Nutrisi Balita

nutrisi untuk balita Disini saya akan ditemani istri tercinta Madihah, SKM — ahli Gizi — untuk menjawab pertanyaan Bapak Ibu tentang makanan yang sehat dan zat nutrient yang dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak.

Untuk Masalah Balita Sakit atau Masalah Balita Sehat, mohon ikuti link masing-masing ..

Baiklah bapak-ibu, sudah makan apa saja bayi, balita dan anak kita?

Advertisements

366 thoughts on “Nutrisi Balita

  1. Dok,saya mau tanya anak saya umur 4 tahun 10 bulan bb nya 15kg dan tingginya 106cm apakah normal karena bb nya udah 1 tahun ini ga naik2,anak saya ini aktif banget dok, untuk gizinya harus saya kasihkan apa dok supaya naik bb nya karena anak saya hanya suka makan bakso aja yang tidak mau. terima kasih ya dok

  2. Dokter anak saya saat ini usia 7 bulan jalan 8,kemarin ketika timbang banyak yg bilang kepala anak saya terlihat besar,nah saya mencoba berkonsultasi ke Puskesmas terdekat setalah diukur,ukuran lingkar luar kepala anak saya 48 cm,apakah itu normal atau tidak dokter,lalu bagaimana mengatasinya?

    • Untuk lingkar kepala anak usia 8 bulan normalnya 45,5cm. Dengan asumsi anaknya cowok dan pengukurannya betul maka itu memang sudah tergolong macrocephalia, meskipun mungkin saja patologis tapi juga banyak yang kepala besar adalah normal dan sehat. Jadi langkah selanjutnya yang saya sarankan adalah cobalah berkunjung ke dokter anak atau ke poli tumbuh kembang di rumah sakit. Yakinkan dulu pengukuran yang dilakukan sudah benar, kemudian kalau diperlukan jalani pemeriksaan yang diminta oleh dokter spesialis anak dan mintalah penjelasan. Demikian, ibu.

  3. dok…. anak saya umur 2 tahun 1 bulan, tp g mau minum sufor apapun, semua udh dicoba.. tp sama susu kedelai atau soya suka banget, gimana dok, apakah anak saya boleh konsumsi susu kedelai buatan sendiri setiap hari ?? karna soya yang khusus bayipun ga mau minum, tolong ya dok. solusinya.., terima kasih

  4. dok…. anak saya umur 2 tahun 1 bulan, tp g mau minum sufor apapun, semua udh dicoba.. tp sama susu kedelai atau soya suka banget, gimana dok, apakah anak saya boleh konsumsi susu kedelai buatan sendiri setiap hari ?? karna soya yang khusus bayipun ga mau minum, tolong ya dok. solusinya.., terima kasih

    • Dua tahun harusnya tercukupi dengan makanan rumah. Menu makanan lokal. Lebih baik memberikan menu makanan gizi berimbang (dulunya 4 sehat 5 sempurna). Jadi kebutuhan susu pun bisa dihilangkan kalau sudah tercukupi dari sumber nabati atau hewani lainnya.

  5. Dok anak sy 3,5 bln Bb lahir 3,3kg pnjg 50cm skrg bb 6,1 divonis alergi susu sapi,awalnya pke bebelove 1 selama 1mggu diare sehari smpai 7x bab berlendir dan bisulan d kepala,setelah itu gnti bebelove fl selama 2mggu mencret berhenti bab jd 2hari sekali bisul sembuh namun bisul muncul lagi,dan merah2 dileher serta punggung,ganti susu morinaga php tapi bisul dan merah2 tambah parah sekarang minum morinaga soya namun bisul dan merah2 masih timbul belum mereda, bagaimana dok jika anak sya alergi susu sapi,ha,php dan soya?

  6. Dr. Sya mw tanya, anak sya laki-laki umurnya 5 bulan, BB saat lahir 3,300 & skarang BB anak 5,500 tinggi badannya 164 cm, anak sya tdak ASI lagi, krna air susu sya stlah mnyusui 3 blan air susu sya sdkit & tdak kluar lagi,sya mnggunakan susu formula. dengan umur 5 bulan,apakah BB anak masih dikatgorikan Normal ato tdak dok, bnyak yg blg anak sya trllu kurus, tpi anak saya tdak pernah sakit, aktif bergerak,tengkurap, tdur mnyamping kiri & kanan, respon trhadap suara smua normal dok. Bgman sya mnaikan BB anak saya dok?. Tlg jwbannya dok. Terima kasih

  7. Dok mau tanya, anak saya umur 5 bulan bayi perempuan bb 6, 5,, sudah 2 bulan ini naik berat badannya cma sedikit waktu 4bulan hanya naik 3 ons jadi 6, 4, dan saat 5 bulan hanya naik 1ons, padahal menyusu nya kuat, selama ini hanya diberi ASI apa sebaiknya ditambah MPASI agar BB nya naik? terima kasih sebelumnya

  8. dok saya mau tanya anak saya skr umur 18bln susah sekali makan… tapi kalo cemilan macam kerupuk ato kue yg agak keras dia mau…. sebelumnya bb 11kg skr turun jadi 10.5kg,,, apakah msih normal?

  9. dok saya mau tanya anak saya skr umur 18bln susah sekali makan… tapi kalo cemilan macam kerupuk ato kue yg agak keras dia mau…. sebelumnya bb 11kg skr turun jadi 10.5kg,,, apakah msih normal? anaknya sangat aktif lari kesana kesini… naik2 tangga ato aktifitas bermain lainnya.. giginya sdh hampir lengkap,,, sdh coba ksih nasi dgn sop,, bubur ayam, nsi dgn ikan ttp tidak mau… terkadang bisa makan banyak hanya dgn nasi putih saja… adakah saran supaya bb nya bisa naik?
    krn sebelum mencapai usia tersebut nafsu makannya lumayan dok

  10. Sya ibu Ningsih, Maaf Dokter TB anak skrng 64 cm ( saat lahir TB 50cm) dokter, bukan 164 dok sya slah menulisnya pda postingan prtnyaan sya yg pertama. Terima kasih

  11. Dok mau konsultasi ??
    Dulu waktu kecil usia 9bln pernah sakit bronkitis sama kembung smpai akhirnya anak disuruh khitan sama dr.sugeng dan pada saat itu pendarahan sngat banyak. Akhirnya pas di malam hari mata anak saya melirik ke atas dan anak saya koma selama 8hari sama tambah darah 1kantong. Sehabis itu scanotak, rongsen juga saya lakukan semua tapi tidak ada penyakiit . Akhirnya disuruh tes ambil cairan tulang sum2 saya sekeluarga tidak setuju dan akhirnya di kasih obat SEMAX. Setelah ditetesi obat semax selama 2hari anak saya sadar dari koma’nya .
    syukur alhamdulillah.
    Tapi maslahnya anak saya sekarang sudah usia 4thn 2bln bicaranya masih belum lancar smpai sekarang ??
    Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang ??
    Vitamin apa yg harus saya kasihkan pada anak sayya ??
    saat ini apa yg harus saya lakukan dok ??

  12. doc sy mau nanya…anak perempuan sy udah 2y6m.wt=9.3kg h=86cm…soalnya dia makannya kurang doc..ngak mau dipaksain..vitamin juga udah dikasi..sufor nya 240×2/3 sehari..tapi apa mungkin faktor gen ayhnya ya doc.ayhnya tipe yg makan dikit cepat kenyang..emag kurus juga sih..

  13. Dok, saya mau konsultasi soal pertumbuhan anak saya. Kalau perkembangannya, insyaAlloh tidak masalah. Anak saya (Dirgantara) terlahir dgn BBL 3.6kg dan PBL 49. Full ASI 6 bulan pertama kehidupannya, usia 5 bulan lebih 1minggu mulai tampak gigi pertamanya. Saat ini usia nya menginjak 19 bulan lebih 8 hari. Makannya lahap, apa saja mau sejak dia mulai makan makanan keluarga (1thun), hanya sesekali saja agak susah makan tp tdk berlangsung lama. Hampir tdk pernah sakit, hny batpil biasa (itupun tdk disertai demam), pernah ariawan 1X dan pernah diare sekali. Sejak usia sekitar 8 bulan krn sya kurang rajin pompa ASI lagi di kantor, maka sudah mulai sya kasih sufor. Krn sufor sapi dia muncul alergi (ditandai dgn ruam merah di sekitar mulut dan wajah serta bagian tubuh yg terkena tetesan sufor sapi. Ketahuan saat memberikan MPASI gandum campur sufor). Akhirnya, pilihan jatuh pada soya.. Soya berlangsung sampai setahun dan nampaknya dia mulai bosan, hanya sedikit konsumsinya. DSA menyarankan ganti merk soyanya, tapi krn merk tsb susah sekali menemukan di daerah saya, hanya ada di satu apotek dan jika stok di situ habis kelabakan deh. Akhirnya kembali ke soya sebelumnya. Singkat cerita, saat ini BB anak sya 8.5kg dan stag di nerat sekian sejak 3 bulan yg lalu. Sudah 3kali penimbangan di posyandu BB nya tetap. Lingkar kepala 47cm dan TB nya skrg 76cm. Hanya, seminggu ini sejak masuk ramadhan agak susah makan..pakai ikan dipilih ikannya saja, pakai telur pun masih alergi juga sejak 7 bulan dikenalkan dlu, tahu tempe, ayam dia suka. Tahu yg paling dia suka. Sayur dia suka, buah dia juga suka. BB nya sudah masuk di garis kuning dok, walaupun tdk sakit, aktif, dan ceria, tapi saya khawatir kalau penimbangan yg akan datang BB nya masih sama.
    Sampai sekarang ASI nya masih, setiap saya sudah di rumah (sore s.d. malam).

  14. Dok, saya mau konsultasi soal pertumbuhan anak saya. Kalau perkembangannya, insyaAlloh tidak masalah. Anak saya (Dirgantara) terlahir dgn BBL 3.6kg dan PBL 49. Full ASI 6 bulan pertama kehidupannya, usia 5 bulan lebih 1minggu mulai tampak gigi pertamanya. Saat ini usia nya menginjak 19 bulan lebih 8 hari. Makannya lahap, apa saja mau sejak dia mulai makan makanan keluarga (1thun), hanya sesekali saja agak susah makan tp tdk berlangsung lama. Hampir tdk pernah sakit, hny batpil biasa (itupun tdk disertai demam), pernah ariawan 1X dan pernah diare sekali. Sejak usia sekitar 8 bulan krn sya kurang rajin pompa ASI lagi di kantor, maka sudah mulai sya kasih sufor. Krn sufor sapi dia muncul alergi (ditandai dgn ruam merah di sekitar mulut dan wajah serta bagian tubuh yg terkena tetesan sufor sapi. Ketahuan saat memberikan MPASI gandum campur sufor). Akhirnya, pilihan jatuh pada soya.. Soya berlangsung sampai setahun dan nampaknya dia mulai bosan, hanya sedikit konsumsinya. DSA menyarankan ganti merk soyanya, tapi krn merk tsb susah sekali menemukan di daerah saya, hanya ada di satu apotek dan jika stok di situ habis kelabakan deh. Akhirnya kembali ke soya sebelumnya. Singkat cerita, saat ini BB anak sya 8.5kg dan stag di nerat sekian sejak 3 bulan yg lalu. Sudah 3kali penimbangan di posyandu BB nya tetap. Lingkar kepala 47cm dan TB nya skrg 76cm. Hanya, seminggu ini sejak masuk ramadhan agak susah makan..pakai ikan dipilih ikannya saja, pakai telur pun masih alergi juga sejak 7 bulan dikenalkan dlu, tahu tempe, ayam dia suka. Tahu yg paling dia suka. Sayur dia suka, buah dia juga suka. BB nya sudah masuk di garis kuning dok, walaupun tdk sakit, aktif, dan ceria, tapi saya khawatir kalau penimbangan yg akan datang BB nya masih sama.
    Sampai sekarang ASI nya masih, setiap saya sudah di rumah (sore s.d. malam).
    Mohon pencerahannya Dok.
    Terimakasih..

  15. Ass dok .saya bingung bangt nih .anak saya dzakira qnak permpuan usia 17 bulan bb 8.9 ons .apakah anak sya normal atau gimna. Terus solusinya apa ya dok .anak sya kalo makan susah .terus sya minta vit ke dokter yg bgus apa.tpi malah marahin sma dokter .bukan d kasih solusi.gimna dong dok solusinya biar nafsu makannya bertambah berat bdannya jga bisa naik .sya tkut bangt dok.dia mash asi .sufor paling 2x sehari itu jga ga mau bngt .bantu saya dok.

  16. Selamat siang dan salam kenal dok.
    Saya ingin menanyakan beberapa hal seputar tumbuh kembang anak saya. Nama anak saya Yudha (laki2), umur 4,5thn, BB 29, TB 110, sangat aktif sekali dan makannya pun doyan. Saat ini masih minum sufor sehari 2-3x. Saya ingin memberi dia multivitamin untuk pertumbuhan nya. Baik untuk kecerdasan otaknya maupun tulangnya. Yg saya tanyakan, apakah tidak apa-apa memberikan multivitamin sprt itu dok? Karena takutnya nafsu mknnya malah menjadi2. Terima kasih

  17. Selamat siang dan salam kenal dok,
    Anak saya Fathya usia 9 bulan. Sejak awal MPASI makannya lahap. 2 minggu terakhir ini makanannya disembur2 terus. Saya coba menu finger food berupa sayur/buah. Fathya antusias makan sendiri, tapi itu pun hanya dikunyah kemudian dilepeh lagi.
    Yang ingin saya tanyakan, Apakah gizi Fathya bisa tetap terpenuhi dengan kebiasaan makan seperti itu? Jika tidak, bagaimana mencukupi kebutuhan gizinya?
    Terima kasih sebelumnya…

  18. Selmat siang,anak sya perempuan skrg umurnya 14bln, bb terakhir 9kg tb 78cm kl ga slh, berat lahir 3,1 , tinggi lahir 49cm melalui oprasi sc.. yang jadi pertnyaan anak sya juga sulit sx mkannya, smpe skrg mknnya masi tim klo dikasi nasi berkuah dilepeh lagi.. tapi kalo mkan buah biskuit puding ato syur” yg dikukus contoh wortel ank sya mau, skrg udah tidak asi sejak 10bln karna asi sya kering, apakah normal ??

  19. Dear Dokter,

    Berikut data anak Saya :
    – Jenis Kelamin : Perempuan
    – Usia : 4 Bulan 21 Hari
    – Tanggal Lahir : 1 Mei 2016
    – ASI Eksklusif
    – Berat Badan :
    BBL : 3,3 kg
    1 Minggu : 2,8 kg
    1 Bulan : 3,961
    2 Bulan : 4,4 kg
    3 Bulan : 4,7 kg
    4 Bulan : 5,4 kg

    – Panjang Badan :
    0 Bulan (Lahir) : 45 cm
    1 Bulan : 51 cm
    2 Bulan : 55 cm
    3 Bulan : 60 cm
    4 Bulan : 65 cm

    apabila dilihat dari kenaikan BB nya minim sekali, saya sudah plot di Chart WHO kenaikan BB nya tidak mengikuti kurva normal dan naik turun..
    Namun, apabila Panjang Badan di plot di kurva (Z Score) hasilnya baik sekali, panjang lahir score nya -2 sedangkan saat ini sudah berada di kurva normal (0)

    Yang ingin saya tanyakan,
    1. apakah status anak saya termasuk gagal tumbuh atau tidak?
    2. apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan BB nya? saya masih ingin ASI Ekslusif saja.
    3. Sejauh mana saya harus mempertimbangkan pemberian sufor atau MPASI Dini mengingat apabila dilakukan MPASI Dini banyak sekali resiko yang ditimbulkan.

    Terimakasih atas jawabannya.

  20. dear dokter
    anak saya perempuan isia saat ini 17 bulan berat badan saat ini 8kg,saat lahir berat 2,5kg..anakny aktif bermain tapi agak susah kalo makan nasi dan sayur tapi suka skali makan buah,sampe skg masih asi dibantu sufor dan uht,bagaimana carany agar anak sya agtar doyan makan dan bisa bertambah beratny y dok?

  21. Sore dokter anak saya laki2 umurx sudah masuk 2 tahun tapi sulit sekali makan maunya minun susu saja lalu berat badanya hanya 10kg. Mohon penjelasanya. Terimah kasih

  22. Malam dr..anak sy usia 6 thn bb msh 18 kg krg dgn tinggi bdn 110 cm, sdgkan adiknya umur 4 thn kurang 2 bln bb 15.3 kg dgn tinggi bdn 100 cm. Sy merasa tunbuh kembang fisik anak 1 sy sgt2 kurang, jd kmn2 pst mereka dikira anak kembar.sy smpt disaranka dr ikut test mantoux, tp yg sy baca ktnya kl sering batuk berulang, ada lg yg blg sebaiknya test hormon. Mana yg sebaiknya sy lakukan ya dr utk menscreening ada apa sbnrnya dgn anak 1 sy ini.. oh ya 2-2nya cewek dr, lincah aktif dan perkembangan motorik dan otaknya semua normal, bahkan tmsk ranking di sklh. Yg sy kuatirkan hanya perkembangan fisiknya saja. Mohon bantuannya dr, sebaiknya cek mantoux dl atau cek hormon dl?

  23. Dok maaf ya saya mau nanya. Anak saya skrg usiax 19 bulan tp berat badanx cm 8,2 kg, selama 6 bulan anak saya asi full, dan setelah 6 bulan saya beri tambahan sufor dan bubur tp kenapa ya anak saya sulit sekali munum sufor dan makan? Padahal saya sering sx ganti2 menu makanan dan hampir semua jenis susu saya sdh coba,ttp aja tidak suka. Tapi anak saya tidak terlambat dalam berbicara dll.
    Jujur dok, saya sangat stres hadapi anak saya?
    Tolong dok berikan solusix, terimkasih dok 😇☺

  24. Salam kenal dokter, saya yuni ibu dari faina. Anak saya tgl 16 Oktober mendatang 17 bulan, terakhir ditimbang BB nya hanya 9,1 kg. Anak saya lincah, aktif, ASI+sufor sejak lahir.
    Yang mau saya tanyakan, mengapa BB anak saya sulit sekali naik bahkan mencapai ideal nya pun sulit sekali, padahal saya jg sudah kasih beberapa jenis bahan makanan tambahan untuk menaikkan BB anak saya, seperti madu, butter, evoo, keju. Makan normal 3x sehari, ngemil tidak dijadwal semaunya dia tp sering, bahkan bisa dikatakan anak saya banyak makannya. Tapi kenapa ya dok sulit sekali menaikkan BB anak saya. Apa yg harus saya lakukan dokter? Terimakasih .

  25. Dok anak aku 10bln dia lagi susah makan, nyusu pun cuma pas mau tidur aja, anak ku asi eksklusif, tapi berat badan nya jadi turun saya hawatir anak saya kekurangan gizi karna gamau makan, gimana dok saran nya?

  26. Maaf dok saya mau bertanya,,sekarang anak saya umur 15bulan tapi berat badannya cuma 8.7kg.. padahal waktu lahir bb nya 3.2kg pjg 49cm.. yg mau saya tanyakan bagaimana cara menaikan bb nya dok?karena kalau mkn lahap dan skrng masih asi

  27. Dok , anak saya 8 bulan BB nya 6,8 waktu bulan kemarin juga 6,8 ga ada kenaikan BB , TB nya sekitar 65cm apakah normal dok ?

  28. Malam dokter,,anak saya lahir tgl 20 April 2015..Bb nya 2,6kg ..dan sekarang umurnya 18bulan,,dia sangat aktif,apa yang saya ajarkan selalu bisa dia ikuti,,tetapi dya malas makan,,saya terkadang lelah sendiri karena dya susah banget makan,,,dia hanya minum asi..tidak mau sufor,Bb nya sekarang hanya 8,5 kg…saya harus bagaimana dok?? Apakah ada vitamin yg bagus untuk menggantikan asupan gizinya???

  29. Halo dok
    Anak sy lahir 13 juni 2015(17bln) bb lhr 2.6 pb 50 cm. Skrg bbny msh 8 kg pb 76 cm. Akhir ini susah makan baik makan besar ato ngemil, kondisi sehat dan aktif. Kira2 perlu tambahan apa ya utk menaikkan bbny? Menuny udah sy variasi tp paling hanya hbs 7-10 sendok makan (sdm bayi) sy ksh sufor tdk mau, dl asi ekslusif. Skrg sy ksh madu.thx dok

  30. Dok anak saya umur 3th 4bl, BBnya 11kg dan TB 101…
    Tp kemarin berat badannya turun sampe 3kg nan karna sakit panas trs…
    Apakah anak saya termasuk kurang gizi apa tidak?
    Trs bagaimana cara agar makannya tidak susah lagi dan kira2 vitamin yg baik itu apa?
    Terima kasih

  31. Dok anak kami yang kedua perempuan angel namanya berumur kurleb 11 bulan lahir 8 januari 2016 memiliki berat badan 7.5kg dan tingginya saya tidak ngukur lagi dan ibu2 pd bilang ndawani (lebih tinggi dari temen usianya).
    angel anak yang aktif banget cuma dia gampang terserang flu dan batuk jadi dari umur 4 bulan dia kelihatan makin tirus .
    tiap hari angel kami tinggal karena kami bekerja dan minum formula tapi setelah saya pulang tetep ASI dariku nomor satu, serta sudah menkonsumsi makan bubur tim serta kemasan siap saji.
    pertanyaan saya dok apakah dgn berat badan segitu dia normal dan sehat?
    sementara anak kami yang pertama 10 tahun intan dari bayi sudah gemuk sampai sekarang dengan berat 49kg jadi sedih melihat anak kami yang ke dua.
    mohon saran dok biar angel kami bisa montok seperti kakaknya.
    Terima kasih,
    Yuni

  32. Halo dokter.. Saya mau konsul boleh ya dok
    Anak sya usia 18bulan
    Bb nya 9kg, TB nya 74cm

    Saya sedih skali karna BB dan TB nya jauh dengan anak2 se usianya
    Memang sejak pertama MpAsi dia termasuk anak yg susak skali makan
    Dan punya alergi protein hewani, salah makan bisa demam..

    Sya bngunf dok, bgaimama agar TB anak sya bisa cepat naik,, mumpung lagi doyan makam dok..

    Mohon pencerahanya ya dok.. Trimakasih

  33. Salam dokter.
    Anak saya sekarang umurnya 10bln. Krn dulu prematur usia 32minggu sdh lahir. Inkubator 23hr. Bb lahir 1,2kg tb 36cm,sekarang bb 4,9kg tb 63cm,lk 42. Susah sekali naik dok brt bdannya itu knp dok? Makan tim saring 3x sehari,selingan buah 1x. Minumnya asi tp cm sdkt dok,minumnya susah. Makannya jg susah. Suka sekali makanan manis. Apakah itu baik dok menambahkan gula atau garam? Bagaimana agar berat badannya naik? Trimakasih

  34. Dok anak saya 13 bulan berat badan hanya 8.1 kg sudah coba nutri dan sufor tp anaknya tidak mau makan jg sedikit. Sebaiknya bagaimana dok? Terima kasih

  35. Dok mohon saran nya, sy ibu dr 4 org anak laki2. Anak sy yg pertama kedua badan nya kurus pdhal makan bnyk dn minum susu.sedangkan anak yg kedua bdan nya termasuk gemuk tp semenjak ad si bayi dia jd kurang terkontrol. Dn yg bayi usia y bulan berat bdn nya 7.5kg pnjng 76cm kata dokter puskesmas kurang gizi.apa bner dok anak sy kurang gizi.dn susu yg bagus ap biar menambah berat bdn nya… Krn dia gk mau makan… Trimakasih dok

  36. Mlm dok,saya sudah hampir frustasi ,bayi ku sekarang 5 ,2minggu bb nya 5,7kg,dr lahir dia meotin lahir 2,9kg pnjang 49cm,2 bulan pkai asi karna pertumbuhan nya yg sngat lambat sya berhenti asi saya pakai sufor setelah pkai sufor kenaikan maks 500 gr dr bayi sudah sulit menyusu mau asi ataupun sufor,trakhir ini dia sudah di garis kuning d bku kms nya,saya sdah k dktr spasialis anak hanya d kasih suplemen nafsu makan tapi tdak ada efek apa saya harus k klinik tumbuh kembang anak ?trimakasi dok

  37. dok anak saya umur 7 bln jln 8 blan tp bb Nya cma naik 1 ons – 2 ons, ,mkanya lahap anak sehat gembira riang…sya watir bb cma naik sgtu2 trus
    itu knp ya dok

  38. Salam kenal dok .. Saya mamanya arvin usia 18bulan.. Arvin(laki2) sudah hampir 1minggu ini sangat susah makan.. Apalagi sejak dia sempat diare muntah juga sedang tumbuh gigi geraham belakang dan lidahnya tergigit.. Belum selesai disitu tapi bibir bawahnya baru luka kebentur ujung meja. Beratnya menurun sampai 1kg dok. Sekarang bbnya 9.9kg dari 10.9. Memang sejak dl termasuk anak yg susah makan namun seminggu ini bener2 ga mau makan.. Saya kawatir lalu bagaimana solusinya supaya anak saya bisa suka makan dan beratnya bisa naik kembali.. Makasi dok..

  39. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang kembali digelar pada 2017. Jadwal rekapitulasi akan dilangsungkan hingga 1 Mei 2017. Jika hasil dari pemilihan langsung putaran kedua itu tak ada gugatan dari masing-masing pihak, maka dijadwalkan penetapan pemenang Pilgub DKI akan dilakukan pada tanggal 5-6 Mei 2017. Simak berita seputar cagub dki jakarta 2017 selengkapnya di sini berita terbaru pilkada dki 2017

  40. hy dok. anak saya khodiijah umur 14bulan, emank sih saya cuma kasih makan dia seadanya, maaf krna ekonomi, tpi saya mau tanya, bgaimana cara cepat agar khodiijah bisa cepat jalan, tidak merasa takut, & biar cepat tumbuh gigi jugha. mkaciih dok atas jawabannya.

  41. salam kenal dok..dok Sy lagi bingung bgt..anak Sy umur 21 bulan BB’y cuman 7,7 kg..rendah bgt..nabila anaknya hiper aktif,makan minum banyak,untuk cemilan Sy kasih buah pepaya/melon,,tpi kadang susah makan juga..dan Klo main ke kakek suka dikasih kopi dan stiap tidur minumnya teh…kenapa BB’y GA naik2 ya dok..?? ada pengaruhnya ga SMA teh dan kopi.. bagaimana solusi untuk menaikan bb’y dok..?? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s