan 7,5 kg. Susah sekali makan.. Instan atuapun homemade susah. Gtm parah dok, ga mau buka mulut. Dan dr lahir termasuk yang rewel, sering nangis, cepet emosi, nangisnya kenceng, gak mau digendong sama yang lain kecuali sama sy ibunya. Sy fikir anak sy kolik, tp apa smpai 9 bulan dok? Anak sy maunya nyusu asi terus dok, gak mau yang lain. Pernah dikasih aufor sekali malah mencret. Sebaiknya apa yang bs saya lakukna supay anak ssaya mau makan dan tidak rewel/menangis terus dok. Terimakasih sebelumnya..

  3. Salam kenal dok, anak saya fattah umur 12 bulan BB lahir 3.2 dan sekarang BB 7.5 susah makan. Suka gelisah kalo tidur malam. Apa sebaiknya saya sambung Sufor ya?

  4. Dok,

    Anak saya umur 15bulan, bb nya 9 kg, tb 75cm.
    Menurut dokter berat badannya masih normalkah?
    Kemarin sempat susah makan selama 1 bulan.

    Idealnya bb nya berapa ya dok?
    Bagaimana cara meningkatkan BB nya, dok?

    Makan pagi : 07.30
    Sebelum tidur minum ASIP sekitar 60-70cm dan semangkok buah naga
    Makan siang : 12.00
    Snack jam 1 : biskuit dan ASI direct mom
    Jam 3 : ASIP sebelum tidur 70ml

    Makan malam : 17.00
    Jam 18.00 snack buah atau biskuit/ASI direct mom
    Jam 20.00 ASI

  5. Dokter anak saya umur 18 bln bbnya 9.7..tingginya 80…sdh dua minggu ini pilek tak sembuh2…mknnya pun susah saya kasih vitamin minyak ikan …tp dia sktif dokter yg jd pertanyaan saya kenapa bbnya cuma sgitu trus pileknya tk sembuh trima kasih dokter

  6. Malam dok, sy ibu dr alesya. Skrg umurnya 17 bln dan berat badan 8.5 kg lahir 2.12 kg dengan riwayat lahir kelilit tali pusar dan ada penyumbatan di plasenta makanya bbnya rendah dan harus segera di sc tetapi sdh ckp bln untuk melahirkan (klo gak salah 34 week. Untuk Makannya lahap 3x sehari dan dia sdh makan nasi seperti org dewasa sejak 9 bln. Dan baru bbrapa bln ini dia suka sufor sejak lahir smpe 9 bulan asi, susah sekali dikasih sufor. Skrg makannya 3x sehari, sufornya 3 botol @90 ml, susu uht 2 @125 ml dan cemilan/buah 2x. Yg saya mau tanyakan apakah normal bbnya segitu dok dan gmn dgn pola makannya apakah berlebih atau sdh sesuai. Apakah yg harus sy tambahkan dok?
    Trims, maaf kepanjangan dok.

  7. Dok, anak saya laki2 umur 23 bulan, BBnya cuma 10,5 kg, grafik pertumbuhanya memotong garis, saya harus gmn ya dok, apa harus konsul ke dsa ya, ini lg sakit perut gak mau makan sama sekali, ditimbang bidan turun jd 10 kg..gmn ya dok solusinya, terima kasih

  8. Dok, anak saya umur 20 bulan, BB 8,1kg, TB 74 cm, Lingkar kepala 45cm,,, saya sangat khawatir dengan perkembangan anak saya karena BB nya berada pada garis kuning KMS, kemudian tingginya pun lbh pendek dibandingkan dengan teman seusianya, tapi anak saya aktif dan ceria,. Memang sebelum nya melakukan pengobatan TB paru selama 6 bulan dan sudah dinyatakan tuntas oleh dokter yang memeriksa ya, tapi setelah 2 bulan beres pengobatan TB paru, perkembangan anak saya masih seperti itu BB dan TB nya kurang, makan nya juga masih susah, sudah 6 botol vitamin saya kasih dari awal TB paru hingga sekarang, tapi masih seperti itu, saya khawatir dengan anak saya, harus seperti apa dok saya memberikan nutrisi nya, sedangkan makan aja dia susah, supaya perkembangan nya sesuai umur, tapi kalo perkembangan motorik nya sudah sesuai dok, sudah bisa naik tangga, lari, corak coret, sudah beberapa kata yang bisa diucapkan, mohon informasi nya dok,

  9. Dokter, anak saya laki2 umur 5th 2bln, bb 13kg, tb 100cm, susah sekali untuk bisa menaikkan berat badannya walau sudah di beri vitamin & sufor, anak aktif seperti anak2 seumurannya, beberapa bulan terakhir ini tiap bulanny sering panas 1 -2 hari, mohon solusinya dokter krn saya khawatir dengan perkembangan anak saya yg bb ny di bawah anak2 seusianya? terima kasih

  10. Salam kenal dokter.
    Anak saya usia 18 bulan bb 20kg dan tinggi 90cm. Yang mau saya tanyakan adl bagaimana cara menurunkan bb anak saya agar tidak obesitas, padahal makan setiap harinya sudah diet rendah karbo dan tinggi protein, susu formula hanya 2x 160ml saja, ngemil juga hanya pure buah asli tanpa gula.
    Mohon pendapat ahli dari dokter.
    Terima kasih sebelumnya.

  11. Salam kenal dokter
    Anak saya umur 10 bulan per 30 Januari kmrn, BB 7,8 kg dan TB 72 cm…
    Sudah 3 minggi ini Makannya susah sekali dok, cm mau makan ayam dan ikan, nasi atau kentang cm masuk 2-3 sendok makan bayi setiap kali makan.
    Anak saya ASI dok, cuma sesekali saya beri sufor klw ASI tidak cukup saja 1 bulan belakangan ini.
    Apa yang harus saya lakukan untuk mencukupi nutrisinya dok?
    Terima kasih sblmnya dok.

  12. Dalam kenal dok,saya memiliki anak dg usia 19 bulan bb 8,5 kg. Saya mau konsultasi tentang anak saya yang sering BAB, berawal dari saat sebelum saya beri susu formula D*NC*W ,BAB anak saya tidak begitu sering paling tidak sehari cuma 1x/ kadang sehari tidak BAB. dan setelah saya beri D**COW dus uk kecil BAB nya tidak apa2 masih sehari 1/2x an tupun tidak sering n setiap hari sampai habis . Karna anaku suka akhirnya mencoba belikan dg ukuran besar. Tapi malah terjadi BAB sehari 2-3x itu setiap harinya palagi setelah dia makan. Lalu saya tidak melanjutkan susunya .tapi malah sampai sekarang BAB nya masih sering berlanjut dan setiap hari 2-3 kadang 4x dalam sehari. Bagaimana dok kenapa dengan pencernaan anak saya ya ? Jadi setiap makanan masuk jadi harus keluar terus karna BAB nya sering. padahal Anak saya juga sangat aktif tapi juga makannya gak begitu lahap kadang mau kadang enggak.

  13. Dok anak sy lahir 4 okt 2017, skrg 17bln bb nya masih 8,7 tb 72cm, makannya sulit bgt, sdh minum sufor jg, bicaranya jg blm jelas, jalannya kadang masih sempoyongan, gmn ya dok? Di tempay sy ga ada klinik tumbuh kembang. Mohon sarannya

  14. Sore dok, sy mau bertanya..anak laki2 sy usia 1,5 tahun beratnya 8,8 kg..sdh 3 bulan belakang ini beratnya tdk ada perubahan. Anaknya memang susah makan..tp kalau pagi selalu sy beri 1 mangkuk kecil bubur biskuit milna dan qucker oat..tp kalau siang dan sore tdk mau makan nasi, kalaupun mau hny 2 sm 3 sendok teh. Minum susu uht 250 ml sehari dan sisany msh asi. Anaknya sangat aktif hny sj badanya terlihat kurus..apa yg harus sy lakukan y dok agak bb anak sy bs naik ke bb normal?

  15. Pagi dok, dok saya mau tanya..
    Anak saya edmund berumur 2 perkenalkan, nama saya. Ibu monica , dok mau tanya anak saya berumur 3 tahun kurang 3 bulN namun tapi bb nya seminggu yg lalu hanya 6,8kg tinggi 78cm, saya sedih dok semua orang menganggap anak saya kekurangan gizi, padahal saya selalu memberikan makan2 yang berkalori banyak dan juga bervitamin, anak saya juga suka sayuran, anaknya saya termasuk anak yg gak neko2 makan apa aja mau, buah2an apapun suka.. Susu uht juga minum, pertumbuhannya jg cepat, seperti berbicaranya sudah banyak bahkan sudah dapat berbicara per kalimat.. apa yang salah dengan anak saya ya dok? Saya merasa bersalah karena saya juga harus bekerja dok, saya sedih dok.. Mohon reply nya ya dok, terimakasih..

  16. Dok, mohon pencerahannya 😁 Anak saya umur 24bulan, BB hanya sekitar 10,8 – 11,1kg. Ini anak pertama saya, dan dia ASI. Sejak umur 10bulan dia mulai susah makan. Setiap makanan yg di hidangkan dia gak mau. Sampe dia udah 24bulan ini, makanan nya cuma Nasi dan krupuk aja. Padahal udah segala cara dan ragam makanan yang saya berikan. Dan saya saat ini sudah gak tau lagi harus beri apa ke anak ini agar dia mau makan yg mengandung zat besi, dan vit lainnnya. Udah ke DSA, di kasih beberapa vitamin yg isinya kebanyakan Zinc, tapi ttp aja, nasi lagi nasi lagi yg dia mau. Hopeless nih dok. Sedih banget liat anak gak mau makan. Trus skrg di anjurin DSA nya minum pedia****, malah dia makin malesss makan 😭😭😭😓😓😓 gimana yah dok cara tepat agar dia mau makan semua makanan bergizi? 😣 Thx anyway yaa dok..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s